Skip to main content

18 Ramadhan 1438 H

Bismillahi..

18 Ramadhan 1438 H
Cinta tak selamanya harus memiliki

#RamadhanBerkah

Harta benda yang kita miliki merupakan razeki dari Allah SWT yang maha pemberi rizki. Rumah, kebun, tanah, mobil, perhiasan dan lain sebagainya merupakan pemberian dari Allah SWT. Kecintaan kepada harta benda adalah sebuah ungkapan cinta sesaat yang tak melebihi kadarnya. Mampukah cinta ini mengantarkan cinta pada Rabb?. Semoga harta benda yang kita miliki menjadikan diri ini senantiasa dekat padaNya. Aamiin

*****

Siapa yang memiliki hewan peliharaan? Apakah hewan itu perlu dicintai sepenuh hati? Hewan peliharaan, sangat dianjurkan jika pemeliharanya harus berbuat baik kepada hewan peliharaannya tersebut. Binatang peliharaan yang dipelihara harus dikenyangkan dan dicukupkan air minumnya.

“Barang siapa yang memelihara kuda (binatang) di jalan Allah dengan penuh keimanan pada Allah dan yakin akan janji kebaikan-Nya, maka sesungguhnya makanan terhadap kudanya yang dikenyangkan, pemberian minuman kepada kudanya hingga puas, bahkan kotoran dan kencing (kuda) nya kelak akan ditimbang (sebagai kebaikan) pada hari kiamat”. (HR. Bukhori). Bukankah ini sebuah hal yang besar, memelihara hewan dengan cinta bakal mendatangkan kebaikan pada hari kiamat kelak. Allahu Akbar!.

*****

وَالَّذِينَ يَقُولُونَ رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

Dan orang orang yang berkata: "Ya Tuhan kami, anugrahkanlah kepada kami isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa.

Satu point penting disana, Anak. Tentu kecintaan kepada anak adalah sebuah anugrah besar dari Allah SWT. Karena kesadaran ini pulalah memiliki anak sebagai penyejuk mata dan penyenang hati adalah pilihan utama. Semoga senantiasa Allah anugrahkan "Penyejuk Hati" di tiap-tiap keluarga kita. Aamiin..

*****

Mencintai seorang istri adalah sebuah anugerah terbesar dalam diri setiap lelaki. Menggenapkan separuh dien dengan mengambil amanah penuh dari perwalian seorang gadis pilihan hidup. Tak tanggung Allah SWT pun menyebutkan ini sebagai sebuah penjanjian yang kuat. Disaksikan langsung oleh Allah SWT dan malaikat-malaikat suci serta manusia. Cinta ini akan semakin tumbuh dari hari ke hari dengan penghambaan diri yang kokoh kepada Allah SWT.

*****

Orang tua kita adalah sejatinya orang yang paling berjasa dalam hidup ini hingga kita hadir ke dunia untuk menjadi hambah yang beriman. Karena orang tualah kita dijadikan seperti manusia saat ini. Allah maha perkasa dan bijaksana. Sejak pengakuan kita kepada Rabb di kandungan ibu lalu dituntun mengenalNya lebih jauh dengan kalimat Laa illah ha Illallah.. Muhammadar Rasulullah.. Apa makna dan konsekuensinya? Allah hanya meridhoi Agama ini, Hadits: Man qala Lailaha illallah, dakhalal jannah; (Barangsiapa yang mengucapkan “Tiada tuhan selain Allah” akan memperoleh syurga); janji Allah melalui lisan Rasulullah seperti yang telah terekam dalam hadits ini, mengindikasikan keutamaan dan besarnya bobot kalimat syahadat. Bagaimana tidak, dengan syahadatlah keutamaan lain dalam ibadah dan amal shaleh yang dilakukan manusia menjadi memiliki nilai berbobot di hadapan Allah SWT. Bukankah ini sebuah keutamaan yang besar?.

*****

Attaubah: 24

قل إن كان آباؤكم وأبناؤكم وإخوانكم وأزواجكم وعشيرتكم وأموال اقترفتموها وتجارة تخشون كسادها ومساكن ترضونها أحب إليكم من الله ورسوله وجهاد في سبيله فتربصوا حتى يأتي الله بأمره والله لا يهدي القوم الفاسقين

Katakanlah: "jika bapa-bapa, anak-anak, saudara-saudara, isteri-isteri, kaum keluargamu, harta kekayaan yang kamu usahakan, perniagaan yang kamu khawatiri ruginya, dan tempat tinggal yang kamu sukai, lebih kamu cintai dari Allah dan Rasul -Nya dan dari berjihad di jalan-Nya, maka tunggulah sampai Allah mendatangkan keputusan-Nya ". Dan Allah tidak memberikan petunjuk kepada orang-orang yang fasik.

