Thursday, 28 June 2018

Tranfusi Bakda Lebaran Ajang Silaturahim Pasien Thalasemia

Alhamdulillah..

Taqaballahu minna wamingkum buat semuanya terkhusus Keluarga Abdullah Tsamara dimana saja berada. Juga buat keluarga Persatuan Orang Tua Thalasemia Indonesia (POPTI) Wilayah Bengkulu yang senantiasa semangat.

Seperti biasanya, rutinitas tranfusi bakda lebaran adalah mometum untuk silaturahim, berkumpul dan berhimpun. Hari ini kamis 28 juni 2018 sebagian besar thaler melakukan tranfusi. Ada sekitar 15 thaller termasuk Abdullah Tsamara.

Beberapa hari yang lalu kebutuhan darah hampir lupa saya siapkan. Berhubung suasana masih liburan dan kemarin ada pilwakot, untung pendonor TETAP ananda siap siaga melakukan donor. Kemarin pendonor kak Doni sudah mendonorkan darahnya di PMI kota.

Jadi melakukan donor satu hari sebelum tranfusi adalah sebuah rutinitas pendonor yang sangat luar biasa. Tak dapat dibayar dengan apapun. Pengorbanan mereka luar biasa. Aktifitas donor menjadikan gaya hidup era milenial.

Mengapa sehari sebelum tranfusi harus donor? Jawabannya adalah karena kebutuhan thaler adalah darah merah PRC (Packed Red Cell) yang didapatkan setelah proses pengendapan selama 8-12 jam setelah mendonor. Yang diambil darah merahnya saja, cairan kuning yang mengapung (serum) dibuang. Kalau sehari sebelumnya artinya ada 24 jam kan jaraknya. Jadi pada saat digunakan langsung dapat ditranfusikan.

Setelah mendaftarkan Abdullah Tsamara di Poli anak RSUD M.Yunus Bengkulu, kita langsung pasang infus dan tranfusi di Adelweis kamar 6 ruang khusus Thallasemia. Baarakallahu fik

Nah diskusi berlanjut, mama Annisa bilang kalau kita akan ada event refressing ke Bali hee.

Apa bener? yuk komen intip di kolom komentar.

Bengkulu, 28 Juni 2018nu

No comments:

Post a comment

Terima kasih atas kunjungannya semoga menginspirasi jangan lupa tulis komentarmu di kolom komentar dan dapatkan informasi terbaru di setiap postingan. Jangan lupa follow akun Instagram @efrideplin dan Twitter @efrideplin87 juga YouTube Efri Deplin. Terima kasih semoga menginspirasi.

4 Tips Donor Darah Saat Puasa

Donor darah menjadi trend gaya hidup sehat masa kini. Selain memenuhi kebutuhan hidup para penggunanya, donor darah menjadi sebuah kebutuhan...