Post Page Advertisement [Top]

#BobeOneWeekNulisefri19efriweek

10 Langkah Kesuksesan Mencapai Impian


10 langkah suskes mencapai impian

1. Niat di Dalam Hati
Niat menempati posisi pertama dalam segala hal. Karena amal akan tergantung dengan niatnya. Sesuai dengan kutipan sebuah hadits.
Rasulullah saw bersabda dalam sebuah hadist:
Dari Amirul Mu’minin, Abi Hafs Umar bin Al Khottob radiallahuanhu, dia berkata: Saya mendengar Rasulullah saw bersabda : Sesungguhnya setiap perbuatan tergantung niatnya. Dan sesungguhnya setiap orang (akan dibalas) berdasarkan apa yang dia niatkan. (HR Bukhari Muslim). Langkah sukses pertama adalah niat.

2. Mendoakan Saudara
Anjuran untuk mendoakan saudara itu pertama kali terucap ketika kita menyampaikan salam. Oleh sebab itu sangat dianjurkan kita untuk menebarkan salam kepada siapa saja ketika bertemu. Namun ada hal yang perlu kita ketahui bahwa mendoakan saudara ketika beliau tidak tahu kita mendoakannya akan memberikan dampak positif baik bagi mereka yang didoakan maupun bagi kita yang mendoakan.

Dari Abu Darda RA bahwasannya ia mendengar Rosululloh SAW bersabda: “Tiada seorang muslim yang mendoakan saudaranya tanpa sepengetahuan saudaranya, kecuali malaikat berkata: Dan untuk kamu pula seperti itu”. Langkah kedua untuk mencapai kesuksesan semoga terwujud.

3. Berilmu
Dengan ilmu maka hidup jadi mudah. Ilmu sangat penting untuk mencapai suatu kesuksesan. Ilmu tidak terbatas dari sebuah bangku pendidikan saja namun pengalaman juga dapat menjadi ilmu bagi kita untuk mencapai hal yang kita impikan menuju kesuksesan.

“Barangsiapa menginginkan sukses dunia hendaklah diraihnya dengan ilmu dan barangsiapa menghendaki sukses akherat hendaklah diraihnya dengan ilmu, barangsiapa ingin sukses dunia akherat hendaklah diraih dengan ilmu” 

4. Introspeksi Diri
Di setiap kesempatan dapat dijadikan pelajaran. Singkat cerita bahwa apapun yang terjadi dalam diri kita, bahagia atau duka kita jawab dengan sebuah ungkapan syukur atau bersabar. Menjadikan kesempatan yang ada menjadi sebuah peluang untuk mencapai hal yang diimpikan.

Allah yang menentukan jalan menuju apa yang diimpikan. Ketika gagal dalam sebuah hal untuk mencapai kesuksesan, ingatlah bahwa perintah Allah juga agar kita mau mengubah diri sendiri. Maka, jika ingin meraih apa yang diinginkan atau kesuksesan maka mengubah kondisi saat ini dengan kita introspeksi diri. Seoga kesuksesan segera terwujud aamiin.

“Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum sampai kaum itu sendiri yang mengubah nasib atau keadaan yang ada pada dirinya ” (QS Ar-Ra’d:11)

5. Silaturahim
Silaturahim berbanding lurus dengan relasi. Silaturahim artinya menyambung tali kekeluargaan. Tali disambung karena sudah panjang dan tetap harus terhubung. Dalam prosesnya silaturahim akan memberikan dampak yang sangat besar menjadi salah satu hal mencapai apa yang diinginkan menuju kesuksesan. Karena silaturahim bukan semata kapada keluarga inti atau keluarga besar namun silaturahim juga tentu dapat tersambung dengan relasi dan teman sejawat. Besar kemungkinan rezeki dan jalan kesuksesan hadir melalui tali silaturahmi.

“Barang siapa yang ingin diluaskan rezekinya atau dikenang bekasnya (perjuangan atau jasanya), maka hendaklah ia menghubungkan silaturahmi.” (HR Muslim)
“Barang siapa yang senang dipanjangkan umurnya, diluaskan rezekinya, dan dijauhkan dari kematian yang buruk, maka hendaklah bertakwa kepada Allah dan menyambung silaturahmi.” (HR Imam Bazar, Imam Hakim)

6. Doa
Jika tadi mendoakan saudara adalah sangat dianjurkan maka berdoa sendiri merupakan inti dari ibadah seorang muslim. Dengan doa semua harapan dan pintah tercurah kepada sang pemilik jiwa. TeemUj 

Dan apabila hamba-hamba Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka jawablah bahwasanya Aku dekat. Aku mengabulkan doa orang-orang yang memohon kepada-Ku. Maka bermohonlah kepada-Ku dan berimanlah kepada-Ku agar mereka selalu berada dalam kebenaran(Q.S Al-Baqarah :186).


Hadits dari Imam Turmudzi dan Hakim, diriwayatkan dari Abdullah bin Umar, bahwa Nabi SAW Bersabda : “Barangsiapa hatinya terbuka untuk berdo’a, maka pintu-pintu rahmat akan dibukakan untuknya. Tidak ada permohonan yang lebih disenangi oleh Allah daripada permohonan orang yang meminta keselamatan. Sesungguhnya do’a bermanfa’at bagi sesuatu yang sedang terjadi dan yang belum terjadi. Dan tidak ada yang bisa menolak taqdir kecuali do’a, maka berpeganglah wahai hamba Allah pada do’a”. (HR Turmudzi dan Hakim)

7. Tawakal
Tawakal dapat dijadikan patokan untuk mencapai sebuah kesuksesan. Karena tawakal dapat menumbuhkan sikap rendah dan penuh harap kepada yang Maha Kuasa. Sikap percaya akan tumbuh badan berkembang. Sehingga keyakinan pun akan hadir dan berdampak positif mencapai tujuan.
Dari Umar bin Khoththob radhiyallahu anhu, bahwa Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda: “Jika kalian bertawakal kepada Allah dengan sebenar-sebenarnya tawakkal, niscaya Dia akan memberikan rezeki kepada kalian sebagaimana Dia memberikan rezeki kepada seekor burung yang pergi pada pagi hari dalam keadaan lapar dan kembali pada sore hari dalam keadaan kenyang.”
(Diriwayatkan oleh at-Tirmidzi)

8. Shadaqah
Shadaqah tidak lain adalah sarana memancing rezeki yang tidak disangka-sangka. Shadaqah menjadi sangat berat ketika memang tidak melakukan. Namun talerasai tingkan
Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir: seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (kurnia-Nya) lagi Maha Mengetahui. (QS. Al Baqarah: 261)

9. Syukur
Kunci kesuksesan mencapai sesuatu yang diimpikan adalah dengan cara bersyukur.
Jika kamu bersyukur pasti akan aku tambah (nikmat-Ku) untukmu dan jika kamu kufur maka sesungguhnya siksa-Ku amat pedih” (QS Ibrahim: 7)

10. Taqwa
Yakin hanya kepada Allah SWT dan percaya secara utuh dan tidak syirik dengan selainNya akan menjadi energi positif untuk mencapai suatu yang diinginkan atau diimpikan.
Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu. (QS. Ath Thalaaq:2-3)

Uraian di atas merupakan cerminan sikap diri yang selalu menempatkan Allah SWT pada urutan pertama. Semoga kita semua dapat mencapai keinginan yang diimpikan. Semoga kesuksesan yang diraih tidak hanya di dunia namun juga kesuksesan di akhirat nanti.


Tulisan ini menjawab tantangan #BobeOneWeekNukis dengan tema Mewujudkan Mimpi.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya semoga menginspirasi jangan lupa tulis komentarmu di kolom komentar dan dapatkan informasi terbaru di setiap postingan. Jangan lupa follow akun Instagram @efrideplin dan Twitter @efrideplin87 juga YouTube Efri Deplin. Terima kasih semoga menginspirasi.

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib