Skip to main content

11 Ramadhan 1438 H

Bismillahi..

11 Ramadhan 1438 H
Ahlul Jannah Aamiin
#RamadhanBerkah

Keluarga Ahmad sabtu itu berpamitan dengan tetangganya di kompleks bahwa mereka akan ke kota dingin Curup. Tidak lama, insya Allah besok siang akan kembali ke kota. Matic yang sudah siap bergerilia sudah menunggu sedari tadi. Perjalanan darat ini akan sangat menyengkan.

Perjalananpun dimulai.
Dalam perjalanan banyak sekali rintangan, mulai dari terik mentari sore yang sangat panas hingga adegan pecah ban, sampai-sampai diterpa hujan yang sangat deras ketika mampir  di Kepahiyang. Tak surut, niat dan tekad sudah bulat. Menemhus hujan membawa amanah tuhan.

Singkat Cerita, semuanya tuntas. Dan di siang hari sekitar pukul 11.30, handpone Ahmad berdering. Handpohe yang dipegng saat ini berdering, ada sahutan kecemasan diujung suara.

*****

Di hari ketujuh Ramadhan tahun itu aku dan keluarga pergi ke Bandung. Sengaja aku mengambil waktu diawal Ramadhan agar tidak terjebak arus mudik tahunan. Entah mengapa tahun itu benar-benar ingin kesana. Aku dan keluargaku bersilaturahim dengan saudaraku di Bandung. Sebelum sampai di rumahnya, kami dijemput di bandara menggunakan mobil mewahnya. Anak dan istriku terlihat sangat ingin cepat sampai di rumah sauaraku ini, iya termasuk aku.

Maklum kami sudah bertahun-tahun tidak bertemu. Dalam perjalanan semua meluapkan rasa kebahagiaan. Antara satu sama lain bersahutan saling bertukar cerita. Terkadang tertawa lepas menghiasi perjalan kami sekeluarga besar. Dua keluarga besar ini benar-benar menyatu dalam keakraban. Sampai-sampai anak-anakku yang masih kecil tidak menampakan capek sedikitpun.

"Mana anak-anak dan istrimu? mengapa mereka tidak ikut menjemput?" Seketika semua sepi, tak ada gelak tawa. Mata ini saling berpandangan penuh tanya. Aku berkali-kali minta maaf. "Maafkan aku atas ketidaktahuan ini".

*****

Bagaimana mungkin aku bertanya, "Siapa dia?" "Dia yang mana?". Sungguh ini sebuah hal besar sari satu kesalahan kecil. Bagaimana kemauan kuat ini ingin terwujud. "Siapa dia?" "Dia yang mana?" aku benar-benar tidaklah tahu. Tidak mungkin aku merasa sok tahu dengan situasi ketidaktahuan.

"Siapa dia?" "Dia yang mana?". Akhirnya akupun tahu.

Mulailah tulang ini serasa remuk redam, ketika aku tahu, "Siapa dia?" dan "Dia yang mana?". Iya dia adalah saudaraku, dia yang selama ini selalu di sekelilingku.

*****
*****
*****

Saudara kita adalah juga saudara kita yang lain.
Menyapa, walaupun hanya sekedar "Apa kabar".
Kenali dan Fahami saudaramu.

Comments

Popular posts from this blog

Isi DasaDarma

PRAMUKA SATYA KU DARMAKAN DARMA KU BAKTIKAN
Hapal dan mengerti Isi Dasa Darma dan Tri Satya.
1. Rajin dan giat mengikuti latihan Pasukan Penggalang, sekurang-kurangnya 6 kali latihan     berturut-turut.  Keterangan: :
a. Latihan Pramuka itu berguna untuk melatih diri agar dapat hidup bermanfaat bagi diri sendiri, orang lain, masyarakat dan negara. Oleh karena itu, latihan Pramuka adalah untuk kepentingan dirimu sendiri bukan untuk orang lain.
b. Rajin mengikuti latihan artinya tidak pernah absen, selalu datang pada hari dan jam yang telah ditentukan bersama. Nyatakanlah kehadiranmu itu dengan mengisi daftar hadir/absensi regu.
c. Giat mengikuti latihan berarti setiap datang pada latihan Pramuka di Pasukan Penggalang selalu aktif. Yang dimaksud aktif dalam latihan yaitu selalu berusaha melatih dirinya sendiri bersama-sama teman lain akan kekurangan-kekurangan dirinya.
d. Enam kali berturut-turut, berarti tidak pernah tidak datang dengan alasan sakit, ijin, dan sebagainya. Teruskanlah la…

SILSILAH 25 NABI

SILSILAH 25 NABI


SILSILAH 25 NABI

Tulisan ini saya dapatkan dari sebuah pesan di group WhatsApp. Berikut semoga bermanfaat dan berkah Aamiin.

1. ADAM AS.
Nama: Adam As.
Usia: 930 tahun.
Periode sejarah: 5872-4942 SM.
Tempat turunnya di bumi: India, ada yang berpendapat di Jazirah Arab.
Jumlah keturunannya: 40 laki-laki dan perempuan.
Tempat wafat: India, ada yang berpendapat di Mekkah.
Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 25 kali.
.
2. IDRIS AS.
Nama: Idris/Akhnukh bin Yarid, nama Ibunya Asyut.
Garis Keturunan: Adam As. ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qinan ⇒ Mihlail ⇒ Yarid ⇒ Idris As.
Usia: 345 tahun di bumi.
Periode sejarah: 4533-4188 SM.
Tempat diutus: Irak Kuno (Babylon, Babilonia) dan Mesir (Memphis).
Tempat wafat: Allah mengangkatnya ke langit dan ke surga.
Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 2 kali.
.
3. NUH AS.
Nama: Nuh/Yasykur/Abdul Ghaffar bin Lamak.
Garis Keturunan: Adam As. ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qinan ⇒ Mihlail ⇒ Yarid ⇒ Idris As. ⇒ Matusyalih ⇒ Lamak ⇒ Nuh As.
Usia: 950 tahun.
Perio…

SOAL POST-TEST PKP

Soal-soal di bawah ini merujuk akan soal-soal post test yang didapat dari link. Untuk memudahkan marinkita belajar bersama semoga Lulus semua ya Aamiin
SOAL POS-TESTA. Pilihan Ganda

PetunjukPengisian: Jawablah pertanyaan / pernyataan berikut ini dengan memberikan tanda silang  (X) pada jawaban yang Saudara anggap benar !

Berikut ini pernyataan tentang kompetensi keterampilan : Kemampuan berfikir mencakup : mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, danmencipta Kemampuan belajar mencakup : mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar/mengasosiasi, dan mengomunikasikan Kemampuan piker dan tindak mental non motorik seperti mengambil keputusan, menyusun strategi, bernalar Kemampuan praktik laboratorium seperti: merangkai alat, menimbang atau mengukur, membuat grafik, dan menafsirkan grafik. Pernyataan yang termasuk kategori keterampilan abstrak terdapat pada angka … (1), (2), dan (3)  (1), (2), dan (4)  (1), (3), dan (4)