Post Page Advertisement [Top]

BobeOneWeekNulisefriweekKuliner

Kuliner Berkuah Sedap Umami Bakso



Sobat suka kuliner berkuah? coba sebutkan beberapa kuliner berkuah yang sobat sukai. Kuliner berkuah adalah salah satu menu paling diminati. Mengapa karena perpaduan rasa umami yang bercampur di dalam kuah itu lho yang bikin kangen hee.

Pada kesempatan ini saya akan mengajak kita semua mengetahui beberapa hal unik dari kuliner berkuah satu ini. Siap-siap dan lanjut ya. Makanan rumahan atau restoran menu ini selalu dinikmati.

Orang-orang pada umumnya mengenal dengan sebutan bakso. Iya bakso dengan pentol baksonya yang terbuat dari daging sapi atau daging ayam yang diolah dengan campuran terigu dan bahan Umami lainnya

Oh iya, umami ini sepertinya harus kita bahas terlebih dahulu lebih lanjut ya.

Dilihat dari kutipan Wikipedia umami disebut juga gurih. Gurih atau umami /uːˈmɑːmi/, yang secara populer merujuk pada rasa gurih atau lezat, merupakan salah satu bagian dari lima rasa dasar, dimana rasa dasar itu terdiri dari manis, asam, pahit, dan asin.


Rasa gurih atau umami dapat diperoleh secara alami dari berbagai macam bahan makanan, seperti kaldu (ayam, daging sapi, atau ikan), kerang, udang, kecap ikan, kecap asin, kecap inggris, rumput laut, tomat, bawang putih, asparagus, jamur, miso, tauco, keju, santan kelapa, terasi, dan lain-lain.

Nah sudah jelas ya umami itu sebutan lain dari gurih yang berada dari campuran bermacam-macam bahan makanan. 

Nama-nama Bakso

Sekarang kita kembali ke bakso. Pernah dengarkan nama-nama dari bakso. Iya sebut saja misalnya bakso original, bakso tahu, bakso sapi, bakso ayam, bakso sarang burung, bakso telur, bakso urat, bakso tenis, bakso mercon, bakso beranak, bakso petir, bakso halilintar kali ada ya hee. 

Awalnya bakso ini diberi nama sesuai dengan bahan dasar dari bakso itu sendiri. Jika bakso dibuat dengan bahan dasar daging sapi maka namanya disebut bakso sapi. Jika bahan dasarnya daging ayam maka namanya menjadi bakso ayam dan begitu juga seterusnya.

Namun belakangan kita akan menemukan nama-nama aneh dan ekstrem dari bakso. Sebut saja misalnya bakso petir atau bakso mercon hee. Selidik punya selidik nama ini diberikan untuk menarik perhatian konsumen. Selain itu ada hubungannya juga dengan jumlah cabe atau cabai yang digunakan saat mengkonsumsi kuliner bakso yang umami ini.

Apalagi jika disantap di daerah dingin seperti Curup Kota Sejuk apalagi kaya di Bromo hee, atau ketika suasan turun hujan. Pada saat cuaca dingin rasa pedas yang dihasilkan oleh cabai bercampur dengan rasa umami kuliner berkuah ini memberi sensasi berbeda dari kuliner lainnya. 


Nah daripada sibuk mikirin kuliner berkuah ini berkepanjangan, langsung saja pesan di bakso solo atau bakso Pemalang atau bakso manunggal di sana. Iya di sana, coba saja hati-hati di jalan selamat menikmati kuliner berkuah umami bakso.

Tulisan ini dipublikasikan dan dibuat dalam rangka #BobeOneWeekNulis d Blogger Bengkulu dengan tema Kuliner Berkuah.

Sember:
https://resepkoki.id/resep-bakso-urat/

9 comments:

  1. supaya nggak terlalu umami, pas beli jangan lupa bilang "no msg please"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastinya kak, karena umami juga bisa didapat dari kombinasi kaldu kuah nya saja cukup, tengkiyu kak Dokter 😊

      Delete
  2. Liat gambar bakso malam-malam mendadak laper dan pengen makan bakso

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya tu langsung beli atau cus ke dapur hee

      Delete
  3. betul banget, kalo dingin2 enaknya ngebakso pedas2. jadi laper pagi2 gini..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Langsung pesen kak, atau bikin sendiri dengan resep rumahan

      Delete
  4. Ibu ku suka banget bakso. Bakso adalah makanan favoritnya dari dulu sampai sekarang.

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya semoga menginspirasi jangan lupa tulis komentarmu di kolom komentar dan dapatkan informasi terbaru di setiap postingan. Jangan lupa follow akun Instagram @efrideplin dan Twitter @efrideplin87 juga YouTube Efri Deplin. Terima kasih semoga menginspirasi.

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib