Skip to main content

Pengalaman Belajar di RRI Mengajar di Masa Pandemi

 Pengalaman Belajar di RRI Guru SDIT Iqra`1 Kota Bengkulu Efri Deplin M.Pd Mengajar Bahasa Indonesia

Alhamdulillah

Puji dan syukur kehadirat Alah SWT sholawat serta salam semoga tercurah atas junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW. Allahumma Sholi ala Muhammad wa ala ali Muhammad.

Kali ini saya ingin berbagi pengalaman baru di masa pandemi ini. Pandemi covid-19 selain memberikan dampak negatife dalam tatanan kehidupan secara global, namun juga memberikan stimulus yang cukup efektif untuk senantiasa memberikan ruang gerak yang cukup efektif dalam mengembangkan diri dan kemampuan.

Belajar di RRI

Sebagai latar belakang pendidik saya terus berupaya semampu saya dengan mengerahkan kesunguhan untuk menuangkan kemampuan secara utuh demi tercapainya cita-cita bangsa “mencerdasakan kehidapan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan social” yang tertuang dalam pembukaan UUD 1945 serta Pasal 3 ayat 31 yang berbunyi “Pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pendidikan nasional, yang meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta akhlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, yang diatur dengan undang- undang”.  Pasal 3 ayat 31 ini cukup melekat di benak saya setelah mengikuti seminar yang diadakan secara daring atau webinar skala Nasional yang diisi oleh pembina Jaringan Sekolah Islam Terpadu Indonesia (JSIT) Bapak Dr. Sukro Muhab, M.Pd.

 

Oleh karena itu dalam kesempatan yang baik ini saya ingin memberikan sedikit hal dalam pengalaman mengajar di RRI.

 

Pengalaman Mengjar di RRI

 

Ini adalah pengalaman kedua saya mengajar di RRI. Dimana pengalaman pertama saat itu saya mengajar di RRI pada momentum Ramadhan tanggal 27 April 2020 pada tahun ajaran 2019/2020. Saat itu saya difokuskan mengajar dengan suasana pandemic dan membahas ilmu keagamaan.

 

Mengajar di RRI Pengalaman Pertama
27 April 2020 

Di pengalaman kedua ini saya kembali mengajar mata pelajaran Bahasa Indonesia. Sebenarnya ini bukan bidang ahli disiplin ilmu yang saya pelajari di kampus. Tapi saya sebagai guru kelas di SDIT Iqra`1 Kota Bengkulu merasa tertantang dan kegiatan ini sebenarnya adalah kegiatan saya saat di kelas tatap muka.

 

Dikontak oleh RRI

 

Sepekan sebelum acara hari ini dimulai saya sempat dikontak oleh pegawai RRI. Beliau menanyakan maksud dan tujuan. Awalnya saya ragu tapi beliau dengan sangat meyakinkan mampu memberikan stimulus yang lebih sehingga saya menyanggupi.

 

Saya akhirnya memberikan profil berupa nama dan identitas lainnya kepada beliau. Ternyata mereka juga membutuhkan topik apa yang akan disampaikan saat mengajar nanti. Saya sempat berfikir dan meminta waktu untuk mempersiapkannya. Singkat cerita akhirnya saya memberikan judul “Menentukan Ide Pokok dalam Teks Lisan dan Tulis”.

 

Support Pihak Sekolah

 

Melalui waka bidang Kurikulum saya mneyampaikan kabar ini untuk meminta doa restu dan supportnya. Utz Yusmaneka memberikan semangat dan lecutan kebaikan untuk menunaikan amanah ini. Mendokan semoga lancar dan berkah bermanfaat. Aamiin.

Dukungan dan support juga diberikan oleh teman-teman satu sekolah yang dengan tulus memberikan doa dan support. Kepada kepala sekolah struktur dan teman-teman semua jazakumullah atas doa dan semunya.

 

Belajar di RRI Kelas Tambahan

 

Satu jam sebelum acara dimulai saya sudah berada di dapur RRI Pro 2 Bengkulu. Nerves itu tetap ada. Ketakutan melakukan kesalahan itu masih sangat terasa. Gugup ya, iya. Saya masih saja gugup entah kenapa, mungkin karena jarang ke dapur ya hehe.

 

Saya ngobrol santai dengan host hari ini mba Vivi yang akan memandu acara belajar di RRI kelak. Rule acara Alhamdulillah sudah saya pahami, yakni mengajar full salama 1 jam kedepan dari pukul 10.00 - 11.00 wib. Selama mengajar berlangsung ada satu kali break dan memutar lagu pilihan. Setelah break selesai dilanjutkan dengan materi hingga tuntas dan jika ada diskusi kita akan diskusi atau ditutup langsung oleh host hari ini. Acara selesai. Fiks itu saja. Rule nya tidak ada perubahan. Namun kali ini ternyata, ppt saya bakal ditampilkan di streming youtube RRI NET BENGKULU Nah lho hehe.

