Post Page Advertisement [Top]

Desa Pramuka LebakharjoEdukasiPramuka

Pembukaan KPN 2018 dan Peringatan Hari Pramuka ke-57 Desa Pramuka Lebakharjo

Alhamdulillah.. Pada kesempatan malam ini saya dapat kembali mengulas kegiatan KPN 2018. Semoga pembaca budiman senantiasa mendapat inspirasi dari tulisan kecil ini.

Pagi selasa, 14 agusutus 2018 menjadi pagi yang dinantikan seluruh pramuka di Indonesia khususnya peserta KPN 2018 desa Pramuka Lebakharjo. Indonesia memiliki keunikan tersendiri dari sejarah kepramukaan. Gerakan Pramuka menjadi sebuah wadah yang tepat dapat memberikan solusi bagi kaum muda Indonesia agar lebih bermakna.

Disini di Lebakharjo Jawa Timur cita-cita itu senantiasa membuncah dalam diri setiap pembina.

Pukul 06.00 wib semua kakak pembina di rumah inap Bapak Riadi sudah selesai sarapan pagi dengan menu khas pedesaan. Seragam pramuka lengkap menambah pesan makna tersirat dari kain cokelat perjuangan para pemuda bangsa saat itu. Kami secara bergantian menuju lapangan utama KPN 2018. Ojek sepeda -seperti masyarakat disini menyebutnya- sudah menunggu dengan setia di depan rumah.

Lumayan jarak yang ditempuh hampir 2 km lebih. Jadi transportasi ojek sangat penting sebagai pilihan mobilitas terkini.

untuk kami home stay yang jauh ini ojek sangat penting. Dalam perjalanan pagi ini banyak sekali kakak pembina yang juga berjalan kaki menuju lapangan.

Dari perkiraan awal sebanyak 9.234 kakak pembina dan alumni Comdeca menghadiri KPN 2018 ini hanya dihadiri sebanyak 4.120 kakak pembina dari seluruh indonesia. Lapangan utama mulai dipenuhi kakak pembina untuk upacara Hari Pramuka ke-57 tahun 2018. Semua berbaris rapi sesuai dengan tingkatan dan golongan. Siaga, penggalang, penegak, pelatih dan kapusdik. Di belakang barisab pembina sejumlah siswa siaga, penegak, dan pandega sudah siap dengan atribut aksi mereka.

Acarapun dimuali setelah Gubernur Malang hadir sebagai pembin upacara yang semula dijadwalkan akan dihadiri oleh Kak Jokowi Dodo sebagai Pramuka tertinggi di negeri ini. Mungkin karena suatu hal yang sangat penting sehingga beliau tidak dapat hadir membuka secara resmi cara KPN 2018.

Saya dan kak Indra berbaris di shaf kedua golongan penggalang. Susuanan upacara dapat diikuti dengan khidmat. Alunan musik hidup dari pangkalan sebuah sekolah kejuruan itu menambah semangat ketika lagu indonesia raya dinyanyikan bersama. Juga ketika hymne pramuka dinyanyikan bersama menjadikan sebuah momentum kebersamaan menyatukan diri satu sama lain menjadi utuh sebagai perekat NKRI. Pramuka menyatukan NKRI.

Pembina upacara menyampaikan ucapan terima kasih yang besar kepada kabupaten desa Lebakharjo khususnya dan Malang pada umumnya atas terselenggaranya KPN 2018 ini. Dikahir upacara diadakan penyerahan beberap penghargaan satya lencana, pramuka garuda, gudep unggul 2018, dll. Penghargaan satya lencana diberikan kepada beberapa pembina yang berhak menerimnya. Khusus pramuka garuda pada kesempatan ini diberikan kepada dua penggalang putri.

Penghargaan gudep unggul ini mengingatkan kepada saya pada tiga tahun yang lalu di Denpasar Bali. Tahun 2016 yang lalu dengan sebuah perjuangan dan persaingan ketat dimulai dari tingkat kota provinsi hingga nasional. Gudep 06.007-06.008 Ali bin Abi Thalib Fatimah Azzahra berhasil menjadi yang terbaik kedua tingkat Nasional. Menjadi sebuah apresiasi tinggi dan amanah besar di pundak ini untuk senantiasa komitmen menjadikan pramuka sebagai wadah terbaik pembinaan kaum muda Indonesia.

Upacara kemudian ditutup dengan serangkaian acara hiburan dan tampilan siaga penggalang dan penegak. Tampilan yang memukau diakhiri letusan kembang api di detik-detik penutupan acara peringatan Hari Pramuka dan Pembukaan KPN 2018 desa Pramuka Lebakharjo Jawa Timur Indonesia.

Selesai upacara saya silaturahim kepada beberapa pembina. Kemudian pulang ke home stay dan beristirahat menantikan pukul 14.00 wib pada giat selanjutnya di SDN2, tepat disamping rumah Bapak Riadi.

Pukul 14.00 wib semua pembina penggalang sudah berkumpul di halaman SDN2. Giat siang ini adalah permainan yang menarik. Kami ditantang membuat yel-yel terbaik di setiap regu. Tidak terkecuali memperbaiki komitment yang dibuat secara tertulis di tiap regu.

Haahaa ada macam gerak bunyi dan lagu yang ditampilkan kakak-kakak dari berbagai daerah seluruh Indonesia ini. Semuanya saling menyemangati tanpa membully. Alhamdulillah yel-yel yang ditampilkan semuanya dalam rangka saling menyemangati. Tidak ada unsur membully sedikitpun.

Pukul 16.30 acara selesai mengingat ashar dan istirahat sore bagi kakak pembinanya.

Lanjut yaaa.. suasana malam nanti yang seru dan punya cerita. Tunggu tulisan saya selanjutnya.











No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya semoga menginspirasi jangan lupa tulis komentarmu di kolom komentar dan dapatkan informasi terbaru di setiap postingan. Jangan lupa follow akun Instagram @efrideplin dan Twitter @efrideplin87 juga YouTube Efri Deplin. Terima kasih semoga menginspirasi.

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib