Thursday, 9 August 2018

Siaga dan Barung adalah Makna Kiasan Bagi Pramuka Paling Muda

Asslkm.wr.wb.

Salam Pramuka!
Alhamdulillah malam ini saya menyempatkan diri untuk mengulas kegiatan pekanan pramuka di gudep 06.007-06.008 SAKO Pramuka SIT SDIT IQRA' 1 Kota Bengkulu. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi pembaca budiman.

Pangkalan SD tentu tidak asing dengan istilah Siaga. Iya Siaga merupakan tingkatan paling rendah pada pramuka. Pernah mencuat istilah pra siaga pada beberapa tahun yang lalu namun hingga kini tetaplah siaga yang menjadi pramuka termuda.

Malam ini saya ingin mengupas sedikit mengenai Siaga. Siaga adalah sebutan bagi Anggota Pramuka yang berumur antara 7-10 tahun. Disebut Pramuka Siaga karena sesuai dengan kiasan (kiasan dasar) masa perjuangan bangsa Indonesia, yaitu ketika rakyat Indonesia meyiagakan dirinya untuk mencapai kemerdekaan dengan berdirinya Boedi Oetomo pada tahun 1908 sebagai tonggak awal perjuangan bangsa Indonesia. (Wikipedia)

Pada dasarnya peserta didik yang masih kecil memang harus dalam pengawasan orang tua. Itulah sebabnya mengapa pola Tata Upacara Siaga berbentu Lingkaran. Untuk tingkat pramuka Siaga, berbentuk lingkaran/melingkar mempunyai makna anak-anak pramuka siaga masih terfokus/terpusat pada orang tua/pembina, masih butuh perlindungan. Selain itu ada istilah dasar yang harus kita ketahui pada Siaga diantaranya adalah Barung.

Barung adalah satuan terkecil dalam Siaga. Setiap beberapa Barung dihimpun dalam sebuah satuan besar yang bernama Perindukan. Barung diberi nama dengan warna semisal, Barung Merah, Barung Hijau dll. Sebuah Barung beranggotakan antara 6 - 10 orang Pramuka Siaga dan dipimpin oleh seorang Pemimpin Barung (Pinrung) yang dipilih oleh Barung itu sendiri. (Wikipedia)

Siaga, barung dan lingkaran adalah sebuah makna kiasan yang terpapar jelas pengertiannya.

Semoga bermanfaat dan nantikan ulasan berikutnya.
Kakak-kakak pembina hebat, sudah ada belum Barung di Siaga nya masing-masing? Barung saya ada Barung biru dan Barung cokelat lho.

Waslakm.wr.wb
Salam Pramuka!





No comments:

Post a comment

Terima kasih atas kunjungannya semoga menginspirasi jangan lupa tulis komentarmu di kolom komentar dan dapatkan informasi terbaru di setiap postingan. Jangan lupa follow akun Instagram @efrideplin dan Twitter @efrideplin87 juga YouTube Efri Deplin. Terima kasih semoga menginspirasi.

Wisata Keluarga Guys Gerga PAL 7

Hallo sahabat kali ini Guys Gerga kembali menyapa kita semua. Trip yang paling ditunggu-tunggu adalah dimana saat rencana pekan ini kita ...