Post Page Advertisement [Top]

EdukasiKemnas 4 SAKO SITPramukaSako Pramuka SIT

Pelepasan Kemah Ukhuwah Nasional 4 Satuan Komunitas Pramuka Sekolah Islam Terpadu Wilayah Bengkulu








Assalamua`alaikum.. Wr. Wb.

Pelepasan Kemnas 4 Sako Pramuka SIT Wilayah Bengkulu

Alhamdulillah hari ini 10 November 2018 bertepatan dengan Hari Pahlawan, Sako Pramuka Sekolah Islam Terpadu (PSIT) Wilayah Bengkulu melangsungkan proses pelepasan peserta kemnas 4. 

 

Acara berlangsung khidmat di bawah rintik hujan yang membasahi bumi raflesia. Setelah dilakukan proses gladi upacara pelepasanpun dimulai. Mewakili Ka.Kwarda Kak Meri Sasdi karena beliau sedang ada perjalanan dinas ke Lebong adalah kak Irmidzi menyampaikan penguatan kepada adik-adik penggalang untuk selalu kompak dan mengharumkan nama baik Provinsi Bengkulu di kanca Nasional. Sedana dengan Dewan Pembina JSIT wilayah Bengkulu KH. Dr. Dani Hamdani, M.Pd menyampaikan support dan apresiasi yang tinggi untuk adik-adik dan pembina pendaming untuk sukses di kemnas 4 sako Pramuka SIT 16-19 November mendatang. 

Rangkaian Menuju Kemnas 4

Persiapan yang matang dimulai sejak bulan Februari 2018 hingga hari ini adalah rangkaian untuk mensukseskan agenda besar 4 tahunan Kemah Ukhuwah Nasional. Kemah Ukhuwah Nasional 4 kali ini diikuti oleh 3 negara diantara adalah Malaysia, Thailand dan Indonesia. Target panitia kapasitas 12.000 penggalang yang dapat menumbuhkan rasa ukhuwah melalui tema “Mandiri Tangguh Bersaudara” dengan rangakain giat edukatif.

Provinsi Bengkulu turut andil dalam suksesnya acara ini. Tercatat 23 regu yang tersebar dari beberapa kabupaten kota se-Provinsi Bengkulu. Penggalang Ramu dan Rakit yang tergabung di Sekolah Dasar Islam Terpadu dan Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu di bawah naungan JSIT juga akan dibantu oleh tim official Penegak dari SMAIT Iqra` Bengkulu akan mensukseskan Kemnas 4 di Bumi Perkemhan Cibubur, Jakarta Timur.

Arahan Ketua Bidang Sako Pramuka SIT Wilayah Bengkulu

8 Arahan Kabid. Pramuka SIT Bengkulu menjelang Pelaksanaan KEMNAS IV Sako Pramuka SIT :

1. Mari tingkatkan rukhiyah para pembina, ajak dan serukan kepada semua adik-adik untuk terus menjaga ke Istiqomahan dalam sholat berjamaah, tilawah, ma'tsurat dan terus berbuat baik dalam keadaan lapang ataupun sempit.

2. Lakukan latihan rutin menjelang kemnas4, untuk mengasah kedisiplinan, kemandirian, sosial peserta didik kita agar lebih siap ketika di perkemahan. Target utama kita bahwa perkemahan ini  terbangun kepribadian yg baik dan luar biasa pada peserta didik. Berjiwa taqwa yg mandiri, sosial, terampil, tangguh, tangkas, teguh, berdisiplin tinggi, dll.

3. Buat regulasi tertib terkait penggunaan HP, ketika di perkemahan ataupun ketika tour (sebaiknya pesdik tidakbawa HP) Komunikasi cukup melalui Pembina. Agar tidak merepotkan para pembina dan anak anak tetap fokus mendengarkan arahan. Buat Rasio pembandinban Pembina dan Pesdik agar fokus dengan beberapa pesdik saja, misal 1 pembina mendapat amanah 5 pesdik, ect dsb.

4. Kondisikan group WA orang tua, agar kondusif dan tidak mengganggu aktivitas kegiatan perkemahan dengan meminta foto anak-anak. Buat regulasi sebaik mungkin agar peran pembina bisa maksimal serta ortu bisa menerima info tentang Kegiatan anak juga baik dan tertib.

5. Kondisikan anak anak saat di bandara pergi dan pulang, agar tidak membawa aksesoris yg ribet ketika melewati security bandara baik yg di badan atau pun yg dalam tas (jangan bawa barang yg dilarang masuk ke dalam tas seperti pisau, gunting, korek, dll)

6. Bagi sekolah sekolah yg melakukan tour baik sebelum atau sesudah, Pastikan jaga kesehatan anak anak agar tetap fit.

7. Pastikan selalu berhati hati dimana pun berada. Pastikan setiap intruksi jelas di terima semua anak-anak.

8. Bawa barang seperlunya dan secukupnya selama berkemah dan tour.

Demikian, mari terus saling koordinasi dan komunikasi, saling berbagi info dan eratkan ukhwah serta kesolidan kontingen. Semoga Allah memudahkan semua urusan kita, Berangkat dan pulang senantiasa selamat, sehat dan sholih. Allahu Akbar.
Baarakallahi fikum
Semangat bertugas kakak kakak hebat.
Disadur dari kak Bima dan ditambahkan dan diedit pada bagian-bagian tertentu.

Ucapan Terima Kasih

Terima kasih kepada Bapak KH. Dani Hamdani, M.Pd yang telah banyak membina JSIT wilayah Bengkulu. Bapak Sutrisno, M.TPd yang memberikan banyak kesempatan kepada sekolah-sekolah di Provinsi Bengkulu untuk turut dalam suskesnya agenda besar Pramuka SIT. Kamabigus se-Provinsi Bengkulu yang telah mensupport kegiatan ini dengan baik. Kakak-kakak pembina pendamping kemah ukhuwah nasional 4 Sako SIT yang menjadi ujung tombak menyemangati adik-adik penggalang. Kwarcab 04 Kota Bengkulu Kak Heriyadi, Kak Herman Suryadi, S.Pd, M.Pd. dan segenap jajarannya. Kwarda 07 Bengkulu Kak Meri Sasdi, Kak Riyadi Santoso dan jajarannya. Sako Cabang Kota Bengkulu dan daerah, Departemen Pramuka SIT Wilayah Bengkulu yang telah banyak membantu atas usahanya menuju Kemans 4 Pramuka SIT 16-19 November di Bumi Perkemahan Cibubur Mendatang.

Dewan Guru dan Para Orang tua hebat yang memberikan support luar biasa untuk ananda yang sama-sama kita cintai.

Terima kasih dan mohon doa yang tulus untuk keberkahan acara besar ini untuk mengangkat nama baik kita bersama. Nama baik Provinsi Bengkulu khususnya dan nama Baik Bangsa Indonesia pada umumnya.

Salam Pramuka!

Efri Deplin
Ketua Departeman Pramuka SIT
Wilayah Bengkulu
Wassalamkm.wr.wb




















No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya semoga menginspirasi jangan lupa tulis komentarmu di kolom komentar dan dapatkan informasi terbaru di setiap postingan. Jangan lupa follow akun Instagram @efrideplin dan Twitter @efrideplin87 juga YouTube Efri Deplin. Terima kasih semoga menginspirasi.

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib