Friday, 20 September 2019

Kuliah Kesehatan di FIKES Dehasen Bengkulu



Waktu saya masih duduk di bangku menengah pertama saya pernah bercita-cita ingin menjadi tenaga kesehatan. Pernah ingin menjadi seorang dokter juga perawat. Alasannya tidak muluk-muluk karena ingin membantu menyembuhkan orang-orang yang sedang sakit. Memotivasi orang-orang yang sakit dengan lisan yang yang baik dan mampu mendorong orang lain untuk semangat sembuh. Saya sangat yakin dokter atau perawat yang menjalani profesinya sebagai tenaga medis akan memberikan pelayanan maksimal agar pasien cepat sembuh baik dengan cara medis dengan pengobatan maupun dengan kata-kata motivasi untuk semangat menjadi sehat.

Nah belakangan ini ada sebuah instansi pendidikan ternama di kota Bengkulu yang telah banyak mencetak perawat-perawat yang berkualitas. Tidak lain dan tidak bukan instansi ini bernama Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan. Mari sejenak kita melihat apa saja yang ada disana sehingga Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Dehasen Bengkulu layak menjadi rujukan.

Fasilitas Ilmu Kesehatan

Fasilitas yang disediakan untuk menunjang kegiatan pendidikan yang ada di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Dehasen Bengkulu adalah :
a. Gedung belajar lantai 6 dengan ruang perkuliahan ber-AC



b. Laboratorium
Fasilitas laboratorium di bagi atas 3 jenis, meliputi :
1. Laboratorium Bahasa
2. Laboratorium Komputer
3. Laboratorium Kesehatan, terdiri atas :
➢ Laboratorium Anak
➢ Laboratorium Maternitas
➢ Laboratorium gawat darurat
➢ Laboratorium medikal bedah
➢ Laboratorium kebutuhan dasar manusia
c. Klinik umum
d. Sarana olahraga
e. Aula 
f. Hotspot gratis di setiap ruangan
g. Perpustakaan
h. Kantin
i. Mushola
j. Tempat penitipan anak
k. Mini Market 



Bagaimana Sejarah Fikes Dehasen Bengkulu 

Berdirinya Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Dehasen diawali dengan berdirinya Akademi Perawatan Karya Husada Bengkulu pada tahun 1995 dengan Surat Keputusan NOMOR : HK.00.06.1.1.2939 tanggal 30 Agustus 1995. Pada tahun 2000 Akademi Keperawatan Karya Husada di akreditasi oleh Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan Jakarta dengan nilai strata B dengan Surat Keputusan NOMOR : HK.00.06.2.2.00440 tanggal 3 Maret 2006. Ini merupakan pengakuan terhadap keberadaan Akademi Keperawatan Karya Husada. Yayasan Dehasen berupaya mengembangkan Akademi Keperawatan Karya Husada dengan mendirikan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Dehasen dengan SK Mendiknes NO: 82/D/0/2008 pada tanggal 3 Maret 2008. Pada tahun 2017 akhirnya Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Dehasen Bengkulu Merger ke Universitas Dehasen Bengkulu dengan keluarnya Surat Keputusan Merger Universitas Dehasen Bengkulu dari Kementrian Ristek Dikti Tahun 2017.

Kampus yang beralamat di Jl. Merapi Raya No.Kel, Kebun Tebeng, Kec. Ratu Agung, Kota Bengkulu, Bengkulu 38226 ini artinya sudah berdiri sejak lama. 

Fakultas Ilmu Kesehatan Dehasen Bengkulu digerakkan oleh tenaga pendidik yang profesional. Mereka adalah lulusan luar negeri dan dalam negeri yang berdedikasi penuh di kampus ini. Siapa sajaka mereka? Berikut profil singkat pengajar Fakultas ILmu Kesehatan Dehasen Bengkulu:

Dosen FIKes lulusan luar Negeri:
Ns. Handi Rustandi, S.Kep, MAN lulusan Arrelano University Filipina.
Ns. Dwi Wulandari, S.Kep, MAN lulusan Arrelano University Filipina.
Ns. Mariza Afrianti, S.Kep, MAN lulusan Arrelano University Filipina.  
Ns. Tita Septi Handayani, S.Kep, MNS lulusan Kasetsart University



Sementara itu beberapa dosen mendapatkan danah hibah penelitian diantaranta adalah:

Ns. Desmetasari, S.Kep, M.Kes mendapatkan dana Hibah Penelitian PDP dari Kemenristek Dikti Tahun 2017
Fiya Diniarti, SKM, M.Kes mendapatkan dana Hibah Penelitian PDP dari Kemenristek Dikti Tahun 2017
Ns. Tita Septi Handayani, S.Kep, MNS mendapatkan dana Hibah Penelitian PDP dari Kemenristek Dikti Tahun 2018
Darmawansyah, SKM, M.Kes mendapatkan dana Hibah Penelitian PDP dari Kemenristek Dikti Tahun 2018



Dan tahun 2019 dosen-dosen FIKes kembali lagi mendapatkan dana Hibah PDP dari Kemenristek Dikti, yakni atas nama Darmawansyah, SKM, M.Kes (Epid), Ns. Handi Rustandi, S.Kep, MAN, Wulandari, SKM, M.Kes, Ns. Mariza Arfianti, S.Kep, MAN, Ns. Tita Septi Handayani, S.Kep, MNS, Syami Yulianti, SST, M.Keb, Diyah Tepi Rahmawati, SST, M.Keb, Ns. Dwi Wulandari, S.Kep, MAN, dan Ns. Elsi Rahmadani, S.Kep, M.Kep. Dan atas nama Ns. Danur Azissah Roesliana Sofais, S.Kep, M.Kes mendapatkan dana Hibah Penelitian AIPViKI tahun 2018.

Selain itu juga Fikes Dehasen selalu aktif di berbagai kegiatan luar kampus maupun antar kampus. Ini menandakan bahwasanya geliat edukasi di dalam kamus selalu berdampak positif dalam pengembangan diri baik untuk intern kampus sendiri seperti Dosen dan Mahasiswa juga ekstern kampus untuk menunjang kretreatifitas mahasiswa dan dosen.


Peringatan hari besar agama juga rutin di sini guna menciptakan suasana yang religius. Harapannya nanti adalah lulusan-lukusan FIkes Dehasen Bengkulu setelah tamat menempuh pendidikan disini juga memiliki kompetensi dan bekal tidak hanya duniawi namun juga ukhrowi.


Ust K.H. Dr. Dani Hamdani, M.Pd.
Memberikan Tausya

Ayo tunggu apa lagi, segera daftarkan diri kamu di kampus terbaik FIkes Dehasen Bengkulu.

"Tulisan ini diikutsertakan dalam Blog Competition bersama Blogger Bengkulu dan Fikes Dehasen"

Ini Jadwal testnya coba deh



No comments:

Post a comment

Terima kasih atas kunjungannya semoga menginspirasi jangan lupa tulis komentarmu di kolom komentar dan dapatkan informasi terbaru di setiap postingan. Jangan lupa follow akun Instagram @efrideplin dan Twitter @efrideplin87 juga YouTube Efri Deplin. Terima kasih semoga menginspirasi.

4 Tips Donor Darah Saat Puasa

Donor darah menjadi trend gaya hidup sehat masa kini. Selain memenuhi kebutuhan hidup para penggunanya, donor darah menjadi sebuah kebutuhan...