Tuesday, 24 March 2020

Taman Al Azhar Kairo



Yang kuingat ada sebuah taman, Kota Mesir, Menara Masjid Sholihuddin Al Ayyubi.

Aku tiba-tiba hadir di samping kampus besar dan tertua di dunia Al Azhar. Iya, aku kemudian masuk ke sana dalam dimensi yang berbeda. Tanaman yang luas dan hijau ini menjadi penanda bahwa Mesir tidak semuanya gersang dan tandus. Kejayaan Islam tergambar luas di negeri ini.

Disini  ada tanah hijau nan menyejukkan mata. Tanam ini sangat luas dengan deretan spot memanjakan jiwa-jiwa hambah. Air mancur di tengah taman ini menyambut kedatanganku yang masih terkesima dengan sekeliling lukisan alam dari Tuhan.

Lantai semen atau tepatnya apa ya dengan pola apa juga terbentang dari ujung hingga ke ujung jalan sana. Seakan tak bertepi. Disini ramai, ramai orang berlalu lalang. Ramah dengan kalimah-kalimah Arab yang tak asing di telingaku.

Karena ingin berlama-lama. Aku duduk di rerumputan hijau bak permadani ini sampai lisanku tak luput dari berpukau "Subhanallah, Alhamdulillah, Allahu Akbar, Masya Allah"

Aku kembali menyusuri liku dan sudut di setiap jengkal taman indah ini. Tiba di pinggir sebuah kolam atau danaukah?. Aku menyebut danau, tapi ini sepertinya kolam. Seluas mata memandang, diujung sana kulihat indahnya Kota Mesir dan air mataku jatuh tertumpah.

Tak ingin emosiku membelenggu, kuayunkan tangan dan kuangkat kaki ini hingga akupun tertunduk berlutut sembari tegak kepala ini menengadah. Kulihat dari kejauhan pucuk menara masjid besar, Sholahuddin Al Ayyubi. Matakupun kembali basah. Dalam isak tangis ku melangkah dari pembaringan dan berserah kehadirat illahi di sepertiga malam dimensi Tuhan.

Pertanyaaku adalah?
Apakah benar ada taman itu? di balik Al Azhar Kairo, dan segalah macam bentuk yang kuingat dan berusaha kugambarkan. Luasnya seperti Padang rerumputan, ada sebuah Danau kah atau Kolam, Hingga Padang rumput kedua ini membuatku tak dapat berbicara. Kutitipkan hanya dengan air mata.

Dalam suasana rindu sekolah terkenang dan terbayang hingga merasuk ke dalam mimpi-mimpi indahnya semoga menjadi nyata. Disini aku bermula.

SDIT Iqra'1 Kota Bengkulu

No comments:

Post a comment

Terima kasih atas kunjungannya semoga menginspirasi jangan lupa tulis komentarmu di kolom komentar dan dapatkan informasi terbaru di setiap postingan. Jangan lupa follow akun Instagram @efrideplin dan Twitter @efrideplin87 juga YouTube Efri Deplin. Terima kasih semoga menginspirasi.

Wisata Keluarga Guys Gerga PAL 7

Hallo sahabat kali ini Guys Gerga kembali menyapa kita semua. Trip yang paling ditunggu-tunggu adalah dimana saat rencana pekan ini kita ...