Wednesday, 16 October 2019

Jenis-Jenis Daun Berdasakan Tulang Daun




Jenis-Jenis Daun Berdasakan Tulang Daun

Meteri ini merupakan lanjutan dari materi sebelumnya tentang Akar dan Batang. Pada kesempatan ini akan membahas tentang jenis-jenis daun berdasarkan bentuk tulang daun. Berikut selengkapnya:

Daun pada tumbuhan memiliki bagian luar dan bagian dalam. Kali ini akan mempelajari bentuk daun dari bagian dalam dari daun yaitu bagian tulang daun.


Daun Sejajar

Tipe tulang daun bertulang sejajar sering kita temukan pada tumbuhan yang berbiji tunggal atau dalam bahasa ilmiahnya disebut dengan Monocotyledoneae.

Contoh nya adalah daun padi, daun alang-alang, daun aren, daun alang-alang, daun palem, daun jagung, daun tebuh, daun serai, daun rumput gajah, dan daun bambu.

Pohon palem dengan jenis daun sejajar

Daun Menyirip

Tulang daun ini memiliki ciri ciri seperti sirip ikan maka dari itu disebut tulang daun menyirip.

Contoh tumbuhan yang memiliki Jenis-Jenis Tulang Daun menyirip adalah daun pohon mangga, daun pohon laban, daun pohon mahoni, daun pohon jambu biji, daun pohon jambu air, daun pohon beringin, daun pohon teh, daun pohon coklat, daun pohon ketapang dan daun pohon nangka.

Pohon mangga dengan jenis daun menyirip

Daun Menjari

Pada tipe tulang daun ini, bentuk dan fisik dari tulang daun menjari mirip seperti jari manusia. Tipe tulang daun menjari ini merupakan tipe tulang daun yang memperlihatkan susunan seperti jari jari tangan.

Contoh tumbuhan yang memiliki tulang daun menjari adalah daun pohon singkong, daun pohon pepaya, daun pohon jarak, daun pohon pagar, daun pohon ubi jalar, daun pohon kapuk, daun pohon bunga matahari, daun pohon labu dan daun pohon melon.

Pohon dengan jenis daun menjari

Demikianlah tulisan mengenai jenis daun berdasarkan tulang dalam daun yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan dan pemahaman kita semua Aamiin.
Jangan lupa like dan komentarnya ya. 

No comments:

Post a comment

Terima kasih atas kunjungannya semoga menginspirasi jangan lupa tulis komentarmu di kolom komentar dan dapatkan informasi terbaru di setiap postingan. Jangan lupa follow akun Instagram @efrideplin dan Twitter @efrideplin87 juga YouTube Efri Deplin. Terima kasih semoga menginspirasi.

4 Tips Donor Darah Saat Puasa

Donor darah menjadi trend gaya hidup sehat masa kini. Selain memenuhi kebutuhan hidup para penggunanya, donor darah menjadi sebuah kebutuhan...