Skip to main content

UNRAS dan Olahan LOKAN dalam Program Pengabdaian Masyarakat



Kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) yang dilaksanakan hari Sabtu 31 Agustus 2019 di Desa Serangai Kecamatan Batik Nau kemarin merupakan kegiatan lanjutan dari Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh tim Dosen Universitas Ratu Samban yang merupakan program Kemenristekdikti tahun 2019.

Saat ini terlihat bahwa masyarakat khususnya ibu- ibu PKK sudah mulai terbuka wawasannya dan terampil yang berkaitan dengan peningkatan nilai jual lokan melalui berbagai olahan produk makanan yang bervariasi dan berpotensi mempunyai nilai jual yang lebih baik. 



Berbagai hasil olahan lokan


Produk olahan lokan tersebut diantaranya peyek lokan, crispy lokan, dan rendang lokan. Produk tersebut berpotensi dan mempunyai nilai jual yang cukup menjanjikan. Pemasaran bisa melalui konvensional dan bisa melalui media internet facebook, whatshaps dll.

PROFIL LPPM UNIVERSITAS RATU SAMBAN UNRAS

Kinerja Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Ratu Samban, dengan mengemban Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan dan pengajaran, melaksanakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk itulah Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Ratu Samban ini ada, melakukan semua aktivitas pemberdayaan masyarakat di semua bidang. 
LPPM Universitas Ratu Samban terbentuk melalui SK Rektor Universitas Ratu Samban Nomor : 018/Kpts/I.b-1/IX/2001 tanggal 8 September 2001. LPPM Universitas Ratu Samban adalah organisasi yang diamanatkan untuk mengemban Tri Dharma Perguruan Tinggi bidang pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam lingkup Universitas Ratu Samban, yaitu dengan memberikan layanan yang diperlukan oleh masyarakat secara optimal.

Baca Juga: Wisata Bengkulu yang Layak Dikunjungi

Implementasinya berupa pengutusan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KUKERTA) ke desa-desa yang ada di Kabupaten Bengkulu Utara, pelatihan untuk kelompok tani, nelayan maupun pemberian bantuan berupa fasilitator yang menguasai bidang ilmu yang diinginkan oleh masyarakat, pengembangan kewirausahaan, pembinaan dan pengembangan koperasi dan pengusaha kecil. Sejak tahun 2015 LPPM Universitas Ratu Samban telah mulai melaksanakan KUKERTA di daerah terluar Indonesia atau bagian dari Kabupaten Bengkulu Utara yaitu di Pulau Enggano. Partisipasi LPPM Universitas Ratu Samban ini disambut antusias oleh masyarakat Pulau Enggano tersebut.
LPPM Universitas Ratu Samban setiap tahunnya mengalokasikan sejumlah dana untuk dana penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dimanfaatkan oleh dosen melalui proses seleksi yang cukup ketat, walaupun dana yang disiapkan masih kurang mencukupi dari kebutuhan dosen dalam melaksanakan program penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, namun hal ini cukup memotivasi dosen untuk ikut terlibat dalam pengajuan proposal ini. Pengalaman tim dalam kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat adalah sebagai berikut : LPPM Universitas Ratu Samban pada tahun 2013 mendapatkan amanah dari DIKTI berupa pemberian hibah penelitian Dosen Pemula sebanyak 2 orang dosen dan Hibah penelitian bagi Dosen PTS dari Kopertis Wilayah 2 sebanyak 1 orang. Pada tahun yang sama LPPM Universitas Ratu Samban mendapatkan Hibah Bantuan Dana Stimulus pelaksanaan seminar bedah proposal Penelitian dan Pengabdian Desentralisasi. Tahun 2014 LPPM Universitas Ratu Samban mendapatkan 5 hibah dosen pemula, 1 hibah bersaing, 2 hibah IbM dan 2 PKM-AI. Pada tahun 2015 LPPM Universitas Ratu Samban mendapatkan 4 hibah dosen pemula, 1 hibah bersaing, 2 hibah IbM, 3 PKM-Penelitian, 1 PKM-Kewirausahaan, 2 PKM-AI dan Hibah Dana Operasional Bantuan Akreditasi Prodi (Prodi Agroteknologi). Pada tahun 2016 LPPM Universitas Ratu Samban mendapatkan 2 hibah dosen pemula, 1 hibah bersaing, 1 hibah INSINAS dari Kemenristek, 2 IbM dan 2 PKM-Penelitian serta hibah Pusat Karier. Pada tahun 2017 LPPM Universitas Ratu Samban mendapatkan 4 hibah dosen pemula, 1 hibah PEKERTI, 1 IbM, 1 hibah INSINAS lanjutan tahun ke-2, dan 1 PKM-Penelitian. Pada tahun 2018 LPPM Universitas Ratu Samban mendapatkan 2 hibah dosen pemula, 1 hibah PEKERTI lanjutan, 2 hibah pengabdian IbM/PkM.. Pada dasarnya LPPM Universitas Ratu Samban dari tahun ke tahun menghasilkan tren yang meningkat jika ditinjau dari keberhasilan mendapatkan pendanaan hibah penelitian dan hibah pengabdian dari Kemenristekdikti. Tahun 2019, LPPM Unras mendapat hibah PDP 3 judul dan hibah PKM 1 judul pengabdian.

Berikut dokumentasi produk olahan dan proses pembuatan olahan lokan











Comments

Popular posts from this blog

Isi DasaDarma

PRAMUKA SATYA KU DARMAKAN DARMA KU BAKTIKAN
Hapal dan mengerti Isi Dasa Darma dan Tri Satya.
1. Rajin dan giat mengikuti latihan Pasukan Penggalang, sekurang-kurangnya 6 kali latihan     berturut-turut.  Keterangan: :
a. Latihan Pramuka itu berguna untuk melatih diri agar dapat hidup bermanfaat bagi diri sendiri, orang lain, masyarakat dan negara. Oleh karena itu, latihan Pramuka adalah untuk kepentingan dirimu sendiri bukan untuk orang lain.
b. Rajin mengikuti latihan artinya tidak pernah absen, selalu datang pada hari dan jam yang telah ditentukan bersama. Nyatakanlah kehadiranmu itu dengan mengisi daftar hadir/absensi regu.
c. Giat mengikuti latihan berarti setiap datang pada latihan Pramuka di Pasukan Penggalang selalu aktif. Yang dimaksud aktif dalam latihan yaitu selalu berusaha melatih dirinya sendiri bersama-sama teman lain akan kekurangan-kekurangan dirinya.
d. Enam kali berturut-turut, berarti tidak pernah tidak datang dengan alasan sakit, ijin, dan sebagainya. Teruskanlah la…

SILSILAH 25 NABI

SILSILAH 25 NABI


SILSILAH 25 NABI

Tulisan ini saya dapatkan dari sebuah pesan di group WhatsApp. Berikut semoga bermanfaat dan berkah Aamiin.

1. ADAM AS.
Nama: Adam As.
Usia: 930 tahun.
Periode sejarah: 5872-4942 SM.
Tempat turunnya di bumi: India, ada yang berpendapat di Jazirah Arab.
Jumlah keturunannya: 40 laki-laki dan perempuan.
Tempat wafat: India, ada yang berpendapat di Mekkah.
Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 25 kali.
.
2. IDRIS AS.
Nama: Idris/Akhnukh bin Yarid, nama Ibunya Asyut.
Garis Keturunan: Adam As. ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qinan ⇒ Mihlail ⇒ Yarid ⇒ Idris As.
Usia: 345 tahun di bumi.
Periode sejarah: 4533-4188 SM.
Tempat diutus: Irak Kuno (Babylon, Babilonia) dan Mesir (Memphis).
Tempat wafat: Allah mengangkatnya ke langit dan ke surga.
Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 2 kali.
.
3. NUH AS.
Nama: Nuh/Yasykur/Abdul Ghaffar bin Lamak.
Garis Keturunan: Adam As. ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qinan ⇒ Mihlail ⇒ Yarid ⇒ Idris As. ⇒ Matusyalih ⇒ Lamak ⇒ Nuh As.
Usia: 950 tahun.
Perio…

SOAL POST-TEST PKP

Soal-soal di bawah ini merujuk akan soal-soal post test yang didapat dari link. Untuk memudahkan marinkita belajar bersama semoga Lulus semua ya Aamiin
SOAL POS-TESTA. Pilihan Ganda

PetunjukPengisian: Jawablah pertanyaan / pernyataan berikut ini dengan memberikan tanda silang  (X) pada jawaban yang Saudara anggap benar !

Berikut ini pernyataan tentang kompetensi keterampilan : Kemampuan berfikir mencakup : mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, danmencipta Kemampuan belajar mencakup : mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar/mengasosiasi, dan mengomunikasikan Kemampuan piker dan tindak mental non motorik seperti mengambil keputusan, menyusun strategi, bernalar Kemampuan praktik laboratorium seperti: merangkai alat, menimbang atau mengukur, membuat grafik, dan menafsirkan grafik. Pernyataan yang termasuk kategori keterampilan abstrak terdapat pada angka … (1), (2), dan (3)  (1), (2), dan (4)  (1), (3), dan (4)