Skip to main content

Kado Spesial Ulang Tahun

Kado Spesial Ulang Tahun

Dalam Islam tidak ada yang namanya ulang tahun atau pun memperingati hari lahir. Namun seringkali kita temukan ungkapan dan ucapan doa-doa pada hari lahir seseorang. Akupun demikian, kerap melakukan hal demikian. Doa dan harapan selalu dimanfaatkan pada setiap momentum kelahiran seseorang.


Memaknai Hari Lahir

Pada dasarnya hari lahir bagi seorang muslim adalah berkurangnya umur dan jatah hidup untuk beribadah kepada Allah SWT. Momentum yang dapat diambil dari hari kelahiran seseorang adalah tadabbur dan refleksi diri atas dosa-dosa yang selama dilakukan. Karena sesungguhnya tidak ada manusia yang tidak memiliki dosa. Namun lebih dari itu adalah bagaimana cara meningkatkan kekuatan rukhiyah untuk memaksimalkan ibadah dalam mencapai kepuasan diri ketika bertemu Rabb nanti.

Bagaimana menyikapi hari lahir dalam Islam?

berikut adalah 10 kado spesial ulang tahun  yang dapat dengan mudah dilakukan

Kado Spesial Pertama Muhasabah atau Introfeksi Diri

Ketika berhadapan dengan hari ulang tahun, maka hendaknya bersikap muhasabah atau introspeksi diri. Jadikanlah hari ulang tahun sebagai hari untuk merenungi segala kesalahan atau dosa besar dalam Islam yang pernah diperbuat. Sebagaimana firman Allah SWT: “

Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian. Kecuali orang yang beriman dan orang-orang yang yang mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat dan menasehati supaya menetapi kesabaran.” (Q.S. Al Ashr: 1-3)

Kado Spesial Kedua Menyadari bahwa perayaan ulang tahun adalah kebudayaan non Muslim

Rasulullah bersabda: “Orang yang meniru suatu kaum, ia seolah adalah bagian dari kaum tersebut” (HR. Abu Dawud, disahihkan oleh Ibnu Hibban). Perayaan ulang tahun bukanlah bagian dari Islam. Islam hanya mengenal 3 perayaan saja, yakni Idul Fitri, Idul Adha, dan hari Jumat.

Jika ulang tahun menjadi sebuah perayaan, maka hal tersebut termasuk sudah mengikuti jalan kaum non Muslim lainnya. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sebaik-baik umat manusia adalah generasiku (sahabat), kemudian orang-orang yang mengikuti mereka (tabi’in) dan kemudian orang-orang yang mengikuti mereka lagi (tabi’ut tabi’in).” (Muttafaq ‘alaih)

Kado Spesial Ketiga Minta doa pada keluarga dan sahabat

Daripada sibuk mengikuti kebudayaan non Muslim yang merayakan ulang tahun, akan jauh lebih baik jika kita meminta doa dari keluarga dan sahabat. Hal ini jauh lebih bermanfaat. Mintalah doa pembuka 12 pintu rejeki, doa agar keinginan tercapai, dan doa agar dipermudah segala urusan. Sebagaimana firman Allah:

Artinya: “Mereka berkata: “Wahai ayah kami, mohonkanlah ampun bagi kami terhadap dosa-dosa kami, sesungguhnya kami adalah orang-orang yang bersalah (berdosa)” (Q.S. Yusuf: 97)

Kado Spesial Keempat Bersedekah

Daripada menghabiskan uang hanya untuk melakukan perayaan ulang tahun, alangkah lebih baik jika kita bersedekah. Ada banyak keutamaan  sedekah dalam Islam yang bisa dilakukan saat umur kian bertambah.  Sebagaimana firman Allah:

Artinya: ” Dan belanjakanlah (harta bendamu) di jalan Allah, dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan, dan berbuat baiklah, karena sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik.” (Q.S. Al Baqarah: 195)

Kado Spesial Kelima Mengingat kematian dan Meningkatkan keimanan

Ingatlah bahwa semakin bertambah usia maka semakin dekat pula dengan kematian. Untuk itu persiapkanlah amal jariyah sebanyak-banyaknya untuk bekal di akhirat nanti.

Artinya: ” Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah sebenar-benar takwa kepada-Nya; dan janganlah sekali-kali kamu mati melainkan dalam keadaan beragama Islam. .” (Q.S. Ali Imran: 102)


Artinya: ” Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Dan sesungguhnya pada hari kiamat sajalah disempurnakan pahalamu. Barangsiapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, maka sungguh ia telah beruntung. Kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan. .” (Q.S. Ali Imran: 185)

Mengingat umur yang semakin bertambah, hendaknya tingkatkan keimanan. Ada banyak cara meningkatkan keimanan dan cara meningkatkan akhlak. Dengan semakin kuatnya keimanan, maka bukan hanya perayaan ulang tahun saja yang bisa dihindari, tapi juga kebudayaan lainnya. Misalnya dengan mengerjakan sholat fardhu dan macam-macam sholat sunnah.

Kado Spesial Keenam Tidak membuat pesta

Jangan mengadakan pesta ulang tahun, walaupun kecil-kecilan. Apalagi menggunakan kue dengan lilin ulang tahun yang jumlahnya disesuaikan dengan umur. Selain mengikuti tradisi Nasrani Romawi, hal ini juga menyia-nyiakan harta Anda. Belum lagi dosa yang tak terampuni jika Anda menyiapkan sarana teman-teman jahiliah lainnya.

Artinya: “Dan berikanlah kepada keluarga-keluarga yang dekat akan haknya, kepada orang miskin dan orang yang dalam perjalanan dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros. .” (Q.S. Al Israa: 127)

Kado Spesial Ketujuh Menambah prestasi

Karena belajar adalah sepanjang hayat. Menjadikan tambahan umur sebagai tolak ukur untuk menambah prestasi. Karena sebaik-baik manusia adalah yang berguna dan bermanfaat bagi manusia lainnya.

Artinya: “Bagi orang-orang yang berbuat baik, ada pahala yang terbaik (surga) dan tambahannya. Dan muka mereka tidak ditutupi debu hitam dan tidak (pula) kehinaan. Mereka itulah penghuni surga, mereka kekal di dalamnya. .” (Q.S. Yunus: 26)

Kado Spesial Kedelapan Bersyukur

Panjatkan syukur sebanyak mungkin kepada Allah SWT karena kita masih diberi banyak kenikmatan dan umur untuk terus beribadah. Melakukan berbagai cara mensyukuri nikmat Allah agar semakin banyak nikmat diberikan oleh Allah SWT.

Artinya: “Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih”.” (Q.S. Ibrahim: 7)

Kado Spesial Kesembilan Berkumpul dengan keluarga dan Memperbanyak dzikir

Habiskan waktu dengan keluarga untuk melakukan kegiatan yang bermanfaat. Menghindari ulang tahun dengan kegiatan lain yang jauh lebih bermanfaat adalah sikap yang tepat. Sisihkan waktu untuk mengajak keluarga Anda melakukan wisata agar hubungan kekeluargaan menjadi lebih dekat.

Hari ulang tahun adalah hari mendekati kematian maka dari itu sebaiknya perbanyak mengingat Allah dengan berdzikir karena ada banyak keutamaan berdzikir. Berdzikir bersama keluarga tentu lebih utama.

Artinya: “Maka apabila kamu telah menyelesaikan shalat(mu), ingatlah Allah di waktu berdiri, di waktu duduk dan di waktu berbaring. Kemudian apabila kamu telah merasa aman, maka dirikanlah shalat itu (sebagaimana biasa). Sesungguhnya shalat itu adalah fardhu yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman. “.” (Q.S. An nisa: 103)

Kado Spesial Kesepuluh Memohon ampunan

Mintalah ampunan kepada Allah SWT atas segala dosa yang telah kita lakukan selama tahun-tahun yang dilewati dengan memperbanyak amalan istighfar. Ada banyak keutamaan istighfar.

Artinya: “Katakanlah: “Hai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”.” (Q.S. Az Zumar: 53)

Baca juga: Kado Istimewa Minyak Wangi

Rasa Sakit Kado Terbaik Muhasabah Diri

Tadi malam tiba-tiba badanku menggigil, AC di kamar terasa sangat dingin. Sampai subuh tiba aku tidak mampu mengangkat kepala. Akhir-akhir ini aku sering sakit flu berat karena alergi dingin. Makanya jika ke Curup selalu bawa masker atau jaket tebal dan vitamin. 

Hingga pagi tiba, panas tubuhku rasanya tidak turun. Aku urungkan untuk mandi dan langsung bersih-bersih badan dan ganti pakaian untuk datang ke sekolah lebih awal. Pukul 07.00 wib aku masih saja pusing, kepala nyut-nyutan. Konsultasi ke dokter via WhatsApp menyarankan aku untuk ke klinik. Akhirnya pelajaran pertama usai, pukul 09.00 aku langsung ke Iqra Medical Center. Iya aku disarankan badrest, tapi aku menolak. Akhirnya aku diberi obat berlebih dan vitamin. 


"Besok setelah badannya fit, bapak datang ke sini lagi ya Pak Guru" kata dokter. Saya akhirnya pulang ke sekolah dan mandi. Iya, aku mandi dengan tujuan untuk bersih-bersih badan seperti saran dokter agar kuman pada pergi hee.

Makan obat pertama 4 resep sekaligus. Aku kemudian istirahat di salah satu ruangan, ruang guru olahraha hee. Rasanya cukup nyaman dengan rebahan. 

Kenapa Tidak Mau Badrest?

Alasan adalah karena sekolah sedang sibuk. Sementara ini beberapa agenda sekolah sedang membutuhkan support dan kerja tim yang solid. Jika aku tidak masuk masuk sekolah, aku khawatir binaan paduan suara akan terbengkalai. Rekan satu tim ada yang sedang sakit, dua orang lagi mereka izin semuanya. Jika aku tidak masuk juga itu artinya ada tiga yang izin sementara amanah kita berbeda-beda.

Yakin aku bisa melatih? Pada akhirnya aku benar-benar menyerah setelah setengah jam berdiri di depan 40 siswa. Iya aku akhirnya istirahat kembali sampai menjelang ashar. Setelah itu aku pulang ke rumah bersama Abang Harrik. 

Celotehan Adzka dan Sebuah Silverqueen

Tiba di rumah badanku mulai terasa lebih nyaman. Syukur Alhamdulillah makan masih kuat hee. Berat badan tadi pagi ditimbang 73 kg hahaha. Masih dengan rebahan, tiba-tiba Umminya anak-anak pulang bersama Adzka. Wah.. Adzka dengan hebohnya cerita ini dan itu, aku tanya "Dari Mana?" jawaban panjang lebar. Aku senang mendengar celotehan nya yang nyaring. 


Sebenarnya aku ingin mendengar ceritanya di sekolah. Iya, Adzka hari ini juga milad yang ke-6. Sedangkan aku yang ke-33. Rempong juga umminya ya? enggak juga karena kami tidak mengistimewakan hari lahir. Namun, tiba-tiba istriku memberikan sebuah cokelat besar dan memberikan untaian doa-doa. Terima kasih ya.


Comments

  1. Tentang kado, aku ga selalu memberi berupa barang. Doa juga tak kalah penting untuk dipanjatkan

    ReplyDelete
  2. Sepakat akupun demikian kak, mohon doanya ya diumurku yang sudah sekian ini agar menjadi anak yang Sholeh Ayah yang Sholeh semuanya yang baik-baik ya kak. Cepet naik Haji juga Aamiin

    ReplyDelete
  3. Kadang tak bisa ditolak jika saat bertambah usia teman teman membawakan kue beserta lilinnya.... mau tak mau ikutan juga dengan pesta yang diadakan. cara yang saya lakukan agar tak banyak yang tau hari lahir saya adalah dengan tidak menampilkan data diri di medsos , dan berusaha setiap hari lahir saya bolos kerja agar teman2 tidak lagi menggelar pesta kecilnya dikantor :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Diterima saja kak, menghargai mereka, kadonya diterima, lilin nya ga perlu ditiup hee
      Makan aja kuenya rame-rame 😍

      Delete
  4. Kadonya spesial semua ya :) terkadang yang teringat pestanya doang saat ulang tahun. Lupa deh kalau dengan bertambahnya usia, bertambah juga beban hidup kita :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah kak Anisa sudah ingat dan mengingatkan kita semua. Terhitung sejak baligh tanggung jawab itu terus membayangi kita ya kak, semoga kita mampu melaluinya dengan baik sesuai syariat nya.

      Delete
  5. Trima kasih sudah diingatkan ustz, semoga diberikan usia yg berkah, hidup yg bermanfaat utk keluarga, lingkungan sekitar dan jg utk negara. Aamiin..
    2 minggu yg llu saya jg bertambah usia yg ke 33, tapi lebih tepatnya berkurang..eeeh kita satu angkatan yaaa😆🤭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin Aamiin Aamiin ya Rabbal Alamiin
      Jazakumullahu Khair, semangat selalu berkarya dan pantang menyerah eaa..
      Ampun ya kak angkatan 87 hehe

      Delete
  6. Met milad ya mas efri, semoga barokah umurnya hehe.
    Dirumah juga sekarang udah dikurangin acara tiup lilin, tapi tetap pesan kue buat makan-makan. Karena menurut saya tidak ada salahnya mengistimewakan hari lahir seseorang, terlepas dari ini kebudayaan siapa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih doanya kak. Sah-sah saja memberikan hadiah kepada orang yang kita sayangi.

