Post Page Advertisement [Top]

EdukasiSDIT IQRA `1 Kota Bengkulu

Penanaman Karakter dan Budi Pekerti Melalui MABIT Untuk Meningkatkan Hasil Penilaian Akhir Semester Ganjil Siswa Kelas 5 SDIT IQRA'1 Kota Bengkulu


Alhamdulillah..
Judul di atas terlihat seperti sebuah judul karya ilmiah, namun di sinilah terdapat sebuah proses jangka panjang yang akan direkam dalam memori dan hasilnya akan didapat puluhan tahun mendatang. Insya Allah Allahu Akbar!


Menjelang Penilaian Akhir Semester 1 tahun ajaran 2018/2019 tim kelas 5 SDIT IQRA'1 Kota Bengkulu mengadakan Mabit atau Malam Bina Iman dan Taqwa. Mabit yang menjadi sebuah program rukhiyah tahunan di tiap jenjang kelas atas menjadi suatu hal menarik bagi siswa. Apalagi ternyata kelas 5 tahun ini adalah Mabit perdana bagi mereka.

Mabit yang syarat nilai Akhlak, Birrul Walidain dan Upaya sukses ujian ini dibekali dengan berbagai mata acara. Diantaranya adalah Almatsurat Jamaai sore dan pagi, Makan Malam Bersama, Shalat Fardhu berjamaah, Qiyamul Lail, Olah Raga, Sarapan, dll.

Sore Jumat 30 november 2018 semua siswa kembali hadir ke sekolah pada pukul 17.00. Ikhwan dan Akhowat atau Aulad dan Banat di tempatkan pada kelas terpisah. Aulad berada di lokal kelas bawah dan banat di lokal kelas atas. Setelah menempatkan perlengkapan pribadi semua siswa berkumpul di masjid Qolbun Salim 2. Beberapa ustad dan ustadzah menuntun acara di masjid untuk almatsurat sore. Acara disambung langsung dengan shalat maghrib berjamaah. Suara Adzan dari muazin Zahran Muhammad Furqon memberi tanda siang akan berganti malam.

Pada akhir maghrib, tibalah jadwal makan malam yang akan dinikmati bersama di kelas masing-masing. Saya di kelas 5c bersama 13 aulad yang super keren dan sholeh. Ada 4 aulad yang tidak bisa hadir, ada yang sedang sakit ada juga yang aktifitas keluarga. Namun kami tetap saling mendoakan dalam robitho untuk semua siswa kelas 5.

Bakda makan malam, semua siswa menuju masjid dengan mushafnya masing-masing. Membaca Al-Quran dengan suara seperti lebah terbang di masjid qolbun salim 2. Hingga isya menjelang acara inti pun dimulai.

Ust Suherman, memberikan bekal ilmu akhlak terpuji sebagai siswa teladan. Memberikan sajian menarik dengan bertauladan langsung kepada Rasulullah SAW untuk mencapai kesuksesan hakiki. Siroh Nabawiyyah dan kisah sahabat mengajak diri berimaji dalam dekapan illahi rabbi.

Sajian ini semakin menambah hikmah ketika wakil kesiswaan Ust Feredian Hidayat memberikan umpan balik dengan pertanyaan pamungkas "Apa tujuan antum hadir di mabit malam ini". Alhamdulillah semua siswa dapat menyimak dengan baik.

Sebagai seorang guru menuntun siswa menjadi lebih baik adalah sebuah proses panjang penuh tantangan. Mendidik dengan cara yang mereka inginkan dengan masuk ke dunianya adalah sebuah keharusan. Di dalamnya tentu ada penghubung dengan orang tua-orang tua hebat dan super keren. Sukses mendidik siswa di kelas tidak terlepas dari komunikasi efektif dengan orang tua.

Termasuk malam ini, tidak mudah bagi orang tua melepas anaknya begitu saja mengikuti mabit. Apalagi beberapa siswaku masih dalam tahap penyembuhan, berkali-kali WhatsApp pribadi masuk memberikan informasi keadaan beberapa siswa kepada kami. Atau pengalaman pertama orang tua memeberikan izin kepada ananda untuk "jauh" dari mereka. Sekali lagi komunikasi efektif terus dibangun untuk mencapai suhu yang sama.

Alhamdulillah, tepat pukul 03.00 dini hari ratusan siswa dan dewan guru bersiap Quyamul Lail hingga subuh menjelang. Sikap mereka dengan mudah dapat dibaca, terlihat ketika Almatsurat pagi dibacakan, kejujura mereka tak dapat dielak. Mereka capek tapi tetap semangat.

Bakda Almatsurat semua kembali ke kelas untuk merapikan ruangan yang akan digunakan untuk PAS besok lusa. Kemudian dilanjutkan senam Sehat Anak Indonesia dan sarapan pagi dengan gembira.
Alhamdulillah acara Mabit berlangsung dengan baik. Semoga anak-anak semakin sholeh dan sholeha, semakin sayang kepada orang tua dan tetap menjadi bintang dan mutiaram siap mengikuti Panilaian Akhir Semester dengan gemilang. Aamiin

Alhamdulillah segala puji bagi Allah SWT, terima kasih struktur SDIT IQRA'1 Kota Bengkulu yang telah memfasilitasi berkontribusi dan mensupport penuh agenda ini, terima kasih kepada tim kelas 5 yang solid dan mampu berdiri bagaikan sebuah bangunan yang kokoh. Terima kasih ayah bunda hebat, kita bersama-sama menyiapkan generasi Z milenial untuk masa Emas Indonesia 2045 mendatang. Allahu Akbar!
Baarakallahu Fikum Jaamiian.


Korjen Kelas 5
Efri Deplin, S.Si, M.Pd.


































No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya semoga menginspirasi jangan lupa tulis komentarmu di kolom komentar dan dapatkan informasi terbaru di setiap postingan. Jangan lupa follow akun Instagram @efrideplin dan Twitter @efrideplin87 juga YouTube Efri Deplin. Terima kasih semoga menginspirasi.

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib