Kampoeng Durian Suasana Baru


  


Alhamdulillah akhirnya berkesempatan juga wisata ke Kampoeng Durian Bengkulu Tengah. Momen seru kali ini bisa kesini ikutan kegiatan raihlahnya teman-teman sekolah Umminya anak-anak.

Awalnya ada rencana pergi ke Bandung dan Jakarta wisata keluarga besar sekolahku SDIT Iqra'1 Kota Bengkulu. Tapi mengingat banyak agenda yang bertubi-tubi akhirnya saya memutuskan mundur teratur. Nah rencananya setelah dari Jakarta Bandung saya juga akan ikut rihlah ke Kampoeng Durian ini nih bersama keluarga besar PAUD IT Auladuna. Qadarullah takdirnya saya kesini Kampoeng Durian hari ini, 19 Desember 2022.

Apa Itu Kampoeng Durian

Kampoeng Durian tentunya tidak asing lagi bagi masyarakat Bengkulu. Makanya saya sebagai warga yang baik kudu paham ya ga ya. Tapi ini masih perjalanan pertama kali ke sini.

Jujurly awalnya yang kebayang di sini tidak lain adalah hamparan 4 petak air kolam yang jernih dan dingin banget. Kami tiba sekitar pukul 09.00 sejak start di pukul 07.50 wib. Menarik banget pasti pas nyampe ke sini.



Nah jarak antara kota dan Kampoeng Durian sekitar 1 jam perjalanan gaes. Ga jauh kan sama kaya Bengkulu - Tangerang haha. Jalanan menuju ke sini juga terbilang cukup bagus. Selian kita melewati jalan besar nanti pas di daerah Desa Datar Lebar kota masuk ke kiri dan menanjak. Ikuti terus jalan ini karena petunjuk jalannya mudah banget buat dikenali. Sampai kita ketemu belokan kanan terus lurus saja nanti ada petunjuk jalan belok ke kiri dan kita nemu jalan bebatuan kecil.

Ga perlu parno, jalanan cukup bersahabat. Bebatuan di sana ga ada yang bilang ekstrim ya. Kijang yang saya bawa melaju mulus tanpa tapi. Ada beberapa kali menanjak dan satu tanjakan dapat dibilang ekstern. Tapi Alhamdulillanya jalanan yang dilewati sudah aspal mulus.

Masuk Gerbang Kampoeng Durian

Kita disambut mba mba penjaga pintu yang ramah sambil ngitung penumpang hehe. Suasananya mirip kaya saya masuk ke Kebun Apel Modern di Batu, Malang, Jawa Timur. Kami mobil ke-14 dengan 5 penumpang. Masih ada sih beberapa mobil yang ga diberi nomor karena ada yang ketemuan di jalan kaya di simpang empat Nakau, ada juga beberapa nomornya sudah ga keprint sama panitia kali ya hee. Pokoknya asik banget. Okelah, jumlah kita 119 orang. Nah keren kan ini baru namanya keluarga besar.

Mobil kemudian diarahkan menuju parkiran yang luas. Sambil lirik kanan kiri banyak banget villa kaya kamar hotel gitu. Menghadap matahari terbit dan fasilitasnya lengkap. Nanti coba kita ulas ya. Oke parkiran sudah selesai.

Nah kini saatnya kita menuju on the spot. Bermain air bersama. Wuuuuuhhhhhuuuu. Asik banget tentunya, mau gabung yuk sini. Setidaknya ada 4 Kolam besar dengan berbagai kedalaman yang berbeda-beda. Paling dalam itu sekitar 120 cm. Ga dalam betul ya.



Tapi sayang kalau diperhatikan dengan jelas banyak lumut yang mengendap. Jadi pas kita masuk ke dalamnya lumut itu pada bertebaran di dalam air. Lantainya juga sangat licin. Entar hati-hati pokoknya. Alhamdulillah ga ada kejadian apa-apa sih karena kita semuanya awas.

Pengelola juga memberikan papan pengumuman di dekat kolam. Setidaknya ada 14 item yang perlu diperhatikan saat bermain air di kolam ektra dingin ini. Apa mungkin masih pagi jadi kerasa dingin banget. Tapi tetap asik.

Banyak Saung di Sekitar Kolam

Nah bagi kamu yang mau kesini jangan khawatir ga Nemu tempat santai. Paling enggak buat baru pakaian ganti ya. Di sekeliling kolam dilengkapi dengan fasilitas saung untuk meletakkan barang bawaan. Berjejer di tepian kolam dan kamu bisa melihat aliran sungai juga. Pokoknya banya sopt yang bisa kamu pilih deh. Buruanlah bikin jadwal ke sana.

Selain itu ada juga saung yang dilengkapi dengan ayunan santai. Ada juga kursih santai warna warni. Kamu bisa pilih. Di sekitar kolam juga ada pohon kelapa. Kata emakku "Ini jenis kelapa puyuh, pohonnya pendek buahnya bisa menjuntai ke tanah, biasanya ditopang deng kayu sebagai penyangga buah" warnanya hijau. Bener ternyata ada yang berbuah lebat.

Puas mandi disini dan foto-foto tentunya selanjutnya ya ganti baju. Asli dingin banget. Anak-anak juga sudah pada bilas. Akhirnya kami istirahat sekitar pukul 10.30 wib. Nah kali ini kita ga lagi di daerah sini

dong. Kita pindah ke seberang arah timur. Sudah disediakan saung dan di sana panitia sudah menyiapkan air hangat untuk rebus mie cup.

Saung Bambu atap Rumbia

Air belum matang pas kita nyampe di sana. Tapi ada kacang rebus dan jagung rebus sudah menanti. Nah kita tentu saja serbu yang ada ya ga ya. Kami duduk di saung menghadap ke arah sawah yang sudah menguning. Pematang sawah sedang dibersihkan Bapak Petani dari rumput liar yang meninggi. Arus sungai di sepanjang pinggir sawah membuat rasa ingin nyebur kembali menjelma haha. Jujur saja ya ga nahan dinginnya. Kami duduk sambil menikmati kacang rebus dan jagung di saung Bambu atap Rumbia ini.



"Atap ini mengingatkan pada almarhum Ebak ya Mak" ucapku. Biasanya Ebak menggunakan daun Segedang dan bukan Rumbia. Kami punya beberapa batang Segedang di kebun. Ebak biasanya ke sana untuk ambil daunnya dan menjalin menjadi satu atap dua atap sampai dapat digunakan untuk memayungi pondok. Ah mengesankan sekali.

Tak lam setelah itu Bapak Tani yang tadi merumput di pematang, secara kebetulan lewat di dapan kami. Iya karena saung yang berjejer ini di lewati oleh pengunjung. Karena memang jalan ini juga menghubungkan ke arah barat. Beliau bilang main saja ke hulu sana, bisa  banyak pemandangan dan bisa kenal lebih jauh ga cuma kolam ini saja. Sambil menunjuk kolam yang jauh di depan mata kami.

Tenda Hunian Nyaman dan Asri

Saya akhirnya duluan ke arah barat. Benar saja nemu sesuatu yang selama ini belum ada diketahui. Yaa selama ini kan tahunnya cuma kolam tadi doank. Sampe saya nemu bendungan kecil yang menjadi sumber air dari sungai di arah barat. Biota air yang masih terlihat asri, udang, ikan, lumut, dan satu lagi biawak hahaha. Beneran ada. Bebatuan besar dan kecil semuanya terasa sangat nyaman. Di atas aliran sungai ini juga terlindungi dari pohon-pohon alami hutan. Ga panas kaya di kolam tadi itu. Pengen mandi lagi dan berendam rasanya. Tapi anak-anak pengennya cuma main. Mereka tiba saat saya sudah di tepi sungai. Kami bermain disini berlima.



Pada saat dhuhur tiba, terdengar adzan berkumandang dari surau yang ada di ujung lokasi Kampoeng Durian. Kami bergegas untuk shalat tapi menggunakan mushalla yang ada di dekat sini saja. Iya di sini fasilitasnya lengkap. Mushalla ada, kamar mandi lengkap. Selesai shalat kami ke tempat saung Bambu atap Rumbia tadi hihi.



Kami kemudian kembali duduk dan memutuskan untuk istirahat di sini setelah makan siang. Tapi Masya Allah, karena sudah ada perbandingan antara di sini dan di sana (arah barat) kami berlima akhirnya memutuskan untuk kembali ke lokasi barusan. Kemana lagi coba kalau buka di dekat tenda yang asri tadi.

Saya kemudian mengambil pakaian ganti anak-anak dan kami bertiga main air sepuasnya hingga sampai puas sekitar pukul 14.30 haha.

Sewa Per Jam atau Booking

Sebelum saya pulang saya menyempatkan diri ketemu pengelola di bagian tenda ini. Jadi berapa bagaimana segala sesuatunya saya sudah tanyakan langsung.

Pemakaian tenda jika per jam dengan biaya 30k kelipatan. Bebas pilih kapan saja dan yang mana saja. Main sepuasnya di seluruh bagian Kampoeng Durian.

Sewa tapak tenda dengan membawa sendiri 100k per/hari. Fasilitas juga lengkap dari Kampoeng Durian bebas pakai.



Booking satu tenda 250/malam masuk maksimal pukul 13.00 wib dan harus chek out maksimal pukul 12.00 wib siang besoknya. Fasilitas listrik, boleh bawa penanak nasi sendiri dan bawa kabel terminal panjang dari rumah. 2 botol minuman mineral sedang atau 1 botol minuman mineral besar.

Sewa villa yang di atas dekat parkiran 450k/malam. Semua fasilitas lengkap.

Semua pemesanan melalui ig Kampoeng Durian. Pantengin Kampoeng Durian ya guys. Eit tapi ada yang beda. Pada saat pergantian tahun kamu ga bisa dapat harga segitu, bisa baik hingga 600k dari harga 250k yang tenda tadi ya. Bayangin aja villanya berapa.

Kamu boleh chat langsung ke ig nya sekarang.

Kesan setelah dari sana, Alhamdulillah menyenangkan.


oh iya nih rekomendasi sekolah keren 

dari Yayasan Al Fida

PAUD Auladuna 1 Sawah Lebar

PAUD Auladuna 2 Sukarami

SDIT Iqra`1 Kota Bengkulu

SDIT Iqra`2 Kota Bengkulu

SMPI Iqra` Kota Bengkulu

SMAIT Iqra` Kota Bengkulu

Pesantren Quran Al Fida


Terima kasih kunjungannya follow juga Mr Deplin Channel subscribe tq


Dibuang Sayang hehe























Comments