Post Page Advertisement [Top]

Bismillahi..

Raflesia di Puncak Bengkulu

Aku berada di tepi barat Sumatera, diapit oleh dua provinsi besar Sumbar dan Lampung. Di sebelah timur membentang sebuah garis panjang yang terhubung dari Aceh hingga Lampung, kedua ujung Sumatera. Bukit barisan. Negeriku sangat kaya.

Di bagian barat membentang Samudera hingga lautan Hindia. Ketika pagi menjelang. 'Pukek mendarek' sebutan kapal kecil merapat di bibir pantai. Di sore menjelang sunset terpapar di hamparan luas riak gelombang, bak sekeping tembaga dibawah terik mentari gurun pasir. Di sana di Pantai Zakat Kota Bengkulu terbentang.

Akupun menepi, kembali dengan kesibukan kota. Bangunan berbetuk kura-kura jika terlihat dari udara menambah kekayaan negeriku. Ah, sebuah Benteng peninggalan Inggris Fort Marlborough. Tak jauh para bangsawan tertanam di tanah lapang Makam Inggris.

Kutinggalkan hiruk pikuk kotaku. Maklum kota kecilku yang luas, sepuluh kabupaten kota. Sejenak relaksasi tubuh di tepi sebuah bukit dalam wadah alami kehangatan air murni campuran belerang. Ada banyak tempat kawan. Semua, semua negeriku kaya.

Kabupaten Kaur
Kabupaten Seluma
Kabupaten Bengkulu Selatan
Kabupaten Bengkulu Tengah
Kabupaten Bengkulu Utara
Kabupaten Mukomuko
Kabupaten Kepahiang
Kabupaten Rejang Lebong
Kabupaten Lebong
Kota Bengkulu

mengapa luas, karena disetiap kabupaten di Bengkulu menjadi tempat lokasi transmigrasi. Jadi di Bengkulu banyak sekali saudara-saudara dari tanah Jawa bahkan Bali.

Baik, cukup dulu ya. Ada baiknya kalian berkunjung ke Bengkulu. Kalian akan tahu bahwa Puspa Langka terbesar di dunia ada di Gunung Liku Sembilan Kabupaten Bengkulu Tengah. Tumbuhan endemik parasitisme yang memukau mata dunia. Tak salah kalau google menjadikan halaman depan kemarin menggganti huruf 'O' dengan gambar Raflesia.

Dia juga ada di SDIT IQRA' 1 Kota Bengkulu. Jalan semeru No.22 RT.13 RW.IV Sawah Lebar Ratu Agung Kota Bengkulu.

@30haribercerita
#30haribercerita
#30hbc1812
#30hbckota

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya semoga menginspirasi jangan lupa tulis komentarmu di kolom komentar dan dapatkan informasi terbaru di setiap postingan. Jangan lupa follow akun Instagram @efrideplin dan Twitter @efrideplin87 juga YouTube Efri Deplin. Terima kasih semoga menginspirasi.

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib