Skip to main content

Launching Nasyid Ikatan Hati Sesungguhnya

Launching Lagu Nasyid Ikatan Hati Sesungguhnya Gubahan Nasyid Doa Robitho Milik Izzatul Islam



Mengenal Nasyid Kilas Balik

Awal mengenal nasyid saat duduk di bangku SMP. Sebut saja grup nasyid legendaris saya sebut demikian adalah Raihan dari negeri Jiran Malaysia. Judul Miskin dan Kaya di album demi masa menjadi awal menyukai nasyid. Berlanjut hingga ke album Gema Alam yang memuat beberapa bahasa Mandarin juga Inggris yang berbobot Palestina.

Namun seiring berjalannya waktu, saya akhirnya benar-benar tampil di atas panggung saat kelas 3 SMA. Iya menjadi pengisi acara saat perpisahan pada waktu itu tahun 2005 di Balai Buntar km 6,5. Untung saya tidak menampilkan lagu pop yang menjadi soundtrack film seperti di rencanakan saat SMP dulu hahaha.

Saat masih SMP dulu kita batal tampil di Taman Budaya karena tidak matching dengan waktu pelaksanaan yang dikemas panitia. Nah saat SMA jangan sampai kejadian lama terulang, pertama agar penampilannya maksimal kita dimentori oleh seseorang yang sangat berjasa sebut saja beliau A. Kalau beliau baca artikel ini pastinya senyum-senyum hehehe. Awalnya kita akan menampilkan lagu Jasa Guru tapi di tengah jalan yuk lihat sendiri video nostalgianya haha.


Nah kalau di kampus saat S1 saya juga pernah nampil haha bareng teman-teman juga saat 🤭 pada sebuah kesempatan di Masjid Darul Ulum Universitas Bengkulu (UNIB). Coba tebak nasyid siapa dan judulnya apa? Iya benar, Raihan dengan judul nasyid Ababil. Salam rindu teman-teman semuanya wabilkhusus Harun Al-Rasyid dan Haryo Praktikto.

Launching Nasyid Ikatan Hati Sesungguhnya

Sekarang kita masuk era baru, sejenak tidak pernah terpikirkan akan mencapai tahap ini. Dalam prosesnya saya pikir tidak begitu lama, tap tap tap selesai. Seperti sebuah alur yang dituntun langsung dari Tuhan. Iya, atas izin Allah SWT semua berjalan atas kehendak-Nya.

Malam itu sebuah pesan singkat masuk dari kepala sekolah, beliau mengirimkan satu buah video yang menyejukkan mata hati. Menurut beliau saya bisa mengubah sebuah Nasyid Populer untuk ditautkan dengan kondisi saat ini. Iya, kami adalah guru-guru di sekolah yang bercokol dengan pernak-pernik kehidupan dunia pendidikan, mengisi kemerdekaan ini dengan sebuah kata optimis untuk membangun negeri melalui pendidikan.
Naskah Asli

Malam itu juga tidak lama, tidak sampai 30 menit saya menuntaskan bait-bait syair kontemporer yang erat dengan nuansa kekinian, pembelajaran jarak jauh. Mengemas kata demi kata dan menyusup pada emosi jiwa paling tinggi malam ini. Maklum Nasyid Doa Robitho Milik Izzatul Islam sangat dalam maknanya dan benar-benar menusuk kalbu di dasar relung hati paling bening.

Singkat cerita, setelah izin lisan dan pesan WA dari Grup Nasyid Izzatul Islam kami merampungkan segala sesuatunya. Terciptalah nuansa bening hati ini terungkap dari larik-larik nasyid Ikatan Hati Sesungguhnya Gubahan Nasyid Doa Robitho Milik Izzatul Islam yang kami persembahkan untuk seluruh anak negeri dan ayah bunda hebat dimana saja berada.

Izin dari Izzatul Islam

Alhamdulillah akhirnya kami mendapat izin dari Izzatul Islam untuk mengubah Nasyid Doa Robitho Milik Izzatul Islam menjadi sebuah ungkapan hati para guru yang mewakili ribuan bahkan jutaan dan miliaran guru seantero negeri untuk anak-anak dan ayah bunda yang senantiasa membersamai dalam proses pembelajaran jarak jauh.

Nah dari sini saya belajar banyak bagaimana etika dalam menggunakan hak karya orang lain untuk izin terlebih dahulu sebelum melakukan langkah selanjutnya diantara adalah mencantumkan bahwa lagu ini adalah Gubahan Nasyid Doa Robitho Milik Izzatul Islam.

Parenting Virtual Mendidik Anak di Masa Pandemi

Louncing Berjalan Mulus bergandengan dengan virtual parenting mendidik anak di masa pendemi oleh Dr. Dani Hamdani, M.Pd. dan tim. Dihadiri lebih dari 400 peserta secara virtual dsn diantara nasihat atau tips yang disampaikan beliau ada beberapa hal yang dapat saya simpulkan dari parenting kali ini adalah:

Jangan menyamakan anak-anak dengan kita, namun sesuaikan mendidik dengan kadar akal dan sesuai dengan umurnya. Sesuaikan dengan nuansa anak, dan bahasa mereka. Jangan ada kata pokoknya harus seperti ini dan lain sebagainya, harus dengan hati.

Anak laki dan perempuan itu juga berbeda-beda. Genre juga memiliki pengaruh besar dalam cara mendidik anak-anak.

Karakter dan tipe belajar setiap anak juga berbeda-beda. mengenali mereka lebih dalam jauh lebih memudahkan untuk mengasa totalitas kemampuan mereka.

Jagan suka membanding-bandingkan antara satu anak dengan yang lainnya.

Karakteristik dasar pembiasaan, tolong, maaf, terima kasih, salam.

Kapan Menjadi Ayah
Kapan menajdi Guru
Kapan Menjadi teman
kapan menjadi sahabat

Versi Full Pembukaan


Versi Full Nasyid

Kondisi Terbaik saat ini adalah Pembelajaran Jarak Jauh.

Ucapan Terima Kasih

Paling utama adalah Alhamdulillah syukur kehadirat Allah SWT Sholawat salam untuk Rasulullah Muhammad SAW. Terima kasih yang mendalam kepada Grup Nasyid Izzatul Islam yang telah memberikan izin, kepada lembaga SDIT Iqra'1 Kota Bengkulu, Kepala Sekolah, Guru Tenaga Pendidik dan Kependidikan, Yayasan Al Fida, Dinas Pendidikan Kota Bengkulu, serta semua yang mendukung dibalik layar atas terciptanya sebuah suguhan dari hati untuk seluruh negeri.

Kita berdoa kepada Allah SWT agar Pandemi Covid-19 segera berakhir dan lenyap dari muka bumi ini Aamiin Aamiin Aamiin yaa Rabbal Alamiin.


Comments

  1. Wah keren banget nih lagunya apa lagi si penyanyi suaranya merdu banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah Koko bisa aja, ini lagu mewakili kita para guru seantero negeri Ko, Koko juga kena imbas ya masa pendemi?

      Delete
    2. Iya enggak bisa traveling jauh-jauh. Banter paling jauh ke rumah paman saja.

      Delete
  2. Wah munsyid nih. Saya juga suka nasyid, suka gradasi trus snada. Kl Malaysia iya sih Raihan
    Semoga nasyid bisa lebih berkembang , digemari dan dinikmati masyaralat Indonesia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ini mungkin kegemaran dan hobby, titik beratnya pada point'menggubah lagu itu lho kak

      Delete
  3. Wah keren banget ini
    Liriknya baguuuuus
    Beneran dalem dan bikin kangen kembali ke sekolah deh
    Latihannya berapa lama ini, mas?

    ReplyDelete
  4. Salut dengan ide dan istiqomahnya dalam mensyiarkan lagu-lagu Islami. Tak banyak anak muda yang mau seperti ini

    ReplyDelete
  5. Pengen balik sekolah lagi jadinya. Semangat terus berkarya mas..

    ReplyDelete
  6. Inget doa robitho teringat Al ma'surat mas..
    Lagunya bagus mas.. suaranya menjual lah.. ehehehe

    ReplyDelete
  7. Alhamdulillah ya, acara launchingnya berjalan lancar.
    Saya pertama kenal nasyid juga dari lagu-lagunya Raihan, lalu Hijjaz

    ReplyDelete
  8. Wuiih... emang harus ijin ke empunya ya sebelum modif/menggubah karya.
    Keren nih nasyidnya.


    ..

    Malah jadi kangen nonton konser izzis dan shoutul harakah

    ReplyDelete
  9. Keren banget lirik dan nasyidnya mas, tetap semangat berkarya ya.

    ReplyDelete
  10. Aku jadi penasaran sama yang nyanyi. Hehehe pas banget milih beliau karena suaranya yang bening. MasyaAllah

    ReplyDelete
  11. saya juga suka nasyid SP. kalo tidak salah grup ini dari Malang ya... saya juga suka grup nasyid brothers dari malaysia. lanjutkan ...

    ReplyDelete
  12. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  13. Aku termasuk orang yang suka sekali dengan irama lagu dan lirik nasyid membuat hati jadi adem.

