Sunday, 20 September 2020

Review Webinar Liksitera Bagaimana Cara Memaknai Puisi Kuliah Puisi Dr.Irfan Hidayatullah

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh



Alhamdulillah puji dan syukur kehadirat Allah SWT Sholawat dan salam semoga tercurah untuk kudwah hasanah Rasulullah Muhammad SAW. Allahumma Shalli Ala Muhammad wa ala Ali Muhammad.

Kali ini saya akan review kegiatan Liksitera. Apansih Liksitera? Liksitera adalah singkatan dari Bilik Puisi Sumatera. Saya sudah bergabung sejak tahun kemarin dan tahun ini adalah tahun kedua saya sejak empat tahun lalu dibuka. 

Dengan ide dari sekumpulan anggota pengurus FLP se-Sumatera akhirnya Liksitera berhasil menghimpun hingga puncaknya tahun ini diikuti ratusan peserta se-sumatera. 

Beragam kegiatan disediakan oleh PU atau Penanggungjawab Umum. Setiap tahun PU bergantian untuk mengomandoi rekan-rekan se-Sumatera. Jika di tahun 2019 kemarin digawangi oleh FLP Sumatera Selatan dengan PU kak Nani Sahriani dan mengangkat tema Robusta Sumatera, maka tahun 2020 ini dikomandoi oleh Lampung dengan PU kak Desma Haryanj dan Idrus Mustafa atau Turbadur Lampura dan mengangkat tema Kuliner Sumatera. 



Nah pada kesempatan ini, dalam rangkaian kegiatan selain setor puisi pada waktu yang telah ditentukan, ada juga kuliah berkala. Tadi malam Sabtu, 19 September 2020 pukul 20.00 - 22.50 wib semua mendapat kuliah khusus bisa dibilang kelas khusus ya, dengan tajuk Bagaimana Cara Memaknai Puisi yang disampaikan langsung oleh pakar di bidangnya bang Dr. Ifran Hidayatullah. Acaranya berlangsung lancar dan keren berkah buat semua penghuni room deh Aamiin.

Pemaparan materi disampaikan dengan cermat sebelum dilakukan forum diskusi. Aara yang berlangsung virtual zoom ini juga disiarkan langsung di akun YouTube FLP. Di akhir acara bang Irfan panggilan akrab Dr. Irfan membuat sebuah lagu dari salah satu puisi dadakan para peserta malam ini. Keren lagunya.



Lebih cermat berikut adalah materi lengkapnya silakan disimak.


Dan berikut adalah beberapa dokumentasi para peserta webinar yang diikuti 40an anggota Liksitera juga oleh beberapa perwakilan berbagai Provinsi FLP di Indonesia















Jazakumullahu kang Irfan atas ilmu yang bermanfaat dan untuk semua kontribusi panitia dan peserta di webinar ini semoga berkah Aamiin.


11 comments:

  1. wah seru banget, kalo ada event webinar lagi mau ikut ah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar kak seru dan dapat ilmu juga teman-teman baru
      boleh sangat kak semoga di kesempatan selanjutnya bisa ikutan ya kak

      Delete
  2. Untuk aku yg suka puisi dan udah jarang bikin puisi lagi bermanfaat banget nih tulisan...

    ReplyDelete
  3. Daging banget isi webinarnya ya bang. Salah satu hikmah pandemi nih, jadi banyak banget yang ngadain webinar keren-keren. :))

    ReplyDelete
  4. padek nian webbinarnya tadz, lain kali ajak-ajak kita ya...

    ReplyDelete
  5. Wah keren nih acaranya. Aku suka jg puisi. Apalagi kalo yg baca puisi almrhm.Ws.Rendra, rasanya seperti terhanyut ke makna puisinya.

    ReplyDelete
  6. Pak Efri, saya jadi teringat kata mba afra, puisi menjadi karya yang cukup khas dari Pulau Sumatera. Gimana pendapat pak efri soal ini?

    ReplyDelete
  7. Belajar dan mengajar memang dah ga terbatas lagi ya, walopun pandemi masih bisa menggunakan media daring. Udah lama nih ga buat puisi lagi, tulisan ini banyak sekali ilmunya. Keren euy.

    ReplyDelete
  8. thanks for your sharing, i know kang irfan he is expert and have good voice too. able to singging, hahaha. bravo FLP

    ReplyDelete
  9. Next ajakin aku dong kalau ada webinar kece gini. Kangen nulis puisi

    ReplyDelete
  10. Nah nah pak efri, aku juga mau dong diajakin diacara begini. kangen dunia perfiksian.

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya semoga menginspirasi jangan lupa tulis komentarmu di kolom komentar dan dapatkan informasi terbaru di setiap postingan. Jangan lupa follow akun Instagram @efrideplin dan Twitter @efrideplin87 juga YouTube Efri Deplin. Terima kasih semoga menginspirasi.

4 Tips Donor Darah Saat Puasa

Donor darah menjadi trend gaya hidup sehat masa kini. Selain memenuhi kebutuhan hidup para penggunanya, donor darah menjadi sebuah kebutuhan...