Skip to main content

Wisata Edukasi (Bagian 11) Naik Kapal di Wisata Hutan Mangrove Kelurahan Sumber Jaya Kota Bengkulu

Kekayaan alam bahari Indonesia merupakan sebuah anugrah yang patut disyukuri dari yang maha kuasa. Alam Indonesia yang kaya hendaknya menjadikan rakyat makmur dan semakin sejahtera.

Bengkulu merupakan sebuah propinsi yang kompleks dengan kekayaan alam dan bahari. Kota Bengkulu khususnya tak terlepas dari kekayaan alam sumber daya alam bahari dan paket wisata laut.

Wisata Mangrove
Salah satu paket wisata bahari adalah wisata hutan mangrove. Terletak di daerah Pulau Baai Bengkulu Kecamatan Kampung Melayu Kelurahan Sumber Jaya.

Kamu bisa melewati sebuah gang masjid Al Barokah di sisi kiri dari Kota. Gang masjid Al Barokah tepat sebelum Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Pulai Baai. Sebelum jembatan dermaga Pulau Baai. Jika kamu pergi pagi, bisa shalat dhuha terlebih dahulu di masjid dan memarkirkan kendaraan di sekitar masjid. Setelah itu kamu bisa melanjutkan trip melakukan perjalanan wisata.

Wisata Bahari Dimulai
Kamu pastikan naik kapal resmi untuk berwisata mangrove ini. Kapal resmi dapat memuat hingga 4 ton angkutan. Menurut Pak RT.20 Bapak Guntur yang memiliki usaha Arfa menuturkan, kapal yang dijadikan tranportasi wisata harus memiliki standart dan kualifikasi. Misalanya kapasitas yang memuat penumpang tidak boleh kurang dari 4 ton. Tempat duduk penumpang di bagian dalam harus disesuaikan dan diukur secara rinci. 3x11 meter kapal yang beliau miliki juga memiliki atap yang dapat berfungsi sebagai tempat duduk namun dengan catatan keamanan. Sebelum berangkat hendaknya menggunakan pelampung. Kapal ini juga memiliki alat pemadam kebakaran jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan.

Mesin yang dinyalakan santai ini akan diparkirkan sejenak di bagian tengah dalam hutan mangrove. Disini pengunjung dapat mengabadikan moment dengan suasana hutan mangrove yang asri. Menurut Pak Guntur pengunjung ramai di sore hari. Jadi kehadiran kami siang ini sangat beruntung, masih sepi dan suasana keakraban beliau menambah minat keingintahuan kami.

Jadi kalau kesini pastikan kapal yang ditumpangi adalah kapal resmi. Kapal ini juga dikenakan pajak kendaraan lho. Macam mobil kalau di darat. 

Catatan Untuk Wisata
Menurut saya yang pertama kali wisata kesini hal yang pertama kali harus dilengkapi adalah info lokasi wisata. Mulai dari gerbang masuk hingga ke titik pemuatan penumpang.
Kedua adalah alangkah baiknya jika kapal wisata diberi nama tertentu yang menarik perhatian pengujung. Seperti Pak Guntur berencana memberi merk kapalnya dengan nama anak beliau Arfa.
Ketiga adalah tempat parkir dan juga tiket masuk pengunjung yang perlu dipikirkan.
Untuk pembuatan taman yang masih dalam proses sudah sangat cukup dan apresiatif.

Dengan biaya Rp. 20.000,00 per penumpang paket wisata ini sangatlah murah. Perjalanan sekitar 20 menit pulang pergi cukup memuskan dengan suguhan alam yang kaya dan asri. Kamu juga bisa membawa snack dan minuman segar yang disantap selama perjalanan. Dan kamu akan merasakan sensasi dari suguhan mangrove dan akar-akar yang keluar dari dalam tanah.

Beberapa pemancing dan pencari kijing atau lokan asli muara akan terlihat di tepian. Beberapa kapal yang parkir di pinggir muara. Tentu suasana ini menjadi sebuah hidangan bahari yang menjadikan diri lebih dekat bertafakur kepada Tuhan.

Mari kunjungi Wisata Mangrove Sumber Jaya dan ajak keluarga anda.

Comments

Popular posts from this blog

Isi DasaDarma

PRAMUKA SATYA KU DARMAKAN DARMA KU BAKTIKAN
Hapal dan mengerti Isi Dasa Darma dan Tri Satya.
1. Rajin dan giat mengikuti latihan Pasukan Penggalang, sekurang-kurangnya 6 kali latihan     berturut-turut.  Keterangan: :
a. Latihan Pramuka itu berguna untuk melatih diri agar dapat hidup bermanfaat bagi diri sendiri, orang lain, masyarakat dan negara. Oleh karena itu, latihan Pramuka adalah untuk kepentingan dirimu sendiri bukan untuk orang lain.
b. Rajin mengikuti latihan artinya tidak pernah absen, selalu datang pada hari dan jam yang telah ditentukan bersama. Nyatakanlah kehadiranmu itu dengan mengisi daftar hadir/absensi regu.
c. Giat mengikuti latihan berarti setiap datang pada latihan Pramuka di Pasukan Penggalang selalu aktif. Yang dimaksud aktif dalam latihan yaitu selalu berusaha melatih dirinya sendiri bersama-sama teman lain akan kekurangan-kekurangan dirinya.
d. Enam kali berturut-turut, berarti tidak pernah tidak datang dengan alasan sakit, ijin, dan sebagainya. Teruskanlah la…

SILSILAH 25 NABI

SILSILAH 25 NABI


SILSILAH 25 NABI

Tulisan ini saya dapatkan dari sebuah pesan di group WhatsApp. Berikut semoga bermanfaat dan berkah Aamiin.

1. ADAM AS.
Nama: Adam As.
Usia: 930 tahun.
Periode sejarah: 5872-4942 SM.
Tempat turunnya di bumi: India, ada yang berpendapat di Jazirah Arab.
Jumlah keturunannya: 40 laki-laki dan perempuan.
Tempat wafat: India, ada yang berpendapat di Mekkah.
Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 25 kali.
.
2. IDRIS AS.
Nama: Idris/Akhnukh bin Yarid, nama Ibunya Asyut.
Garis Keturunan: Adam As. ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qinan ⇒ Mihlail ⇒ Yarid ⇒ Idris As.
Usia: 345 tahun di bumi.
Periode sejarah: 4533-4188 SM.
Tempat diutus: Irak Kuno (Babylon, Babilonia) dan Mesir (Memphis).
Tempat wafat: Allah mengangkatnya ke langit dan ke surga.
Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 2 kali.
.
3. NUH AS.
Nama: Nuh/Yasykur/Abdul Ghaffar bin Lamak.
Garis Keturunan: Adam As. ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qinan ⇒ Mihlail ⇒ Yarid ⇒ Idris As. ⇒ Matusyalih ⇒ Lamak ⇒ Nuh As.
Usia: 950 tahun.
Perio…

SOAL POST-TEST PKP

Soal-soal di bawah ini merujuk akan soal-soal post test yang didapat dari link. Untuk memudahkan marinkita belajar bersama semoga Lulus semua ya Aamiin
SOAL POS-TESTA. Pilihan Ganda

PetunjukPengisian: Jawablah pertanyaan / pernyataan berikut ini dengan memberikan tanda silang  (X) pada jawaban yang Saudara anggap benar !

Berikut ini pernyataan tentang kompetensi keterampilan : Kemampuan berfikir mencakup : mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, danmencipta Kemampuan belajar mencakup : mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar/mengasosiasi, dan mengomunikasikan Kemampuan piker dan tindak mental non motorik seperti mengambil keputusan, menyusun strategi, bernalar Kemampuan praktik laboratorium seperti: merangkai alat, menimbang atau mengukur, membuat grafik, dan menafsirkan grafik. Pernyataan yang termasuk kategori keterampilan abstrak terdapat pada angka … (1), (2), dan (3)  (1), (2), dan (4)  (1), (3), dan (4)