Post Page Advertisement [Top]



Kopi Bengkulu Naik Daun


//International Coffee Day 2020 di Bumi Rafflesia: Dari Tanah Bengkulu untuk Rasa Dunia

Bengkulu terus kembangkan dan genjot beberapa komoditas unggulan daerah agar semakin dikenal. Salah satunya adalah kopi Bengkulu. 

Seperti diketahui, Bengkulu merupakan provinsi ketiga penghasil kopi terbesar di Indonesia setelah Sumatera Selatan dan Lampung.

Bengkulu yang masuk "Segitiga Emas Robusta" di pulau Sumatera ini, setidaknya beberapa tahun terakhir sudah mulai diperhitungkan keberadaannya.

Pemerintah provinsi Bengkulu dalam hal ini Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah pun terus lakukan upaya mulai dari branding, perluasan pemasaran hingga kerjasama dengan berbagai pihak. Hal ini semata untuk mengenalkan kepada dunia luar, bahwa Bengkulu memiliki kopi yang punya citarasa khas yang berbeda dengan daerah lain.


Pada tahun 2018, Bengkulu sudah memperoleh sertifikat Indikasi Geografis (IG) dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Bengkulu (HAM) Republik Indonesia. IG ini diberikan sebagai langkah untuk melindungi potensi kopi Bengkulu yang cukup besar. 

"Satu biji saja biji kopi Bengkulu keluar, maka harus disebutkan nama Bengkulu. Untuk itu, kita perlu melindungi hak para petani kopi Bengkulu agar tidak di klaim daerah lain," ujar Rohidin, 02/01.
Bahkan, mantan wakil Bupati Bengkulu Selatan ini telah berhasil membranding Kopi Bengkulu dengan merek Bencoolen Coffee hingga Jakarta, dan klimaksnya berbuah MoU Kerjasama Pemasaran Kopi Bengkulu dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

“Kita bangun kerjasama agar kopi rakyat bisa sampai ke Jakarta, karena kopi ini saya rasakan memiliki kualitas yang bisa dibanggakan di skala nasional dan internasional. Jadi sudah saatnya jadi tuan rumah di ibu kota,” ungkap Anies.

Menurut Anies, Jakarta sebagai salah satu kota yang memiliki pasar kopi yang sangat besar dengan permintaan yang tinggi, dapat menjadi wadah Kopi Bengkulu yang berkualitas baik, untuk dipasarkan.
“Harapannya nanti kopi dari Bengkulu bisa dirasakan oleh warga Jakarta, dengan harga terjangkau, serta kualitas kelas atas,” pungkasnya.

Sementara di akhir tahun 2019 lalu, kopi Bengkulu berhasil pemberoleh penghargaan di 3 kategori awards pada Kejuaraan Kopi Internasional AVPA (Agency for the Valorization of the Agricultural Products) di Perancis.

Bahkan presiden AVPA (Agency for the Valorization of the Agricultural Products), Philippe Juglar apresiasi langkah Gubernur Rohidin dalam mengembangkan komoditas kopi Bengkulu sehingga dapat bersaing dengan kualitas dan kuantitas yang tidak kalah dengan kopi negara produsen lain. 

"Kita ucapkan terimakasih kepada Gubernur Bengkulu yang telah mendedikasikan kinerja, usaha, dan waktunya dalam mengembangkan kopi Bengkulu. Langkah yang dilakukan pak gubernur sampai saat ini sudah sangat tepat,” ungkap Phillipe.

Upaya dan kerja keras Gubernur Rohidin branding kopi Bengkulu makin terasa, setelah Bengkulu secara resmi ditetapkan sebagai tuan rumah International Coffee Day pada tanggal 01 Oktober 2020.

Hal ini disampaikan langsung oleh Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka (IKMA) Kementerian Perindustrian RI Gati Wibawaningsih pada Gubernur Rohidin di penguhujung tahun 2019 lalu.

"Masyarakat Bengkulu mestinya bersyukur punya gubernur seperti Gubernur Rohidin ini, karena sangat visioner, kreatif dan inovatif



dalam mengembangkan komoditas lokal hingga ke kancah internasional. Apalagi event besar ini diadakan di benteng terbesar yang memiliki nilai historis," jelas Dirjen IKMA.
International Coffee Day 2020 pada bulan Oktober yang akan datang harus disambut sebagai momentum besar bagi petani dan pelaku kopi Bengkulu.

Pasalnya, terang Gati, Bengkulu menjadi tuan rumah persis ketika permintaan pasar terhadap kopi meningkat drastis. Baik di pasar domistik maupun internasional.

#InternationalCoffeeDay2020
#HariKopiInternasional2020
#KopiBengkulu
#KopiLokal
#KopiGadingCempaka

19 comments:

  1. Mantulll...
    Hmmmm kopi negeri ini emg kaya rasa dan aroma kaya filosofi serta kental akan makna.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Bun, kopi Bengkulu layak dikenal dunia dan siap bersaing secara Internasional. Aamiin terima kasih Bu Yulihika

      Delete
  2. Replies
    1. Ayo Pak Agus Purnomo main ke Bengkulu merasakan langsung cita rasa kopi Bengkulu sekelas dunia.

      Delete
  3. Gimana cara mendapatkan kopi bengkulu Pak,,?
    Di Jateng sudah ada kah,,?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih banyak waktu Pak, ayo main ke Bengkulu di Bengkulu dengan dataran tinggi yang luar biasa memberikan nutrisi yang pas untuk Kopi Bengkulu.Jateng, mari ke Bengkulu. Bisa kirim chat ke wa.me.6895426418115 atau efrideplin@gmail.com

      Delete
  4. semoga nanti kopi Bengkulu bisa semakin dikenal dan semakin baik, aamiin

    ReplyDelete
  5. Selama ini cuma dengar Kopi Sumatera. Semoga Kopi Bengkulu hisa jauh lebih eksis hingga level internasional, dan kita sendiri bisa bangga sebagai penghasil kopi terbaik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelumnya saya pernah dengar Kopi Lebong dan Kopi Manna mas, semoga kopi Bengkulu eksis di kancah internasional.

      Delete
  6. Saya sempat pernah mendengar baca juga Kopi Manna, Kopi Lebong mas. Semoga semua bisa memberikan kebermanfaatan yang besar untuk kemajuan daerah Bengkulu ya Aamiin

    ReplyDelete
  7. Tentu ditunggu dong event seperti ini. Nggak mungkin dilewatkan pecinta kopi seperti saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menjadi kesempatan emas bagi pencinta kopi dan pemerhatian semua elemen pemerintah dan masyarakat Bengkulu khususnya.

      Delete
  8. Sebagai masyarakat yg mayoritas penduduk adalah petani kopi, saya turut berbangga Bengkulu bisa dikenal dunia dalam event ini 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk mari kita lestarikan komoditas lokas untuk berkiprah di kancah Internasional.

      Delete
  9. Kopi Bengkulu mendunia menjadi kebanggaan masyarakat bengkulu ya pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mari sama-sama kita lestarikan ya kak dan menjaganya

      Delete
  10. selamat atas prestasti bengkulu dalam hal dunia perkopian ini sehingga sudah siap mendunia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bengkulu akan mengangkat nama baik Indonesia dimata dunia patutlah berbangga dan bersama menjaga.

      Delete

Terima kasih atas kunjungannya semoga menginspirasi jangan lupa tulis komentarmu di kolom komentar dan dapatkan informasi terbaru di setiap postingan. Jangan lupa follow akun Instagram @efrideplin dan Twitter @efrideplin87 juga YouTube Efri Deplin. Terima kasih semoga menginspirasi.

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib