Saturday, 17 August 2019

Malam Renungan Suci di Makam Pahlawan Balai Buntar Bengkulu diikuti Anggota Pramuka Dewasa



Renungan Malam

Renungan malam dan penghormatan kepada pahlawan bangsa, Jumat (16/8) malam, berlangsung di Taman Makam Pahlawan Balai Buntar Kota Bengkulu. Komandan Upacara  Brigjen. Pol. Drs. Supratman  sebagai lnspektur renungan suci menjelang peringatan Hari Ulang Tahun ke-74 Republik Indonesia yang juga dihadiri Pejabat Teras dan Kepala Pemerintahan. Gubernur Bengkulu Rohidin Marsyah, Unsur Walikota diwakili oleh wakil walikota Dedi Wahyudi, Unsur Pendidikan, Unsur DPRD, Anggota TNI, POLRI dan Satpol PP, Anggota Dewasa Gerakan Pramuka Bengkulu dan Pandega Rajolelo dll.

Renungan suci secara rutin digelar setiap tahun pada pergantian hari tanggal 16 Agustus pukul 00.00 malam. Acara tersebut sebagai penghormatan seluruh bangsa kepada para pahlawan. Renungan juga menandai dimulainya detik-detik proklamasi yang akan diperingati tepat pukul 10.00 WIB besok pagi tanggal 17 Agustus. Taman Makam Pahlawan Jl. Adam Malik, Pagar Dewa, Kec. Selebar, Kota Bengkulu, Bengkulu 38216 memberikan kesan dan makna tersendiri atas keutuhan dan kemerdekaan buah dari perjuangan para pahlawan bangsa.

Dalam upacara itu, Brigjen. Pol. Drs. Supratman menyampaikan penghormatan tertinggi bagi para pahlawan yang dulu berjuang demi kemerdekaan Indonesia. 

Kami nyatakan hormat sebesar-besarnya atas keiklasan dan kesucian penghormatan saudara-saudara sebagai pahlawan dalam pengabdian terhadap perjuangan demi kejayaan bangsa dan negara, tutur Bapak Brigjen. Pol. Drs. Supratman

"Kami bersumpah dan berjanji perjuangan pahlawan adalah perjuangan kami, dan jalan pengabdian saudara-saudara tempuh adalah jalan kami pula, Kami berdo’a semoga arwah saudara-saudara di terima oleh yang maha esa serta mendapat tempat yang layak di sisinya". Tambah beliau dengan lantang dan begitu bermakna.

"Masukkanlah mereka dalam kelompok hamba-Mu yang berhak menikmati surga,” Sesuai isi teks yang dibacakan.

Anggota  Pramuka Pada Malam Renungan

Bagi Anggota Pramuka Dewasa momentum ini merupakan sebuah hal positif untuk menumbuhkan rasa bersyukur dan mengenang jasa-jasa para pahlawan.

Selain itu menumbuhkan rasa kesadaran patriotisme dalam jiwa Pramuka yang pancasilais. Manusia Pancasila yang mampu mendatangkan Satya dan Satya yang didarmakan.

Beberapa Anggota Dewasa dan pandega berbaris rapi dalam barisan yang tersusun membentuk huruf U tepat di samping pengiring musik. 

Beberapa Anggota Pramuka Pandega yang lainnya membentuk formasi di sekeliling makam dan memegang obor untuk dinyalakan pada saat pembacaan renungan suci oleh pembina upacara.

Demikianlah hingga upacara ditutup dan semua element peserta upacara membubarkan diri yang ditandai dengan penghormatan terakhir kepada arwah para pahlawan. 

Bengkulu, 17 Agustus 2019
Dini Hari pukul 00.15 WIB

Dokumentasi:








No comments:

Post a comment

Terima kasih atas kunjungannya semoga menginspirasi jangan lupa tulis komentarmu di kolom komentar dan dapatkan informasi terbaru di setiap postingan. Jangan lupa follow akun Instagram @efrideplin dan Twitter @efrideplin87 juga YouTube Efri Deplin. Terima kasih semoga menginspirasi.

Trip Air Terjun Cuup PSUK Benteng

Pagi masih menyapa hangat dengan perpaduan sinar mentari di ufuk timur, menambahkan keceriaan hari ini. Benar saja kami dari tadi s...