Skip to main content

Taman Al Azhar Kairo



Yang kuingat ada sebuah taman, Kota Mesir, Menara Masjid Sholihuddin Al Ayyubi.

Aku tiba-tiba hadir di samping kampus besar dan tertua di dunia Al Azhar. Iya, aku kemudian masuk ke sana dalam dimensi yang berbeda. Tanaman yang luas dan hijau ini menjadi penanda bahwa Mesir tidak semuanya gersang dan tandus. Kejayaan Islam tergambar luas di negeri ini.

Disini  ada tanah hijau nan menyejukkan mata. Tanam ini sangat luas dengan deretan spot memanjakan jiwa-jiwa hambah. Air mancur di tengah taman ini menyambut kedatanganku yang masih terkesima dengan sekeliling lukisan alam dari Tuhan.

Lantai semen atau tepatnya apa ya dengan pola apa juga terbentang dari ujung hingga ke ujung jalan sana. Seakan tak bertepi. Disini ramai, ramai orang berlalu lalang. Ramah dengan kalimah-kalimah Arab yang tak asing di telingaku.

Karena ingin berlama-lama. Aku duduk di rerumputan hijau bak permadani ini sampai lisanku tak luput dari berpukau "Subhanallah, Alhamdulillah, Allahu Akbar, Masya Allah"

Aku kembali menyusuri liku dan sudut di setiap jengkal taman indah ini. Tiba di pinggir sebuah kolam atau danaukah?. Aku menyebut danau, tapi ini sepertinya kolam. Seluas mata memandang, diujung sana kulihat indahnya Kota Mesir dan air mataku jatuh tertumpah.

Tak ingin emosiku membelenggu, kuayunkan tangan dan kuangkat kaki ini hingga akupun tertunduk berlutut sembari tegak kepala ini menengadah. Kulihat dari kejauhan pucuk menara masjid besar, Sholahuddin Al Ayyubi. Matakupun kembali basah. Dalam isak tangis ku melangkah dari pembaringan dan berserah kehadirat illahi di sepertiga malam dimensi Tuhan.

Pertanyaaku adalah?
Apakah benar ada taman itu? di balik Al Azhar Kairo, dan segalah macam bentuk yang kuingat dan berusaha kugambarkan. Luasnya seperti Padang rerumputan, ada sebuah Danau kah atau Kolam, Hingga Padang rumput kedua ini membuatku tak dapat berbicara. Kutitipkan hanya dengan air mata.

Dalam suasana rindu sekolah terkenang dan terbayang hingga merasuk ke dalam mimpi-mimpi indahnya semoga menjadi nyata. Disini aku bermula.

SDIT Iqra'1 Kota Bengkulu

Comments

Popular posts from this blog

Isi DasaDarma

PRAMUKA SATYA KU DARMAKAN DARMA KU BAKTIKAN Hapal dan mengerti Isi Dasa Darma dan Tri Satya. 1. Rajin dan giat mengikuti latihan Pasukan Penggalang, sekurang-kurangnya 6 kali latihan     berturut-turut.  Keterangan: : a. Latihan Pramuka itu berguna untuk melatih diri agar dapat hidup bermanfaat bagi diri sendiri, orang lain, masyarakat dan negara. Oleh karena itu, latihan Pramuka adalah untuk kepentingan dirimu sendiri bukan untuk orang lain. b. Rajin mengikuti latihan artinya tidak pernah absen, selalu datang pada hari dan jam yang telah ditentukan bersama. Nyatakanlah kehadiranmu itu dengan mengisi daftar hadir/absensi regu. c. Giat mengikuti latihan berarti setiap datang pada latihan Pramuka di Pasukan Penggalang selalu aktif. Yang dimaksud aktif dalam latihan yaitu selalu berusaha melatih dirinya sendiri bersama-sama teman lain akan kekurangan-kekurangan dirinya. d. Enam kali berturut-turut, berarti tidak pernah tidak datang dengan alasan sakit, ijin, dan sebaga

SILSILAH 25 NABI

SILSILAH 25 NABI Silsilah Nabi / Rasul Sumber : Silsilah Nabi dan Rasul SILSILAH 25 NABI Tulisan ini saya dapatkan dari sebuah pesan di group WhatsApp. Berikut semoga bermanfaat dan berkah Aamiin. 1. ADAM AS. Nama: Adam As. Usia: 930 tahun. Periode sejarah: 5872-4942 SM. Tempat turunnya di bumi: India, ada yang berpendapat di Jazirah Arab. Jumlah keturunannya: 40 laki-laki dan perempuan. Tempat wafat: India, ada yang berpendapat di Mekkah. Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 25 kali. . 2. IDRIS AS. Nama: Idris/Akhnukh bin Yarid, nama Ibunya Asyut. Garis Keturunan: Adam As. ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qinan ⇒ Mihlail ⇒ Yarid ⇒ Idris As. Usia: 345 tahun di bumi. Periode sejarah: 4533-4188 SM. Tempat diutus: Irak Kuno (Babylon, Babilonia) dan Mesir (Memphis). Tempat wafat: Allah mengangkatnya ke langit dan ke surga. Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 2 kali. . 3. NUH AS. Nama: Nuh/Yasykur/Abdul Ghaffar bin Lamak. Garis Keturunan: Adam As. ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qi

Pembagian Raport Online di Tengah Issue Covid-19

Pembagian Raport Online di Tengah Issue Covid-19 Saya bersama anak-anak Aulad Hari ini adalah hari Sabtu. Hari yang dinanti-nantikan bagi siswa saya ketika belajar tatap muka berlangsung. Mengapa? pasalnya adalah kalau tidak libur maka akan ada out door study atau kita akan melaksanakan POMG. Iya besok pembagian raport dan POMG. Pembagian Raport 😊. Kelas 4 Abdullah bin Umar  di Hutan Mangrove Apa itu POMG? POMG adalah Pertemuan Orangtua Murid dan Guru. Saat pembagian raport SDIT Iqra'1 Kota Bengkulu sejak lama menggaungkan budaya literasi tatap muka dengan beberapa istilah yang menarik seperti ini. Pembagian Raport dan POMG setidaknya kami laksanakan dua kali dalam satu semester. Pertama pada saat tengah semester dan yang kedua adalah di akhir semester. Biasanya pertemuan berlangsung dengan tatap muka di Masjid Qolbun Salim 1 atau Qolbun Salim 2 dan kembali berkumpul di kelas masing-masing. Baca Juga: Wisata yang Layak Dikunjungi di Bengkulu Namun ada perbe