      Delete
  7. Kalau boleh usul lagi sih, yang seharusnya dikasih kado pas ulangtahun itu ya ibu kita. Beliau yang berjuang melahirkan kita, dan membesarkan kita hingga seperti ini. Hehe..
    Baru jadi ibu soalnya, jadi baru ngerasain gimana repotnya jadi seorang ibu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah bener banget kak, karena surga dibawa telapak kaki ibu. Alhamdulillah selamat menjadi Ibu.

      Delete
  8. Ngasih kado ga di hari lahir boleh kan ya? Sebagai hadiah rasa trima kasih ke orang2 tersayang. Kasih kue tanpa tiup lilin juga boleh kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh-boleh saja kak, di setiap kesempatan bahkan ada yang menamakan dengan kejutan, memberi pada hakikatnya adalah teladan yang baik, tanpa tiup lilin.

      Delete
  9. Dulu keluargaku selalu rajin merayakan ulang tahun anak-anaknya. Namun sejak tahu hukumnya kami tidak lagi melakukan perayaan apapun. Namun ibuku masih tetap mengucapkan doa2 untukku. Setelah jadi ibu, aku tahu betapa hari kelahiran seorang anak adalah hal paling berharga, pantas saja jika ibu selalu mengingat hari-hari kelahiran anaknya dan ingin mengingatnya secara spesial.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah luar biasa ya kak, doa seorang ibu tak berbatas. Selagi beliau masih ada sayangilah selalu kak.

      Delete
  10. sejak beberapa tahun terakhir saya juga menjadikan moment pertambahan usia untuk intropeksi diri.
    Apa yang sudah saya lakukan
    berapa banyak doa yang sudah saya perbuat
    betapa masih kurang amalan saya
    apa yang harus saya perbaiki dan lain lain
    intinya, bertambah umur sebaiknya jangan dijadikan sebagai moment untuk hura hura tapi tuk musahabah diri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini adalah kado spesial dari Muhasabah diri ya kak, merenungi apa yang telah dilalui selama ini untuk perbaikan ke depan.

      Delete
  11. Selamat ulang tahun mas
    Juga buat Adzka
    Semoga pertambahan umur ini menjadi berkah
    Dan ladang kebaikan untuk sesama

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kak, Aamiin.
      Iya gadis kecilku dengan sejuta harapan di pelupuk mataku, Aamiin

      Delete
  12. Yup saya juga sudah tidak lagi memperingati hari lahir karena emamg budaya seperti ini nggak ada dalam Islam ya. Jadi yah hari ulang tahun saya saat ini tidak lagi terlalu saya specialkan yang pastinya saya berharap semakin hari atau semakin bertambahnya umur pribadi saya bisa menjadi lebih baik saja :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin ya rabbal Alamiin
      Senantiasa bersyukur dalam setiap kesempatan ya kak.

      Delete
  13. Kalau saya juga terbiasa untuk lebih bersyukur dan berterima kasih sama bercengkrama dengan Allah biar nanti jalannya mudah, adem. Tapi beberapa kali saya traktir temen2 terdekat sih, ya aebagai rasa syukur juga, mereka juga jadi senang hehe indah kalau berbagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama halnya dengan menerima hadiah, memberi juga tidak dibatasi kapan dimana dan dalam situasi apa saja, tergantung dengan niatnya ya kak, Insya Allah nyampe.

      Delete
  14. Barokallah selamat ulang tahun dan bahagia selalu
    biasnaya saya makan bareng keluarga aja
    kalo teman2 jarang bisa kumpul jadi ya paling sama keluarga aja

    ReplyDelete
  15. Semoga diberikan umur yang berkah ya kak, bersyukur dan berkarya.

    ReplyDelete
  16. Di sekolah anak-anak, temannya kalau ulangtahun sering membuat perayaan bersama teman sekelas. Membagikan goody bag yang isinya camilan dan cenderamata. Lalu semacam ada keharusan gitu, anak-anak membawa kado untuk yang ulang tahun. Mau engga bawa, gimanaa gitu...Soalnya beberapa hari sebelumnya sudah membagikan undangan (pemberitahuan), kalau mau ultah. Padahal...anak-anak tidak pernah saya rayakan di sekolah...Weeeeh...jadi curhat...

    ReplyDelete
  17. Bener. Kado gak semestinya beewujud. Kadang berdoa dalam diam adalah kado terindah yang bisa kita berikan. Sehat2 terus mas sekeluarga.. kakak adzka juga!!

    ReplyDelete
  18. Doa tulus adalah kado yang paling indah, tapi beberpa orang terkadang lebih suka dengan hadiah yang berwujud. Yang paling penting dalam memaknai bertambahnya usia, ya agar lebih bersyukur.

    ReplyDelete
  19. selamat ulang tahun mas, panjang umur dan sehat selalu :)

    ReplyDelete

Post a comment

Terima kasih atas kunjungannya semoga menginspirasi jangan lupa tulis komentarmu di kolom komentar dan dapatkan informasi terbaru di setiap postingan. Jangan lupa follow akun Instagram @efrideplin dan Twitter @efrideplin87 juga YouTube Efri Deplin. Terima kasih semoga menginspirasi.

Popular posts from this blog

Isi DasaDarma

PRAMUKA SATYA KU DARMAKAN DARMA KU BAKTIKAN
Hapal dan mengerti Isi Dasa Darma dan Tri Satya.
1. Rajin dan giat mengikuti latihan Pasukan Penggalang, sekurang-kurangnya 6 kali latihan     berturut-turut.  Keterangan: :
a. Latihan Pramuka itu berguna untuk melatih diri agar dapat hidup bermanfaat bagi diri sendiri, orang lain, masyarakat dan negara. Oleh karena itu, latihan Pramuka adalah untuk kepentingan dirimu sendiri bukan untuk orang lain.
b. Rajin mengikuti latihan artinya tidak pernah absen, selalu datang pada hari dan jam yang telah ditentukan bersama. Nyatakanlah kehadiranmu itu dengan mengisi daftar hadir/absensi regu.
c. Giat mengikuti latihan berarti setiap datang pada latihan Pramuka di Pasukan Penggalang selalu aktif. Yang dimaksud aktif dalam latihan yaitu selalu berusaha melatih dirinya sendiri bersama-sama teman lain akan kekurangan-kekurangan dirinya.
d. Enam kali berturut-turut, berarti tidak pernah tidak datang dengan alasan sakit, ijin, dan sebagainya. Teruskanlah la…

SILSILAH 25 NABI

SILSILAH 25 NABI


SILSILAH 25 NABI

Tulisan ini saya dapatkan dari sebuah pesan di group WhatsApp. Berikut semoga bermanfaat dan berkah Aamiin.

1. ADAM AS.
Nama: Adam As.
Usia: 930 tahun.
Periode sejarah: 5872-4942 SM.
Tempat turunnya di bumi: India, ada yang berpendapat di Jazirah Arab.
Jumlah keturunannya: 40 laki-laki dan perempuan.
Tempat wafat: India, ada yang berpendapat di Mekkah.
Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 25 kali.
.
2. IDRIS AS.
Nama: Idris/Akhnukh bin Yarid, nama Ibunya Asyut.
Garis Keturunan: Adam As. ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qinan ⇒ Mihlail ⇒ Yarid ⇒ Idris As.
Usia: 345 tahun di bumi.
Periode sejarah: 4533-4188 SM.
Tempat diutus: Irak Kuno (Babylon, Babilonia) dan Mesir (Memphis).
Tempat wafat: Allah mengangkatnya ke langit dan ke surga.
Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 2 kali.
.
3. NUH AS.
Nama: Nuh/Yasykur/Abdul Ghaffar bin Lamak.
Garis Keturunan: Adam As. ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qinan ⇒ Mihlail ⇒ Yarid ⇒ Idris As. ⇒ Matusyalih ⇒ Lamak ⇒ Nuh As.
Usia: 950 tahun.
Perio…

SOAL POST-TEST PKP

Soal-soal di bawah ini merujuk akan soal-soal post test yang didapat dari link. Untuk memudahkan marinkita belajar bersama semoga Lulus semua ya Aamiin
SOAL POS-TESTA. Pilihan Ganda

PetunjukPengisian: Jawablah pertanyaan / pernyataan berikut ini dengan memberikan tanda silang  (X) pada jawaban yang Saudara anggap benar !

Berikut ini pernyataan tentang kompetensi keterampilan : Kemampuan berfikir mencakup : mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, danmencipta Kemampuan belajar mencakup : mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar/mengasosiasi, dan mengomunikasikan Kemampuan piker dan tindak mental non motorik seperti mengambil keputusan, menyusun strategi, bernalar Kemampuan praktik laboratorium seperti: merangkai alat, menimbang atau mengukur, membuat grafik, dan menafsirkan grafik. Pernyataan yang termasuk kategori keterampilan abstrak terdapat pada angka … (1), (2), dan (3)  (1), (2), dan (4)  (1), (3), dan (4)