Skip to main content

Kuliner Berkuah Sedap Umami Bakso



Sobat suka kuliner berkuah? coba sebutkan beberapa kuliner berkuah yang sobat sukai. Kuliner berkuah adalah salah satu menu paling diminati. Mengapa karena perpaduan rasa umami yang bercampur di dalam kuah itu lho yang bikin kangen hee.

Pada kesempatan ini saya akan mengajak kita semua mengetahui beberapa hal unik dari kuliner berkuah satu ini. Siap-siap dan lanjut ya. Makanan rumahan atau restoran menu ini selalu dinikmati.

Orang-orang pada umumnya mengenal dengan sebutan bakso. Iya bakso dengan pentol baksonya yang terbuat dari daging sapi atau daging ayam yang diolah dengan campuran terigu dan bahan Umami lainnya

Oh iya, umami ini sepertinya harus kita bahas terlebih dahulu lebih lanjut ya.

Dilihat dari kutipan Wikipedia umami disebut juga gurih. Gurih atau umami /uːˈmɑːmi/, yang secara populer merujuk pada rasa gurih atau lezat, merupakan salah satu bagian dari lima rasa dasar, dimana rasa dasar itu terdiri dari manis, asam, pahit, dan asin.


Rasa gurih atau umami dapat diperoleh secara alami dari berbagai macam bahan makanan, seperti kaldu (ayam, daging sapi, atau ikan), kerang, udang, kecap ikan, kecap asin, kecap inggris, rumput laut, tomat, bawang putih, asparagus, jamur, miso, tauco, keju, santan kelapa, terasi, dan lain-lain.

Nah sudah jelas ya umami itu sebutan lain dari gurih yang berada dari campuran bermacam-macam bahan makanan. 

Nama-nama Bakso

Sekarang kita kembali ke bakso. Pernah dengarkan nama-nama dari bakso. Iya sebut saja misalnya bakso original, bakso tahu, bakso sapi, bakso ayam, bakso sarang burung, bakso telur, bakso urat, bakso tenis, bakso mercon, bakso beranak, bakso petir, bakso halilintar kali ada ya hee. 

Awalnya bakso ini diberi nama sesuai dengan bahan dasar dari bakso itu sendiri. Jika bakso dibuat dengan bahan dasar daging sapi maka namanya disebut bakso sapi. Jika bahan dasarnya daging ayam maka namanya menjadi bakso ayam dan begitu juga seterusnya.

Namun belakangan kita akan menemukan nama-nama aneh dan ekstrem dari bakso. Sebut saja misalnya bakso petir atau bakso mercon hee. Selidik punya selidik nama ini diberikan untuk menarik perhatian konsumen. Selain itu ada hubungannya juga dengan jumlah cabe atau cabai yang digunakan saat mengkonsumsi kuliner bakso yang umami ini.

Apalagi jika disantap di daerah dingin seperti Curup Kota Sejuk apalagi kaya di Bromo hee, atau ketika suasan turun hujan. Pada saat cuaca dingin rasa pedas yang dihasilkan oleh cabai bercampur dengan rasa umami kuliner berkuah ini memberi sensasi berbeda dari kuliner lainnya. 


Nah daripada sibuk mikirin kuliner berkuah ini berkepanjangan, langsung saja pesan di bakso solo atau bakso Pemalang atau bakso manunggal di sana. Iya di sana, coba saja hati-hati di jalan selamat menikmati kuliner berkuah umami bakso.

Tulisan ini dipublikasikan dan dibuat dalam rangka #BobeOneWeekNulis d Blogger Bengkulu dengan tema Kuliner Berkuah.

Sember:
https://resepkoki.id/resep-bakso-urat/

Comments

  1. supaya nggak terlalu umami, pas beli jangan lupa bilang "no msg please"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastinya kak, karena umami juga bisa didapat dari kombinasi kaldu kuah nya saja cukup, tengkiyu kak Dokter 😊

      Delete
  2. Liat gambar bakso malam-malam mendadak laper dan pengen makan bakso

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya tu langsung beli atau cus ke dapur hee

      Delete
  3. betul banget, kalo dingin2 enaknya ngebakso pedas2. jadi laper pagi2 gini..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Langsung pesen kak, atau bikin sendiri dengan resep rumahan

      Delete
  4. Ibu ku suka banget bakso. Bakso adalah makanan favoritnya dari dulu sampai sekarang.

