Skip to main content

Pilih Haji atau Umroh



Suatu hari saya menghadiri Walimatus Syafar atau yang lebih dikenal dengan doa keberangkatan para jamaah haji ke tanah suci. Ada terbesit keinginan dan doa agar dimudahkan ke tanah suci Mekkah. Saya dan istri juga sering sekali membahas ini di rumah. Baik ketika awal menikah pun setelah kami memiliki dua anak.

Jika berbicara mana yang harus dipilih diantara keduanya, maka disinilah dimulai niat ini diuji. Jika memilih untuk berhaji maka ada tolak ukur dan konsekuensinya. Namun jika memilih umrah terlebih dahulu juga ada tolak ukur dan konsekuensinya pula.

berikut pertimbangan jika harus diketahui ketika memilih diantara satu, haji atau umrah.

Baca juga : Zahran Muhammad Furqon yang memotivasi kita semua

HAJI

1. Biaya

Dikutip dari alamat www.cermati.com

Dari segi biaya sangat fantastis. 
Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) reguler sebesar Rp35.235.602 per jemaah. Sedangkan ONH plus dipatok minimal USD8.000 atau setara Rp114.400.000 (kurs Rp14.300 per USD).

Untuk setoran awal haji reguler sebesar Rp25.000.000, dan haji khusus sekitar USD4.000 atau setara Rp57.200.000. Ada satu lagi Haji Furoda, berangkat haji tanpa antre yang biayanya mulai dari USD14.000-an atau sekitar Rp200.200.000.

2. Masa Tunggu

Masa tunggu atau lama antrean haji reguler rata-rata nasional mencapai 18 tahun, sementara haji khusus lebih pendek, yakni 6-7 tahun.

3. Penanggung Jawab

Untuk pelayanan haji reguler dilakukan pemerintah melalui Kemenag. Sedangkan haji khusus dilakukan swasta atau biro travel (PIHK) dan tetap mengikuti aturan pemerintah.

4. Jarak Hotel

Keuntungan haji khusus bisa menikmati hotel yang dekat dengan Masjidil Haram, jadi tinggal jalan kaki. Sedangkan hotel jemaah haji reguler ditentukan berdasarkan konvigurasi Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) sesuai qur’ah (pengundian) oleh pemerintah Arab Saudi.

5. Keterisian Kamar

Untuk jemaah haji khusus, kamar hotel bintang 5 diisi maksimal 4 orang. Ada paket untuk 2 orang, 3 orang, dan 4 orang. Selain itu, bisa memilih nama yang masuk dalam satu kamar. Sementara jemaah reguler, kamar tidak boleh diisi lebih dari 5 orang dan tidak punya keuntungan memilih nama.

6. Penerbangan

Transportasi, khususnya penerbangan untuk haji khusus tanpa transit atau sekali transit. Sementara penerbangan haji reguler transit di Jeddah atau Madinah.

7. Layanan Tenda di Arafah dan Mina

Untuk akomodasi di Arafah dan Mina, kualitas tenda yang digunakan jemaah reguler sudah hampir sama dengan haji khusus. Bagi jemaah haji khusus, tenda dilengkapi dengan alas kasur, sedangkan haji reguler alas atau karpet biasa. Tahun ini, tenda haji reguler dijanjikan akan ada AC.
Foto by Google

UMROH

Dengan uang 25 juta Insya Allah bisa berangkat umroh bersama Bapak Dr. Dani Hamdani, M.Pd.

