Skip to main content

Pesan Moral Dongeng Kak Adib



Pagi Senin 27 Januari 2020 mentari cerah menyinari bumi. Sekolah favorit SDIT Iqra'1 Kota Bengkulu sudah ramai dengan kedatangan siswa siswi terbaik bangsa menuju peradaban Indonesia menjadi lebih baik. 

Terlihat anak-anak siap untuk mengikuti upacara bendera. Siswa berseragam putih-putih lengkap dengan sarung tangan dan peci itu juga sudah mantap akan bertugas perdana senin ini. Namun sayup-sayup terdengar pengumuman "Pagi ini tidak upacara bendera dan digantikan dengan mendengarkan dongeng bersama kakak pendongng Nasional".

Wah pasti seru nih, siapa ya pendongeng nya? 

Aku masih saja sibuk menyiapkan bahan ajar di kelas, maklum hee sudah tiga hari kami libur sekolah. 

Akhirnya setelah beberapa lama kemudian aku turun dan menyaksikan langsung materi dongeng dari kak Adib. Orangnya lucu, khas beliau dengan peci bundar dan slempang di bahu. Kak Adib sesekali memainkan boneka ekor panjangnya yang lucu. Sesekali juga terdengar suara latar yang menjadikan dongeng beliau lebih hidup. Bahkan suara-suara menggema dari balik speaker itu mampu membius semua penonton yang hadir, siswa, guru dan semuanya yang ada di lapangan utama.

Pesan Moral Dongen Kak Adib

Tokoh yang Beliau sampaikan adalah Dodo si anak yang Sholeh. Rajin shalat Dan juga mengaji. Sayang teman dan juga keluarganya Ayah ibu dan saudaranya.

Dodo ingin masuk surga, pada kesempatan tertentu ia bertemu dengan malaikat Izrail atau malaikat pencabut nyawa. 

Benar, akhirnya Dodo dapat melihat kehidupan setelah kematian. Dodo mendapatkan kenikmatan di dalam kubur. Hari-hari pun berlalu hingga ia harus melewati jembatan yang seukuran rambut dibelah tujuh. Alhamdulillah Dodo dengan cekatan sampai diujung dan bertemu dengan sebuah pintu surga. Sebelumnya Dodo juga diperlihatkan Neraka yang mengerikan sehingga ia tak mampu untuk berlama-lama melihatnya. 

Kini Dodo berada di dalam Surga yang penuh kenikmatan. Semua permintaan Dodo selalu terkabul dan dipenuhi oleh pelayan di dalam Surga. Hal pertama yang Dodo minta secara bercanda adalah Handphone atau HP. "Mengapa Dodo minta HP?" setelah ditanya. "Di dunia Dodo tidak sempat bermain HP, karena Dodo banyak membaca Al Qur'an" jawabnya polos.

Namun ada satu hal yang sangat penting bagi Dodo. Dodo ingat akan orang tua dan teman-temannya yang baik. Dodo ingin membawa Orang tua dan saudara serta teman-temannya yang Sholeh. Dodo tidak bisa tenang sebelum mereka juga masuk ke dalam Surga yang penuh dengan kenikmatan ini, kenikmatan yang sebelumnya tidak pernah terfikirkan oleh akal, belum pernah dilihat oleh mata, dan kenikmatan yang belum pernah didengar oleh telinga siapapun di dunia. Maka Dodo ingin sekali keluarga yang dicintainya juga masuk ke dalam Surga.

"Aku akan membawa Ayah dan Ibuku ke Surga" Aamiin


Diakhir acara ini dikumpulkan sejumlah donasi untuk kemanusiaan. Semoga harta yang ayah dan bunda sampaikan menjadi amal Sholeh pemberat timbangan kebaikan di akhirat kelak. Aamiin

Umpan Balik

Sebagian besar yang hadir di lapangan utama meneteskan air mata. Termasuk saya. Hampir semua siswa meneteskan air mata mendengarkan kisah dari dongeng kak Adib. Pesan tersirat maupun tersurat yang mampu membawa suasana tauhid merasuk di dalam kalbu. Bagaimana tidak, siap yang tidak menginginkan Surga? tentu tidak ada karena semua umat manusia pasti menginginkan masuk Surga. Masuk surga juga tidak mampu kita lakukan sendirian. Bermasak shaleh tentu lebih afdol dilakukan bersama-sama. Juga tentunya di surga kalau kita sendirian pasti tidak begitu nyaman. Butuh teman akrab ketika di dunia. Siapa mereka? mereka adalah orang-orang terdekat kita. Ayah Ibu saudara, teman dan semuanya.

Ashaduallah Illa ha ilallah
Waashaduanna Muhammadar Rasulullah

Semoga kita semua dihimpun dalam barisan kokoh dalam kebaikan dan dalam shaf bersama Rasulullah SAW.
Allahumma Shalli Ala Muhammad wa ala Ali Muhammad.

Seorang siswa dipanggil ke depan, aku lupa siapa namanya.

"Mengapa adik menangis?" tanya seorang kakak.

"Sedih" jawabnya singkat.

"Mengapa sedih? Apakah pernah melakukan kesalahan-kesalahan terhadap Ibu dan Ayah?" tanya kakak tersebut beruntun.

"Iya pernah" jawabnya lagi.

"Mau berjanji untuk berbuat baik kepada orang tua ayah dan ibu mulai hari ini" tanya beliau pelan.

"Iya saya berjanji" jawab si anak dengan mantap.

Siang yang cerah berganti malam

Tiba-tiba sebuah pesan WA masuk

"Ass tad
Memangnya crta/dongeng ttg apa sih tad td diskolah 😊 (****) jd berubah bagettt😁😁(alias jd anak sholeh sekali )"

Aku jawab

"Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh"

"Bismillah

Alhamdulillah pagi ini kedatangan Pendongeng keren Kak Adip dkk
Pendongeng Kemanusiaan
#dongengceria
#MembangunRumahdiSURGA

"Akan kubawa Ayah dan bundaku ke SURGA" Aamiin

Jawaban Balik
"Alhmdllh ya tad🙏🙏
Anak2 mendapat pelajaran yg sgt2 berharga"

Aku jawab
"Oh iya Bun, (*****) berjanji bahwa dia akan shalat isya di awal waktu karena tadi siang dia jujur jika belum rutin shalat 5 waktu, isya sering ketiduran.
Kami berharap bunda dapat membantu mengingatkan Ananda.

Kebetulan, BPI mereka tadi satu kelompok dengan teman-teman nya di kelompok saya,

Agak tegas tadi saya menyampaikan bab mengenai shalat 5 waktu."

Jawaban Balik
"Masyaallh tad😊
Makasih ya tad..insyallh mama dan papa akan sll mengingatkan (*****) untuk 5wkt tpt waktu🙏🙏"

Hari Kamis Ini 

Masih pagi sekali, kelas masih belum ada tanda-tanda belajar akan dimulai.

"Ustadz kami hari ini puasa" bisik seorang anak

Kami memang berencana akan puasa hari ini dan ifthor bareng namun ditunda karena berbagai pertimbangan.

"Jika (*****) sampai Maghrib, ustad akan beri reward" saya memberi semangat.

Diketahui, ananda rutin shalat di masjid dan lebih awal. Semoga kebaikan demi kebaikan selalu memberikan kebermanfaatan untuk sekeliling kita Aamiin.

Semoga bermanfaat.

Dokumentasi Kebersamaan kami di kelas




Comments

  1. bagus pak pesan nya... saat anak kecil itu diusia ny masih baru dan bsa dimasukkan hal positif yg banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar, anak-anak di kelas merasakan hal yang sama, sayang sama orang tua itu penting dan utama berbakti kepada keduanya adalah hal yang harus ditanamkan sejak dini. Semoga kita juga menjadi orang tua - orang tua yang Sholeh dan bijaksana. Aamiin

      Delete
  2. Dodo anak baik yg inget orang tuanya ya. ingin ada teman di syurga gak egois main hp sendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dodo si pemeran utama nya cukup menginspirasi dan banyak memberikan pelajaran kak makasih

      Delete
  3. Mendongeng adalah salah satu cara untuk menyampaikan petuah. Anak kecil biasanya lebih masuk kalau disampaikan lewat cerita dan alkisah daripada langsung diceramahin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepakat kak, dengan cerita anak-anak akan mudah mengalihkan perhatiannya dan mereka adalah pendengar yang baik salute buat anak-anak. Di saat itulah kita semakin dekat dengan mereka.