*****

Diawal tahun aku mengenal mereka dan di akhir tahun aku harus berpisah. Satu kata untuk mengungkapan rasa ini, cinta tak selamanya harus memiliki. Baarakallahulakuma.

Comments

Popular posts from this blog

Isi DasaDarma

PRAMUKA SATYA KU DARMAKAN DARMA KU BAKTIKAN
Hapal dan mengerti Isi Dasa Darma dan Tri Satya.
1. Rajin dan giat mengikuti latihan Pasukan Penggalang, sekurang-kurangnya 6 kali latihan     berturut-turut.  Keterangan: :
a. Latihan Pramuka itu berguna untuk melatih diri agar dapat hidup bermanfaat bagi diri sendiri, orang lain, masyarakat dan negara. Oleh karena itu, latihan Pramuka adalah untuk kepentingan dirimu sendiri bukan untuk orang lain.
b. Rajin mengikuti latihan artinya tidak pernah absen, selalu datang pada hari dan jam yang telah ditentukan bersama. Nyatakanlah kehadiranmu itu dengan mengisi daftar hadir/absensi regu.
c. Giat mengikuti latihan berarti setiap datang pada latihan Pramuka di Pasukan Penggalang selalu aktif. Yang dimaksud aktif dalam latihan yaitu selalu berusaha melatih dirinya sendiri bersama-sama teman lain akan kekurangan-kekurangan dirinya.
d. Enam kali berturut-turut, berarti tidak pernah tidak datang dengan alasan sakit, ijin, dan sebagainya. Teruskanlah la…

SILSILAH 25 NABI

SILSILAH 25 NABI


SILSILAH 25 NABI

Tulisan ini saya dapatkan dari sebuah pesan di group WhatsApp. Berikut semoga bermanfaat dan berkah Aamiin.

1. ADAM AS.
Nama: Adam As.
Usia: 930 tahun.
Periode sejarah: 5872-4942 SM.
Tempat turunnya di bumi: India, ada yang berpendapat di Jazirah Arab.
Jumlah keturunannya: 40 laki-laki dan perempuan.
Tempat wafat: India, ada yang berpendapat di Mekkah.
Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 25 kali.
.
2. IDRIS AS.
Nama: Idris/Akhnukh bin Yarid, nama Ibunya Asyut.
Garis Keturunan: Adam As. ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qinan ⇒ Mihlail ⇒ Yarid ⇒ Idris As.
Usia: 345 tahun di bumi.
Periode sejarah: 4533-4188 SM.
Tempat diutus: Irak Kuno (Babylon, Babilonia) dan Mesir (Memphis).
Tempat wafat: Allah mengangkatnya ke langit dan ke surga.
Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 2 kali.
.
3. NUH AS.
Nama: Nuh/Yasykur/Abdul Ghaffar bin Lamak.
Garis Keturunan: Adam As. ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qinan ⇒ Mihlail ⇒ Yarid ⇒ Idris As. ⇒ Matusyalih ⇒ Lamak ⇒ Nuh As.
Usia: 950 tahun.
Perio…

SOAL POST-TEST PKP

Soal-soal di bawah ini merujuk akan soal-soal post test yang didapat dari link. Untuk memudahkan marinkita belajar bersama semoga Lulus semua ya Aamiin
SOAL POS-TESTA. Pilihan Ganda

PetunjukPengisian: Jawablah pertanyaan / pernyataan berikut ini dengan memberikan tanda silang  (X) pada jawaban yang Saudara anggap benar !

Berikut ini pernyataan tentang kompetensi keterampilan : Kemampuan berfikir mencakup : mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, danmencipta Kemampuan belajar mencakup : mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar/mengasosiasi, dan mengomunikasikan Kemampuan piker dan tindak mental non motorik seperti mengambil keputusan, menyusun strategi, bernalar Kemampuan praktik laboratorium seperti: merangkai alat, menimbang atau mengukur, membuat grafik, dan menafsirkan grafik. Pernyataan yang termasuk kategori keterampilan abstrak terdapat pada angka … (1), (2), dan (3)  (1), (2), dan (4)  (1), (3), dan (4)