Skip to main content

Wisata Edukasi (Bagian 12) 3 Cara Mengolah Ikan Asin Menjadi Masakan Idola Nusantara

Alhamdulillah kali ini kita akan membahas tentang ikan asin.

Jika suka sambal tentu tidak lupa kalau ada yang namanya ikan asin. Iya kan? Ikan asin mantap dijadikan sambal dalam kuliner Nusantara.

Ketika pulang dari Wisata Hutan Mangrove Sumber Jaya kemarin, kita mampir di salah satu tempat penjualan ikan asin. Letaknya tepat di pinggir jalan sebelum Simpang Tiga Kandis kalau dari Mangrove. Ikan asim diletakkan pada wadah khusus sesuai jenis ikan asin. Nah kali ini saya ingin berbagi bagaimana cara pengolahan ikan asin ini. Selain disambal, ada beberapa tips atau cara pengolahannya agar sedap dan nikmat.

Ikan Asin juga memiliki varian yang bagus. Mulai dari jenis ikan yang dijadikan ikan asin. Ada juga ukuran yang kecil dan besar. Bentuk yang berdaging tebal atau tipis.

Pertama Sambal Ikan Asin
Dimasak dengan campuran bumbu nusantara pedas asin dan bawang serta bumbu lainnya. Cukup menjadi sebuah hidangan lezat dengan sepiring nasi hangat dan seikat rebusan sayuran. Ikan asin yang dijadikan sambal ini mulai dari ikan teri hingga ikan yang berukuran lebih besar lagi. Pengolahannya sangat gampang. Setelah dicuci kemudian goreng pada minyak panas dan masak bumbu sampai harum lalu campurkan gorengan ikan asin tadi.

Kedua Ikan Asin Goreng Tepung
Ikan Asin goreng tepung dapat diolah setelah memilih ikan asin tipis. Dicuci dengan air bersih dan balurkan kedalam tepung goreng. Kamu bisa menambahkan irisan daun bawang dan lainnya sesuai selera. Kemudian goreng pada minyak panas. Angkat dan sajikan pada saat santai di tengah-tengah keluarga. Bisa juga menjadi menu santap makan siang atau makam malam di rumah.

Ketiga Ikan Asin Panggang
Bagi kamu yang doyan sekali sama Ikan asin, tentu tahu jenis ikan asin apa yang bisa dipanggang. Bentuknya lebih tebal dan kamu bisa memilih mulai dari ukuran sedang sampai ukuran besar. Tanpa ada campuran bahan lainnya ikan asin ini dapat langsung dipanggang diatas perapian. Menandakan bahwa ikan asin telah matang adalah dengan adanya perubahan warna dan kekenyalan pada ikan. Aromahnya menggoda selera, akan memenuhi sekitar. Bakal ketahuan deh kalau kamu sedang bakar ikan asin. Lebih nikmat bakarnya pakai kayu bakar, lebih sedap. Sedang di kebun? menu tepat buat rehat siang ditemani nasih pulen panas.

Selamat mencoba, kamu ada tips lainnya bagaimana cara mengolah ikan asin? boleh dibagi di kolom komentar ya.

Comments

Popular posts from this blog

Isi DasaDarma

PRAMUKA SATYA KU DARMAKAN DARMA KU BAKTIKAN
Hapal dan mengerti Isi Dasa Darma dan Tri Satya.
1. Rajin dan giat mengikuti latihan Pasukan Penggalang, sekurang-kurangnya 6 kali latihan     berturut-turut.  Keterangan: :
a. Latihan Pramuka itu berguna untuk melatih diri agar dapat hidup bermanfaat bagi diri sendiri, orang lain, masyarakat dan negara. Oleh karena itu, latihan Pramuka adalah untuk kepentingan dirimu sendiri bukan untuk orang lain.
b. Rajin mengikuti latihan artinya tidak pernah absen, selalu datang pada hari dan jam yang telah ditentukan bersama. Nyatakanlah kehadiranmu itu dengan mengisi daftar hadir/absensi regu.
c. Giat mengikuti latihan berarti setiap datang pada latihan Pramuka di Pasukan Penggalang selalu aktif. Yang dimaksud aktif dalam latihan yaitu selalu berusaha melatih dirinya sendiri bersama-sama teman lain akan kekurangan-kekurangan dirinya.
d. Enam kali berturut-turut, berarti tidak pernah tidak datang dengan alasan sakit, ijin, dan sebagainya. Teruskanlah la…

SILSILAH 25 NABI

SILSILAH 25 NABI


SILSILAH 25 NABI

Tulisan ini saya dapatkan dari sebuah pesan di group WhatsApp. Berikut semoga bermanfaat dan berkah Aamiin.

1. ADAM AS.
Nama: Adam As.
Usia: 930 tahun.
Periode sejarah: 5872-4942 SM.
Tempat turunnya di bumi: India, ada yang berpendapat di Jazirah Arab.
Jumlah keturunannya: 40 laki-laki dan perempuan.
Tempat wafat: India, ada yang berpendapat di Mekkah.
Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 25 kali.
.
2. IDRIS AS.
Nama: Idris/Akhnukh bin Yarid, nama Ibunya Asyut.
Garis Keturunan: Adam As. ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qinan ⇒ Mihlail ⇒ Yarid ⇒ Idris As.
Usia: 345 tahun di bumi.
Periode sejarah: 4533-4188 SM.
Tempat diutus: Irak Kuno (Babylon, Babilonia) dan Mesir (Memphis).
Tempat wafat: Allah mengangkatnya ke langit dan ke surga.
Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 2 kali.
.
3. NUH AS.
Nama: Nuh/Yasykur/Abdul Ghaffar bin Lamak.
Garis Keturunan: Adam As. ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qinan ⇒ Mihlail ⇒ Yarid ⇒ Idris As. ⇒ Matusyalih ⇒ Lamak ⇒ Nuh As.
Usia: 950 tahun.
Perio…

SOAL POST-TEST PKP

Soal-soal di bawah ini merujuk akan soal-soal post test yang didapat dari link. Untuk memudahkan marinkita belajar bersama semoga Lulus semua ya Aamiin
SOAL POS-TESTA. Pilihan Ganda

PetunjukPengisian: Jawablah pertanyaan / pernyataan berikut ini dengan memberikan tanda silang  (X) pada jawaban yang Saudara anggap benar !

Berikut ini pernyataan tentang kompetensi keterampilan : Kemampuan berfikir mencakup : mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, danmencipta Kemampuan belajar mencakup : mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar/mengasosiasi, dan mengomunikasikan Kemampuan piker dan tindak mental non motorik seperti mengambil keputusan, menyusun strategi, bernalar Kemampuan praktik laboratorium seperti: merangkai alat, menimbang atau mengukur, membuat grafik, dan menafsirkan grafik. Pernyataan yang termasuk kategori keterampilan abstrak terdapat pada angka … (1), (2), dan (3)  (1), (2), dan (4)  (1), (3), dan (4)