Skip to main content

Abdullah dan Tsamara

Foto Petama Kali Menuju Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Jakarta
27 Juni 2014

Bismillahirahmanirrahim..

Perkenalkan nama ana Efri, Bapak dua anak yang imut dan sholeh sholeha aamiin.. Muhammad Abdullah Basfar Al Muharrik kami senang memanggilnya dengan sebutan Abdullah, Abang, atau Harrik. Kami bercita-cita agar anak kami menjadi seorang Hafidz layaknya Syeikh Abdullah Basfar aamiin.. Saat ini ananda berumur 3 tahun 10 bulan dan Abdullah sudah masuk di kelas Play Grup Auladuna Al Fida, di sekolah umminya. Kami sangat bahagia ananda tumbuh sehat dan aktif seperti kebanyakan anak pada umumnya. Tsamara Ufairoh Adzka sering dipanggil Adza tanggal kelahiran yang sama dengan Abinya 5 Februari, saat ini Tsamara panggilan akrabnya genap berusia 2 tahun 6 bulan, anak perempuan yang cantik dan nampak mandiri, semoga ananda senatiasa kuat dan cerdas dengan iman di dada mengarungi dunia yang fana ini menuju negeri abadi.. Aamiin..


Terima kasih sudah memberikan waktu dan tempat untuk membaca tulisan kami ini.

Allah SWT memberikan kelebihan bagi anak-anak kami dengan aktifitas tranfusi (red: memasukkan darah ke dalam tubuh) berkala sesuai dengan kadar Hemoglobin (red: Hb) di dalam darahnya. Tingkat Hb di dalam darahnya harus dikontrol minimal 9.0, kalau kurang dari itu maka dilakukan tranfusi. Umumnya saat ini dilakukan setiap satu kali dalam sebulan. Selama dua tahun kami melakoni aktifitas ini biasanya ananda membutuhkan sekitar dua kantong darah masing-masing sesuai dengan standar cc yang dibutuhkan. Ada juga kebutuhan darahnya hanya satu kantong sesuai dengan kondisi Hbnya. Kalau Hbnya tergolong bagus maka kebutuhan darah hanya sedikit.

Kami sepakat dengan dokter bahwa ananda tidak sakit karena secara alamiah tumbuh kembangnya tidak terganggu, sama seperti anak lainnya. Bahkan ananda tergolong sangat aktif dan lincah (pengamat di masjid, hobi main hehe).

Alhamdulillah dengan rutinitas indah dibarengi penuh jiwa seni ini kami tidak mengalami kesulitan dalam menjalani rumah kedua maupun rumah ketiga, jika rumah pertama ada pondok indah maka rumah kedua kami adalah sekolah dan rumah ketiga kami adalah rumah sakit. Pertanggal 20an kami selalu mengontrol Hb ananda di laboratorium dan hasilnya langsung diupdate ke dokter yang membidangi Thallasemia di Provinsi Bengkulu. Setelah diperiksa ulang kesehatan dan kebutuhan darah barulah kami menuju Rumah Sakit Daerah untuk menyiapkan Blanko permintaan Darah agar dapat diproses di bagian Bank Darah.

Setelah Blanko permintaan Darah masuk di Bank Darah maka, pencararian darahpun dimulai. Ada persediaan Darah di Bank darah maka langsung di crossmathcing. Darah Cocok maka tranfusi dapat dilakukan, tapi kalau "Belum cocok" atau "Maaf Pak Darah sedang kosong" maka kami mencari pendonor, sukarelawan. Telepon kesana kemari chek inbok buku telepon buka WA buka Grup dan dishare oleh sebagian teman-teman. Alhasil, Muhammad Abdullah Basfar Al Muharrik dengan tipe golongan darah O dan Tsamara Ufairoh Adzka tipe golongan darah B harus bersabar, mereka kami bawa bawa kerumah terlebih dahulu sebelum kepastian darahnya didapatkan. Setelah didapatpun darah harus diendapkaan hingga delapan jam dan tetap harus dicrossmath. Begitulah sampai kebutuhan darah terpenuhi maka ananda akan diberi cairan infus NaCl dan beberapa saat kemudian darah pendonor dapat diranfusikan. Baca di sini

Ana dan istri Alhamdulillah menerima semua ini dengan tegar dan senyuman. Menguatkan iman dan ikhtiar selalu berprasangka baik kepada Allah SWT, Allah Maha Bijaksana menempatkan sesuatu tepat pada tempnya dan memilih orang-orang yang dipilihnya agar menjadi insan yang mulia. Harapan kami Allah akan menyatukan keluarga kami di Surga Nya yang terbaik. Berkumpul dengan orang-orang yang mulia, berkumpul dengan keluarga besar dengan rasa puas dan tersenyum indah. Aamiin

Suatu saat nanti ananda Sehat Prima Aamiin.. ^_^
Kami sangat senang dan bahgia apabila ada saudara kami yang mendoakan kami ketika kami tidak mendengar doa dari beliau, tentu doa yang baik kan? Allah Maha Kuasa atas segalahnya. Somoga Allah SWT menyembuhkan ananda M.Abdullah Basfar Al-Muharrik dan Tsamara Ufairoh Adzka dari Thallasemia secara total hingga sembuh permanen dan sehat selama-lamanya Aamiin menjadi hafidz dan hafidzah penghafal quran dan teladan kebanggaan ummat Aamiin.
Alhamdulillah Ya Allah.

Saat ini Abdullah dan Tsamara sudah berumur 6 tahun dan 4 Tahun 8 bulan. Tahun depan insya Allah Abdullah akan sekolah di tingkat Dasar sementara Tsamara masih di kelas B. Alhamdulillah tumbuh kembangnya keduanya bagus. Aktifitas tranfusi tetap berjalan dengan baik. 

Mengapa Harus Tranfusi?

Transfusi menjadi salah satu cara dalam ilmu medis untuk mempertahankan nilai Hb. Ketika tranfusi berlangsung sel darah merah akan mengalir di dalam tubuh pasien untuk perkembangan dan pertumbuhan pasien.  Sel darah merah juga berperan penting pada proses mengalirkan darah hingga ke otak dan seluruh tubuh. Dapat dibayangkan jika tidak tercukupinya darah merah dalam tubuh. Bisa mengakibatkan perkembangan dan pertumbuhan menjadi terganggu.

Tranfusi dibutuhkan juga untuk membantu kerja limfa di dalam tubuh. Sejatinya jika tidak dilakukan tranfusi maka kebutuhan sel darah merah akan diproduksi oleh limfa. Jika ini terus berlanjut maka kerja limfa menjadi sangat berat. Kerja limfa yang berat ini lama kelamaan akan menyebabkan terjadinya pembengkakan limfa. Membengkak nya limfa diakibatkan kerja yang berat juga akan menyebabkan limfa menjadi lost produksi atau aus. Limfa bisa menjadi tidak dapat berfungsi dan harus diangkat. 

Sekali lagi, tranfusi merupakan salah satu cara dalam dunia medis untuk menanggulangi kekurangaan Hb dalam darah agar Hemoglobin dalam darah meningkat.


Besok tanggal 15 Juli 2019 adalah hari yang sangat bersejarah dalam tahap perkembangan ananda Abdullah dan Tsamara.

Besok Senin, 15 Juli 2019 Abdullah resmi duduk di bangku SD dan Tsamara duduk di TK B.




Bengkulu 17 Agustus 2016
Efri Deplin
WA 085268125187
Telepon +62895326418115
ig: efri deplin
fb: Efri Deplin
www.efrideplin.com

edit: 27 Januari 2018
edit: 22 Okt 2018
edit: 28 Mei 2019
edit: 14 Juli 2019

Comments

  1. SubhaAnallah.... begthu tegar, semoga ada kebaikan d balik semua ini.... do'a kami senantisa mnyertai kedua ananda pak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah.. Aamiin
      Terima kasih supportnya

      Delete
  2. SubhaAnallah.... begthu tegar, semoga ada kebaikan d balik semua ini.... do'a kami senantisa mnyertai kedua ananda pak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdilillah.. Aamiin
      Jazakallahu Ali, 😀😀

      Delete
  3. Minta tolonglah dengan Sabar dan Sholat...
    Sesungguhnya Allah bersama orang2 yang sabar...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah..
      Syukron kak Patriadi sudah menjadi bagian dari ikhtiar ini. Aamiin

      Delete
  4. Ya Allah berikanlah keaembuhan buat ananda berdua dan berikanlah kesabaran yg kuat kepada kesua orang tuanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin ya Rabb..
      Terima kasih atas doa baiknya kanda, kami tahu kanda sedang berada di depan Multazam pada waktu itu, dan Allah SWT pasti akan mengabulkan Aamiin

      Delete

Post a comment

Terima kasih atas kunjungannya semoga menginspirasi jangan lupa tulis komentarmu di kolom komentar dan dapatkan informasi terbaru di setiap postingan. Jangan lupa follow akun Instagram @efrideplin dan Twitter @efrideplin87 juga YouTube Efri Deplin. Terima kasih semoga menginspirasi.

Popular posts from this blog

Isi DasaDarma

PRAMUKA SATYA KU DARMAKAN DARMA KU BAKTIKAN
Hapal dan mengerti Isi Dasa Darma dan Tri Satya.
1. Rajin dan giat mengikuti latihan Pasukan Penggalang, sekurang-kurangnya 6 kali latihan     berturut-turut.  Keterangan: :
a. Latihan Pramuka itu berguna untuk melatih diri agar dapat hidup bermanfaat bagi diri sendiri, orang lain, masyarakat dan negara. Oleh karena itu, latihan Pramuka adalah untuk kepentingan dirimu sendiri bukan untuk orang lain.
b. Rajin mengikuti latihan artinya tidak pernah absen, selalu datang pada hari dan jam yang telah ditentukan bersama. Nyatakanlah kehadiranmu itu dengan mengisi daftar hadir/absensi regu.
c. Giat mengikuti latihan berarti setiap datang pada latihan Pramuka di Pasukan Penggalang selalu aktif. Yang dimaksud aktif dalam latihan yaitu selalu berusaha melatih dirinya sendiri bersama-sama teman lain akan kekurangan-kekurangan dirinya.
d. Enam kali berturut-turut, berarti tidak pernah tidak datang dengan alasan sakit, ijin, dan sebagainya. Teruskanlah la…

SILSILAH 25 NABI

SILSILAH 25 NABI


SILSILAH 25 NABI

Tulisan ini saya dapatkan dari sebuah pesan di group WhatsApp. Berikut semoga bermanfaat dan berkah Aamiin.

1. ADAM AS.
Nama: Adam As.
Usia: 930 tahun.
Periode sejarah: 5872-4942 SM.
Tempat turunnya di bumi: India, ada yang berpendapat di Jazirah Arab.
Jumlah keturunannya: 40 laki-laki dan perempuan.
Tempat wafat: India, ada yang berpendapat di Mekkah.
Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 25 kali.
.
2. IDRIS AS.
Nama: Idris/Akhnukh bin Yarid, nama Ibunya Asyut.
Garis Keturunan: Adam As. ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qinan ⇒ Mihlail ⇒ Yarid ⇒ Idris As.
Usia: 345 tahun di bumi.
Periode sejarah: 4533-4188 SM.
Tempat diutus: Irak Kuno (Babylon, Babilonia) dan Mesir (Memphis).
Tempat wafat: Allah mengangkatnya ke langit dan ke surga.
Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 2 kali.
.
3. NUH AS.
Nama: Nuh/Yasykur/Abdul Ghaffar bin Lamak.
Garis Keturunan: Adam As. ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qinan ⇒ Mihlail ⇒ Yarid ⇒ Idris As. ⇒ Matusyalih ⇒ Lamak ⇒ Nuh As.
Usia: 950 tahun.
Perio…

SOAL POST-TEST PKP

Soal-soal di bawah ini merujuk akan soal-soal post test yang didapat dari link. Untuk memudahkan marinkita belajar bersama semoga Lulus semua ya Aamiin
SOAL POS-TESTA. Pilihan Ganda

PetunjukPengisian: Jawablah pertanyaan / pernyataan berikut ini dengan memberikan tanda silang  (X) pada jawaban yang Saudara anggap benar !

Berikut ini pernyataan tentang kompetensi keterampilan : Kemampuan berfikir mencakup : mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, danmencipta Kemampuan belajar mencakup : mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar/mengasosiasi, dan mengomunikasikan Kemampuan piker dan tindak mental non motorik seperti mengambil keputusan, menyusun strategi, bernalar Kemampuan praktik laboratorium seperti: merangkai alat, menimbang atau mengukur, membuat grafik, dan menafsirkan grafik. Pernyataan yang termasuk kategori keterampilan abstrak terdapat pada angka … (1), (2), dan (3)  (1), (2), dan (4)  (1), (3), dan (4)