Wednesday, 11 December 2019

Asesmen Kompetensi Minimum dan Survei Karakter


Menarik untuk dibahas yang lagi trend saat ini adalah pernyataan dari Menteri Pendidikan Bapak Nadiem Makarim bahwa Ujian Nasional atau UN resmi akan ditiadakan dimulai tahun 2021. Lantas apa yang menjadi tolak ukur kelulusan siswa nanti?

Belaiu berani mengambil keputusan dan percaya diri juga menyampaikan solusi. Iya diataranya adalah Asesmen Kompetensi Minimum dan Survei Karakter. Apa sajakah pengertian dari dua hal di atas. Berikut penjelasannya:

Asesmen Kompetensi Minimum

"Kompetensi minimum adalah kompetensi yang benar-benar minimum di mana kita bisa memetakan sekolah-sekolah dan daerah-daerah berdasarkan kompetensi minimum. Apa itu materinya. Materinya yang bagian kognitifnya hanya dua. Satu adalah literasi dan yang kedua adalah numerasi," papar Nadiem di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Rabu (11/12/2019).

Kemampuan literasi yang dimaksud bukan sekadar kemampuan membaca, tetapi juga kemampuan menganalisis suatu bacaan serta kemampuan untuk mengerti atau memahami konsep di balik sebuah tulisan.

Kemampuan numerasi merupakan kemampuan menganalisis menggunakan angka.

Menariknya adalah Literasi dan numerasi yang dimaksud bukan mata pelajaran bahasa atau matematika, melainkan kemampuan siswa menggunakan konsep itu untuk menganalisis sebuah materi.

Survey Karakter

Sedangkan Survey Karakter yang dimaksud adalah untuk mengetahui apakah asas-asas Pancasila itu benar-benar dirasakan oleh siswa se-Indonesia. Kita akan menanyakan survei-survei untuk mengetahui ekosistem sekolahnya. Bagaimana implementasi gotong royong. Apakah level toleransinya sehat dan baik di sekolah itu? Apakah well being atau kebahagiaan anak itu sudah mapan? Apakah ada bullying yang terjadi kepada siswa-siswi di sekolah itu? demikian ujar Nadiem.

Survei ini akan menjadi tolok ukur untuk bisa memberikan umpan balik, memberikan feedback pada sekolah-sekolah untuk melakukan perubahan-perubahan yang akan menciptakan siswa-siswi yang lebih bahagia dan juga lebih kuat asas-asas Pancasilanya di dalam lingkungan sekolahnya. Tentunya bagi perintah daerah juga akan memberikan stimulus yang baik untuk perkembangan daerah melalui pendidikan yang bermutu.

No comments:

Post a comment

Terima kasih atas kunjungannya semoga menginspirasi jangan lupa tulis komentarmu di kolom komentar dan dapatkan informasi terbaru di setiap postingan. Jangan lupa follow akun Instagram @efrideplin dan Twitter @efrideplin87 juga YouTube Efri Deplin. Terima kasih semoga menginspirasi.

Trip Air Terjun Cuup PSUK Benteng

Pagi masih menyapa hangat dengan perpaduan sinar mentari di ufuk timur, menambahkan keceriaan hari ini. Benar saja kami dari tadi s...