Skip to main content

Cerpen Ayahku Hebat

Sampul Buku Persahabatan Abadi



Ayahku Hebat

“Itu ada, di sana” teriak Harrik kepada teman-temannya. Dari kejauhan mereka berlari-lari kecil menghampiri sekumpulan bapak-bapak yang sedang gotong royong membersihkan selokan di komplek perumahan. “Mana…? Tidak ada!” sahut teman-teman Harrik. Harrik yakin tadi yang dilhatnya dari kejauhan adalah ayahnya. Tapi sementara itu, teman-temanya juga meyakinkan bahwa bapak yang Harrik maksud bukanlah ayahnya melainkan Pak Mahmud, memang mirip jika dilihat dari belakang. Harrik tetap yakin, ayahnya pasti ikut gotong royong hari ini. Tidak benar apa kata teman-temannya bahwa ayahnya selalu mangkir alias absen setiap kali mau gotong royong.

Mereka memisahkan diri dari rombongan bapak-bapak yang sedang sibuk membersihkan selokan. Fahri dengan bangga memperkenalkan kehebatan ayahnya, “Nah.. yang pake topi itu ayahku” ujarnya dengan bangga. “Kalau ayahku yang pakai sepatu boat keren itu, yang pegang cangkul” tambah Haqqi. Mereka sibuk menyebutkan mana ayah mereka dan kehebatan yang dimlikinya. Ada lagi si Udin yang bangga dengan ayahnya ketika saluran ledeng rumah mereka macet, maka ayahnyalah yang memperbaiki, tidak perlu memangil tukang ledeng. Udin sangat bangga sekali dengan ayahnya. Dia bisa bermain air di halaman rumah saat menyiram tanaman.

Tanpa diduga Harrikpun angkat bicara, “Kalau ayahku, ayahku juga hebat, selalu memperhatikan kami, kami selalu diajak berlibur ke tempat nenek ketika libur sekolah tiba. Ayahku juga sering memberiku mainan, ayahku juga sering mensehati kami agar kami menjadi anak yang baik”. Panjang lebar Harrik menjelaskan. “Ayahmu hebat di rumah saja” celetuk Rayhan. “Buktinya mana ada ayahmu di sini ikut membantu gotong royong bersih-bersih komplek?!” tambahnya.

“Sudah, tak perlu diperpanjang” Haqqi menenangkan. “Kita tanya saja sama bapak-bapak disana, mana ayah Harrik”. Tiba-tiba ada suara memangil nama Harrik, “Harrik tolong bantu ibu bawa ini kesana ya!” sambil memberikan minuman dan kue-kue untuk dibawa ketempat rombongan bapak-bapak yang sedang gotong-royong. Teman-teman Harrik juga turut membantu menyanggupi permintaan ibu Harrik.

Setelah mereka tiba di tempat rombongan bapak-bapak yang sedang istirahat, mereka langsung menyuguhkan minuman dan kue tersebut. “Pak Mahmud maaf, saya mau bertanya? Ayahku mana ya?” dengan polosnya Harrik bertanya dihadapan teman-temannya dan dihadapan bapak-bapak yang lain. “Oh.. ayahnya Harrik, sedang di luar menjalankan tugas hee” sambil tersenyum Pak Mahmud yang juga Pak RT menjelaskan. “Kenapa Harrik bertanya?” sambungnya. “Ini pak, teman-teman saya bilang ayah mereka semuanya ada disini, lalu ayahku sendiri yang tidak ada, tapi saya yakin ayahku juga ikut bantu gotong royong” Harrik menjelaskan.

“Benar, ayahnya Harrik turut ikut membantu gotong royong, ayahnya Harrik sekarang sedang ke toko bangunan untuk membeli perlengkapan dan alat untuk memperbaiki jalan komplek perumahan kita”. Pak RT menjelaskan kepada teman-teman Harrik, Mereka menganggukan kepala termasuk Haqqi juga Rayhan dan yang lainya menganggukan kepala sambil tersenyum menandakan mereka mengerti. “Ayah Harrik ini orang yang hebat” tambah Pak Mahmud. “Beliau punya banyak kenalan dan pandai dalam hal tawar-menawar, jadi ayahnya Harrik ini ayah yang hebat. Sama seperti ayah-ayah yang ada disini”.

Beberapa saat kemudian terdengar suara klakson mobil Fortuner, dibelakangnya ada mobil pengangkut barang bangunan. “Itu ayahnya Harrik” teriak Rayhan. “Yee.. ayahku hebat” “Iya, ayah Harrik hebat” sambung teman-tamannya. Mereka semua tertawa termasuk semua ayah yang ada disana. Mereka semua hebat.

Efri Deplin, S.Si lahir di  Durian Bubur Seluma 05 Februari 1987. Bekerja di  Kampus SDIT IQRA` 1 Jl. Semeru No.22 Rt.13 Rw.IV Sawah Lebar Kota Bengkulu. Menikah dengan guru TKB Auladuna Misni Akzaiti, S.Pd.AUD. Berpikir positif dan selalu semangat, itulah mottonya.  Bisa diajak bekerjasama, www.efrideplin.com instagram: efrideplin; twitter: efrideplin87; facebook : Efri Deplin, e-mail: efrideplin@gmail.com


Comments

Popular posts from this blog

Isi DasaDarma

PRAMUKA SATYA KU DARMAKAN DARMA KU BAKTIKAN
Hapal dan mengerti Isi Dasa Darma dan Tri Satya.
1. Rajin dan giat mengikuti latihan Pasukan Penggalang, sekurang-kurangnya 6 kali latihan     berturut-turut.  Keterangan: :
a. Latihan Pramuka itu berguna untuk melatih diri agar dapat hidup bermanfaat bagi diri sendiri, orang lain, masyarakat dan negara. Oleh karena itu, latihan Pramuka adalah untuk kepentingan dirimu sendiri bukan untuk orang lain.
b. Rajin mengikuti latihan artinya tidak pernah absen, selalu datang pada hari dan jam yang telah ditentukan bersama. Nyatakanlah kehadiranmu itu dengan mengisi daftar hadir/absensi regu.
c. Giat mengikuti latihan berarti setiap datang pada latihan Pramuka di Pasukan Penggalang selalu aktif. Yang dimaksud aktif dalam latihan yaitu selalu berusaha melatih dirinya sendiri bersama-sama teman lain akan kekurangan-kekurangan dirinya.
d. Enam kali berturut-turut, berarti tidak pernah tidak datang dengan alasan sakit, ijin, dan sebagainya. Teruskanlah la…

SILSILAH 25 NABI

SILSILAH 25 NABI


SILSILAH 25 NABI

Tulisan ini saya dapatkan dari sebuah pesan di group WhatsApp. Berikut semoga bermanfaat dan berkah Aamiin.

1. ADAM AS.
Nama: Adam As.
Usia: 930 tahun.
Periode sejarah: 5872-4942 SM.
Tempat turunnya di bumi: India, ada yang berpendapat di Jazirah Arab.
Jumlah keturunannya: 40 laki-laki dan perempuan.
Tempat wafat: India, ada yang berpendapat di Mekkah.
Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 25 kali.
.
2. IDRIS AS.
Nama: Idris/Akhnukh bin Yarid, nama Ibunya Asyut.
Garis Keturunan: Adam As. ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qinan ⇒ Mihlail ⇒ Yarid ⇒ Idris As.
Usia: 345 tahun di bumi.
Periode sejarah: 4533-4188 SM.
Tempat diutus: Irak Kuno (Babylon, Babilonia) dan Mesir (Memphis).
Tempat wafat: Allah mengangkatnya ke langit dan ke surga.
Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 2 kali.
.
3. NUH AS.
Nama: Nuh/Yasykur/Abdul Ghaffar bin Lamak.
Garis Keturunan: Adam As. ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qinan ⇒ Mihlail ⇒ Yarid ⇒ Idris As. ⇒ Matusyalih ⇒ Lamak ⇒ Nuh As.
Usia: 950 tahun.
Perio…

SOAL POST-TEST PKP

Soal-soal di bawah ini merujuk akan soal-soal post test yang didapat dari link. Untuk memudahkan marinkita belajar bersama semoga Lulus semua ya Aamiin
SOAL POS-TESTA. Pilihan Ganda

PetunjukPengisian: Jawablah pertanyaan / pernyataan berikut ini dengan memberikan tanda silang  (X) pada jawaban yang Saudara anggap benar !

Berikut ini pernyataan tentang kompetensi keterampilan : Kemampuan berfikir mencakup : mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, danmencipta Kemampuan belajar mencakup : mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar/mengasosiasi, dan mengomunikasikan Kemampuan piker dan tindak mental non motorik seperti mengambil keputusan, menyusun strategi, bernalar Kemampuan praktik laboratorium seperti: merangkai alat, menimbang atau mengukur, membuat grafik, dan menafsirkan grafik. Pernyataan yang termasuk kategori keterampilan abstrak terdapat pada angka … (1), (2), dan (3)  (1), (2), dan (4)  (1), (3), dan (4)