Skip to main content

Pembukaan KPN 2018 dan Peringatan Hari Pramuka ke-57 Desa Pramuka Lebakharjo

Alhamdulillah.. Pada kesempatan malam ini saya dapat kembali mengulas kegiatan KPN 2018. Semoga pembaca budiman senantiasa mendapat inspirasi dari tulisan kecil ini.

Pagi selasa, 14 agusutus 2018 menjadi pagi yang dinantikan seluruh pramuka di Indonesia khususnya peserta KPN 2018 desa Pramuka Lebakharjo. Indonesia memiliki keunikan tersendiri dari sejarah kepramukaan. Gerakan Pramuka menjadi sebuah wadah yang tepat dapat memberikan solusi bagi kaum muda Indonesia agar lebih bermakna.

Disini di Lebakharjo Jawa Timur cita-cita itu senantiasa membuncah dalam diri setiap pembina.

Pukul 06.00 wib semua kakak pembina di rumah inap Bapak Riadi sudah selesai sarapan pagi dengan menu khas pedesaan. Seragam pramuka lengkap menambah pesan makna tersirat dari kain cokelat perjuangan para pemuda bangsa saat itu. Kami secara bergantian menuju lapangan utama KPN 2018. Ojek sepeda -seperti masyarakat disini menyebutnya- sudah menunggu dengan setia di depan rumah.

Lumayan jarak yang ditempuh hampir 2 km lebih. Jadi transportasi ojek sangat penting sebagai pilihan mobilitas terkini.

untuk kami home stay yang jauh ini ojek sangat penting. Dalam perjalanan pagi ini banyak sekali kakak pembina yang juga berjalan kaki menuju lapangan.

Dari perkiraan awal sebanyak 9.234 kakak pembina dan alumni Comdeca menghadiri KPN 2018 ini hanya dihadiri sebanyak 4.120 kakak pembina dari seluruh indonesia. Lapangan utama mulai dipenuhi kakak pembina untuk upacara Hari Pramuka ke-57 tahun 2018. Semua berbaris rapi sesuai dengan tingkatan dan golongan. Siaga, penggalang, penegak, pelatih dan kapusdik. Di belakang barisab pembina sejumlah siswa siaga, penegak, dan pandega sudah siap dengan atribut aksi mereka.

Acarapun dimuali setelah Gubernur Malang hadir sebagai pembin upacara yang semula dijadwalkan akan dihadiri oleh Kak Jokowi Dodo sebagai Pramuka tertinggi di negeri ini. Mungkin karena suatu hal yang sangat penting sehingga beliau tidak dapat hadir membuka secara resmi cara KPN 2018.

Saya dan kak Indra berbaris di shaf kedua golongan penggalang. Susuanan upacara dapat diikuti dengan khidmat. Alunan musik hidup dari pangkalan sebuah sekolah kejuruan itu menambah semangat ketika lagu indonesia raya dinyanyikan bersama. Juga ketika hymne pramuka dinyanyikan bersama menjadikan sebuah momentum kebersamaan menyatukan diri satu sama lain menjadi utuh sebagai perekat NKRI. Pramuka menyatukan NKRI.

Pembina upacara menyampaikan ucapan terima kasih yang besar kepada kabupaten desa Lebakharjo khususnya dan Malang pada umumnya atas terselenggaranya KPN 2018 ini. Dikahir upacara diadakan penyerahan beberap penghargaan satya lencana, pramuka garuda, gudep unggul 2018, dll. Penghargaan satya lencana diberikan kepada beberapa pembina yang berhak menerimnya. Khusus pramuka garuda pada kesempatan ini diberikan kepada dua penggalang putri.

Penghargaan gudep unggul ini mengingatkan kepada saya pada tiga tahun yang lalu di Denpasar Bali. Tahun 2016 yang lalu dengan sebuah perjuangan dan persaingan ketat dimulai dari tingkat kota provinsi hingga nasional. Gudep 06.007-06.008 Ali bin Abi Thalib Fatimah Azzahra berhasil menjadi yang terbaik kedua tingkat Nasional. Menjadi sebuah apresiasi tinggi dan amanah besar di pundak ini untuk senantiasa komitmen menjadikan pramuka sebagai wadah terbaik pembinaan kaum muda Indonesia.

Upacara kemudian ditutup dengan serangkaian acara hiburan dan tampilan siaga penggalang dan penegak. Tampilan yang memukau diakhiri letusan kembang api di detik-detik penutupan acara peringatan Hari Pramuka dan Pembukaan KPN 2018 desa Pramuka Lebakharjo Jawa Timur Indonesia.

Selesai upacara saya silaturahim kepada beberapa pembina. Kemudian pulang ke home stay dan beristirahat menantikan pukul 14.00 wib pada giat selanjutnya di SDN2, tepat disamping rumah Bapak Riadi.

Pukul 14.00 wib semua pembina penggalang sudah berkumpul di halaman SDN2. Giat siang ini adalah permainan yang menarik. Kami ditantang membuat yel-yel terbaik di setiap regu. Tidak terkecuali memperbaiki komitment yang dibuat secara tertulis di tiap regu.

Haahaa ada macam gerak bunyi dan lagu yang ditampilkan kakak-kakak dari berbagai daerah seluruh Indonesia ini. Semuanya saling menyemangati tanpa membully. Alhamdulillah yel-yel yang ditampilkan semuanya dalam rangka saling menyemangati. Tidak ada unsur membully sedikitpun.

Pukul 16.30 acara selesai mengingat ashar dan istirahat sore bagi kakak pembinanya.

Lanjut yaaa.. suasana malam nanti yang seru dan punya cerita. Tunggu tulisan saya selanjutnya.











Comments

Popular posts from this blog

Isi DasaDarma

PRAMUKA SATYA KU DARMAKAN DARMA KU BAKTIKAN
Hapal dan mengerti Isi Dasa Darma dan Tri Satya.
1. Rajin dan giat mengikuti latihan Pasukan Penggalang, sekurang-kurangnya 6 kali latihan     berturut-turut.  Keterangan: :
a. Latihan Pramuka itu berguna untuk melatih diri agar dapat hidup bermanfaat bagi diri sendiri, orang lain, masyarakat dan negara. Oleh karena itu, latihan Pramuka adalah untuk kepentingan dirimu sendiri bukan untuk orang lain.
b. Rajin mengikuti latihan artinya tidak pernah absen, selalu datang pada hari dan jam yang telah ditentukan bersama. Nyatakanlah kehadiranmu itu dengan mengisi daftar hadir/absensi regu.
c. Giat mengikuti latihan berarti setiap datang pada latihan Pramuka di Pasukan Penggalang selalu aktif. Yang dimaksud aktif dalam latihan yaitu selalu berusaha melatih dirinya sendiri bersama-sama teman lain akan kekurangan-kekurangan dirinya.
d. Enam kali berturut-turut, berarti tidak pernah tidak datang dengan alasan sakit, ijin, dan sebagainya. Teruskanlah la…

SILSILAH 25 NABI

SILSILAH 25 NABI


SILSILAH 25 NABI

Tulisan ini saya dapatkan dari sebuah pesan di group WhatsApp. Berikut semoga bermanfaat dan berkah Aamiin.

1. ADAM AS.
Nama: Adam As.
Usia: 930 tahun.
Periode sejarah: 5872-4942 SM.
Tempat turunnya di bumi: India, ada yang berpendapat di Jazirah Arab.
Jumlah keturunannya: 40 laki-laki dan perempuan.
Tempat wafat: India, ada yang berpendapat di Mekkah.
Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 25 kali.
.
2. IDRIS AS.
Nama: Idris/Akhnukh bin Yarid, nama Ibunya Asyut.
Garis Keturunan: Adam As. ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qinan ⇒ Mihlail ⇒ Yarid ⇒ Idris As.
Usia: 345 tahun di bumi.
Periode sejarah: 4533-4188 SM.
Tempat diutus: Irak Kuno (Babylon, Babilonia) dan Mesir (Memphis).
Tempat wafat: Allah mengangkatnya ke langit dan ke surga.
Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 2 kali.
.
3. NUH AS.
Nama: Nuh/Yasykur/Abdul Ghaffar bin Lamak.
Garis Keturunan: Adam As. ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qinan ⇒ Mihlail ⇒ Yarid ⇒ Idris As. ⇒ Matusyalih ⇒ Lamak ⇒ Nuh As.
Usia: 950 tahun.
Perio…

SOAL POST-TEST PKP

Soal-soal di bawah ini merujuk akan soal-soal post test yang didapat dari link. Untuk memudahkan marinkita belajar bersama semoga Lulus semua ya Aamiin
SOAL POS-TESTA. Pilihan Ganda

PetunjukPengisian: Jawablah pertanyaan / pernyataan berikut ini dengan memberikan tanda silang  (X) pada jawaban yang Saudara anggap benar !

Berikut ini pernyataan tentang kompetensi keterampilan : Kemampuan berfikir mencakup : mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, danmencipta Kemampuan belajar mencakup : mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar/mengasosiasi, dan mengomunikasikan Kemampuan piker dan tindak mental non motorik seperti mengambil keputusan, menyusun strategi, bernalar Kemampuan praktik laboratorium seperti: merangkai alat, menimbang atau mengukur, membuat grafik, dan menafsirkan grafik. Pernyataan yang termasuk kategori keterampilan abstrak terdapat pada angka … (1), (2), dan (3)  (1), (2), dan (4)  (1), (3), dan (4)