Seperti contoh berikut selengkapnya:

لَبَّيْكَ اللَّهُمَّ لَبَّيْكَ لَبَّيْكَ لاَ شَرِيكَ لَكَ لَبَّيْكَ إِنَّ الْحَمْدَ وَالنِّعْمَةَ لَكَ وَالْمُلْكَ لاَ شَرِيكَ لَكَ

PROGRAM UMROH 2019-2020

🕋 PAKET UMROH BERKAH & AMANAH BERSAMA BIMTOUR 🕋
Izin Umroh Nomor 52 Tahun 2017
Keberangkatan
26 Oktober 2019
24 November 2019
25 Januari 2020
29 Februari 2020
28 Maret 2020

------

✈Pesawat : Oman Air/Ettihad
harga 25 Juta

🏬Hotel Makkah : Tharawat Andalusia/setaraf
🏬Hotel Madinah : salahnya golden/setaraf
Segera Booking DP 5 Juta

🔵Biaya sdh termasuk :
✅Tiket pesawat PP BKL-Jkt-Jeddah.
✅Visa umroh.
✅Hotel Makkah dan Madinah.
✅Menu Makan indonesia 3x sehari.
✅Pembimbing.
✅Manasik Umroh.
✅Ziarah Makkah & Madinah
✅City tour Jeddah.
✅Transportasi Bus AC.
✅Air zamzam 5 Liter perjamaah.
⚠Biaya blm termasuk :
1. Biaya pembuatan pasport.
2. Biaya suntik miningitis.
3. VISA Progresif (bagi jamaah yang terkena)


📣Segera daftar seat terbatas 
🏤Pendaftaran :
Kantor Cabang : 

Jl.MT. Haryono No.289 Kampung Bali Kota Bengkulu (samping masjid Irsyadiyah SMPIT IQRA)

CP: 
📱0895326418115 (Efri)



Sama-sama Perjalanan Spiritual

Dalam melakukan perjalanan haji dan Umroh yang perlu diingat bahwasanya haji dan umroh adalah perjalanan Ruhani spiritual yang membutuhkan kekuatan fisik mental dan ekonomi.

Kekuatan fisik dan mental memberikan keuntungan tersendiri. 

Jika umur masih mudah maka kecenderungan untuk diprioritaskan berhaji adalah yang sudah tua. Artinya umur juga sangat menentukan keberangkatan jika dilihat dari segi usia. 

Keuntungannya apa? Masih muda tentu berhaji sangat maksimal untuk dijalani. Fisik dan tenaga yang kuat menentukan hasil pelaksanaan di tanah suci nantinya.

Namun jika peserta haji sudah lanjut usia maka diwajibkan untuk membawa mahrom atau anak, kakak, adik atau siapa saja dari orang tua kita. Ini sebuah keuntungan bagi anggota keluarga yang masih muda untuk segera berhaji sekaligus menemani mahromnya ke tanah suci. Itu artinya yang menemani tidak mesti harus menunggu lama bertahun-tahun bahkan berpuluh tahun.

Baca juga : Doa-doa terbaik pada bulan Dzulhijjah 

Biaya bagi keluarga yang ditinggal

Harus menjadi perhatian utama ketika keluarga yang ditinggakan mendapatkan nafkah dan terjamin juga kesehatan.

Berhaji dapat dilakukan secara bersamaan dengan ibadah umroh. Walaupun pada pelaksanaan nya terpisah namun hakikatnya adalah ketika kita berangkat hari maka ada waktu khusus para jamaah untuk melaksanakan umroh.

Namun jika kita melaksanakan ibadah umroh, kita tidak dapat melaksanakan haji. Karena ketentuan haji hanya daoat dilakukan di bulan haji saja. Tapi kita dapat melaksanakan umroh beberapa kali setiap satu kali perjalanan umroh. Umroh bisa dilakukan hingga 3 kali dan bahkan kita juga dapat mengumrohkan keluarga kita yang benar-benar tidak dapat berangkat ke sana.

Nah, dari uraian di atas semoga dapat memberikan gambaran apa yang menjadi pilihan diantara haji atau umroh. Semoga Allah SWT mudahkan langkah kita kesana dan pasang niat di dalam hati semoga segera mendapatkan panggilan untuk menunaikan haji dan umroh Aamiin ya Rabbal Alamiin.

Tulisan ini dipublikasikan dan dibuat dalam rangka #BobeOneWeekNulis  Blogger Bengkulu dengan tema Haji dan Umroh.

semoga bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Isi DasaDarma

PRAMUKA SATYA KU DARMAKAN DARMA KU BAKTIKAN
Hapal dan mengerti Isi Dasa Darma dan Tri Satya.
1. Rajin dan giat mengikuti latihan Pasukan Penggalang, sekurang-kurangnya 6 kali latihan     berturut-turut.  Keterangan: :
a. Latihan Pramuka itu berguna untuk melatih diri agar dapat hidup bermanfaat bagi diri sendiri, orang lain, masyarakat dan negara. Oleh karena itu, latihan Pramuka adalah untuk kepentingan dirimu sendiri bukan untuk orang lain.
b. Rajin mengikuti latihan artinya tidak pernah absen, selalu datang pada hari dan jam yang telah ditentukan bersama. Nyatakanlah kehadiranmu itu dengan mengisi daftar hadir/absensi regu.
c. Giat mengikuti latihan berarti setiap datang pada latihan Pramuka di Pasukan Penggalang selalu aktif. Yang dimaksud aktif dalam latihan yaitu selalu berusaha melatih dirinya sendiri bersama-sama teman lain akan kekurangan-kekurangan dirinya.
d. Enam kali berturut-turut, berarti tidak pernah tidak datang dengan alasan sakit, ijin, dan sebagainya. Teruskanlah la…

SILSILAH 25 NABI

SILSILAH 25 NABI


SILSILAH 25 NABI

Tulisan ini saya dapatkan dari sebuah pesan di group WhatsApp. Berikut semoga bermanfaat dan berkah Aamiin.

1. ADAM AS.
Nama: Adam As.
Usia: 930 tahun.
Periode sejarah: 5872-4942 SM.
Tempat turunnya di bumi: India, ada yang berpendapat di Jazirah Arab.
Jumlah keturunannya: 40 laki-laki dan perempuan.
Tempat wafat: India, ada yang berpendapat di Mekkah.
Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 25 kali.
.
2. IDRIS AS.
Nama: Idris/Akhnukh bin Yarid, nama Ibunya Asyut.
Garis Keturunan: Adam As. ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qinan ⇒ Mihlail ⇒ Yarid ⇒ Idris As.
Usia: 345 tahun di bumi.
Periode sejarah: 4533-4188 SM.
Tempat diutus: Irak Kuno (Babylon, Babilonia) dan Mesir (Memphis).
Tempat wafat: Allah mengangkatnya ke langit dan ke surga.
Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 2 kali.
.
3. NUH AS.
Nama: Nuh/Yasykur/Abdul Ghaffar bin Lamak.
Garis Keturunan: Adam As. ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qinan ⇒ Mihlail ⇒ Yarid ⇒ Idris As. ⇒ Matusyalih ⇒ Lamak ⇒ Nuh As.
Usia: 950 tahun.
Perio…

SOAL POST-TEST PKP

Soal-soal di bawah ini merujuk akan soal-soal post test yang didapat dari link. Untuk memudahkan marinkita belajar bersama semoga Lulus semua ya Aamiin
SOAL POS-TESTA. Pilihan Ganda

PetunjukPengisian: Jawablah pertanyaan / pernyataan berikut ini dengan memberikan tanda silang  (X) pada jawaban yang Saudara anggap benar !

Berikut ini pernyataan tentang kompetensi keterampilan : Kemampuan berfikir mencakup : mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, danmencipta Kemampuan belajar mencakup : mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar/mengasosiasi, dan mengomunikasikan Kemampuan piker dan tindak mental non motorik seperti mengambil keputusan, menyusun strategi, bernalar Kemampuan praktik laboratorium seperti: merangkai alat, menimbang atau mengukur, membuat grafik, dan menafsirkan grafik. Pernyataan yang termasuk kategori keterampilan abstrak terdapat pada angka … (1), (2), dan (3)  (1), (2), dan (4)  (1), (3), dan (4)