Skip to main content

Wisata Edukasi (Bagian 5) Sensasi Segar dari Tanah Hitam yang Subur

Segar dan ranum

Pertama kali menghirup udara sejuk di atas tanah hitam yang subur adalah ketika aku masih duduk di bangku kelas 3 SMP. Karena sesuai agenda sekolah ada study wisata yang membawa kami semua bersama-sama ke Curup dan sekitarnya. Banyak sekali objek yang kami kunjungi diantaranya adalah kebun sayuran di Sambirejo, Curup.

Mulai saat itu aku menyukai sayuran hijau. Belajar untuk menyukai sayuran dan ternyata memang sayuran hijau banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan. Mulai belajar bertanam sayuran di pekarangan rumah. Bahkan hanya menggunakan pot plastik hitam.

Pengalaman baru didapat dari pohon jeruk gerga yang fenomenal. Tempat terbaik tumbuh dan berkembangnya jeruk gerga di Desa Pal VII Bermani Ulu Raya. Jeruk yang cukup unik dan menarik ini memberikan kesan berbeda dari jeruk lainnya. Kulit buah yang tebal dan bulir yang besar. Juga rasanya yang bercampur manis asam menciptakan sensasi segar.

Jeruk gerga tidak langsung ditanam pada lahan, namun dimulai dari pembibitan batang bawah untuk mendapat varietas unggul. Wah.. pengerjaanya sepertinya tidak terlalu rumit namun juga tidak mudah. Penuh kesabaran dan kehati-hatian karena ada tahap okulasi. Okulasi? Iya jadi mesti harus sabar sekali menuggu tunas berkembang. Ini dilakukan jika membuat pembibitan sendiri. Membeli bibit langsung harus mengeluarkan modal yang cukup besar.

Apakah ada kerjasama dinas pertanian? Tentu ada dan inilah hal yang menarik dari Desa Pal VII. Disana terbentuk komunitas yang saling mendukung demi kemajuan petani jeruk gerga.


Apakah bisa tumpang sari? Alhamdulillah saat jeruk gerga ditanam petani juga dapat menanam tumbuhan lain yang berumur pendek. Misal sayur mayur. Bahkan petani dapat menanam jeruk di sela-sela kebun kopi yang masih produktif.
Sayuran Segar dari Tanah Hitam yang Subur
 
Sayuran Segar Mentimun 
Akhirnya, jeruk gerga yang dulu dikenal dari Lebong sekarang dapat kita nikmati dari Desa Pal VII Bermani Ulu Raya Curup Provinsi Bengkulu.

Bengkulu, 21 Juni 2018.



Comments

Popular posts from this blog

Isi DasaDarma

PRAMUKA SATYA KU DARMAKAN DARMA KU BAKTIKAN
Hapal dan mengerti Isi Dasa Darma dan Tri Satya.
1. Rajin dan giat mengikuti latihan Pasukan Penggalang, sekurang-kurangnya 6 kali latihan     berturut-turut.  Keterangan: :
a. Latihan Pramuka itu berguna untuk melatih diri agar dapat hidup bermanfaat bagi diri sendiri, orang lain, masyarakat dan negara. Oleh karena itu, latihan Pramuka adalah untuk kepentingan dirimu sendiri bukan untuk orang lain.
b. Rajin mengikuti latihan artinya tidak pernah absen, selalu datang pada hari dan jam yang telah ditentukan bersama. Nyatakanlah kehadiranmu itu dengan mengisi daftar hadir/absensi regu.
c. Giat mengikuti latihan berarti setiap datang pada latihan Pramuka di Pasukan Penggalang selalu aktif. Yang dimaksud aktif dalam latihan yaitu selalu berusaha melatih dirinya sendiri bersama-sama teman lain akan kekurangan-kekurangan dirinya.
d. Enam kali berturut-turut, berarti tidak pernah tidak datang dengan alasan sakit, ijin, dan sebagainya. Teruskanlah la…

SILSILAH 25 NABI

SILSILAH 25 NABI


SILSILAH 25 NABI

Tulisan ini saya dapatkan dari sebuah pesan di group WhatsApp. Berikut semoga bermanfaat dan berkah Aamiin.

1. ADAM AS.
Nama: Adam As.
Usia: 930 tahun.
Periode sejarah: 5872-4942 SM.
Tempat turunnya di bumi: India, ada yang berpendapat di Jazirah Arab.
Jumlah keturunannya: 40 laki-laki dan perempuan.
Tempat wafat: India, ada yang berpendapat di Mekkah.
Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 25 kali.
.
2. IDRIS AS.
Nama: Idris/Akhnukh bin Yarid, nama Ibunya Asyut.
Garis Keturunan: Adam As. ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qinan ⇒ Mihlail ⇒ Yarid ⇒ Idris As.
Usia: 345 tahun di bumi.
Periode sejarah: 4533-4188 SM.
Tempat diutus: Irak Kuno (Babylon, Babilonia) dan Mesir (Memphis).
Tempat wafat: Allah mengangkatnya ke langit dan ke surga.
Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 2 kali.
.
3. NUH AS.
Nama: Nuh/Yasykur/Abdul Ghaffar bin Lamak.
Garis Keturunan: Adam As. ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qinan ⇒ Mihlail ⇒ Yarid ⇒ Idris As. ⇒ Matusyalih ⇒ Lamak ⇒ Nuh As.
Usia: 950 tahun.
Perio…

SOAL POST-TEST PKP

Soal-soal di bawah ini merujuk akan soal-soal post test yang didapat dari link. Untuk memudahkan marinkita belajar bersama semoga Lulus semua ya Aamiin
SOAL POS-TESTA. Pilihan Ganda

PetunjukPengisian: Jawablah pertanyaan / pernyataan berikut ini dengan memberikan tanda silang  (X) pada jawaban yang Saudara anggap benar !

Berikut ini pernyataan tentang kompetensi keterampilan : Kemampuan berfikir mencakup : mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, danmencipta Kemampuan belajar mencakup : mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar/mengasosiasi, dan mengomunikasikan Kemampuan piker dan tindak mental non motorik seperti mengambil keputusan, menyusun strategi, bernalar Kemampuan praktik laboratorium seperti: merangkai alat, menimbang atau mengukur, membuat grafik, dan menafsirkan grafik. Pernyataan yang termasuk kategori keterampilan abstrak terdapat pada angka … (1), (2), dan (3)  (1), (2), dan (4)  (1), (3), dan (4)