Post Page Advertisement [Top]

Alhamdulillah hari kembali bisa menulis di blog kesayangan hehe. Lama vakum sibuk antara dunia maya dan dunia nyata tapi tetap semangat ya semuanya.


RS UMUM Ummi Bengkulu
foto bangunan RS Umum Ummi
sumber: sumber: Facebook RS Ummi https://m.facebook.com/rsuummibengkulu/ )


Nah kali ini saya ingin merangkum kegiatan hari ini yang tidak bisa kalau tidak diabadikan dalam tulisan. Ya topik dalam tulisan ini nanti adalah tentang kesehatan dan dunia medis. Jujur saja saya bukan praktisi kesehatan ataupun medik tapi merangkum pengalaman disini sepertinya juga tidak mengapa ya kan.

Ulang Tahun RS Umum Ummi Bengkulu

Rumah Sakit Umum Ummi Bengkulu telah berusia 7 tahun. Usia yang masih cukup muda. Namun profesional dan tata kelola di RS ini sudah tercermin dengan predikat Paripurna. Paripurna didapatkan tentu karena usaha dari pelayanan RS yang luar biasa kepada para pasien. Semoga terus dapat dipertahankan dan semakin maju. Aamiin

Rumah Sakit yang dikenal dengan nama RS Ummi ini adalah rumah sakit umum swasta yang beralamat di Kelurahan Jl. Hibrida No.1, Sido Mulyo, Kec. Gading Cemp., Kota Bengkulu, Bengkulu 38229. Tepat di pinggir jalan Hibrida sangat mudah di akses karena dalam lingkungan kota dan bebas hambatan tentunya.

Benar untuk menjangkau rumah sakit ini sangatlah mudah, jika menggunakan kendaraan pribadi bisa langsung mengakses jalan Hibrida di arah selatan Kota Bengkulu dari pusat kota. Atau jika mau gampang bisa dengan ojol dipastikan familiar sekali dengan rumah sakit ini. 

Dulu rumah sakit ini beberapa kali ganti nama lho sebelum menjadi rumah sakit seperti sekarang ini. Sempat bernama rumah bersalin, klinik Ummi hingga sekarang menjadi Rumah Sakit Umum Bengkulu. Wah pastinya ya pengalaman sebelumnya menjadikan rumah sakit pilihan bagi warga kota Bengkulu dan sekitarnya untuk berobat.

Baca Juga: RS Umum Ummi Memberikan Kenyamanan bagi Penyandang Thallasemia

Dari hasil penelusuran saya di jejaring sosial belum ditemukan tanggal berapa ya RS Umum Ummi berdiri namun sejarah singkatnya dapat dilihat dari kutipan berikut

Merupakan rumah sakit rujukan di kota Bengkulu. Pelayanan medis pasien Umum, Asuransi, BPJS dan Medical Check Up.

Cikal bakal berdirinya Rumah Sakit Umum Ummi Bengkulu dimulai dengan berdirinya Rumah Bersalin Ummi dibawah naungan Yayasan Almiftah. Sesuai dengan risalah rapat Badan Pendiri, Pengurus dan Pengawas Yayasan Almiftah tanggal 15 Januari 2010 menyatakan Yayasan Almiftah dibubarkan, hal ini disertai dengan ditutupnya Lembaga dibawah naungan Yayasah Almiftah khususunya Klinik Ummi.

Sehubungan dengan hal tersebut Klinik Ummi berganti nama menjadi Klinik Ummi Mandiri dengan badan hukum PT. Ridho Mandiri Akta Notaris Meilani Liman,S.H. Nomor 39 tanggal 13 Maret 2008.

Guna meningkatkan kualitas dan kuantitas layanan, tanggal 29 April 2010 Klinik Ummi Mandiri pindah ke Jl.Hibrida Raya No.01 Sidomulyo Bengkulu dengan Izin Penyelenggaran Klinik Rawat Inap Pelayanan Medik Dasar Kebidanan dan Kandungan "Ummi Mandiri" oleh Dinas Kesehatan Kota Bengkulu No. 500/901/KLINIK/DKK/IV/2010.

Eksistensi Layanan kesehatan klinik ummi mandiri yang khusus melayani kebidanan dan penyakit kandungan dirasa sangat mendesak untuk terus meningkatkan dan mengembangkan layanan untuk semua. Dengan demikian, dengan langkah kecil dan berharap menjadi besar, PT. Ridho Mandiri mengajukan permohonan pendirian Rumah Sakit Umum Ummi Bengkulu dengan harapan mampu memberikan pelayanan untuk semua. Hingga terbitlah SK Walikota tentang Izin Pendirian Rumah Sakit Umum Ummi Bengkulu nomor 153 tahun 2014. (sumber: Facebook RS Ummi https://m.facebook.com/rsuummibengkulu/ )

Hari Thalassemia

Bersahabat dengan Thalasemia merupakan hal yang tidak pernah saya duga sebelumnya. Namun saya percaya dibalik semua rencana yang maha kuasa selalu ada pelajaran yang tidak disangka-sangka. Iya benar inilah yang membuat saya menjadi lebih percaya diri bersahabat dengan Thalasemia. Kok bersahabat? Biar lebih akrab hehe.

Baca Juga: Selamat Hari Thallasemia 

Saya adalah salah satu dari 40an orang tua penyandang thalassemia yang mempercayakan pelayanan kesehatan untuk anak-anak saya di RS Umum Ummi Bengkulu. Sejak pandemi melanda kami sepakat (saya dan istri) untuk komitmen melakukan pengobatan di RS Umum Ummi untuk pelayanan kesehatan anak-anak kami. Mulai dari chek Hb, tranfusi.

Ketua Popti Ibu Eva menyampaikan sambutan

Hari ini adalah hari pertama kami mengikuti rangkaian acara secara penuh dalam memperingati Hari Thalassemia. Hari Thalassemia sendiri sebenarnya bertepatan pada tanggal 8 Mei setiap tahunnya. RS Umum Ummi membuat semacam rangkaian acara menuju puncak kegiatan yang dilaksanakan pada hari ini 26 Mei 2022 di hall yang semula undangan di Poli Anak.

RS Umum Ummi Bengkulu begitu luar biasa mensupport anak-anak thalassemia untuk tetap survive semangat dan tumbuh percaya diri. Ini terlihat dari serangkaian acara yang dikemas menuju hari H puncak acara hari ini 26 Mei 2022. 

Secara tidak langsung grup WhatsApp thalassemia RS Umum Ummi sedikit rame dengan informasi yang disampaikan bahwa ada beberapa perlombaan yang akan diadakan. Diantara perlombaan tersebut adalah Lomba Membaca Surah Al-fatihah dan Dai Cilik. Perlombaan ini khusus dibuat untuk adik-adik penyandang thalassemia se-provinsi Bengkulu. 

Baca Juga: Tips Lancar Tranfusi di RS M Yunus

Anak-anak diajarkan untuk tampil bercaya diri dengan segala kemampuan yang mereka miliki. Selain itu juga perlombaan ini tentu mengasah mental anak-anak untuk siap menang dan siap kalah. Sikap ini perlu ditanamkan pada diri anak-anak untuk menciptakan pemahaman yang benar kepada mereka. Kalau siap menang tentu bukan hal yang sulit namun siap kalah dan dapat mengakui kelebihan dari peserta lainnya juga menjadi tolak ukur kesiapan mental mereka dalam beradaptasi dengan dunia mereka yang lebih menantang kedepan.

Banyak sekali yang ikut dalam perlombaan ini. Tidak terkecuali anak-anak saya M Abdullah dan Tsamara. Mereka berdua mengikuti mata lomba membaca surah Al-fatihah. Video kemudian diunggah di akun media sosial Instagram dengan tag dan mention serta tagar yang telah ditentukan.

Dalam perlombaan ini alhamdulillah semua anak-anak yang mengikutinya mendapatkan hadiah. Walaupun paniti mengambil pemenang 1-3, Harapan 1-3 dan Favorit 1-3, peserta lainnya mendapatkan bingkisan. Termasuk juga anak-anak saya mereka berdua mendapatkan posisi di juara 3 dan harapan 1. Luar biasa bukan? Anak-anak saya sangat senang dengan hadiah yang mereka dapatkan. Terlihat dari wajah-wajah mereka yang begitu sumbringah. Alhamdulillah kami sebagai orang tua juga ikut senang dan banyak berterima kasih kepada semua pihak khususnya RS Umum Ummi yang telah luar biasa mengemas acara ini dengan maksimal.




Thalassemia Kita Istimewa

Tajuk yang dibuat oleh panitia adalah Thalassemia kita istimewa bukan tidak beralasan. Seperti yang disampaikan oleh dr Ikhsan Trinadi, Sp.A beliau sangat respek dengan perjuangan para orang tua yang selalu siaga dengan kebutuhan anak-anak mereka. "Orang tua-orang tua disini tidak apa ya kalau kita sebut sebagai pejuang" ujar beliau. "Karena sudah berjuang keras demi anak-anaknya mencarikan darah untuk tranfusi" tambah beliau. 

dr Ikhsan Trinadi Sp.A

Yang disampaikan dr Ikhsan sangatlah benar. Karena sebagian besar penyandang thalassemia yang dirawat di RS Umum Ummi Bengkulu adalah Thalassemia Mayor yang membutuhkan tranfusi 3 pekan sekali hingga 1 bulan sekali. Proses mencari kebutuhan darah anak-anak adalah sebuah hal yang wajib dilakukan sebelum tranfusi berlangsung.

Baca Juga: Abdullah dan Tsamara

Di akhir sesi tanya jawab saya sempat menyampaikan ucapan terima kasih secara langsung kepada seluruh pihak RS Umum Ummi yang telah sudi dan ikhlas merawat anak-anak kami. Saya juga berharap kedepan RS Umum Ummi memiliki ruangan khusus untuk perawatan pasien thallasemia, memiliki tenaga medis baik dokter maupun perawat yang benar-benar dikhususkan untuk berada di ruang thallasemia. Boleh dong pegawainya sekolah lagi ya Bu Direktur hehe Aamiin.


"Jangan lupa ya kak, mesti chek screning thallasemia ya kak sebelum ke jenjang pernikahan agar dapat memastikan memutus mata rantai thallasemia mayor"

Dokumentasi:

















3 comments:

  1. ALHAMDULILLAH WA SYUKURILLAH, SEMOGA ANAK2 KITA SEMUA SELALU SEHAT DAN BERGUNA BAGI AGAMA DAN NEGARA, AAMIIN

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah terima kasih banyak Bapak atas kebaikan Bapak Ibu Dokter dan perawat semua pegawai dan medik RS Umum Ummi Bengkulu untuk pelayanan bagi anak-anak kami penyandnag thallasemia. Aamiin terima kasih banyak supportnya.

      Delete
  2. Alhamdulilla sngat berterimah ksih dengan pihak rumh sakit ummi...🙏🙏 dengan di adakan kegiatan lomba keyla sangat antusias mau ikut...semoga thun lebih meriah lgi untuk ank2 thalasemia
    Keyla akan ttp semgat untuk tranfusi

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya semoga menginspirasi jangan lupa tulis komentarmu di kolom komentar dan dapatkan informasi terbaru di setiap postingan. Jangan lupa follow akun Instagram @efrideplin dan Twitter @efrideplin87 juga YouTube Efri Deplin. Terima kasih semoga menginspirasi.

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib