Post Page Advertisement [Top]

 


Jurnal Dwimingguan

Alhamdulillah proses masuk ke dalam sebuah sistem yang akan mengubah paradigm lama menjadi sebuah gagasan baru merdeka belajar sudah berjalan minggu ini. Dalam minggu ini saya banyak belajar berbagai hal. Terutama pandangan terhadap belajar itu sendiri. Paradigm lama belajar diantarnya adalah siswa mengerjakan tugas yang diberikan guru tanpa ‘ba-bi-bu” intinya siswa dibentuk dengan kemauan gurunya tanpa mempertimbangkan aspek yang ada pada diri anak seperti kodrat alam atupun kodrat zamannya. Sebelum mempelajari modul 1.1 dengan seksama saya hampir terkecoh dengan “Kertas Kosong” adalah jiwa anak-anak. Namun dengan pemberian dari yang maha kuasa saya segera disadarkan dengan bagaimana memaknai setiap anak yang dilahirkan ke dunia bukan “Kertas Kosong” yang gaungkan selama ini namun mereka sudah diisi dengan kodratnya masing-masing. Tugas kita sebagai guru tentu menebalkan fitrah suci kebaikan yang ada pada diri mereka. Sesuai dengan kodrat alam dasar diri anak tersebut dengan mempertimbangkan kondrat pada zamannya. Pendidikan Guru Pengerak benar-benar menjadi wadah dalam memperjuangkan pendidikan bermutu dan merdeka belajar.

Dalam perjalanannya Pendidikan Guru Penggerak menyajikan berbagai kebutuhan guru yang merdeka. Mencipta guru merdeka belajar untuk menyajikan siswa dengan profil pendidikan pancasila tidaklah mudah. Namun tidak mudah bukan berarti tidak bisa bukan? Dengan kekosongan siswa yang saat ini sudah selesai ujian akhir sekolah saya kemudian mengamati siswa di kelas lainnya. Dua kali masuk kelas mereka saya benar-benar takjub dengan pola dan tingkah lakunya. Dengan kapasitas kelas yang cukup saya menyadari dari 30 siswa memiliki latar belakang, keisitimewaan dan kecerdasan yang berbeda-beda. Hal ini sejalan dengan apa yang disampaikan oleh Ki Hadjar Dewantara bahwa anak-anak adalah seperti benih jagung atau padi. Dimana tugas kita adalah menumbuhkannya dengan baik. Menanam, menyiram, memupuk, menyiangi serta merawat dengan penuh kasih sayang. Menanam padi maka cara menumbuhkembangkannya dengan cara padi dan kita akan mendapatkan padi pada akhir masa panen. Menanam jagung maka cara menumbuhkembangkannya dengan cara jagung dan kita akan mendapatkan jagung di akhir masa panen nanti. Memahami siswa dengan sifatnya ini  awal untuk memetakan langkah  yang harus diambil untuk menciptakan profil pelajar pancasila.

Minggu ini praktik baik yang dapat saya sajikan diantaranya dengan ilmu yang masih sedikit ini saya terus mengasa diri dan kemampuan untuk menyimpan semua dokumen dalam bentuk video. Praktik baik ini seyogyanya langsung saya terapkan namun praktik baik ini saya himpun dari berbagai hal yang selama ini saya tuangkan. Dengan mempertimbangkan kodrat alam dan zaman pada anak-anak saya sudah terbiasa membuat video pembelajaran bagi siswa. Belajar dengan sambil bermain games dan menuangkan gagasan dalam bentuk google form. Namun saya tidak dapat berpuas diri dalam artian saya harus terus belajar untuk nemambah kapasitas dan kemampuan IT saya hingga lebih baik lagi. Selain Pendidikan Guru Penggerak yang diikuti saat ini saya juga terus aktif mencari waktu yang tepat untuk belajar lagi baik secara otodidak maupun mengikuti pelatihan-pelatihan online seperti dulu sebelum saya mengikuti Pendidikan Guru Penggerak.

Aksi Nyata Penerapan Modul 1


Saya tidak bisa hanya untuk menguasai sebuah ilmu tanpa dibagikan kepada rekan sejawat. Apa yang saya buat saya berusaha dengan sekuat tenaga menyampaikan dan bagaimana caranya agar mudah dipahami dan dipelajari oleh mereka. Hal kecil saja yang dapat saya contohkan adalah “mengambil gambar” mungkin hal ini terlihat sepele. Namun besar pengaruhnya untuk kebutuhan dokumentasi di masa yang akan dating. Sepertinya hal kecil ini akan tetap saya lakukan dan jika hal kecil ini konsisten dijalankan tentu hal besar lainnya akan berdampak jauh lebih besar dan lebih baik lagi. Di akhir tulisan refleksi ini saya menyadari betapa menghargai diri sendiri untuk menciptakan suasana dan aura posotif tetap digalakkan untuk mencapai keberhasilan mendatang. Salam dan Bahagia.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya semoga menginspirasi jangan lupa tulis komentarmu di kolom komentar dan dapatkan informasi terbaru di setiap postingan. Jangan lupa follow akun Instagram @efrideplin dan Twitter @efrideplin87 juga YouTube Efri Deplin. Terima kasih semoga menginspirasi.

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib