Post Page Advertisement [Top]

Hari KemerdekaanHUT ke-78 RI

7 Lomba Keren Memeriahkan Hari Kemerdekaan

Semangat Pagi Hallo bulan Agustus, sudah memasuki bulan Agustus ini bakalan seru kalau kita membahas pesta kemerdekaan Republik Indonesia ya kan. Nah untuk memeriahkan hari kemerdekaan Republik Indonesia kali ini saya akan mengupas tujuh perlombaan yang bagus menyambut 17 Agustus.

1. Pembacaan Teks Proklamasi

Nah untuk memeriahkan HUT RI ke 78 tahun ini lomba Pembacaan Teks Proklamasi menjadi urutan pertama dalam daftar lomba yang kayak diadakan. Selain untuk memperkenalkan kalimat sakral ini sejak tahun 1945 lomba ini juga mampu memaksimalkan rasa patriotisme kita sebagai warga negara Indonesia yang baik dan tidak melupakan sejarah bangsa. 


Sumber: Gramedia.com

Lomba ini dapat diikuti oleh semua lapisan masyarakat baik anak-anak maupun dewasa atau baik laki-laki maupun perempuan. Lomba ini juga dapat dipadupadankan dengan outfit keren ala Bapak Proklamator RI Ir Soekarno. 

2. Fotografi

Nah ini salah satu lomba yang juga menarik dimana era sekarang juga bisa membantu memviralkan sesuatu yang bisa diangkat melalui sebuah gambar. Dengan tema hari kemerdekaan tentu saja bisa dilakukan dengan berbagai macam kriteria foto. Bisa foto ala Pahlawan Nasional, Foto suasana Hari Kemerdekaan, foto tempat-tempat bersejarah dan lain sebagainya sesuai dengan kebutuhan dan keinginan.

Sumber: Tribunnews.com

Baca Juga: Mengenal Tabot 

3. Videografi

Kalau ada lomba foto maka tentu saja ada lomba video. Disini video tentu lebih atraktif dimana sebuah video dapat mewakilkan hampir 90 % suasana sebenarnya. Sama seperti halnya lomba foto, lomba video bisa diambil dari berbagai macam sudut pandang. Video keseruan lomba menyambut 17 Agustus, video suasana upacara peringatan 17 Agustus, juga video klip tempat bersejarah di suatu daerah dll.

Sumber: YouTube SDIT Iqra'1 Official 


4. Puzzle Pahlawan

Sudah terbayang kan bagaimana keseruan dari lomba yang satu ini. Dala dilakukan dengan solo pemain atau juga dengan tim. Lebih seru dengan tim karena pasti bakalan rame dan saling sorak sorai bercampur dag dig dug.

Sumber: Media Pembelajaran Press


Siapkan puzzle dengan gambar pahlawan atau bisa dengan membuat sendiri lalu mainkan bersama tim. Karena dengan tim lebih keren lagi kalau setiap pemain diberikan waktu secepat mungkin untuk mengatur satu kotak puzzle. Pemenang tentu saja adalah yang lebih dahulu menyelesaikan tantangan dengan menyebutkan nama pahlawan yang ada di puzzle. Nama pahlawan bisa juga dituliskan di papan yang berbeda.


5. Piramida 54321

Nah ini dia salah satu lomba yang juga seru untuk tim yakni Piramida 54321. Apa itu? Ini tidak lain adalah lomba menyusun gelas plastik dengan tile 54321. Jangan salah, mungkin jika dalam suasa santai kita dapat dengan mudah menyusun beda cerita jika sedang dalam posisi tekanan hehe.

Sumber: iStock


Satu tim bisa berjumlah 5 orang atau sesuai dengan kebutuhan. Tim tercepat dalam kompetisi ini adalah pemenangnya. 


7. Tarik Tambang

Sepertinya lomba yang satu ini tidak bisa dilepaskan dari penyelenggaraan pesta Kemerdekaan Indonesia. Tarik tambang sangat kental dengan nilai kekompakan dan dengan filosofi perjuangannya. Jadi masukkan daftar lomba tarik tambang pada rencana tahun ini untuk memaksimalkan suasana keseruan dari rangkaian HUT ke-78 RI.

Sumber: InfoPublik.com


Baca Juga: 7 Ide Lomba Online untuk Kemerdekaan

Nah itulah dia dengan berbagai macam lomba yang dapat menjadi referensi untuk memeriahkan HUT ke-78 RI tahun ini. Tulisan ini dalam rangka #NulisSerempak Blogger Bengkulu, kuy guys ikutan nulis bareng kita. Sebelumnya simak juga bagaimana cara penulisan dengan standar baku yang benar berikut

1. Dirgahayu RI

2. Dirgahayu Republik Indonesia

3. Dirgahayu Kemerdekaan Indonesia

4. HUT ke-78 RI

5. Hari Ulang Tahun ke-78 Republik Indonesia

6. Ulang Tahun ke-78 Republik Indonesia

7. Peringatan Ulang Tahun ke-78 Republik Indonesia

8. Selamat Ulang Tahun ke-78 Republik Indonesia


4 comments:

  1. 17-an emang butuh banget nih referensi lomba-lomba kayak gini 🙌

    ReplyDelete
  2. Tetep taring tambang caknyo favorit di komplek nihhh

    ReplyDelete
  3. Pembacaan teks proklamasi seru pasti, salah satu usaha untuk memeberikan edukasi ke generasi kekinian

    ReplyDelete
  4. keren ada main puzzle, jadi kangen lomba 17an :D

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya semoga menginspirasi jangan lupa tulis komentarmu di kolom komentar dan dapatkan informasi terbaru di setiap postingan. Jangan lupa follow akun Instagram @efrideplin dan Twitter @efrideplin87 juga YouTube Efri Deplin. Terima kasih semoga menginspirasi.

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib