Tuesday, 9 July 2019

Kado Istimewa Minyak Wangi



Sebuah kado akan terasa sangat istimewa ketika diberikan pada saat yang tepat dan dengan moment tertentu. Biasanya kado diberikan pada saat pesta pernikahan atau acara milad atau ulang tahun. Banyak makna dari ungkapan sebuah kado. Kado mewakili pemilik awalnya untuk memberikan pesan persahabatan dan kekeluargaan kepada pemilik barunya.

Kamu bisanya kalau memberikan kado untuk teman dan sahabat biasanya memberikan apa? Sejujurnya saya jarang sekali memberikan kado kecuali ada moment tertentu yang mengharuskan saya membawa kado.

Pada kesempatan itu biasanya saya akan melihat moment apa dan dalam rangka apa. 

Contohnya sederhana pada saat teman kuliah S2 saya yang baru menikah kemarin saya memberikan satu paket spidiqur atau Speaker Digital Qur'an. Mengapa saya memberikan paket spidiqur buat mereka? Tidak lain karena motivasi membumikan Al-Quran dengan menghafal. 

Dalam aplikasi spidiqur sendiri banyak sekali fitur yang dapat dimanfaatkan dengan baik. Metode menghafal per ayat, per halaman dan per juz ada semua lengkap. Mungkin pernah dengar produk spidiqur yang beredar di pasaran namun spidiqur yang saya berikan ini memiliki keistimewaan yang tidak dimiliki oleh produk-produk lainnya. Nah.. saya jadi jualan hahaa. Saya pikir ini kado istimewa ya.


Contoh lainnya adalah ketika tukar kado di lingkungan kerja saya. Iya di lingkungan sekolah tempat saya mengabdi. Kami membiasakan diri untuk saling memberikan kado. Biasanya antara Bapak-bapak dengan bapak-bapak. Biasalah kalau Bapak ini gampang, saya memilih untuk memberikan pakaian misalnya baju. Tak jarang hal-hal yang terbilang sepela mungkin pernah saya memberikan kado berupa kaos kaki Hahaha. Tapi intinya sesuai dengan tema yang kita sepakati. Jangan ditiru ya kalau tidak berkenan. Menurut saya ini kado istimewa ya karena penggunaannya sangat bermanfaat untuk bekerja. 

Pada moment yang lain, kado menjadi pusat perhatian yang mencolok. Mengapa? karena kami pernah menyepakati memberikan kado berupa peralatan rumah tangga. Coba tebak saya kira-kira memberikan kado apa? Iya saya satu paket gelas dan saya mendapatkan sebuah panci cantik hee. Kado ini istimewa karena sesuai dengan tema yang kita sepakati sebelumnya.

Nah pada kesempatan yang lain lagi saya pernah memberikan kado berupa satu botol minyak wangi lengkap dengan kartu membernya. Siap tahu yang dapat kado saya nantinya minat berkunjung ke sana sembari membeku minyak wangi tentunya hee.

Alasan saya memberikan kado minyak wangi tidak lain adalah karena mengutip sebuah hadits. Diriwayatkan oleh Abu Daud, an Nasai dan Abu Uwanah, “Barangsiapa disodorkan kepadanya minyak wangi, maka hendaknya ia tidak menolak. Sebab, meskipun ringan, harum waktunya.”

Dalam hadits ini dijelaskan tentang salah satu jenis hadiah yang diterima Rasulullah dari para sahabatnya tidak pernah beliau tolak yaitu hadiah minyak wangi. Minyak wangi memberika tempat yang istimewa bukan?

Beliau menerimanya dengan maksud untuk menyenangkan hati orang yang menghadiahkannya. Terlebih lagi jika hadiah itu berupa barang yang memang disukai oleh kebanyakan orang.

Minyak wangi adalah barang yang mempunyai pengaruh baik bagi orang yang memakainya kerena keharumannya. Selain itu, minyak wangi juga mempunyai pengaruh bagi orang yang berinteraksi dan menjalin hubungan dengan yang memakainya. Minyak wangi juga sangat baik dipakai ketika salat, musyawarah atau berada dalam majelis ilmu. Istimewa sekali bukan sebuah minyak wangi.

Minyak Wangi dalam Rumah Tangga

Minyak wangi sangat memungkinkan untuk dijadikan sebagai kado istimewah bukan? Terutama untuk pasangan dalam rumah tangga. Saya pertama kali ingat sekali ketika minyak wangi di kamar pengantin itu. Membuat rasa nyaman dan sampai saat ini masih terkenang. 

Jadi pada moment tertentu saya juga memberika kado istimewa ini untuk istri tercinta. Pada saat milad pernikahan atau tepat di hari kelahiran istri saya. Namun dalam Islam menggunakan minyak wangi bagi perempuan perlu dibatasi agar tidak terjadi fitnah. Hem wangi sekali ya kadonya, minyak wangi. Saya juga demikian belajar untuk menggunakan minyak wangi secukupnya.

Pada intinya adalah kado merupakan sesuatu yang baik untuk diberikan kepada orang yang kita sayangi dalam bingkai takharuf ilallah. Mendekatkan diri kepada Allah SWT semata bukan karena sesuatu yang lain. Sehingga kado yang diberikan dapat bermanfaat dan berguna dengan baik bagi pemiliknya. Memberikan yang terbaik dan yang paling kita sukai mungkin sulit kita lakukan namun sulit bukan berarti tidak bisa. 


Berikanlah kado terbaik, dan saling memberikan hadiah atau kado akan menumbuhkan sikap sosial dan empati yang tinggi dalam kehidupan bermasyarakat.

Tulisan ini dipublikasikan dan dibuat dalam rangka #BobeOneWeekNulis d Blogger Bengkulu dengan tema Kado.

Sumber:
https://suaramuslim.net/keutamaan-memberi-hadiah-terutama-hadiah-minyak-wangi/


2 comments:

Terima kasih atas kunjungannya semoga menginspirasi jangan lupa tulis komentarmu di kolom komentar dan dapatkan informasi terbaru di setiap postingan. Jangan lupa follow akun Instagram @efrideplin dan Twitter @efrideplin87 juga YouTube Efri Deplin. Terima kasih semoga menginspirasi.

Trip Air Terjun Cuup PSUK Benteng

Pagi masih menyapa hangat dengan perpaduan sinar mentari di ufuk timur, menambahkan keceriaan hari ini. Benar saja kami dari tadi s...