    ReplyDelete

Post a comment

Terima kasih atas kunjungannya semoga menginspirasi jangan lupa tulis komentarmu di kolom komentar dan dapatkan informasi terbaru di setiap postingan. Jangan lupa follow akun Instagram @efrideplin dan Twitter @efrideplin87 juga YouTube Efri Deplin. Terima kasih semoga menginspirasi.

Popular posts from this blog

Isi DasaDarma

PRAMUKA SATYA KU DARMAKAN DARMA KU BAKTIKAN
Hapal dan mengerti Isi Dasa Darma dan Tri Satya.
1. Rajin dan giat mengikuti latihan Pasukan Penggalang, sekurang-kurangnya 6 kali latihan     berturut-turut.  Keterangan: :
a. Latihan Pramuka itu berguna untuk melatih diri agar dapat hidup bermanfaat bagi diri sendiri, orang lain, masyarakat dan negara. Oleh karena itu, latihan Pramuka adalah untuk kepentingan dirimu sendiri bukan untuk orang lain.
b. Rajin mengikuti latihan artinya tidak pernah absen, selalu datang pada hari dan jam yang telah ditentukan bersama. Nyatakanlah kehadiranmu itu dengan mengisi daftar hadir/absensi regu.
c. Giat mengikuti latihan berarti setiap datang pada latihan Pramuka di Pasukan Penggalang selalu aktif. Yang dimaksud aktif dalam latihan yaitu selalu berusaha melatih dirinya sendiri bersama-sama teman lain akan kekurangan-kekurangan dirinya.
d. Enam kali berturut-turut, berarti tidak pernah tidak datang dengan alasan sakit, ijin, dan sebagainya. Teruskanlah la…

SILSILAH 25 NABI

SILSILAH 25 NABI


SILSILAH 25 NABI

Tulisan ini saya dapatkan dari sebuah pesan di group WhatsApp. Berikut semoga bermanfaat dan berkah Aamiin.

1. ADAM AS.
Nama: Adam As.
Usia: 930 tahun.
Periode sejarah: 5872-4942 SM.
Tempat turunnya di bumi: India, ada yang berpendapat di Jazirah Arab.
Jumlah keturunannya: 40 laki-laki dan perempuan.
Tempat wafat: India, ada yang berpendapat di Mekkah.
Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 25 kali.
.
2. IDRIS AS.
Nama: Idris/Akhnukh bin Yarid, nama Ibunya Asyut.
Garis Keturunan: Adam As. ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qinan ⇒ Mihlail ⇒ Yarid ⇒ Idris As.
Usia: 345 tahun di bumi.
Periode sejarah: 4533-4188 SM.
Tempat diutus: Irak Kuno (Babylon, Babilonia) dan Mesir (Memphis).
Tempat wafat: Allah mengangkatnya ke langit dan ke surga.
Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 2 kali.
.
3. NUH AS.
Nama: Nuh/Yasykur/Abdul Ghaffar bin Lamak.
Garis Keturunan: Adam As. ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qinan ⇒ Mihlail ⇒ Yarid ⇒ Idris As. ⇒ Matusyalih ⇒ Lamak ⇒ Nuh As.
Usia: 950 tahun.
Perio…

SOAL POST-TEST PKP

Soal-soal di bawah ini merujuk akan soal-soal post test yang didapat dari link. Untuk memudahkan marinkita belajar bersama semoga Lulus semua ya Aamiin
SOAL POS-TESTA. Pilihan Ganda

PetunjukPengisian: Jawablah pertanyaan / pernyataan berikut ini dengan memberikan tanda silang  (X) pada jawaban yang Saudara anggap benar !

Berikut ini pernyataan tentang kompetensi keterampilan : Kemampuan berfikir mencakup : mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, danmencipta Kemampuan belajar mencakup : mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar/mengasosiasi, dan mengomunikasikan Kemampuan piker dan tindak mental non motorik seperti mengambil keputusan, menyusun strategi, bernalar Kemampuan praktik laboratorium seperti: merangkai alat, menimbang atau mengukur, membuat grafik, dan menafsirkan grafik. Pernyataan yang termasuk kategori keterampilan abstrak terdapat pada angka … (1), (2), dan (3)  (1), (2), dan (4)  (1), (3), dan (4)