Tuesday, 24 September 2019

UNRAS dan Olahan LOKAN dalam Program Pengabdaian Masyarakat



Kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) yang dilaksanakan hari Sabtu 31 Agustus 2019 di Desa Serangai Kecamatan Batik Nau kemarin merupakan kegiatan lanjutan dari Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh tim Dosen Universitas Ratu Samban yang merupakan program Kemenristekdikti tahun 2019.

Saat ini terlihat bahwa masyarakat khususnya ibu- ibu PKK sudah mulai terbuka wawasannya dan terampil yang berkaitan dengan peningkatan nilai jual lokan melalui berbagai olahan produk makanan yang bervariasi dan berpotensi mempunyai nilai jual yang lebih baik. 



Berbagai hasil olahan lokan


Produk olahan lokan tersebut diantaranya peyek lokan, crispy lokan, dan rendang lokan. Produk tersebut berpotensi dan mempunyai nilai jual yang cukup menjanjikan. Pemasaran bisa melalui konvensional dan bisa melalui media internet facebook, whatshaps dll.

PROFIL LPPM UNIVERSITAS RATU SAMBAN UNRAS

Kinerja Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Ratu Samban, dengan mengemban Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan dan pengajaran, melaksanakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk itulah Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Ratu Samban ini ada, melakukan semua aktivitas pemberdayaan masyarakat di semua bidang. 
LPPM Universitas Ratu Samban terbentuk melalui SK Rektor Universitas Ratu Samban Nomor : 018/Kpts/I.b-1/IX/2001 tanggal 8 September 2001. LPPM Universitas Ratu Samban adalah organisasi yang diamanatkan untuk mengemban Tri Dharma Perguruan Tinggi bidang pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam lingkup Universitas Ratu Samban, yaitu dengan memberikan layanan yang diperlukan oleh masyarakat secara optimal.

Baca Juga: Wisata Bengkulu yang Layak Dikunjungi

Implementasinya berupa pengutusan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KUKERTA) ke desa-desa yang ada di Kabupaten Bengkulu Utara, pelatihan untuk kelompok tani, nelayan maupun pemberian bantuan berupa fasilitator yang menguasai bidang ilmu yang diinginkan oleh masyarakat, pengembangan kewirausahaan, pembinaan dan pengembangan koperasi dan pengusaha kecil. Sejak tahun 2015 LPPM Universitas Ratu Samban telah mulai melaksanakan KUKERTA di daerah terluar Indonesia atau bagian dari Kabupaten Bengkulu Utara yaitu di Pulau Enggano. Partisipasi LPPM Universitas Ratu Samban ini disambut antusias oleh masyarakat Pulau Enggano tersebut.
LPPM Universitas Ratu Samban setiap tahunnya mengalokasikan sejumlah dana untuk dana penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dimanfaatkan oleh dosen melalui proses seleksi yang cukup ketat, walaupun dana yang disiapkan masih kurang mencukupi dari kebutuhan dosen dalam melaksanakan program penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, namun hal ini cukup memotivasi dosen untuk ikut terlibat dalam pengajuan proposal ini. Pengalaman tim dalam kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat adalah sebagai berikut : LPPM Universitas Ratu Samban pada tahun 2013 mendapatkan amanah dari DIKTI berupa pemberian hibah penelitian Dosen Pemula sebanyak 2 orang dosen dan Hibah penelitian bagi Dosen PTS dari Kopertis Wilayah 2 sebanyak 1 orang. Pada tahun yang sama LPPM Universitas Ratu Samban mendapatkan Hibah Bantuan Dana Stimulus pelaksanaan seminar bedah proposal Penelitian dan Pengabdian Desentralisasi. Tahun 2014 LPPM Universitas Ratu Samban mendapatkan 5 hibah dosen pemula, 1 hibah bersaing, 2 hibah IbM dan 2 PKM-AI. Pada tahun 2015 LPPM Universitas Ratu Samban mendapatkan 4 hibah dosen pemula, 1 hibah bersaing, 2 hibah IbM, 3 PKM-Penelitian, 1 PKM-Kewirausahaan, 2 PKM-AI dan Hibah Dana Operasional Bantuan Akreditasi Prodi (Prodi Agroteknologi). Pada tahun 2016 LPPM Universitas Ratu Samban mendapatkan 2 hibah dosen pemula, 1 hibah bersaing, 1 hibah INSINAS dari Kemenristek, 2 IbM dan 2 PKM-Penelitian serta hibah Pusat Karier. Pada tahun 2017 LPPM Universitas Ratu Samban mendapatkan 4 hibah dosen pemula, 1 hibah PEKERTI, 1 IbM, 1 hibah INSINAS lanjutan tahun ke-2, dan 1 PKM-Penelitian. Pada tahun 2018 LPPM Universitas Ratu Samban mendapatkan 2 hibah dosen pemula, 1 hibah PEKERTI lanjutan, 2 hibah pengabdian IbM/PkM.. Pada dasarnya LPPM Universitas Ratu Samban dari tahun ke tahun menghasilkan tren yang meningkat jika ditinjau dari keberhasilan mendapatkan pendanaan hibah penelitian dan hibah pengabdian dari Kemenristekdikti. Tahun 2019, LPPM Unras mendapat hibah PDP 3 judul dan hibah PKM 1 judul pengabdian.

Berikut dokumentasi produk olahan dan proses pembuatan olahan lokan











No comments:

Post a comment

Terima kasih atas kunjungannya semoga menginspirasi jangan lupa tulis komentarmu di kolom komentar dan dapatkan informasi terbaru di setiap postingan. Jangan lupa follow akun Instagram @efrideplin dan Twitter @efrideplin87 juga YouTube Efri Deplin. Terima kasih semoga menginspirasi.

4 Tips Donor Darah Saat Puasa

Donor darah menjadi trend gaya hidup sehat masa kini. Selain memenuhi kebutuhan hidup para penggunanya, donor darah menjadi sebuah kebutuhan...