 

Ini lho suasananya saat saya mengajar kali ini, simak dengan baik ya kalau ada yang mis abaikan saja itu hehe

 



dan berikut materinya ya semoga bermanfaat




Alhamdulillah singkat cerita saya bersyukur kepada Allah SWT yang telah menuntun lisan ini sehingga dapat menyampaikan kebaikan walaupun sedikit. Saya berdoa semoga ini menjadi sebuah ladang pahala untuk kami semua, bermanfaat untuk banyak orang dan tentunya semoga diberkahi oleh Allah SWT.

 

Selesai acaranya ada dokumentasi hehe

Kita foto-foto sama petugas RRI hari ini.

 

Penyerahan Sertifikat Penghargaan


Melalui ini juga saya menyampaikan ucapan terima kasih kepada LPP RRI Pro 2 Bengkulu wabil khusus Kepala LPP RRI Bengkulu Bapak Adyi Ivan, S.I.Kom. Host Intan dan Host Vivi bang Dayat. Yayasan Al Fida wabil khusus Bapak Dr. Dani Hamdani, M.Pd. senantiasa mensupport kami semua. SDIT Iqra`1 Kota Bengkulu dalam hal ini Ibu Kepala Sekolah Merianah, M.Pd. Struktur sekolah. Tim Solid kelas 5 SDIT Iqra`1 Kota Bengkulu. Semua rekan-rekan teman-teman hebat ust ustadzah keren Baarakallahu fikum jaamiian.

Khusus untuk Bidadari Surgaku yang sibuk bener saat ini, suskes selalu ya selalu berkarya dan menginspirasi banyak orang. Lancar dan berkah kariernya, mahasiswanya jangan digalakin hehe #becanda, aslinya luar biasa 'Ngamong' mau dong jadi mahasiswanya hehe biar bimbingan terus. Terima kasih jazakumullahu atas doa dan supportnya yang tak bertepi. Baarakallahu Fik.

Oh iya ini nih lagu yang tadi diputer sebentar di RRI hehe

kepoin juga ya




Comments

  1. Pengalaman yang cukup berkesan kayaknya ya kak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah kakak berbagi itu ternyata menyenangkan

      Delete
  2. share materinya dong kakak, mau dong

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kakak harus lebih cermat kalau baca artikel ya, dari judul isi dan penutup hehe

      Delete
  3. Wahh keren kk semoga jadi ladang pahala insyaallah semngt terus jadi sosok guru yang disukai orang banyak bukan hanya siswa saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin terima kasih atas doa dan supportnya kakak, semoga senantiasa sehat dan berkah Aamiin sukses juga untuk kak Reti

      Delete
  4. wah, keren kak... jangan cuma sesekali aja kak, sering lebih bagus memberi materi bermanfaat seperti ini... di Youtube juga bikin kak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah terima kasih supportnya kak Eva, iya nih dicoba sekali pingin lagi entar kalau ada waktu semoga RRI ga kapok hehe
      Alhamdilillah kak ada di youtube dengan alamat https://www.youtube.com/c/efrideplin banyak video pembelajaran dan lifestyle disana semoga bermanfaat Aamiin

      Delete
  5. wah pengalaman berharga banget, n moga ilmunya bermanfaat buat anak-anak yang sedang belajar dirumah ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin terima kasih mas, semoga berkah bermanfaat untuk semuanya

      Delete
  6. Senang banget kalo guru-guru dan pengajar di Indonesia bisa menggunakan berbagai media untuk meliterasi siswanya dan masyarakat. Semoga semakin banyak dilibatkan dalam pengalaman serupa ke depannya ya Mas Efri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin mumpung ada waktu dan kesempatan kakak, benar banget kak.

      Semoga bermanfaat dan menambah kebaikan. Banyak kok teman-teman guru juga yang mengajar seperti ini kak, kebetulan sekali RRI di seluruh Indonesia membuka kesempatan untuk berbagai. Salut buat RRI, sekali di udara tetap di udara.

      Delete
  7. Setelah acara selesai, perasaan langsung plong ya ka hihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe beneran, groginya langsung luntur entah kemana. Alhamdulillah kelar deh, next jika ada kesempatan kenapa tidak untuk dicoba lagi, benar ga?

      Delete
  8. Semoga berkelanjutan ya. Memang dakwah bisa lewat mana aja, makin tambah pahala hehe
    Apalagi masuk ke RRI
    Salut 🙏

    ReplyDelete
  9. Niat bang efri sungguh mulia untuk mencerdaskan anak bangsa.. semoga bang efri tetap terus memberikan yang terbaik utk anak bangsa dan insyaallah mendapatkan pahala jariah dari Allah subhanawata'alah..aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cuma hal kecil ini kak, kata teman kalau ga dibagi entar jadi usang sendiri lebih baik sampaikan ke sekitar untuk menambah keberkahan Aamiin, suskes selalu kak Julia

      Delete
  10. MasyaAllah pengalaman yang luar biasa ya kak, seru nih kalau semua guru bisa diberi kesempatan aktiv mengajar di berbagai media begini. Dan lagu yang diputarnya keren banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini sebagian kecil saja kak, kebetulan RRI selama ini memberikan ruang kepada guru se Indonesia dari Sabang sampai Merauke, apalagi di masa pandemi seperti ini. Senang iya banget dapat kesempatan walupun grogi hehe

      Itu lagu iya gubahan saya sendiri dan aransemen dari dapur, Alhamdulillah terima kasih supportnya, lagu itu sangat berarti bagi kami pendidik, maknanya dalam banget kak

      Delete
  11. Makasih banyak abang sudah ringan langkah & hati untuk sharing di Pro 2. Semoga jadi amal jariyah untuk abang, karena kontennya Insya Allah akan tetap abadi 😊👌

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masya Allah tengkiyu kakak ini kesempatan emas buat saya kak,
      Semoga berkah bermanfaat untuk semuanya Aamiin

      Delete
  12. Keren ya Pak Guru, mengajarnya di RRI, pastinya beda suasananya dengan kita biasa mengajar via platform Zoom atau Google Meet ya... Btw di bawah ada doa rabithah juga.. hmm pak gurunya pak guru saleh ya... aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sedikit beda kak, kalau sesi interaktif sama, seru aja nih, suasananya baru jadi seru.

      Delete
  13. keren eren. walau terhalang oleh pandemi, mengajar tetap harus jadi nomor satu ya ak, dimanapun itu, menggunakan media apapun tetap bermakna

    ReplyDelete
  14. MasyaAllah semangat pak guru berbagi ilmunya
    Walau pandemi tetap bisa mengajar ya termasuk di rri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kakak Ria, Ubai jadi sekolah di mana?

      Delete
  15. Masyallah, keren. Teruslah menginspirasi dan menebar manfaat ya kak efri.

    ReplyDelete
  16. Alhamdulillah ya kak bisa menyebarkan ilmu ke ranah yang lebih luas lagi. Semoga dapat bermanfaat untuk semua kalangan hehe

    ReplyDelete
  17. ternyata sudah 2 kali mengajar di RRI apalagi di saat pandemi ini wah keren yaa mas ngajar di RRI loh punya perusahaan negara hehe

    ReplyDelete
  18. Salut deh sama pak guru, bisa ngajar gak cuma di kelas tapi di RRI juga, on air lagi. Yang pastinya pendengarnya meluas sampai ke pelosok daerah.akin ngetop aja nih pak gulu....hehehe

    ReplyDelete
  19. wah keren.. aku belom nulis nih pengalaman siaran bareng dek intan hihihi.. (terus inget belom ngambil sertifikat))

    ReplyDelete
  20. Hebat, bisa mengajar di RRI. Ngajar si radio jangkauan pendemgarnya pasti lebih banyak daripada di kelas. Ilmunya lebih banyak yanh ngedapetin jadinya. Keren deh

    ReplyDelete
  21. huwaaaaaah, aku jadi ingat pengalam mengajar di sana juga, sehari setelah pak efri ya aku kemaren jadwalnya. Karena agenda itu aku jadi tau begitu rupanya situasi di studio. berasa artis pada hari itu. hahaha

    ReplyDelete
  22. keren banget pengalamannya pak.. lengkap tulisannya dengan materi pelajaran juga.. sukses terus untuk pak guru..

    ReplyDelete
  23. Senang ya rasanya bisa berbagi ilmu dengan sesama. InsyaAllah ilmu yg diberikan amat bermanfaat. Tentunya berbeda dan menarik ya Kak bisa mengajar lewat radio ☺

    ReplyDelete
  24. Sebuah pengalaman yang sangat berharga tentunya ya Pak, bisa mengisi acara di RRI dan berkontribusi memberikan edukasi pada pendengar. Semoga berkah

    ReplyDelete
  25. Wah pasti suasananya beda ya kak bisa mengajar lewat RRI. selamat ya, makin kreatif nih.

    ReplyDelete
  26. Luar biasa. Guru sekarang memang kudu kreatif bisa belajar di media apapun ya. Ih, jadi kangen pas siaran radio dulu nih, haha

    ReplyDelete
  27. Hwaah keren kak MasyaAllah. Aku dulu juga pernah ngisi di RRI. tapi sebagai pengganti pemateri yg lagi berhalangan aja hahaha. Keep inspiring guruuu

    ReplyDelete
  28. masyaAllah keren kak Efri..terima kasih udah dikasih materinya. Semoga semakin berkah ilmunya kak

    ReplyDelete
  29. Efri, be famous at RRI ya, ggod job an d i hope you will be give the best, next what the thema

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya semoga menginspirasi jangan lupa tulis komentarmu di kolom komentar dan dapatkan informasi terbaru di setiap postingan. Jangan lupa follow akun Instagram @efrideplin dan Twitter @efrideplin87 juga YouTube Efri Deplin. Terima kasih semoga menginspirasi.

Popular posts from this blog

SILSILAH 25 NABI

SILSILAH 25 NABI Silsilah Nabi / Rasul Sumber : Silsilah Nabi dan Rasul SILSILAH 25 NABI Tulisan ini saya dapatkan dari sebuah pesan di group WhatsApp. Berikut semoga bermanfaat dan berkah Aamiin. 1. ADAM AS. Nama: Adam As. Usia: 930 tahun. Periode sejarah: 5872-4942 SM. Tempat turunnya di bumi: India, ada yang berpendapat di Jazirah Arab. Jumlah keturunannya: 40 laki-laki dan perempuan. Tempat wafat: India, ada yang berpendapat di Mekkah. Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 25 kali. . 2. IDRIS AS. Nama: Idris/Akhnukh bin Yarid, nama Ibunya Asyut. Garis Keturunan: Adam As. ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qinan ⇒ Mihlail ⇒ Yarid ⇒ Idris As. Usia: 345 tahun di bumi. Periode sejarah: 4533-4188 SM. Tempat diutus: Irak Kuno (Babylon, Babilonia) dan Mesir (Memphis). Tempat wafat: Allah mengangkatnya ke langit dan ke surga. Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 2 kali. . 3. NUH AS. Nama: Nuh/Yasykur/Abdul Ghaffar bin Lamak. Garis Keturunan: Adam As. ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qi

Isi DasaDarma

PRAMUKA SATYA KU DARMAKAN DARMA KU BAKTIKAN Hapal dan mengerti Isi Dasa Darma dan Tri Satya. 1. Rajin dan giat mengikuti latihan Pasukan Penggalang, sekurang-kurangnya 6 kali latihan     berturut-turut.  Keterangan: : a. Latihan Pramuka itu berguna untuk melatih diri agar dapat hidup bermanfaat bagi diri sendiri, orang lain, masyarakat dan negara. Oleh karena itu, latihan Pramuka adalah untuk kepentingan dirimu sendiri bukan untuk orang lain. b. Rajin mengikuti latihan artinya tidak pernah absen, selalu datang pada hari dan jam yang telah ditentukan bersama. Nyatakanlah kehadiranmu itu dengan mengisi daftar hadir/absensi regu. c. Giat mengikuti latihan berarti setiap datang pada latihan Pramuka di Pasukan Penggalang selalu aktif. Yang dimaksud aktif dalam latihan yaitu selalu berusaha melatih dirinya sendiri bersama-sama teman lain akan kekurangan-kekurangan dirinya. d. Enam kali berturut-turut, berarti tidak pernah tidak datang dengan alasan sakit, ijin, dan sebaga

Adzka Juara 1 Lomba Puzzle dan Manfaat Bermain Puzzle

Obrolan kami di rumah terlihat sangat santai, "Besok Adzka ikut lomba Puzzle bang" cerita istriku. "Oh begitu, kok bisa ikut?" selidikku. Karena kami sangat tahu bagaimana perkembangan Adzka di sekolahnya. Usut punya usut ternyata Adzka bisa ikut karena Paud IT Auladuna mendapat kuota tambahan sebagai peserta lomba dan tidak semua anak-anak dipilih.  Beruntungnya karena umminya disekolah jadi diprioritaskan. Tim intinya sudah dibentuk, Adzka sebagai pelengkap dan sebagai penggembira. Tak apa, itung-itung uji nyali di depan umum dan belajar bersosialisasi. Pengalaman itu sangat berharga. Namun, lihat nanti apa yang terjadi? Sehari sebelum hari lomba, iya di Ahad itu umminya sedang ada kegiatan di luar sana. Aku sendiri yang menjaga mereka di rumah. Termasuk abang nya, Harrik. Harrik kalau soal puzzle tidak diragukan lagi karena dia sudah membuktikan tahun lalu berhasil menjadi juara 2. Harrik masuk daftar tim inti lomba Puzzle. Sekali lagi Adzk