      Delete
  4. Inspiratif sekali. Untuk menasihati anak-anak memang harus menggunakan cara yang tepat agar sampai ke hati, salah satunya dengan dongeng Islami

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener sekali kak, sepertinya setiap orang tua harus memiliki kemampuan berdongeng yang baik untuk perkembangan anak-anak nya. Siap jadi Pendongeng?

      Delete
  5. harusnya kegiatan seperti ini yg perlu dilestarikan dan dipertahankan sampai sekarang. Dongeng-dongeng yang bersifat positif sehingga bisa mematangkan karakter dan kepribadian anak-anak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah di sekolah kita rutin kak, ada satu lagi yang bisa kita lakukan adalah membacakan dongeng itu sendiri. Ini juga sangat bermanfaat untuk perkembangan dan menyisipkan pesan moral kepada anak-anak.

      Delete
  6. Mengajarkan sesuatu atau memberitahu sesuatu kepada anak memang bagusnya disampaikan lewat cerita, Mas Efri. Jadi tidak terkesan menasihati langsung anak ini itu. lewat cerita pesan moral yang akan disampaikan kepada anak lebih mudah diserap. karena mereka sambil menikmati cerita yang menarik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah setuju sekali saya kak, bener banget kita ga menggurui dan tidak terkesan menekan pada anak itu karena imajinasi mereka pada saat yang bersamaan menerjemahkan setiap kalimat demi kalimat yang di dengarnya.

      Delete
  7. Uwah sdit iqra 1, almamater sd saya hehe. Dulu jarang ada pendongeng yang datang, paling ya nonton dongeng pas ada lomba di sekolah sebelum akhir semester hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asyyiaaap Bu Dokter
      Fira menjadi salah satu siswa terbaik di sekolah ini, tetap semangat ya kak Koasnya, bisa bantuin terjemahan ga Bu Dok?

      Delete
  8. MasyaAllah luar biasa ya pendongengnya sangat berkesan dan diingat anak-anak. Pesan moralnya dapet. Dewi salut deh!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya benar-benar sangat terkesan dengan umpan balik dan kerjasama dengan ortu di rumah kak, klop seperti bertepuk tangan antara saya murid dan ortu di rumah. Alhamdulillah terwujud apa yang ingin dicapai. Baarakallahu Fikum Jamiian

      Delete
  9. Hmmm.menarik...pesan baik diselipkan melalui cerita dongeng yang baik..sehingga anak2 mudah mencernanya dan dapat langsung diaplikasikan ke keseharian mereka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener kak anak-anak jadi mudah memahaminya melalui imajinasi dari ketulusan dan kepolosan mereka, mereka luar biasa.

      Delete
  10. Duh, Dodo di surga minta HP karena di dunia lebih sering baca Al Quran. Sebagai anak besar, aku jadi malu. Ya Allah astagfirullah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menjadi pelajaran untuk kita semua ya kak, semoga memberikan kebermanfaatan yang banyak Aamiin

      Delete
  11. Wah kereeeen
    Memberi pesan kebaikan lewat dongeng seperti ini memang lebih mudah diterima oleh anak-anak
    Mereka akan mengerjakan kebaikan dengan inisiatif sendiri tanpa paksaan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar kak setuju sekali, dongeng lebih cepat memberikan trik teladan.

      Delete
  12. Wahh luar biasa.. semoga bisa memberikan manfaat ke banyak lokasi sekaligus deh yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin insya Allah memberikan manfaat untuk banyak orang, minat jadi Pendongeng kak?

      Delete
  13. masyaallah saya yang baca aja terharu loh pak ustad, apalagi jika mendengarkan secara langsung? Luar biasa ya Kak Adib ini dongengnya bagus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kekuatan dongeng sepertinya demikian kak, syukurlah jika membekas pada saat bunda membacanya. Semoga one day bisa melihat secara langsung

      Delete

Post a comment

Terima kasih atas kunjungannya semoga menginspirasi jangan lupa tulis komentarmu di kolom komentar dan dapatkan informasi terbaru di setiap postingan. Jangan lupa follow akun Instagram @efrideplin dan Twitter @efrideplin87 juga YouTube Efri Deplin. Terima kasih semoga menginspirasi.

Popular posts from this blog

Isi DasaDarma

PRAMUKA SATYA KU DARMAKAN DARMA KU BAKTIKAN Hapal dan mengerti Isi Dasa Darma dan Tri Satya. 1. Rajin dan giat mengikuti latihan Pasukan Penggalang, sekurang-kurangnya 6 kali latihan     berturut-turut.  Keterangan: : a. Latihan Pramuka itu berguna untuk melatih diri agar dapat hidup bermanfaat bagi diri sendiri, orang lain, masyarakat dan negara. Oleh karena itu, latihan Pramuka adalah untuk kepentingan dirimu sendiri bukan untuk orang lain. b. Rajin mengikuti latihan artinya tidak pernah absen, selalu datang pada hari dan jam yang telah ditentukan bersama. Nyatakanlah kehadiranmu itu dengan mengisi daftar hadir/absensi regu. c. Giat mengikuti latihan berarti setiap datang pada latihan Pramuka di Pasukan Penggalang selalu aktif. Yang dimaksud aktif dalam latihan yaitu selalu berusaha melatih dirinya sendiri bersama-sama teman lain akan kekurangan-kekurangan dirinya. d. Enam kali berturut-turut, berarti tidak pernah tidak datang dengan alasan sakit, ijin, dan sebaga

SILSILAH 25 NABI

SILSILAH 25 NABI Silsilah Nabi / Rasul Sumber : Silsilah Nabi dan Rasul SILSILAH 25 NABI Tulisan ini saya dapatkan dari sebuah pesan di group WhatsApp. Berikut semoga bermanfaat dan berkah Aamiin. 1. ADAM AS. Nama: Adam As. Usia: 930 tahun. Periode sejarah: 5872-4942 SM. Tempat turunnya di bumi: India, ada yang berpendapat di Jazirah Arab. Jumlah keturunannya: 40 laki-laki dan perempuan. Tempat wafat: India, ada yang berpendapat di Mekkah. Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 25 kali. . 2. IDRIS AS. Nama: Idris/Akhnukh bin Yarid, nama Ibunya Asyut. Garis Keturunan: Adam As. ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qinan ⇒ Mihlail ⇒ Yarid ⇒ Idris As. Usia: 345 tahun di bumi. Periode sejarah: 4533-4188 SM. Tempat diutus: Irak Kuno (Babylon, Babilonia) dan Mesir (Memphis). Tempat wafat: Allah mengangkatnya ke langit dan ke surga. Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 2 kali. . 3. NUH AS. Nama: Nuh/Yasykur/Abdul Ghaffar bin Lamak. Garis Keturunan: Adam As. ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qi

Pembagian Raport Online di Tengah Issue Covid-19

Pembagian Raport Online di Tengah Issue Covid-19 Saya bersama anak-anak Aulad Hari ini adalah hari Sabtu. Hari yang dinanti-nantikan bagi siswa saya ketika belajar tatap muka berlangsung. Mengapa? pasalnya adalah kalau tidak libur maka akan ada out door study atau kita akan melaksanakan POMG. Iya besok pembagian raport dan POMG. Pembagian Raport 😊. Kelas 4 Abdullah bin Umar  di Hutan Mangrove Apa itu POMG? POMG adalah Pertemuan Orangtua Murid dan Guru. Saat pembagian raport SDIT Iqra'1 Kota Bengkulu sejak lama menggaungkan budaya literasi tatap muka dengan beberapa istilah yang menarik seperti ini. Pembagian Raport dan POMG setidaknya kami laksanakan dua kali dalam satu semester. Pertama pada saat tengah semester dan yang kedua adalah di akhir semester. Biasanya pertemuan berlangsung dengan tatap muka di Masjid Qolbun Salim 1 atau Qolbun Salim 2 dan kembali berkumpul di kelas masing-masing. Baca Juga: Wisata yang Layak Dikunjungi di Bengkulu Namun ada perbe