Tuesday, 31 July 2018

Ibadah Qurban dalam Sebuah Kisah

Sore itu setelah pulang sekolah saya dan rekan kerja saya bertemu seorang ibu, wali murid kami di kelas 5C Jaafar bin Abi Thalib. Percakapan kami tertuang dalam sebuah kisah Al-Quran.

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ إِنَّا أَعْطَيْنَاكَ الْكَوْثَرَ
(Bahasa Indonesia)
Sungguh, Kami telah memberimu (Muhammad) nikmat yang banyak.

-Surat Al-Kautsar, Ayat 1
فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ

(Bahasa Indonesia)
Maka laksanakanlah shalat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah (sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah).

-Surat Al-Kautsar, Ayat 2

Cukup, cukuplah ayat di atas membuat hati ini bergetar. 
Sebelum saya memberanikan diri menuliskan ini, saya bertanya terlebih dahulu kepada seorang 'alim -yang sanad hafalan qurannya terhubung langsung kepada Rasulullah Muhammad SAW- mengenai dalil ibadah qurban. Beliau menjelaskan bahwa ibadah qurban tertuang di dalam surah Al-Kautsar.

Sungguh, banyak diantara kita yang mampu membeli ini dan itu. Mampu memenuhi kebutuhan bulanan dan habis begitu saja. Mampu membeli pulsa berlebih. Mampu membeli quota hingga bergiga byte. Itu artinya kita mampu beribadah qurban yang hanya dilakukan satu kali dalam setahun. Semoga Ibadah Qurban ananda Rasya dan keluarga besar atas seekor sapi dengan berat berkisar 80 kg memotivasi kita semua untuk berqurban di tahun ini dan tahun-tahun mendatang.

Banyak cara yang dilakukan untuk melakukan ibadah qurban. Mulai dari penyediaan hewan qurban secara pribadi hingga dengan cara patungan dll.

Semoga ibadah Qurban ananda Rasya dan keluarga besar diterima Allah SWT begitu juga ibadah qurban kita semua. Aamiin

Mari bergabung di Alfida menghimpun dan menyalurkan ibadah qurban kita semua.

Saya menuliskan ini hingga tiga kali, iya tulisan yang sedang dibaca ini ditulis hingga tiga kali. Semoga Allah memberkahi. Memberkahi kita semua Aamiin

Selasa pagi, diwaktu sedekah ruas-ruas tubuh insan-insan mulia.
Baarakallahu fikum

No comments:

Post a comment

Terima kasih atas kunjungannya semoga menginspirasi jangan lupa tulis komentarmu di kolom komentar dan dapatkan informasi terbaru di setiap postingan. Jangan lupa follow akun Instagram @efrideplin dan Twitter @efrideplin87 juga YouTube Efri Deplin. Terima kasih semoga menginspirasi.

Trip Air Terjun Cuup PSUK Benteng

Pagi masih menyapa hangat dengan perpaduan sinar mentari di ufuk timur, menambahkan keceriaan hari ini. Benar saja kami dari tadi s...