    ReplyDelete
  14. Saya tahunya nasyid itu groupnya Nada. dengan judul lagunya yang populer. Jagalah hati. ternyata ada nasyid lain yg gak kalah bagus dan keren ya. salah satunya ini. sukses selalu semuanya

    ReplyDelete
  15. Waw, para guru multi talent.. sekarang juga jarang ngikutin nasyid terbaru,,, jadi tahu deh karena baca blog pak guru

    ReplyDelete
  16. Sumpah, merinding dengar nasyidnya. Tidak terasa air mata saya mengalir. Begitu banyak tantangan menjadi pendidik di masa pandemi ini. Semoga dikuatkan baoak ibu guru dan para orang tua yang menjalaninya.

    ReplyDelete

Post a comment

Terima kasih atas kunjungannya semoga menginspirasi jangan lupa tulis komentarmu di kolom komentar dan dapatkan informasi terbaru di setiap postingan. Jangan lupa follow akun Instagram @efrideplin dan Twitter @efrideplin87 juga YouTube Efri Deplin. Terima kasih semoga menginspirasi.

Popular posts from this blog

Isi DasaDarma

PRAMUKA SATYA KU DARMAKAN DARMA KU BAKTIKAN
Hapal dan mengerti Isi Dasa Darma dan Tri Satya.
1. Rajin dan giat mengikuti latihan Pasukan Penggalang, sekurang-kurangnya 6 kali latihan     berturut-turut.  Keterangan: :
a. Latihan Pramuka itu berguna untuk melatih diri agar dapat hidup bermanfaat bagi diri sendiri, orang lain, masyarakat dan negara. Oleh karena itu, latihan Pramuka adalah untuk kepentingan dirimu sendiri bukan untuk orang lain.
b. Rajin mengikuti latihan artinya tidak pernah absen, selalu datang pada hari dan jam yang telah ditentukan bersama. Nyatakanlah kehadiranmu itu dengan mengisi daftar hadir/absensi regu.
c. Giat mengikuti latihan berarti setiap datang pada latihan Pramuka di Pasukan Penggalang selalu aktif. Yang dimaksud aktif dalam latihan yaitu selalu berusaha melatih dirinya sendiri bersama-sama teman lain akan kekurangan-kekurangan dirinya.
d. Enam kali berturut-turut, berarti tidak pernah tidak datang dengan alasan sakit, ijin, dan sebagainya. Teruskanlah la…

SILSILAH 25 NABI

SILSILAH 25 NABI


SILSILAH 25 NABI

Tulisan ini saya dapatkan dari sebuah pesan di group WhatsApp. Berikut semoga bermanfaat dan berkah Aamiin.

1. ADAM AS.
Nama: Adam As.
Usia: 930 tahun.
Periode sejarah: 5872-4942 SM.
Tempat turunnya di bumi: India, ada yang berpendapat di Jazirah Arab.
Jumlah keturunannya: 40 laki-laki dan perempuan.
Tempat wafat: India, ada yang berpendapat di Mekkah.
Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 25 kali.
.
2. IDRIS AS.
Nama: Idris/Akhnukh bin Yarid, nama Ibunya Asyut.
Garis Keturunan: Adam As. ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qinan ⇒ Mihlail ⇒ Yarid ⇒ Idris As.
Usia: 345 tahun di bumi.
Periode sejarah: 4533-4188 SM.
Tempat diutus: Irak Kuno (Babylon, Babilonia) dan Mesir (Memphis).
Tempat wafat: Allah mengangkatnya ke langit dan ke surga.
Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 2 kali.
.
3. NUH AS.
Nama: Nuh/Yasykur/Abdul Ghaffar bin Lamak.
Garis Keturunan: Adam As. ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qinan ⇒ Mihlail ⇒ Yarid ⇒ Idris As. ⇒ Matusyalih ⇒ Lamak ⇒ Nuh As.
Usia: 950 tahun.
Perio…

SOAL POST-TEST PKP

Soal-soal di bawah ini merujuk akan soal-soal post test yang didapat dari link. Untuk memudahkan marinkita belajar bersama semoga Lulus semua ya Aamiin
SOAL POS-TESTA. Pilihan Ganda

PetunjukPengisian: Jawablah pertanyaan / pernyataan berikut ini dengan memberikan tanda silang  (X) pada jawaban yang Saudara anggap benar !

Berikut ini pernyataan tentang kompetensi keterampilan : Kemampuan berfikir mencakup : mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, danmencipta Kemampuan belajar mencakup : mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar/mengasosiasi, dan mengomunikasikan Kemampuan piker dan tindak mental non motorik seperti mengambil keputusan, menyusun strategi, bernalar Kemampuan praktik laboratorium seperti: merangkai alat, menimbang atau mengukur, membuat grafik, dan menafsirkan grafik. Pernyataan yang termasuk kategori keterampilan abstrak terdapat pada angka … (1), (2), dan (3)  (1), (2), dan (4)  (1), (3), dan (4)