Post Page Advertisement [Top]

#rsumumummi #rsummi #thalassemia

RS Umum Ummi Bengkulu Peduli dan Tanggap Penyandang Thalassemia

Alhamdulillah 
sudah lama nih tidak menyapa, apa kabar semuanya? semoga senantiasa dalam keberkahanNya ya Aamiin. Nah kali ini aku mau mengulas kegiatan hari ini nih yang terkait dengan dunia medis. apa itu yuk ah langsung disimak saja.



Beberapa hari yang lalu ada pemberitahuan dan pesan masuk di grup WhatsApp Thalassemia RS Umum Ummi Bengkulu. Akan ada pertemuan guna menyamakan persepsi dari alur baru yang direncanakan management RS Umum Ummi Bengkulu. Menarik dong? menarik lah dan bikin antusias menggebuh-gebuh. Mengapa semenggebuh ini? Iya karena ini adalah masa depan anak-anak kami. Bukan hanya aku tapi bagi semua orang tua penyandang Thalassemia Bengkulu yang bernanung di RS Umum Ummi Bengkulu.

Singkat cerita kami tiba sebelum acara dimulai. Aku mengajak anak-anak dibawah gerismis pagi ini. Kami asik bercerita panjang lebar sepanjang perjalana dari sekolah hingga ke rumah sakit. Tiba di RS Umum Ummi Bengkulu panitia yang terdiri dari perawat dan dokter sudah rapi menyambut kedatangan kami. Kami kemudian registrasi dan anak-anak sangat bersemangat dengan goodybag berwarna hijau itu hehe. Aku kemudian menertibkan tempat duduk anak-anak. Lalu kami menunggu hingga acara dimulai. 

Di dalam ruangan sudah hadir beberapa orang tua dan anak-anak thallasemia. Kami saling menyapa dan ini merupakan kesempatan untuk silaturahim karena waktunya tapat untuk bertanya kabar dan membahas tumbuh kembang anak. 

Pada akhirnya dr. Bagus membuka acara dengan memberikan penguatan berupa yel-yel sesuai dengan tema "Hidup Sehat Anak Thalassemia" dibuka dengan pembacaan ayat suci al quran dan doa kemudian disambut oleh Bu Eva selaku ketua Popti Provinsi Bengkulu.



Pertemuan ini juga diisi dengan paparan materi dari dr. Ikhsan. Beliau menyampaikan bahwa anak thalassemia bisa hidup sehat seperti anak-anak pada umumnya dengan modal 2 hal saja. Yakni lakukan tranfusi dan mimum kelasi besi. Selain itu ada juga beberapa informasi penting seperti makanan dan minuman yang harus dihindari atau dikurangi oleh thaler. Kadar Feritin yang normal 500-1000, ambang batasnya adalh 2000. Hb awal yang baik sebelum tranfusi adalah 9 sampai 10,5 gr/dl untuk mencapai target 11-12 gr/dl. Jika Hb post sebesar 13-15 juga tidak bermasalah. Tanya jawab berlangsung cukup lama membahas seputar perkembangan anak. Paling banyak membahas mengenai target menurunkan kadar feritin.




Inti Pertemuan

Pada dasarnya pertemuan ini membahas mengenai alur baru yang akan diterapkan oleh RS Umum Ummi Bengkulu mengenai pelayanaan pasien thalasemia. Dengan banyaknya pertimbangan maka manajemen RS Umum Ummi Bengkulu memberikan fasilitas pertemuan sebelum alur baru ini dimulai. Bermula dengan rencana beberapa tahun yang lalu RS Umum Ummi Bengkulu juga akan membuka ruangan khusus bagi thalassemia. Akhirnya kali ini benar-benar terwujud Alhamdulillah. 

Pertemuan ini menghasilkan kesepakatan diantaranya adalah pelayanan dimulai pukul 08.00 - 21.00 wib setiap hari kerja. Pihak rumah sakit sangat luar biasa memberikan support dalam memenuhi kebutuhan pasien thalassemia. Kalau menurut saya dengan berbagai keterbatasan bagaimana caranya RS Umum Ummi berupaya penuh mengambil kesempatan dan peluang tetap memberikan layanan prima di RS Umum Ummi Bengkulu khusus untuk pasien thalassemia. Saya sebagai orang tua tak henti-hentinya berterima kasih atas upaya yang dikembangkan oleh management RS Umum Ummi Bengkulu. 

Pada akhir pertemuan ada sesi pembagian hadiah perlombaan untuk anak-anak, wah mereka sangat senang dan gembira. Terima kasih RS Umum Ummi Bengkulu. Jika ada orang terdekat yang membutuhkan penanganan medis silakan klik tautan berikut RS Umum Ummi Bengkulu  atau hubungi WA Pendaftaran di +628117324832 (WA Only).


Dokumentasi 





















No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya semoga menginspirasi jangan lupa tulis komentarmu di kolom komentar dan dapatkan informasi terbaru di setiap postingan. Jangan lupa follow akun Instagram @efrideplin dan Twitter @efrideplin87 juga YouTube Efri Deplin. Terima kasih semoga menginspirasi.

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib