Post Page Advertisement [Top]

Tumbuhan sangat berperan penting dalam kehidupan. Selain sebagai penghasil oksigen yang sangat berguna bagi manusia, bagian-bagian tumbuhan juga berfungi penting untuk kemaslahan dan keberlangsungan ekosistem. Adalah akar yang menjadi pokok bahasan kita pada kali ini. Hutan Mangrove menjadi objek pertama kami untuk melihat kekuasaan yang digariskan Allah SWT untuk dapat kita lestarikan.  




Melihat Langsung Akar Nafas dan Akar Tunjang pada Bakau di Hutan Mangrove

Pada kesempatan yang berharga ini, saya dan tim kelas 4 bersama anak-anak murid hebat pergi ke hutan mangrove. Saya sebagai wali kelas 4 Abdullah bin Umar bersama 33 siswa-siswi sudah sejak lama ingin berencana ke hutan mangrove ini. Pada kesempatan yang sama program out door study bulan oktober ini membawa semua tim kelas 4 SDIT IQRA`1 Kota Bengkulu menuju hutan mangrove pada hari sabtu, 12 oktober 2019.

Baca Juga: Wisata Hutan Mangrove Tim Kelas 5

Kami melihat langsung hutan mangrove dengan menaiki kapal atau sejenis perahu kecil dengan muatan sekitar 15 penumpang. Hutan mangrove di area estuari ini sangat luas sehingga untuk mengelilingi hutan ini diperlukan kendaraan air yang cukup besar dan baik untuk mengangkut penumpang. Seperti pengalaman sebelumnya karena saya pernah ke sini bersama keluarga dan ada juga bersama siswa-siswi tahun kemarin.

Kapal Transportasi Hutan Mangrove

Naik Kapal atau Perahu Kecil

Biaya yang ditarik oleh pemilik kapal cukup untuk anak-anak yakni sekitar Rp 10.000,00 atau kita menyewa kapal sebesar Rp. 150.000,00. Setelah sebelumnya kita menaiki angkot dari sekoah tentunya. Mengelilingi hutan mangrove memerlukan waktu setidaknya sekitar 20 - 30 menit. Pada akhir perjalanan kapal ini nanti kita akan bertemu sebuah area hutan dengan perairan yang cukup luas dan dikelilingi oleh hutan mangrove.

Pohon Mangrove Apa Saja dan Fungsinya

Pohon mangrove yang tersebar luas di sana adalah pohon bakau. Iya, pada kawasan-kawasan tertentu kita dapat melihat akar tunjang yang berfungsi menunjang batang pohon bakau terlihat kokoh dan gagah. Dengan akar tunjang yang dimilikinya, bakau dapat bertahan dari hantaman air muara dan air laut pada saat pasang. Akar ini juga sangat berguna sebagai tempat tinggal ikan-ikan kecil selain dari terumbuh karang yang menjadi tempat tinggal mereka.

Akar Tunjang


Selain itu ada juga akar nafas yang dapat memanjakan mata seraya takjub pada yang maha kuasa terhampar di sekeliling tepian air. Biasanya akar ini berbentuk runcing menancap ke atas yang keluar dari dalam tanah. Akar ini sangat bermanfaat untuk menarik udara dari luar masuk ke dalam jaringan tumbuhan bakau itu sendiri.

Akar Nafas

Baca Juga : Jenis-jenis Akar dan Akar Khusus

Selengkapanya Tonton Juga: Video Pembelajaran Jenis-jenis Akar dan Akar Khusus


Berikut Dokumentasi Kegiatan









2 comments:

  1. Emang nggak pernah bosen main kesini... kalau lagi ada tamu dri luar provinsi, wisata iji pasti salah 1 dari beberapa yang akan saya pamerkan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar kak, ga pernah bosan berkali-kali kesini. Hutan mangrovenya juga bikin adem.

      Delete

Terima kasih atas kunjungannya semoga menginspirasi jangan lupa tulis komentarmu di kolom komentar dan dapatkan informasi terbaru di setiap postingan. Jangan lupa follow akun Instagram @efrideplin dan Twitter @efrideplin87 juga YouTube Efri Deplin. Terima kasih semoga menginspirasi.

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib