Skip to main content

Malam Renungan Suci di Makam Pahlawan Balai Buntar Bengkulu diikuti Anggota Pramuka Dewasa



Renungan Malam

Renungan malam dan penghormatan kepada pahlawan bangsa, Jumat (16/8) malam, berlangsung di Taman Makam Pahlawan Balai Buntar Kota Bengkulu. Komandan Upacara  Brigjen. Pol. Drs. Supratman  sebagai lnspektur renungan suci menjelang peringatan Hari Ulang Tahun ke-74 Republik Indonesia yang juga dihadiri Pejabat Teras dan Kepala Pemerintahan. Gubernur Bengkulu Rohidin Marsyah, Unsur Walikota diwakili oleh wakil walikota Dedi Wahyudi, Unsur Pendidikan, Unsur DPRD, Anggota TNI, POLRI dan Satpol PP, Anggota Dewasa Gerakan Pramuka Bengkulu dan Pandega Rajolelo dll.

Renungan suci secara rutin digelar setiap tahun pada pergantian hari tanggal 16 Agustus pukul 00.00 malam. Acara tersebut sebagai penghormatan seluruh bangsa kepada para pahlawan. Renungan juga menandai dimulainya detik-detik proklamasi yang akan diperingati tepat pukul 10.00 WIB besok pagi tanggal 17 Agustus. Taman Makam Pahlawan Jl. Adam Malik, Pagar Dewa, Kec. Selebar, Kota Bengkulu, Bengkulu 38216 memberikan kesan dan makna tersendiri atas keutuhan dan kemerdekaan buah dari perjuangan para pahlawan bangsa.

Dalam upacara itu, Brigjen. Pol. Drs. Supratman menyampaikan penghormatan tertinggi bagi para pahlawan yang dulu berjuang demi kemerdekaan Indonesia. 

Kami nyatakan hormat sebesar-besarnya atas keiklasan dan kesucian penghormatan saudara-saudara sebagai pahlawan dalam pengabdian terhadap perjuangan demi kejayaan bangsa dan negara, tutur Bapak Brigjen. Pol. Drs. Supratman

"Kami bersumpah dan berjanji perjuangan pahlawan adalah perjuangan kami, dan jalan pengabdian saudara-saudara tempuh adalah jalan kami pula, Kami berdo’a semoga arwah saudara-saudara di terima oleh yang maha esa serta mendapat tempat yang layak di sisinya". Tambah beliau dengan lantang dan begitu bermakna.

"Masukkanlah mereka dalam kelompok hamba-Mu yang berhak menikmati surga,” Sesuai isi teks yang dibacakan.

Anggota  Pramuka Pada Malam Renungan

Bagi Anggota Pramuka Dewasa momentum ini merupakan sebuah hal positif untuk menumbuhkan rasa bersyukur dan mengenang jasa-jasa para pahlawan.

Selain itu menumbuhkan rasa kesadaran patriotisme dalam jiwa Pramuka yang pancasilais. Manusia Pancasila yang mampu mendatangkan Satya dan Satya yang didarmakan.

Beberapa Anggota Dewasa dan pandega berbaris rapi dalam barisan yang tersusun membentuk huruf U tepat di samping pengiring musik. 

Beberapa Anggota Pramuka Pandega yang lainnya membentuk formasi di sekeliling makam dan memegang obor untuk dinyalakan pada saat pembacaan renungan suci oleh pembina upacara.

Demikianlah hingga upacara ditutup dan semua element peserta upacara membubarkan diri yang ditandai dengan penghormatan terakhir kepada arwah para pahlawan. 

Bengkulu, 17 Agustus 2019
Dini Hari pukul 00.15 WIB

Dokumentasi:








Comments

Popular posts from this blog

Isi DasaDarma

PRAMUKA SATYA KU DARMAKAN DARMA KU BAKTIKAN
Hapal dan mengerti Isi Dasa Darma dan Tri Satya.
1. Rajin dan giat mengikuti latihan Pasukan Penggalang, sekurang-kurangnya 6 kali latihan     berturut-turut.  Keterangan: :
a. Latihan Pramuka itu berguna untuk melatih diri agar dapat hidup bermanfaat bagi diri sendiri, orang lain, masyarakat dan negara. Oleh karena itu, latihan Pramuka adalah untuk kepentingan dirimu sendiri bukan untuk orang lain.
b. Rajin mengikuti latihan artinya tidak pernah absen, selalu datang pada hari dan jam yang telah ditentukan bersama. Nyatakanlah kehadiranmu itu dengan mengisi daftar hadir/absensi regu.
c. Giat mengikuti latihan berarti setiap datang pada latihan Pramuka di Pasukan Penggalang selalu aktif. Yang dimaksud aktif dalam latihan yaitu selalu berusaha melatih dirinya sendiri bersama-sama teman lain akan kekurangan-kekurangan dirinya.
d. Enam kali berturut-turut, berarti tidak pernah tidak datang dengan alasan sakit, ijin, dan sebagainya. Teruskanlah la…

SILSILAH 25 NABI

SILSILAH 25 NABI


SILSILAH 25 NABI

Tulisan ini saya dapatkan dari sebuah pesan di group WhatsApp. Berikut semoga bermanfaat dan berkah Aamiin.

1. ADAM AS.
Nama: Adam As.
Usia: 930 tahun.
Periode sejarah: 5872-4942 SM.
Tempat turunnya di bumi: India, ada yang berpendapat di Jazirah Arab.
Jumlah keturunannya: 40 laki-laki dan perempuan.
Tempat wafat: India, ada yang berpendapat di Mekkah.
Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 25 kali.
.
2. IDRIS AS.
Nama: Idris/Akhnukh bin Yarid, nama Ibunya Asyut.
Garis Keturunan: Adam As. ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qinan ⇒ Mihlail ⇒ Yarid ⇒ Idris As.
Usia: 345 tahun di bumi.
Periode sejarah: 4533-4188 SM.
Tempat diutus: Irak Kuno (Babylon, Babilonia) dan Mesir (Memphis).
Tempat wafat: Allah mengangkatnya ke langit dan ke surga.
Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 2 kali.
.
3. NUH AS.
Nama: Nuh/Yasykur/Abdul Ghaffar bin Lamak.
Garis Keturunan: Adam As. ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qinan ⇒ Mihlail ⇒ Yarid ⇒ Idris As. ⇒ Matusyalih ⇒ Lamak ⇒ Nuh As.
Usia: 950 tahun.
Perio…

SOAL POST-TEST PKP

Soal-soal di bawah ini merujuk akan soal-soal post test yang didapat dari link. Untuk memudahkan marinkita belajar bersama semoga Lulus semua ya Aamiin
SOAL POS-TESTA. Pilihan Ganda

PetunjukPengisian: Jawablah pertanyaan / pernyataan berikut ini dengan memberikan tanda silang  (X) pada jawaban yang Saudara anggap benar !

Berikut ini pernyataan tentang kompetensi keterampilan : Kemampuan berfikir mencakup : mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, danmencipta Kemampuan belajar mencakup : mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar/mengasosiasi, dan mengomunikasikan Kemampuan piker dan tindak mental non motorik seperti mengambil keputusan, menyusun strategi, bernalar Kemampuan praktik laboratorium seperti: merangkai alat, menimbang atau mengukur, membuat grafik, dan menafsirkan grafik. Pernyataan yang termasuk kategori keterampilan abstrak terdapat pada angka … (1), (2), dan (3)  (1), (2), dan (4)  (1), (3), dan (4)