Post Page Advertisement [Top]

#pafi #pafitrenggalek

PAFI Kabupaten Trenggalek Tumbuh dan Bermutu

 

PAFI Trenggalek Tumbuh dan BERMUTU




Seputar PAFI, Apa Itu PAFI

Halo sobat semoga tetap sehat prima ya dan bahagia tentunya. Nah kali ini aku akan membahas satu topik tentang kesehatan yang sangat penting untuk sobat ketahui. Pernah dengar PAFI? PAFI tidak lain adalah akronim dari Persatuan Ahli Farmasi Indonesia. Kenapa harus PAFI? Tentu karena farmasi di Indonesia sangat berperan penting di bidang kesehatan masyarakat. Salah satunya adalah PAFI TRENGGALEK. PAFI sendiri sebenarnya sudah ada sejak Indonesia merdeka 17 Agutsus 1945. Ahli Farmasi Indonesia sudah berjuang dalam mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Peran PAFI saat itu juga dirasakan mempertinggi taraf kesejahteraan umum khususnya di bidang Kesehatan Masyarakat dan Farmasi.


Persatuan Ahli Farmasi Indonesia dijadikan sebagai wadah untuk menghimpun Semua Tenaga Bakri Karyanya di bidang Farmasi. Akhirnya pada tanggal 14 Februari 1946 di Yogyakarta terbentuklah Persatuan Ahli Farmasi Indonesia disingkat dengan PAFI. PAFI berazaskan Pancasila adalah Organisasi Profesi yang bersifat kekaryaan dan Pengabdian.


TUJUAN PAFI

PAFI sesuai dengan azas dan sifatnya memiliki tujuan yang sangat mulia untuk mengembangkan pembangunan farmasi itu sendiri dan masyarakat Indonesia tentunya. Maka secera terperinci PAFI memiliki tujuan yang relevan dengan hidup masa kini, diantaranya adalah:

1.      Mewujudkan Masyarakat Adil dan Makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945

2.      Mewujudkan Derajat Kesehatan yang Optimal bagi Masyarakat Indonesia

3.      Mengembangkan dan meningkatkan Pembangunan Farmasi Indonesia

4.      Meningkatkan Kesejahteraan Anggota


PAFI Kabupaten Trenggalek

PAFI Trenggalek beralamat di Jl. Sukanandi, Ngasinan, Kelutan, Kec. Trenggalek, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur 66313. Memiliki Struktur Kepengurusan Organisasi Periode Kepengurusan Masa Bakti: 2022-2027 sebagai berikut:

Nama

Jabatan

IDA AYU MADE MANUASTINIARI, A. Md. Farm.

KETUA

I MADE PASEK SWARYA YASA, A.Md.Farm

WAKIL KETUA

NI NYOMAN NONI, Amd. Farm

BENDAHARA

ERLINA DWI HANDAYANI, A.Md.Farm

SEKRETARIS I

Ni Komang Ristayani

SEKRETARIS II

I KOMANG HARRIS WIJAYA, A.Md.Farm

SEKSI ORGANISASI

Dewa Gede Andika Pramartha

SEKSI PENDIDIKAN

Ni Nyoman Trisna Ayu Andani

SESKI USAHA DAN KESEJAHTERAAN

NI MADE ERLINA WIDYASARI, A.Md.Farm 

SESKI INFORMASI DAN TEKNOLOGI

 

Dengan komposisi kepengurusan yang solid di atas PAFI Trenggalek mampu menebar pengabdian untuk masyarakat melalui program pelatihan dan seminar serta kolaborasi bersama institusi kesehatan. Kegiatan penyuluhan, pemeriksaan kesehatan, distribusi obat kepada masyarakat merupakan bentuk nyata dari PAFI Trenggalek. Selain itu pula kolaborasi dalam kegiatan pelatihan dan seminar bekerjasama dengan institusi kesehatan lainnya seperti, apotek, puskesmas, klinik dan rumah sakit dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat dan meningkatkan daya saing serta mutu PAFI itu sendiri. 


Peningkatan Mutu dalam Rangka Resertifikasi



Dalam peningkatan mutu PAFI melakukan webinar yang diadakan secara nasional membawa kesan mendalam, dimana peningkatan mutu kompetensi tenaga teknis kefarmasian perlu untuk ditingkatkan. Melalui Pengurus Pusat Persatuan Ahli Farmasi Indonesia mengadakan acara webinar nasional dengan topik Pembuatan Soal Peningkatan Kompetensi Tenaga Teknis Kefarmasian. Hal ini tentu sangat penting dalam peningkatan mutu dan layanan masayakarat dengan standarisasi kompetensi.


Pada webinar ini pula peserta diarapkan mampu memiliki sertifikat kompetensi yang berlaku hingga 5 tahun. Dengan berbagai uji mekanisme resertifikasi tenaga teknis kefarmasian diharapkan dapat melaksanakan uji peningkatan kompetensi yang bersifat valid, objective, reliable dan feasible. Sedangkan pembuatan soal uji kompetensi ini memiliki standar kompetensi kinerja untuk menuju blue print atau kisi-kisi ujian hingga pada tahap penyusunan soal.


Peserta webinar juga dilatih dalam kaidah penulisan soal uji kompetensi yang terdiri dari staem soal yang berbentuk scenario (vignette), pertanyaan (lead in) dan lima pilihan jawaban dengan satu jawaban benar. Tipe soal ujian adalah berupa soal pilihan ganda dengan lima pilihan jawaban soal dengan waktu pengerjaan 1 menit per soal. 

Peningkatan mutu ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan PAFI Kabupaten Trenggalek. Untuk mendapatkan informasi terbaik dengan layanan maksimal. PAFI Kabupaten Trenggalek semakin hari semakin berkiprah jauh dalam peningkatan mutu dan pelayanan. Semoga PAFI Kabupaten Trenggalek senantiasa komitmen memberikan pelayanan maksimal dalam memenuhi kebutuhan untuk masyarakat di sekitarnya.


No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya semoga menginspirasi jangan lupa tulis komentarmu di kolom komentar dan dapatkan informasi terbaru di setiap postingan. Jangan lupa follow akun Instagram @efrideplin dan Twitter @efrideplin87 juga YouTube Efri Deplin. Terima kasih semoga menginspirasi.

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib