Skip to main content

Adzka Juara 1 Lomba Puzzle dan Manfaat Bermain Puzzle



Obrolan kami di rumah terlihat sangat santai, "Besok Adzka ikut lomba Puzzle bang" cerita istriku. "Oh begitu, kok bisa ikut?" selidikku. Karena kami sangat tahu bagaimana perkembangan Adzka di sekolahnya. Usut punya usut ternyata Adzka bisa ikut karena Paud IT Auladuna mendapat kuota tambahan sebagai peserta lomba dan tidak semua anak-anak dipilih.  Beruntungnya karena umminya disekolah jadi diprioritaskan. Tim intinya sudah dibentuk, Adzka sebagai pelengkap dan sebagai penggembira. Tak apa, itung-itung uji nyali di depan umum dan belajar bersosialisasi. Pengalaman itu sangat berharga. Namun, lihat nanti apa yang terjadi?


Sehari sebelum hari lomba, iya di Ahad itu umminya sedang ada kegiatan di luar sana. Aku sendiri yang menjaga mereka di rumah. Termasuk abang nya, Harrik. Harrik kalau soal puzzle tidak diragukan lagi karena dia sudah membuktikan tahun lalu berhasil menjadi juara 2. Harrik masuk daftar tim inti lomba Puzzle.

Sekali lagi Adzka hanya sebagai pelengkap untuk bermain puzzle, bukan tim inti. Namun pagi menjelang siang itu, saya berfikir masih ada waktu untuk melatihnya dengan baik. Celotehan Adzka yang sejak kemarin membuat saya juga semangat. "Abi besok Adzka lomba Puzzle di Iqra'1" ungkapnya. "Wah hebat doong" jawabku semangat. "Abi sekolahnya dimana?" maksudnya dia tanya dimana saya mengajar hee dan dia sudah tahu juga saya mengajar di sana hee. "Iya Abi juga di Iqra'1" jawabku ringan.


Nah, saat Adzka sedang semangat membicarakan puzzle untuk kesekian kalinya, saya memberikan challenge. "Kita lomba merapikan ruangan ini dan semua mainannya diletakkan di keranjang mainan" secara hari Ahad libur semua mainan keluar dari sarangnya. "Reword nya nanti Abi belikan puzzle" Wah senangnya minta ampun, termasuk abangnya yang sudah SD pingin dibeliin juga. Saya akhirnya memenuhi janji dengan membelikan 4 buah puzzle berbagai ukuran dan berbagai bentuk dan gambar. Mereka bisa bergantian, dan saya perhatikan Adzka memang menunjukkan kemampuannya yang terbaik.


Hari H Lomba Puzzle

Saya masih saja di kelas, membersamai anak-anak di kelas atas.  Sekitar pukul 08.30 saya langsung izin turun ke lapangan ingin menyaksikan Adzka berlomba. Saya sengaja melirik dari jauh sampai akhirnya Adzka benar-benar berhasil menyelesaikan lebih awal diurutan ke-9 dari sekitar 70 peserta. Kagum, iya kagum. Allahu Akbar.

Tidak sampai di sana, Adzka masuk Final bersama 29 peserta lainnya. Menurut pengamatan yang saya lihat pada saat Adzka menyusun puzzle, dia terkendala dengan lantai puzzle yang sedikit melengkung sehingga beberapa lama Adzka terpusat konsentrasinya hanya untuk merapikan bagian pinggir puzzel yang sudah disusun, saya berfikir Adzka akan menyelesaikan di urutan 2 atau 3. Takdirnya Adzka berhasil diurutan ke-5.

Saya benar-benar terharu. Melihat latar belakang dari yang selama ini saya ketahui, Adkza mampu memberikan nasihat tersirat dalam momentum kali ini. Alhamdulillah jazakumullahu, selamat ya Adzka. Saya langsung menghampiri dan memberikan selamat dan Adzka mungkin belum tahu maknanya apa yang baru saja dia lakukan. Abi Bangga dek.


