Skip to main content

Akhir Pekan Berkemah di Halaman Depan Rumah



Sudah lama si sulung tidak meminta untuk didirikan tenda dom di halaman rumah. Entah kenapa sore ini ia kembali ingat akan sebuah tenda dom kecil muatan 4 orang dewasa. Akhirnya kami berdua kolaborasi pasang tenda ini di tengah angin yang lumayan kencang sore ini. Beberapa kali hampir saja putus asa karena terganggu angin yang lumayan kencang. Insya Allah malam nanti kita jadi berkemah hee.
Disamping Tenda sambil Membakar Ikan

Tak bisa dipungkiri bahwa kemarau yang panjang ini membuat halaman depan rumah tanpa hijau rumput nan elok. Semua menguning kecuali beberapa tanaman yang rutin disiram air bekas olahan di dapur atau air AC yang dinyalakan malam harinya. Iya, pada saat menancapkan patok tenda terasa sekali betapa kerasnya yang di halaman rumah. Beda sekali dengan tanah saat musim hujan yang lalu.
Beda dengan adiknya, Tsamara ingin makan ikan bakar katanya. Sepertinya benar-benar berkesan metode sentra dan tema yang digagas oleh sekolahnya tempo hari. Iya, di sekolahnya kemarin dia bersama teman-teman dan ibu guru menyiangi ikan, membersihkan, serta mengolah ikan dengan cara dibakar lalu kemudian setelah itu dimakan bersama-sama. 
Memasak Ikan di PUAD IT AULADUNA

Sebenarnya Tsamara tidak suka ikan sebelumnya. Kami terkadang memakai beberapa jurus agar dia mau makan ikan hee. Pakai acara ngobrol santai dan ketika lengah masuk deh ikannya. Atau metode kamuflase, Apa ya?? maaf, Dagin ikan kan warnanya putih, langsung saja ajak ngobrol sana sini dan pas dia lengah mssuk deh. Kalian punya jurus lain ga? bagi doonk.
Hasil Olahan Ikan Bakar

Berbicara tentang sekolahnya Tsamara saya termasuk orang tua yang antusias dengan perkembangan si buah hati. Maaf tapi bukan obesisi, sekali lagi antusias dengan perkembangan si buah hati. Makanya ketika dia ingi Ikan Bakar langsung umminya memenuhi permintaan dan kita semua support. Salah satu bentuk suportnya adalah memenuhi permintaan dan memberikan suasana yang berbeda dalam menikmatinya.

Alhasil malam Ahad ya kita makan malam di luar. Beneran, kita di luar rumah hee tepatnya di halaman rumah.
Makan Malam di Tenda

Proses Membakar Ikan

Tips Bakar Ikan
1. Siapkan ikan yang akan dibakar.
2. Bersihkan sirip dan sisik ikan serta cuci bersih dan tiriskan.
3. Letakkan di pemanggang ikan dengan rapi dan susun sedemikian rupa.
4. Siapkan bumbu tumis berupa olahan rempah-rempah desa, bawang putih, bawang merah, dll
5. Siapkan pemanggang ikan yang sebelumya sudah dibuat apinya membara.
6. Letakkan ikan di atas api dan dikontrol panas baranya.
7. Jangan lupa dibolak-balik agar matangnya merata sambil dituangkan sedikit demi sedikit dengan bumbu yang sudah disiapkan tadi.
8. Angkat ikan ketika daging sudah empuk dan matang.

Nah.. ini dia tips salah satu kegiatan berkahir pekan bersama keluarga. Ga perlu ribet santai dan bermaknah.
Semoga menginspirasi ya

Dan ini dia kumentasi














Comments

  1. Woww ini seru banget deh. Kapan waktu mau coba jg ah bareng anak anak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dicoba saja kak pastinya seru, si sulung dan adiknya juga pada happy..
      Lebih irit sih haha akhir pekan bahagia 😀

      Delete
  2. Enak bgt ya punya ayah yg hobi pramuka ,kemah aja diaplikasikan ke kluarga. Pasti seru bgt quality time nya ni kak.. Menuny jga lezat2. Masyallah ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Momentum kakaka, ada waktunya quality time ia my Family. Terkadang kita semua sibuk tapi keluarga benar-benar adalah utama. Umminya anak-anak juga pandai ber-menu hee

      Delete
  3. Waahh seru ya bisa kemah di jalan rumah sendiri, jadi kalo kekurangan baju di perkemahanbisa langsung back to kamar heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halaman depan rumah sebenarnya sangat sempit kak, tapi seketika menjadi luas karena rasa kepuasan saling menerima ehem

      Ga hanya baju, perabot nya langsung back to kitchen😆

      Delete

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya semoga menginspirasi jangan lupa tulis komentarmu di kolom komentar dan dapatkan informasi terbaru di setiap postingan. Jangan lupa follow akun Instagram @efrideplin dan Twitter @efrideplin87 juga YouTube Efri Deplin. Terima kasih semoga menginspirasi.

Popular posts from this blog

Isi DasaDarma

PRAMUKA SATYA KU DARMAKAN DARMA KU BAKTIKAN Hapal dan mengerti Isi Dasa Darma dan Tri Satya. 1. Rajin dan giat mengikuti latihan Pasukan Penggalang, sekurang-kurangnya 6 kali latihan     berturut-turut.  Keterangan: : a. Latihan Pramuka itu berguna untuk melatih diri agar dapat hidup bermanfaat bagi diri sendiri, orang lain, masyarakat dan negara. Oleh karena itu, latihan Pramuka adalah untuk kepentingan dirimu sendiri bukan untuk orang lain. b. Rajin mengikuti latihan artinya tidak pernah absen, selalu datang pada hari dan jam yang telah ditentukan bersama. Nyatakanlah kehadiranmu itu dengan mengisi daftar hadir/absensi regu. c. Giat mengikuti latihan berarti setiap datang pada latihan Pramuka di Pasukan Penggalang selalu aktif. Yang dimaksud aktif dalam latihan yaitu selalu berusaha melatih dirinya sendiri bersama-sama teman lain akan kekurangan-kekurangan dirinya. d. Enam kali berturut-turut, berarti tidak pernah tidak datang dengan alasan sakit, ijin, dan sebaga

SILSILAH 25 NABI

SILSILAH 25 NABI Silsilah Nabi / Rasul Sumber : Silsilah Nabi dan Rasul SILSILAH 25 NABI Tulisan ini saya dapatkan dari sebuah pesan di group WhatsApp. Berikut semoga bermanfaat dan berkah Aamiin. 1. ADAM AS. Nama: Adam As. Usia: 930 tahun. Periode sejarah: 5872-4942 SM. Tempat turunnya di bumi: India, ada yang berpendapat di Jazirah Arab. Jumlah keturunannya: 40 laki-laki dan perempuan. Tempat wafat: India, ada yang berpendapat di Mekkah. Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 25 kali. . 2. IDRIS AS. Nama: Idris/Akhnukh bin Yarid, nama Ibunya Asyut. Garis Keturunan: Adam As. ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qinan ⇒ Mihlail ⇒ Yarid ⇒ Idris As. Usia: 345 tahun di bumi. Periode sejarah: 4533-4188 SM. Tempat diutus: Irak Kuno (Babylon, Babilonia) dan Mesir (Memphis). Tempat wafat: Allah mengangkatnya ke langit dan ke surga. Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 2 kali. . 3. NUH AS. Nama: Nuh/Yasykur/Abdul Ghaffar bin Lamak. Garis Keturunan: Adam As. ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qi

Adzka Juara 1 Lomba Puzzle dan Manfaat Bermain Puzzle

Obrolan kami di rumah terlihat sangat santai, "Besok Adzka ikut lomba Puzzle bang" cerita istriku. "Oh begitu, kok bisa ikut?" selidikku. Karena kami sangat tahu bagaimana perkembangan Adzka di sekolahnya. Usut punya usut ternyata Adzka bisa ikut karena Paud IT Auladuna mendapat kuota tambahan sebagai peserta lomba dan tidak semua anak-anak dipilih.  Beruntungnya karena umminya disekolah jadi diprioritaskan. Tim intinya sudah dibentuk, Adzka sebagai pelengkap dan sebagai penggembira. Tak apa, itung-itung uji nyali di depan umum dan belajar bersosialisasi. Pengalaman itu sangat berharga. Namun, lihat nanti apa yang terjadi? Sehari sebelum hari lomba, iya di Ahad itu umminya sedang ada kegiatan di luar sana. Aku sendiri yang menjaga mereka di rumah. Termasuk abang nya, Harrik. Harrik kalau soal puzzle tidak diragukan lagi karena dia sudah membuktikan tahun lalu berhasil menjadi juara 2. Harrik masuk daftar tim inti lomba Puzzle. Sekali lagi Adzk