Skip to main content

Mengenal Golongan Darah dan Donor Darah

Palang Merah Indonesia Bengkulu yang beralamat di komplek Rumah Sakit Umum M.Yunus Bengkulu memberikan kesempatan kepada setiap pendonor untuk mendonorkan darah tepat pada waktunya.

Sebelum lebih jauh mari kita mengenal beberapa penjelasan dan istilah penting terkait donor darah.

Golongan Darah Manusia
A, B, AB , dan O.

Golongan Darah Manusia Berdasarkan Faktor Rhesus (Rh) Positif (Rh+) dan Reshus Negatif (Rh-)

A+
A-

B+
B-

AB+
AB-

O+
O-


Berdasarkan Sistem Golongan Darah ABO, Golongan Darah ditentukan oleh Aglutinogen dan Aglutinin.

Apa itu Aglutinogen dan Aglutini?
Aglutinogen adalah jenis protein yang dapat menggumpal (Aglutinasi) dan terdapat pada eritrosit, sedangkan Aglutinin adalah jenis serum antibodi yang dapat menggumpalkan Aglutinogen. dan terdapat pada plasma darah.

Tabel Pewarisan Golongan Darah Dari ayah dan Ibu kepada Anak


Keterangan:

Jika Ibu O dan Ayah O
Golongan Darah anak adalah O

Jika Ibu O dan Ayah A
Golongan Darah anak adalah O dan A

Jika Ibu O dan Ayah B
Golongan Darah anak adalah O dan B

Jika Ibu O dan Ayah AB
Golongan Darah anak adalah A dan B

Jika Ibu A dan Ayah O
Golongan Darah anak adalah O dan A

Jika Ibu A dan Ayah A
Golongan Darah anak adalah O dan A

Jika Ibu A dan Ayah B
Golongan Darah anak adalah O, A, B dan AB

Jika Ibu A dan Ayah AB
Golongan Darah anak adalah A, B, dan AB

Jika Ibu B dan Ayah O
Golongan Darah anak adalah O dan B

Jika Ibu B dan Ayah A
Golongan Darah anak adalah O, A, B dan AB

Jika Ibu B dan Ayah B
Golongan Darah anak adalah O dan B

Jika Ibu B dan Ayah AB
Golongan Darah anak adalah A, B, dan AB

Jika Ibu AB dan Ayah O
Golongan Darah anak adalah A dan B

Jika Ibu AB dan Ayah A
Golongan Darah anak adalah A, B dan AB

Jika Ibu AB dan Ayah B
Golongan Darah anak adalah A, B, AB

Jika Ibu AB dan Ayah AB
Golongan Darah A, B dan AB

Lebih lanjut penjelasan lebih lengkap dan terperinci dapat dilihat pada uraian berikut:

Golongan darah seseorang ditentukan berdasarkan ada atau tidaknya zat antigen pada sel darah merah dan plasma darah. Antigen berfungsi seperti tanda pengenalan sel tubuh Anda. Ini supaya tubuh bisa membedakan sel tubuh sendiri dari sel yang berasal dari luar tubuh. Jika sel dengan antigen yang berlawanan masuk ke dalam tubuh, maka sistem kekebalan tubuh akan memulai perlawanan terhadap sel yang dianggap asing tersebut dengan memproduksi antibodi.

Ada dua teknik yang dipakai untuk mengelompokkan darah, yaitu menggunakan sistem ABO dan rhesus (Rh). Kedua sistem ini bisa sangat membantu jika Anda ingin melakukan transfusi darah.

Melalui sistem ABO, golongan darah dibagi menjadi 4 tipe, yaitu A, B, AB dan O.

Jika Anda memiliki golongan darah A, maka Anda memiliki antigen A pada sel darah merah dan memproduksi antibodi untuk melawan sel darah merah dengan antigen

Jika Anda memiliki golongan darah B, maka Anda memiliki antigen B pada sel darah merah dan memproduksi antibodi A untuk melawan sel darah merah dengan antigen A.

Jika Anda memiliki golongan darah AB, maka Anda memiliki antigen A dan B pada sel darah merah. Ini juga berarti Anda tidak memiliki antibodi A dan B pada plasma darah.

Jika Anda memiliki golongan darah O, maka Anda tidak memiliki antigen A atau B pada sel darah merah. Orang bergolongan darah O memproduksi antibodi A dan B di plasma darah.

Siapa Saja Penerima Darah Kita?

Dulu, pemilik golongan darah O bisa mendonorkan darahnya kepada siapa pun, namun kini tidak lagi dianjurkan. Golongan darah O negatif kemungkinan memiliki antibodi yang bisa menyebabkan reaksi serius selama transfusi darah berlangsung. Sedangkan golongan darah O positif hanya boleh diberikan dalam situasi darurat, yaitu jika pasien sedang terancam jiwanya atau persediaan tipe darah yang sesuai tidak mencukupi.
Abdullah Tsamara sedang Tranfusi Darah

Sebaliknya, golongan darah AB tergolong penerima universal. Kalangan ini bisa mendapat transfusi darah dari jenis A, B, AB, atau O. Namun kalangan ini hanya bisa mendonorkan darahnya kepada mereka dengan darah jenis AB saja.

Faktor resus (Rh) adalah jenis antigen yang ada pada sel darah merah. Jika darah memiliki faktor Rh maka dikatakan resus positif, dan jika tidak memiliki faktor Rh maka dikatakan resus negatif.
Orang yang memiliki Rh negatif bisa mendonorkan darahnya kepada orang yang memiliki status Rh negatif dan Rh positif. Pendonor dengan Rh positif hanya bisa memberikan darahnya kepada orang dengan status Rh positif.

Donor Darah dan Gaya Hidup

Masih banyak orang yang awam dengan donor darah. Bagi sebagian orang donor darah identik dengan jarum suntik yang menyakitkan. Tidak salah karena donor darah tentu menggunakan media jarum suntik untuk proses pengambilan darah. Namun rasa sakit itu tidak sebanding dengan "kepuasan" dan kepedulian kita terhadap sesama. Rasa sakit itu tidak terlalu lama. Ketika darah mengalir dari lengan ke dalam kantong darah dalam waktu beberapa menit saja, proses donor sudah usai.

Donor Darah


Namun sebelum itu pendonor akan dichek kesehatan berupa tekanan darah dan Hb dengan cairan biru.

Baca Juga: Syarat-syarat menjadi pendonor darah

Semoga tulisan ini dapat membantu pemahaman kita semua.

Comments

Popular posts from this blog

Isi DasaDarma

PRAMUKA SATYA KU DARMAKAN DARMA KU BAKTIKAN
Hapal dan mengerti Isi Dasa Darma dan Tri Satya.
1. Rajin dan giat mengikuti latihan Pasukan Penggalang, sekurang-kurangnya 6 kali latihan     berturut-turut.  Keterangan: :
a. Latihan Pramuka itu berguna untuk melatih diri agar dapat hidup bermanfaat bagi diri sendiri, orang lain, masyarakat dan negara. Oleh karena itu, latihan Pramuka adalah untuk kepentingan dirimu sendiri bukan untuk orang lain.
b. Rajin mengikuti latihan artinya tidak pernah absen, selalu datang pada hari dan jam yang telah ditentukan bersama. Nyatakanlah kehadiranmu itu dengan mengisi daftar hadir/absensi regu.
c. Giat mengikuti latihan berarti setiap datang pada latihan Pramuka di Pasukan Penggalang selalu aktif. Yang dimaksud aktif dalam latihan yaitu selalu berusaha melatih dirinya sendiri bersama-sama teman lain akan kekurangan-kekurangan dirinya.
d. Enam kali berturut-turut, berarti tidak pernah tidak datang dengan alasan sakit, ijin, dan sebagainya. Teruskanlah la…

SILSILAH 25 NABI

SILSILAH 25 NABI


SILSILAH 25 NABI

Tulisan ini saya dapatkan dari sebuah pesan di group WhatsApp. Berikut semoga bermanfaat dan berkah Aamiin.

1. ADAM AS.
Nama: Adam As.
Usia: 930 tahun.
Periode sejarah: 5872-4942 SM.
Tempat turunnya di bumi: India, ada yang berpendapat di Jazirah Arab.
Jumlah keturunannya: 40 laki-laki dan perempuan.
Tempat wafat: India, ada yang berpendapat di Mekkah.
Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 25 kali.
.
2. IDRIS AS.
Nama: Idris/Akhnukh bin Yarid, nama Ibunya Asyut.
Garis Keturunan: Adam As. ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qinan ⇒ Mihlail ⇒ Yarid ⇒ Idris As.
Usia: 345 tahun di bumi.
Periode sejarah: 4533-4188 SM.
Tempat diutus: Irak Kuno (Babylon, Babilonia) dan Mesir (Memphis).
Tempat wafat: Allah mengangkatnya ke langit dan ke surga.
Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 2 kali.
.
3. NUH AS.
Nama: Nuh/Yasykur/Abdul Ghaffar bin Lamak.
Garis Keturunan: Adam As. ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qinan ⇒ Mihlail ⇒ Yarid ⇒ Idris As. ⇒ Matusyalih ⇒ Lamak ⇒ Nuh As.
Usia: 950 tahun.
Perio…

SOAL POST-TEST PKP

Soal-soal di bawah ini merujuk akan soal-soal post test yang didapat dari link. Untuk memudahkan marinkita belajar bersama semoga Lulus semua ya Aamiin
SOAL POS-TESTA. Pilihan Ganda

PetunjukPengisian: Jawablah pertanyaan / pernyataan berikut ini dengan memberikan tanda silang  (X) pada jawaban yang Saudara anggap benar !

Berikut ini pernyataan tentang kompetensi keterampilan : Kemampuan berfikir mencakup : mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, danmencipta Kemampuan belajar mencakup : mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar/mengasosiasi, dan mengomunikasikan Kemampuan piker dan tindak mental non motorik seperti mengambil keputusan, menyusun strategi, bernalar Kemampuan praktik laboratorium seperti: merangkai alat, menimbang atau mengukur, membuat grafik, dan menafsirkan grafik. Pernyataan yang termasuk kategori keterampilan abstrak terdapat pada angka … (1), (2), dan (3)  (1), (2), dan (4)  (1), (3), dan (4)