Wednesday, 4 July 2018

Wisata Edukasi (Bagian 12) 3 Cara Mengolah Ikan Asin Menjadi Masakan Idola Nusantara

Alhamdulillah kali ini kita akan membahas tentang ikan asin.

Jika suka sambal tentu tidak lupa kalau ada yang namanya ikan asin. Iya kan? Ikan asin mantap dijadikan sambal dalam kuliner Nusantara.

Ketika pulang dari Wisata Hutan Mangrove Sumber Jaya kemarin, kita mampir di salah satu tempat penjualan ikan asin. Letaknya tepat di pinggir jalan sebelum Simpang Tiga Kandis kalau dari Mangrove. Ikan asim diletakkan pada wadah khusus sesuai jenis ikan asin. Nah kali ini saya ingin berbagi bagaimana cara pengolahan ikan asin ini. Selain disambal, ada beberapa tips atau cara pengolahannya agar sedap dan nikmat.

Ikan Asin juga memiliki varian yang bagus. Mulai dari jenis ikan yang dijadikan ikan asin. Ada juga ukuran yang kecil dan besar. Bentuk yang berdaging tebal atau tipis.

Pertama Sambal Ikan Asin
Dimasak dengan campuran bumbu nusantara pedas asin dan bawang serta bumbu lainnya. Cukup menjadi sebuah hidangan lezat dengan sepiring nasi hangat dan seikat rebusan sayuran. Ikan asin yang dijadikan sambal ini mulai dari ikan teri hingga ikan yang berukuran lebih besar lagi. Pengolahannya sangat gampang. Setelah dicuci kemudian goreng pada minyak panas dan masak bumbu sampai harum lalu campurkan gorengan ikan asin tadi.

Kedua Ikan Asin Goreng Tepung
Ikan Asin goreng tepung dapat diolah setelah memilih ikan asin tipis. Dicuci dengan air bersih dan balurkan kedalam tepung goreng. Kamu bisa menambahkan irisan daun bawang dan lainnya sesuai selera. Kemudian goreng pada minyak panas. Angkat dan sajikan pada saat santai di tengah-tengah keluarga. Bisa juga menjadi menu santap makan siang atau makam malam di rumah.

Ketiga Ikan Asin Panggang
Bagi kamu yang doyan sekali sama Ikan asin, tentu tahu jenis ikan asin apa yang bisa dipanggang. Bentuknya lebih tebal dan kamu bisa memilih mulai dari ukuran sedang sampai ukuran besar. Tanpa ada campuran bahan lainnya ikan asin ini dapat langsung dipanggang diatas perapian. Menandakan bahwa ikan asin telah matang adalah dengan adanya perubahan warna dan kekenyalan pada ikan. Aromahnya menggoda selera, akan memenuhi sekitar. Bakal ketahuan deh kalau kamu sedang bakar ikan asin. Lebih nikmat bakarnya pakai kayu bakar, lebih sedap. Sedang di kebun? menu tepat buat rehat siang ditemani nasih pulen panas.

Selamat mencoba, kamu ada tips lainnya bagaimana cara mengolah ikan asin? boleh dibagi di kolom komentar ya.

No comments:

Post a comment

Terima kasih atas kunjungannya semoga menginspirasi jangan lupa tulis komentarmu di kolom komentar dan dapatkan informasi terbaru di setiap postingan. Jangan lupa follow akun Instagram @efrideplin dan Twitter @efrideplin87 juga YouTube Efri Deplin. Terima kasih semoga menginspirasi.

Trip Air Terjun Cuup PSUK Benteng

Pagi masih menyapa hangat dengan perpaduan sinar mentari di ufuk timur, menambahkan keceriaan hari ini. Benar saja kami dari tadi s...