Pertarungan belum usai sampai di sini, ternyata oleh pihak sekolah Adzka diminta menjadi tim inti di lomba puzzle estafet bersama dua rekannya. Tahukah kalian bahwa besok saat berlomba, saya juga diam-diam melihat Adzka dan tim. Ada 14 tim dan Adzka bersama tim mereka lomba di sesi kedua. Dari 7 tim hanya diambil 3 tim terbaik untuk masuk final. Iya Adzka dan Tim masuk final setelah finish di babak penyisihan.

Final dimulai Adzka dan tim terlihat semangat. Saat lomba berlangsung nampak mereka cekatan memasang puzzle. Sesekali Adzka terlihat menjinjit karena tubuhnya kecil juga belum terlalu tinggi untuk menyusun puzzle di atas meja secara bergantian.


Kolaborasi yang tepat menjadikan mereka Adzka dan tim keluar sebagai juara 1 mengunguli pemain lainnya. Lebih cepat dari yang diduga, jarak antara pemenang keduapun sangat jauh. Adzka dkk sempat keliling bazar dan belanja sambil menunggu pemeng kedua dan ketiga.  Adzka kembali membuka mata hati saya untuk berfikir lebih luas atas apa yang saya lihat barusan. Baarakallahu Fikum Jamiian.



Lomba Puzzle itu apa sih sebenarnya?

Iya benar, lomba Puzzle tidak lain adalah lomba menyusun puzzle dengan catatan waktu tercepat dan tepat. Cepat selesai dan tepat penyusunannya. Puzzle rice ini adalah salah satu cabang lomba di kegiatan tahunan SDIT Iqra'1 Kota Bengkulu yang dikemas pada giat Semeru Expo 21 Anniversary SDIT Iqra'1 Kota Bengkulu.

Apa Saja Manfaat Bermain Puzzle?

1. Keterampilan Memecahkan Masalah

Bermain puzzle mampu memusatkan daya konsentrasi anak dalam memecahkan masalah, sehingga membuat otak berpikir dari berbagai sudut pandang menyatukan potongan-potongan puzzle yang ada. 

Semakin sulit sebuah puzzle, maka anak akan lebih berpikir keras untuk memecahkan masalah. 

2. Melatih Koordinasi Mata dan Tangan

Puzzle yang memiliki macam-macam gambar, bentuk, dan warna dapat membantu anak dalam meningkatkan koordinasi mata dan meningkatkan kerjasama dengan tangan.

Dengan bermain puzzle, belajar  bergerak dan menyelesaikan permainan selesai dalam waktu bersamaan. koordinasi mata untuk melihat benda di sekitarnya dan mencocokkan saat mengambil potongan puzzle sangat melatih dan penuh keseriusan.

3. Mengembangkan Keterampilan Motorik

Saat bermain puzzle pada waktu anak mengambil dan memindahkan kepingan puzzle tanpa harus membuat permainan menjadi berantakan. Kehati-hatian ini menjadi tolak ukur keberhasilan mereka.

Dengan demikian anak-anak sudah meningkatkan keterampilan motorik halus dan motorik kasarnya. Jika keterampilannya semakin banyak maka akan membantu kemampuan motoriknya seperti menulis, makan, dan bergerak lebih luwes.
Wah harapannya Adzka akan semakin mandiri dan lebih matang ya Aamiin.

4. Mengasah Keterampilan Kognitif

Terkait dengan kita sebagai orang tua memberikan mainan puzzle untuk anak-anak, pada saat yang sama anak-anak kita belajar mengenal ukuran, gambar, bentuk, dan warna.

Pada kesempatan yang lain juga melatih keterampilan kognitif. Kerena permainan puzzle akan membantunya dalam mengajarkan alfabet, objek, dan angka yang menjadi dasar pembelajarannya nanti.

5. Melatih Kesabaran dan Daya Ingat

Bermain puzzle harus diselesaikan dengan fokus untuk menyusun gambar di bagian-bagian yang sudah disediakan.

Dari hal tersebut maka anak-anak sedang menjalankan proses kesabaran mencari cara untuk menyelesaikan permainan.

Puzzle juga terbukti meningkatkan kemampuan daya ingat anak. Saat anak bermain puzle, maka ia harus mengingat bagian yang diambil sudah dimasukkan atau belum. Anak juga harus menganalisis warna, ukuran, dan posisi kepingan puzzle ke tempat yango sesuai. 


Selamat ya Adzka dan tim juga. Baarakallahu Fikum Jamiian. Terima kasih Bu Guru dan jajarannya tim hebat PAUD IT Auladuna Sawah Lebar.

Ayo ajak anak-anak bermain puzzle sekarang. Dimulai dari yang paling sederhana hingga tersulit.

Oh iya, semoga saja ada korelasinya dengan daya cepat menghafal Al-Qur'an bagi anak-anak kita semua, termasuk Adzka tentunya.

Comments

  1. Adzka anak cerdas, anak kreatif, anak berbakti. Semoga kelak cita-citanya tercapai dan bikin ayah ibu bangga ya nak. Selamat sudah menjadi juara.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin Aamiin Aamiin ya Rabbal Alamiin
      Alhamdulillah jazakumullahu atas doa baiknya semoga ananda tumbuh dengan baik dan sempurna Aamiin

      Delete
  2. ini pastinya berkat didikan ayah bundanya yang selalu sabar dan telaten. Selamat buat Adzka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Awalnya kami ragu bener dengan kemampuan Adzka, setelah dia mampu disini saya juga tambah semangat untuk mempersiapkan ananda di jenjang elementary school. Doakan selalu ya kak jazakumullahu Aamiin

      Delete
  3. Puzzle ini salah satu lomba yang menarik, dari dulu sampai sekarang aku suka bermain ini. Memang ini salah satu permainan yang bisa mengasah otak. Selain puzzle, lego menurutku mainan yang juga bisa menjadi permainan untuk kecerdasan. Lewat lego kita dilatih kreatif dengan menyusun berbagai bentuk lego sesuai keinginan atau berdasarkan petunjuk yang ada

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar kak, iya selain puzzle adalah Lego, apalagi jika ukurannya kecil-kecil akan semakin menarik untuk mengasah kreatifitas anak. Semangat terus kak

      Delete
  4. Wuih, selamat buat anaknya, Pak Guru. Semoga betah dan fokus main puzzle-nya. Aku juga suka, tapi kalau dibatas waktu, malah buyar konsentrasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anaknya yang sedang dapat kesempatan bagus kak, semoga senantiasa termotivasi nih si Adzka nya, bikin tambah penasaran saya sama anak ini hee

      Delete
  5. Selamat ya nak Adzka jadi pemenang lomba. Walau harus sampe menjinjit karena Paling kecil usianya diantara peserta lainnya. Seru juga perlombaan untuk anak anak sekarang. Jadi pengen ikutan nih ammah Fika

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya hee.. badannya memang imut, wong masih kecil hee. Adzka Memnag suka dengan puzzle selain bermain di kelas di rumah juga bermain sama abangnya.

      Delete
  6. Wah...ada lomba puzzle. Selamat ya ananda Adzka. Puzzle itu susah lho. Apalagi yang kecil-kecil dan lebarnya semeja. Semoga tambah pintar dan sayang ayah-bunda...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini puzzle nya cuma ukuran 35 keping kalau tidak salah kak, tapi tetap menakjubkan bagi saya karena awalnya dia hanya sebagai penggembira ehh taunya Unggul juara 1. Alhamdulillah

      Delete
  7. MasyaAllah adek Adzka hebat.. semoga kemampuan Adzka dalam menyusun puzzle semakin berkembang dengan baik ya.. aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin harapan terbesar kedepan adalah kesiapan belajar ketika ia masuk SD selain itu semoga ada korelasinya dengan nilai-nilai yang harus dimiliki anak-anak seusianya, diantaranya tekun dan antusias untuk perkembangan akademik dan sosial nya. Aamiin

      Delete
  8. Gimana gak menang ya, ternyata Adzka dilatih ayahnya dl, dg diajak merapikan ruangan, trus dihadiahi puzzle latihan di rumah. Ayah keren nih,, suami saya juga family man kayak gini, turun tangan dalam pengasuhan anak. Jadinya anaknya deket.
    Selamat ya Adzka, juara lomba puzzle

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak saya sering membiasakan anak-anak dengan reward untuk memotivasi anak-anak. Tentu semua janji juga harus ditepati ketika mereka mampu menyelesaikan tugasnya dengan baik, Alhamdulillah salam buat Bapak nya anak-anak hee

      Delete
  9. Saya juga pernah menerapkan permainan Puzzle di kelas saya, dimana Puzzle yg dibuat berdasarkan materi yang diajarkan, saya buat sendiri puzzle nya. Seruu malah mereka minta lagi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keren kak, bisa dicontoh nih kak, puzzle memang menyenangkan dan bikin penasaran dan seru-seruan. Kebayang nih gimana serunya di kelas kakak ya.

      Delete
  10. wah masyaallah hebat nih kakak adzka, semoga selalu membanggakan kedua orang tua ya dan menjadi anak yang shalihah. Aamiin. memang bermain puzzle itu banyak manfaatnya, ponakan juga suka banget main puzzle. makasih bun sharingnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga nyangka bener kak super hee
      Namanya penggembira ya bawaannya happy kali ya ga ada beban buat menang, taunya juara 1.
      Kenapa kita ga kaget coba hee

      Delete
  11. selamat ya diiik, kalau kaya gini aku jadi inget jaman kecil yang sangat menyukai lomba. puzzle betul bikin melatih otak kita jadi cerdas, sekali lagi selamat ya, raih prestasi laiinya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah jazakumullahu kakak
      Semoga Adzka makin semangat ya dan siap belajar di angkat dasar. Aamiin

      Delete
  12. Selamat ya buat adzka. Bagus tuh kalau dari kecil udah pandai main puzzle. Biasanya nanti makin cepat juga belajar buat pelajaran yang butuh problem solving

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kak Fira, wah nih Adzka kalau tahu kak Fira bilang begini tentu dia akan semakin semangat ya, moga kami bisa memotivasi nya lebih baik pagi ya kak

      Delete
  13. jago banget adeeeeek. Aku ikutan senang nih dengernya karena katanya kalo memberikan mainan edukasi kepada anak itu bisa efektif salah satunya dengan permainan puzzle ini ya. Dan dulu aku suka banget main puzzle.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah jazakumullahu terima kasih kak,
      Semoga kedepan Adzka bisa memperkaya diri dengan sikap yang Sholehah Aamiin

      Delete
  14. Adzka hebat ya, bermain puzzle-nya. Juga berani maju untuk berkompetisi.
    Kamu hebat sekali, Nduk.
    Selamat ya, atas kemenanganmu. Terus berusaha yang terbaik agar terus menang ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah jazakumullahu terima kasih kak, Insya Allah akan makin semangat buat persiapan menuju bangku SD kak, moga dia Siap ya

      Delete
  15. Wah, keren. Selamat Dedek Adzka. Jadi kuncinya terus semangat ya, mas. Walas awalnya hanya tim cadangan, tapi terus semangatbmalah juara. Eh, masuk tim inti, juara 1. Keren.
    Tapi ini tidak lepas dari dukungan Mas Efri juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah jazakumullahu kak
      Karena anaknya semangat dan momentum nya dapat akhirnya klop sudah. Semoga saya dapat lebih maksimal menemani ananda kedepan Aamiin, asli saya juga lebih termotivasi kak.

      Delete
  16. Wah bagus ya lomba puzzle ini..bisa melatih kognitif dan motorik anak..apalagi kalau lomba spti ini dalam satu kelompok sehingga dibutuhkan kerjasama jadi lbh semangat ya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar kak puzzle banyak manfaatnya untuk perkembangan dan cara perfikir juga untuk anak-anak. Ketika lomba beregu akan lebih seru lagi karena nilai kekompakan dalam tim sangat berpengaruh.

      Delete
  17. Adzka kereeen, selamat ya jadi juara 1.
    Semangat terus belajarnya ya, makin pinter.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah jazakumullahu terima kasih kak, Adzka nya sedang semangat mohon doanya selalu ya kak untuk perkembangan Adzka lebih baik. Aamiin

      Delete
  18. Adzka ini cewek? Aku kira cowok..hehe

    Btw, main puzzle itu bagus loh untuk melatih otak anak. adek² aku aja suka banget main puzzle. Sekalian belajar. Belajar sambil bermain ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cewek kak hee
      Iya puzzle memang mampu memberikan rangsangan ke otak untuk berfikir lebih dan menuntut konsentrasi yang baik agar dapat menyelesaikan teka-teki ini.

      Delete
  19. Aku gagal fokus jadinya liat kucing masuk foto :). Masyaallah selamat Adzka, luar biasa juara puzzle. Puzzle ini banyak manfaatnya untuk perkembangan anak ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu kucing kesayangan kita kak,
      Puzzle yang dimainkan ananda adalah salah satu alat permainan untuk mengasah kemampuan otak dan berfikir dan memecahkan masalah kak.

      Delete
  20. Baarakallah de adzka ... Selamat ya, terharu nih baca kehebatan de adzka, makin semangat pasti ya setelah dapat juara 1 lomba puzzle estafet.

    Ternyata didikan dan kepercayaan orang tua itu penting banget ya, terkadang sebagai orang tua suka menganggap remeh kemampuan anak-anak mereka tanpa memberikan solusi. Pelajaran berharga nih setelah berkunjung di blog ini, terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah jazakumullahu kakatas doa dan suportnya.

      Semoga saya dapat dengan mudah menemukan solusi dari setiap kebutuhan yang harus dipenuhi dalam tahap perkembangan anak-anak saya kak, termasuk juga kakak dan kita semua. Disini sebenarnya saya hanya memotivasi agar Adzka bangkit dan percaya dirinya timbul. Tidak ada target menang, namun takdir Allah SWT menyatakan demikian, Alhamdulillah semoga kedepannya bisa lebih baik lagi dan ada korelasinya dengan nilai-nilai kebaikan yang lain Aamiin.

      Delete
  21. wah hebat ya Adzka. ternyata manfaat nya banyak juga ya bermain puzzle

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah jazakumullahu kak
      Benar kak puzzle banyak manfaatnya, coba aja kak ajak bermain anak-anak kakak di rumah.

      Delete
  22. Waaah Adzka hebat banget euy. Aku aja kadang kesusahanemyelesaikan puzzle. Emang harus konsentrasi penuh ini. 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon doanya ya kak semoga Adzka makin tekun dan berani lagi, ga sekedar Lego saja tapi juga mampu mengendalikan diri dan berkembang mencapai cita-cita Aamiin

      Delete
  23. Adzka kereennya. Ikutan bangga dengan pencapaiannya. Memang main puzzle ini bagus lho. Nanti kalau sudah mahir, naik kelas main lego coba. Biar makin terasah motorik dan logikanya Adzka. Sehat-sehat selalu ya Adzka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah jazakumullahu terima kasih kak
      Aamiin Aamiin Aamiin ya Rabbal Alamiin sehat selalu

      Beneran ini kita coba Lego ya kak,

      Delete
    2. Aamiin Aamiin Aamiin ya Rabbal Alamiin
      Alhamdulillah jazakumullahu kak semoga kedepan lebih Sholehah lagi nih Adzka dan sehat terus Aamiin

      Delete
  24. Kayaknya seru banget ya Mbak kalau di sini masih jarang lomba kayak gitu biasanya lebih sering itu lomba mewarnai untuk anak-anak. padahal benar seperti tulisan di atas bermain puzzle bisa melatih kecerdasan dan ketangkasan anak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. SDIT Iqra'1 Kota Bengkulu sangat perduli dengan kesiapan belajar siswanya kak,

      Delete
  25. Alhamdulillah di sini sudah terbiasa dengan giat latih anak-anak tujuan nya diantaranya adalah melihat kematangan siswa TK/PAUD untuk kesiapan dan kematangan duduk di bangku Sekolah Dasar. Tidak sebatas ini saja nih ada hal-hal lain yang sangat menunjang kesiapan belajar siswa baik secara internal maupun eksternal.

    ReplyDelete
  26. Selamat ya Dek Adzka.

    Saya juga termasuk suka main puzzle nih sesekali. Tapi karena susah besar, jadi main puzzle yang lebih rumit. Seru. Kadang bikin akrab karena nggak dimainkan sendirian saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kakak tentunya lebih jago ya kak tentunya ya,

      Delete
  27. Puzzle terlihat sepele tetapi ternyata punya manfaat banyak ya.. apalagi anak bisa belajar rasa bermain. Bangga ya kak memiliki anak yang berhasil menorehkan prestasi. Masya Allah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali kak, haraoannya ada korelasinya dengan menghafal Quran KK mohon doa dan suportnya ya kak untuk Adzka. Jazakumullahu

      Delete
  28. Selamat ya untuk Adzka :) Benar-benar anak yang berbakat, puzzle memang permainan yang banyak manfaatnya, terutama untuk melatih memori.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kakak, doakan terus agar Adzka makin pinter dan Sholehah ya kak, Adzka beneran menunjukkan perubahan signifikan setleh diberikan kepercayaan kemarin. Alhamdulillah jazakumullahu kakak

      Delete
  29. wah selamat ya adzka... semoga makin berprestasi. sekarang memang banyak yang mengadakan lomba puzzle selain lomba mewarnai. benar-benar membuat anak senang dan juga menjadi lebih cerdas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menang dan kalah dipastikan dapat Puzzle kak, ini motivasinya yang pertama ikut kemarin karena memang tidak menjadi tim ini tidak diperhitungkan dan tidak pernah berfikir bakal juara. Ternyata tidak diperhitungkan dalam lomba, lomba jadinya enjoy eh.. juara lagi juara 1 lagi. Taabarakallahu fikum jaamiian

      Delete
  30. Selamat ya, Adzka. Awalnya masuk tim apa, kalau memang anaknya mudah paham dan mau belajar, hasil tak kan berkhianat juga.

    Dan orang tuanya juga keren nih, mampu menyemangati anaknya.

    Semoga makin berprestasi ya, Adzka. :)

    ReplyDelete
  31. wah alhamdulillah.. selamat adzka.. nama nya sama kyak nama ponakan :D

    ReplyDelete
  32. selamat ya, Adzka bisa jadi juara lomba puzzle. Jadi pengen beliin anakku puzzle nih buat melatih kognitifnya

    ReplyDelete
  33. wah si kecil hebat sekali, selamat ya :D

    ReplyDelete
  34. Saya bisa merasakan haru dan bangga sebagai orangtua. Selamat Adzka, makin banhak prestasi yang diraih di masa depan ya, Nak.

    ReplyDelete
  35. Barokallah ya adek, selamat terus berprestasi dan membanggakan orantua
    bahagia banget pastinya ya kak. Alhamdulillah

    ReplyDelete
  36. Alhamdulillah... Semoga kedepannya bisa lebih berprestasi lagi. Bukan hanya di tingkat nasional tapi juga internasional

    ReplyDelete
  37. Adzka kayanya emang sering menang ya, aku kayaknya pernah baca jg adzka menang dimana gitu. Pokoknya selamat ya nak, kecil kecil sudah kreatif Dan berprestasi

    ReplyDelete

Post a comment

Terima kasih atas kunjungannya semoga menginspirasi jangan lupa tulis komentarmu di kolom komentar dan dapatkan informasi terbaru di setiap postingan. Jangan lupa follow akun Instagram @efrideplin dan Twitter @efrideplin87 juga YouTube Efri Deplin. Terima kasih semoga menginspirasi.

Popular posts from this blog

Isi DasaDarma

PRAMUKA SATYA KU DARMAKAN DARMA KU BAKTIKAN
Hapal dan mengerti Isi Dasa Darma dan Tri Satya.
1. Rajin dan giat mengikuti latihan Pasukan Penggalang, sekurang-kurangnya 6 kali latihan     berturut-turut.  Keterangan: :
a. Latihan Pramuka itu berguna untuk melatih diri agar dapat hidup bermanfaat bagi diri sendiri, orang lain, masyarakat dan negara. Oleh karena itu, latihan Pramuka adalah untuk kepentingan dirimu sendiri bukan untuk orang lain.
b. Rajin mengikuti latihan artinya tidak pernah absen, selalu datang pada hari dan jam yang telah ditentukan bersama. Nyatakanlah kehadiranmu itu dengan mengisi daftar hadir/absensi regu.
c. Giat mengikuti latihan berarti setiap datang pada latihan Pramuka di Pasukan Penggalang selalu aktif. Yang dimaksud aktif dalam latihan yaitu selalu berusaha melatih dirinya sendiri bersama-sama teman lain akan kekurangan-kekurangan dirinya.
d. Enam kali berturut-turut, berarti tidak pernah tidak datang dengan alasan sakit, ijin, dan sebagainya. Teruskanlah la…

SILSILAH 25 NABI

SILSILAH 25 NABI


SILSILAH 25 NABI

Tulisan ini saya dapatkan dari sebuah pesan di group WhatsApp. Berikut semoga bermanfaat dan berkah Aamiin.

1. ADAM AS.
Nama: Adam As.
Usia: 930 tahun.
Periode sejarah: 5872-4942 SM.
Tempat turunnya di bumi: India, ada yang berpendapat di Jazirah Arab.
Jumlah keturunannya: 40 laki-laki dan perempuan.
Tempat wafat: India, ada yang berpendapat di Mekkah.
Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 25 kali.
.
2. IDRIS AS.
Nama: Idris/Akhnukh bin Yarid, nama Ibunya Asyut.
Garis Keturunan: Adam As. ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qinan ⇒ Mihlail ⇒ Yarid ⇒ Idris As.
Usia: 345 tahun di bumi.
Periode sejarah: 4533-4188 SM.
Tempat diutus: Irak Kuno (Babylon, Babilonia) dan Mesir (Memphis).
Tempat wafat: Allah mengangkatnya ke langit dan ke surga.
Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 2 kali.
.
3. NUH AS.
Nama: Nuh/Yasykur/Abdul Ghaffar bin Lamak.
Garis Keturunan: Adam As. ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qinan ⇒ Mihlail ⇒ Yarid ⇒ Idris As. ⇒ Matusyalih ⇒ Lamak ⇒ Nuh As.
Usia: 950 tahun.
Perio…

SOAL POST-TEST PKP

Soal-soal di bawah ini merujuk akan soal-soal post test yang didapat dari link. Untuk memudahkan marinkita belajar bersama semoga Lulus semua ya Aamiin
SOAL POS-TESTA. Pilihan Ganda

PetunjukPengisian: Jawablah pertanyaan / pernyataan berikut ini dengan memberikan tanda silang  (X) pada jawaban yang Saudara anggap benar !

Berikut ini pernyataan tentang kompetensi keterampilan : Kemampuan berfikir mencakup : mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, danmencipta Kemampuan belajar mencakup : mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar/mengasosiasi, dan mengomunikasikan Kemampuan piker dan tindak mental non motorik seperti mengambil keputusan, menyusun strategi, bernalar Kemampuan praktik laboratorium seperti: merangkai alat, menimbang atau mengukur, membuat grafik, dan menafsirkan grafik. Pernyataan yang termasuk kategori keterampilan abstrak terdapat pada angka … (1), (2), dan (3)  (1), (2), dan (4)  (1), (3), dan (4)