Skip to main content

Apa Pengertian Her dan Remedial



Her dan Remidial adalah 2 kata yang sering kita jumpai pada musim ujian kaya musim hujan saja ya hee. Faktanya masih saja ada diantara kita yang belum familiar dengan kedua istilah yang berbeda makna ini. Yang satunya adalah proses tes ulang dan yang satunya lagi adalah proses belajar.

Bagaimana caranya agar dapat dengan mudah memahaminya? Berikut penjelasannya secara singkat semoga dapat membantu.

HER

Her adalah ujian perbaikan. Siswa yang mendapat nilai kurang bagus atau dibawa KKM, harus mengulang dengan soal yang sama saat ujian. Nilai yang diambil harus sesuai dengan kesepakatan dari forum rapat guru.

Alur kebijakan seperti ini dapat dijelaskan sebagai berikut. Jika Budi mendapat nilai 70 sedangkan KKM adakah 75 maka ketika dilakukan HER nilainya 90 ada tiga kemungkinan nilai yang didapatkan Budi.
1.  Nilai yang dalah diambil adalah nilai yang diambil adalah nilai minimal atau sesuai ketuntasan. Kalau nilai ketuntasan 75, walaupun nilai HER nya 90, maka ia hanya mendapat nilai 75.
2. Nilai yang diambil adalah nilai berbaik, artinya jika setelah HER adalah 90 maka nilainya adalah 90. Namun kebijakan ini sering menjadi sebuah momok ketika ada siswa yang tidak HER namun nilainya hanya 85. Jika Budi Her tapi nilai di Raport lebih tinggi dari yang tidak HER ini dinilai tidak adil.
3. Nilai yang diambil adalah hasil pembagian dua nilai, dalam hal ini berdasarkan contoh di atas maka nilai Budi adalah (70+90) : 2 = 80. Maka nilai Budi 80.


Bagaimana? Sudah mahir kan?

REMIDI

Remidi adalah proses pembelajaran ulang. Setelah siswa melakukan proses pembelajaran beberapa waktu, kemudian diujikan kembali.

Setelah selesai ujian, hasilnya dianalisis. Akan diketahui, bagian mana saja yang tidak dikuasai. Maka bagian yang tidak dikuasai inilah yang dipelajari lagi untuk beberapa waktu.

Setelah selesai pembelajaran, maka diadakah tes lagi. Nah, tes inilah yang namanya ujian remidi atau remidial.

Semua proses belajar pada saat remidial harus lebih baik dari sebelumnya. Baik metode mengajar, alat peraga, serta semua aspek yang mendukung pembelajaran seharusnya lebih baik jika dibandingkan sebelum remisi. Tujuannya adalah untuk mencapai hasil yang maksimal guna pemenuhan hak para peserta didik atau siswa.

Remedial dapat dilakukan secara mandiri, berkelompok, maupun tutor sebaya.


Setelah melakukan remidial kita akan mengetahui bagaimana hasil capaian peserta didik atau siswa yang kita remidi. Jika nilainya bagus maka kegiatan remidial kita dianggap sudah selesai. Namun jika nilainya masih saja kurang bagus maka harus dilakukan remidial berikutnya sampai peserta didik atau siswa yang kita ajar tuntas akan materi yang diajarkan. Jika menjelang ujian nilai peserta didik atau siswa tidak mencapai apa yang diharapkan maka kita tidak dianjurkan untuk melanjutkan kegiatan remidial karena setiap peserta didik atau siswa juga memiliki batas kemampuan yang berbeda. Namun biasanya kegiatan remidial cukup efektif lho, coba saja.

Kapan Remidial pembelajaran tematik dilaksanakan

Pada pembelajaran tematik kurikulum 2013 kegiatan pembelajaran remidial idealnya dilakukan setelah evaluasi harian. Pada saat selesai evaluasi harian kita mengetahui dari proses analisis butir soal. Yang sering saya lakukan di kelas adalah jika peserta didik atau siswa di kelas saya belum mencapai nilai A maka otomatis beserta didik atau siswa tersebut harus memperbaikinya pada saat itu juga. Tentu setelah mendapat arahan terlebih dahulu secara mandiri.

Selain itu pula biasanya saya juga memberikan kesempatan kepada temannya yang sudah tuntas untuk membantu teman yang belum tuntas agar lebih efektif. Disisi lainnya tutor sebaya ini dinilai sangat efektif dan ampuh lho dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik atau siswa.  Siswa yang membantu merasa sangat dihargai, dan siswa yang dibantu sangat terbantu dengan bahasa antar mereka.

Nah pada dasarnya sebenarnya tidak ada remidial setelah Penilaian Akhir Semester dalam kurikulum 2013, namun jika ada waktu dan kesempatan tidak mengapa bukan jika dibutuhkan.


Demikian ya pengertian Her dan Remidial semoga dapat membantu. Ingat! Langah pertama dan paling utama setelah melaksanakan ujian adalah mengoreksi jawaban peserta didik atau siswa kemudian dilanjutkan dengan menganalisis butir soal. Selamat mencoba.

Comments

Popular posts from this blog

Isi DasaDarma

PRAMUKA SATYA KU DARMAKAN DARMA KU BAKTIKAN
Hapal dan mengerti Isi Dasa Darma dan Tri Satya.
1. Rajin dan giat mengikuti latihan Pasukan Penggalang, sekurang-kurangnya 6 kali latihan     berturut-turut.  Keterangan: :
a. Latihan Pramuka itu berguna untuk melatih diri agar dapat hidup bermanfaat bagi diri sendiri, orang lain, masyarakat dan negara. Oleh karena itu, latihan Pramuka adalah untuk kepentingan dirimu sendiri bukan untuk orang lain.
b. Rajin mengikuti latihan artinya tidak pernah absen, selalu datang pada hari dan jam yang telah ditentukan bersama. Nyatakanlah kehadiranmu itu dengan mengisi daftar hadir/absensi regu.
c. Giat mengikuti latihan berarti setiap datang pada latihan Pramuka di Pasukan Penggalang selalu aktif. Yang dimaksud aktif dalam latihan yaitu selalu berusaha melatih dirinya sendiri bersama-sama teman lain akan kekurangan-kekurangan dirinya.
d. Enam kali berturut-turut, berarti tidak pernah tidak datang dengan alasan sakit, ijin, dan sebagainya. Teruskanlah la…

SILSILAH 25 NABI

SILSILAH 25 NABI


SILSILAH 25 NABI

Tulisan ini saya dapatkan dari sebuah pesan di group WhatsApp. Berikut semoga bermanfaat dan berkah Aamiin.

1. ADAM AS.
Nama: Adam As.
Usia: 930 tahun.
Periode sejarah: 5872-4942 SM.
Tempat turunnya di bumi: India, ada yang berpendapat di Jazirah Arab.
Jumlah keturunannya: 40 laki-laki dan perempuan.
Tempat wafat: India, ada yang berpendapat di Mekkah.
Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 25 kali.
.
2. IDRIS AS.
Nama: Idris/Akhnukh bin Yarid, nama Ibunya Asyut.
Garis Keturunan: Adam As. ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qinan ⇒ Mihlail ⇒ Yarid ⇒ Idris As.
Usia: 345 tahun di bumi.
Periode sejarah: 4533-4188 SM.
Tempat diutus: Irak Kuno (Babylon, Babilonia) dan Mesir (Memphis).
Tempat wafat: Allah mengangkatnya ke langit dan ke surga.
Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 2 kali.
.
3. NUH AS.
Nama: Nuh/Yasykur/Abdul Ghaffar bin Lamak.
Garis Keturunan: Adam As. ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qinan ⇒ Mihlail ⇒ Yarid ⇒ Idris As. ⇒ Matusyalih ⇒ Lamak ⇒ Nuh As.
Usia: 950 tahun.
Perio…

SOAL POST-TEST PKP

Soal-soal di bawah ini merujuk akan soal-soal post test yang didapat dari link. Untuk memudahkan marinkita belajar bersama semoga Lulus semua ya Aamiin
SOAL POS-TESTA. Pilihan Ganda

PetunjukPengisian: Jawablah pertanyaan / pernyataan berikut ini dengan memberikan tanda silang  (X) pada jawaban yang Saudara anggap benar !

Berikut ini pernyataan tentang kompetensi keterampilan : Kemampuan berfikir mencakup : mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, danmencipta Kemampuan belajar mencakup : mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar/mengasosiasi, dan mengomunikasikan Kemampuan piker dan tindak mental non motorik seperti mengambil keputusan, menyusun strategi, bernalar Kemampuan praktik laboratorium seperti: merangkai alat, menimbang atau mengukur, membuat grafik, dan menafsirkan grafik. Pernyataan yang termasuk kategori keterampilan abstrak terdapat pada angka … (1), (2), dan (3)  (1), (2), dan (4)  (1), (3), dan (4)