Skip to main content

Review Webinar Liksitera Bagaimana Cara Memaknai Puisi Kuliah Puisi Dr.Irfan Hidayatullah

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh



Alhamdulillah puji dan syukur kehadirat Allah SWT Sholawat dan salam semoga tercurah untuk kudwah hasanah Rasulullah Muhammad SAW. Allahumma Shalli Ala Muhammad wa ala Ali Muhammad.

Kali ini saya akan review kegiatan Liksitera. Apansih Liksitera? Liksitera adalah singkatan dari Bilik Puisi Sumatera. Saya sudah bergabung sejak tahun kemarin dan tahun ini adalah tahun kedua saya sejak empat tahun lalu dibuka. 

Dengan ide dari sekumpulan anggota pengurus FLP se-Sumatera akhirnya Liksitera berhasil menghimpun hingga puncaknya tahun ini diikuti ratusan peserta se-sumatera. 

Beragam kegiatan disediakan oleh PU atau Penanggungjawab Umum. Setiap tahun PU bergantian untuk mengomandoi rekan-rekan se-Sumatera. Jika di tahun 2019 kemarin digawangi oleh FLP Sumatera Selatan dengan PU kak Nani Sahriani dan mengangkat tema Robusta Sumatera, maka tahun 2020 ini dikomandoi oleh Lampung dengan PU kak Desma Haryanj dan Idrus Mustafa atau Turbadur Lampura dan mengangkat tema Kuliner Sumatera. 



Nah pada kesempatan ini, dalam rangkaian kegiatan selain setor puisi pada waktu yang telah ditentukan, ada juga kuliah berkala. Tadi malam Sabtu, 19 September 2020 pukul 20.00 - 22.50 wib semua mendapat kuliah khusus bisa dibilang kelas khusus ya, dengan tajuk Bagaimana Cara Memaknai Puisi yang disampaikan langsung oleh pakar di bidangnya bang Dr. Ifran Hidayatullah. Acaranya berlangsung lancar dan keren berkah buat semua penghuni room deh Aamiin.

Pemaparan materi disampaikan dengan cermat sebelum dilakukan forum diskusi. Aara yang berlangsung virtual zoom ini juga disiarkan langsung di akun YouTube FLP. Di akhir acara bang Irfan panggilan akrab Dr. Irfan membuat sebuah lagu dari salah satu puisi dadakan para peserta malam ini. Keren lagunya.



Lebih cermat berikut adalah materi lengkapnya silakan disimak.


Dan berikut adalah beberapa dokumentasi para peserta webinar yang diikuti 40an anggota Liksitera juga oleh beberapa perwakilan berbagai Provinsi FLP di Indonesia















Jazakumullahu kang Irfan atas ilmu yang bermanfaat dan untuk semua kontribusi panitia dan peserta di webinar ini semoga berkah Aamiin.


Comments

  1. wah seru banget, kalo ada event webinar lagi mau ikut ah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar kak seru dan dapat ilmu juga teman-teman baru
      boleh sangat kak semoga di kesempatan selanjutnya bisa ikutan ya kak

      Delete

Post a comment

Terima kasih atas kunjungannya semoga menginspirasi jangan lupa tulis komentarmu di kolom komentar dan dapatkan informasi terbaru di setiap postingan. Jangan lupa follow akun Instagram @efrideplin dan Twitter @efrideplin87 juga YouTube Efri Deplin. Terima kasih semoga menginspirasi.

Popular posts from this blog

Isi DasaDarma

PRAMUKA SATYA KU DARMAKAN DARMA KU BAKTIKAN
Hapal dan mengerti Isi Dasa Darma dan Tri Satya.
1. Rajin dan giat mengikuti latihan Pasukan Penggalang, sekurang-kurangnya 6 kali latihan     berturut-turut.  Keterangan: :
a. Latihan Pramuka itu berguna untuk melatih diri agar dapat hidup bermanfaat bagi diri sendiri, orang lain, masyarakat dan negara. Oleh karena itu, latihan Pramuka adalah untuk kepentingan dirimu sendiri bukan untuk orang lain.
b. Rajin mengikuti latihan artinya tidak pernah absen, selalu datang pada hari dan jam yang telah ditentukan bersama. Nyatakanlah kehadiranmu itu dengan mengisi daftar hadir/absensi regu.
c. Giat mengikuti latihan berarti setiap datang pada latihan Pramuka di Pasukan Penggalang selalu aktif. Yang dimaksud aktif dalam latihan yaitu selalu berusaha melatih dirinya sendiri bersama-sama teman lain akan kekurangan-kekurangan dirinya.
d. Enam kali berturut-turut, berarti tidak pernah tidak datang dengan alasan sakit, ijin, dan sebagainya. Teruskanlah la…

SILSILAH 25 NABI

SILSILAH 25 NABI


SILSILAH 25 NABI

Tulisan ini saya dapatkan dari sebuah pesan di group WhatsApp. Berikut semoga bermanfaat dan berkah Aamiin.

1. ADAM AS.
Nama: Adam As.
Usia: 930 tahun.
Periode sejarah: 5872-4942 SM.
Tempat turunnya di bumi: India, ada yang berpendapat di Jazirah Arab.
Jumlah keturunannya: 40 laki-laki dan perempuan.
Tempat wafat: India, ada yang berpendapat di Mekkah.
Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 25 kali.
.
2. IDRIS AS.
Nama: Idris/Akhnukh bin Yarid, nama Ibunya Asyut.
Garis Keturunan: Adam As. ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qinan ⇒ Mihlail ⇒ Yarid ⇒ Idris As.
Usia: 345 tahun di bumi.
Periode sejarah: 4533-4188 SM.
Tempat diutus: Irak Kuno (Babylon, Babilonia) dan Mesir (Memphis).
Tempat wafat: Allah mengangkatnya ke langit dan ke surga.
Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 2 kali.
.
3. NUH AS.
Nama: Nuh/Yasykur/Abdul Ghaffar bin Lamak.
Garis Keturunan: Adam As. ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qinan ⇒ Mihlail ⇒ Yarid ⇒ Idris As. ⇒ Matusyalih ⇒ Lamak ⇒ Nuh As.
Usia: 950 tahun.
Perio…

SOAL POST-TEST PKP

Soal-soal di bawah ini merujuk akan soal-soal post test yang didapat dari link. Untuk memudahkan marinkita belajar bersama semoga Lulus semua ya Aamiin
SOAL POS-TESTA. Pilihan Ganda

PetunjukPengisian: Jawablah pertanyaan / pernyataan berikut ini dengan memberikan tanda silang  (X) pada jawaban yang Saudara anggap benar !

Berikut ini pernyataan tentang kompetensi keterampilan : Kemampuan berfikir mencakup : mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, danmencipta Kemampuan belajar mencakup : mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar/mengasosiasi, dan mengomunikasikan Kemampuan piker dan tindak mental non motorik seperti mengambil keputusan, menyusun strategi, bernalar Kemampuan praktik laboratorium seperti: merangkai alat, menimbang atau mengukur, membuat grafik, dan menafsirkan grafik. Pernyataan yang termasuk kategori keterampilan abstrak terdapat pada angka … (1), (2), dan (3)  (1), (2), dan (4)  (1), (3), dan (4)