Skip to main content

Cerita Si Sulung Kisah Inspiratif

Foto ilustrasi Abang Adek hanya pemanis 

Cerita si Sulung
Kisah Inspiratif

Raport si sulung sudah di tangan orang tuanya. Sejenak sang ayah tersenyum ringan namun berbeda dengan si ibu. Ibu kemudian menerjemahkan isi laporan ini sebagai bahan untuk ceramah panjang. Bagaimana tidak nilai BI 98, PKN 100, IPA 100, IPS 95, SBDb 98, B Inggris 100 dan Matematika 65. 

Sang ibu terus saja mengumpat dan ngomel sejadi-jadinya. Ayah kemudian menenangkan dan akhirnya didapatkan kesimpulan bahwa si Sulung harus LES Matematika. Hukumnya WAJIB.

Si Sulung bingung dan hampir putus asa karena sudah satu bulan lebih les matematika tidak membuahkan hasil. Lebih para lagi si Ibu yang masih juga dengan wajah ditekuk, bukan saja si sulung yang dimarahi malahan guru les lugu itu dipecat tanpa pesangon. Parah gila.

Akhirnya ada guru les baru harapannya semoga si sulung makin pintar matematika. Bisa apa tidak ya kira-kira? Hasilnya nihil.

Bahkan yang lebih parah adalah Nilai mapel lainnya ikutan turun drastis terjun payung. Nyungsep sampai ke tanah. Si sulung sekarang banyak menyendiri, ketakutan, menutup diri dari keramaian. Tidak mau bergaul dengan teman-teman. Dia malu karena selalu dimarahi oleh ibunya. Nilainya juga menjadi turun dengan rata-rata 63 dari 90. 

Bayangkan bukan hanya matematika yang tidak berhasil diperbaiki tapi hampir semua mapel lainnya nilainya menjadi kecil.

Ibu, mungkin ibu lupa kalau Ayah hanya tersenyum saja di awal cerita ini disampaikan. Ibu juga mungkin lupa kalau ada PKN, IPA, dan Bahasa Inggris si sulung nilainya sempurna Bu, 100. 

Bahkan Tahsin dan Tahfidz si Sulung Bun coba didengarkan bacaan hafalan ananda sekarang. Dengarkanlah sepenuh hati dan jiwa, pasti semburat bening itu akan menghangatkan pipimu. Peluk erat si sulung. 

Ibu juga mungkin lupa kalau kemampuan setiap anak itu berbeda. 

Sebelum ibu menyesal, kembalikan hak dan kebahagiaan si Sulung sesuai dengan kemampuannya dan kembangkan potensi yang sudah ada dengan matang. 

Kenali Potensi.

Baca Juga: Anakku Rangking 23

Semoga memberikan inspirasi dan pencerahan. Tidak ada maksud untuk menyinggung dan menggurui, karena saya juga manusia biasa yang terus belajar menjadi lebih baik

Efri Deplin, M.Pd.
Guru Kelas Siswa Terbaik di 4 Abdullah bin Umar SDIT IQRA'1 Kota Bengkulu



Comments

Popular posts from this blog

Isi DasaDarma

PRAMUKA SATYA KU DARMAKAN DARMA KU BAKTIKAN
Hapal dan mengerti Isi Dasa Darma dan Tri Satya.
1. Rajin dan giat mengikuti latihan Pasukan Penggalang, sekurang-kurangnya 6 kali latihan     berturut-turut.  Keterangan: :
a. Latihan Pramuka itu berguna untuk melatih diri agar dapat hidup bermanfaat bagi diri sendiri, orang lain, masyarakat dan negara. Oleh karena itu, latihan Pramuka adalah untuk kepentingan dirimu sendiri bukan untuk orang lain.
b. Rajin mengikuti latihan artinya tidak pernah absen, selalu datang pada hari dan jam yang telah ditentukan bersama. Nyatakanlah kehadiranmu itu dengan mengisi daftar hadir/absensi regu.
c. Giat mengikuti latihan berarti setiap datang pada latihan Pramuka di Pasukan Penggalang selalu aktif. Yang dimaksud aktif dalam latihan yaitu selalu berusaha melatih dirinya sendiri bersama-sama teman lain akan kekurangan-kekurangan dirinya.
d. Enam kali berturut-turut, berarti tidak pernah tidak datang dengan alasan sakit, ijin, dan sebagainya. Teruskanlah la…

SILSILAH 25 NABI

SILSILAH 25 NABI


SILSILAH 25 NABI

Tulisan ini saya dapatkan dari sebuah pesan di group WhatsApp. Berikut semoga bermanfaat dan berkah Aamiin.

1. ADAM AS.
Nama: Adam As.
Usia: 930 tahun.
Periode sejarah: 5872-4942 SM.
Tempat turunnya di bumi: India, ada yang berpendapat di Jazirah Arab.
Jumlah keturunannya: 40 laki-laki dan perempuan.
Tempat wafat: India, ada yang berpendapat di Mekkah.
Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 25 kali.
.
2. IDRIS AS.
Nama: Idris/Akhnukh bin Yarid, nama Ibunya Asyut.
Garis Keturunan: Adam As. ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qinan ⇒ Mihlail ⇒ Yarid ⇒ Idris As.
Usia: 345 tahun di bumi.
Periode sejarah: 4533-4188 SM.
Tempat diutus: Irak Kuno (Babylon, Babilonia) dan Mesir (Memphis).
Tempat wafat: Allah mengangkatnya ke langit dan ke surga.
Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 2 kali.
.
3. NUH AS.
Nama: Nuh/Yasykur/Abdul Ghaffar bin Lamak.
Garis Keturunan: Adam As. ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qinan ⇒ Mihlail ⇒ Yarid ⇒ Idris As. ⇒ Matusyalih ⇒ Lamak ⇒ Nuh As.
Usia: 950 tahun.
Perio…

SOAL POST-TEST PKP

Soal-soal di bawah ini merujuk akan soal-soal post test yang didapat dari link. Untuk memudahkan marinkita belajar bersama semoga Lulus semua ya Aamiin
SOAL POS-TESTA. Pilihan Ganda

PetunjukPengisian: Jawablah pertanyaan / pernyataan berikut ini dengan memberikan tanda silang  (X) pada jawaban yang Saudara anggap benar !

Berikut ini pernyataan tentang kompetensi keterampilan : Kemampuan berfikir mencakup : mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, danmencipta Kemampuan belajar mencakup : mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar/mengasosiasi, dan mengomunikasikan Kemampuan piker dan tindak mental non motorik seperti mengambil keputusan, menyusun strategi, bernalar Kemampuan praktik laboratorium seperti: merangkai alat, menimbang atau mengukur, membuat grafik, dan menafsirkan grafik. Pernyataan yang termasuk kategori keterampilan abstrak terdapat pada angka … (1), (2), dan (3)  (1), (2), dan (4)  (1), (3), dan (4)