Friday, 22 June 2018

Wisata Edukasi (Bagian 5) Sensasi Segar dari Tanah Hitam yang Subur

Segar dan ranum

Pertama kali menghirup udara sejuk di atas tanah hitam yang subur adalah ketika aku masih duduk di bangku kelas 3 SMP. Karena sesuai agenda sekolah ada study wisata yang membawa kami semua bersama-sama ke Curup dan sekitarnya. Banyak sekali objek yang kami kunjungi diantaranya adalah kebun sayuran di Sambirejo, Curup.

Mulai saat itu aku menyukai sayuran hijau. Belajar untuk menyukai sayuran dan ternyata memang sayuran hijau banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan. Mulai belajar bertanam sayuran di pekarangan rumah. Bahkan hanya menggunakan pot plastik hitam.

Pengalaman baru didapat dari pohon jeruk gerga yang fenomenal. Tempat terbaik tumbuh dan berkembangnya jeruk gerga di Desa Pal VII Bermani Ulu Raya. Jeruk yang cukup unik dan menarik ini memberikan kesan berbeda dari jeruk lainnya. Kulit buah yang tebal dan bulir yang besar. Juga rasanya yang bercampur manis asam menciptakan sensasi segar.

Jeruk gerga tidak langsung ditanam pada lahan, namun dimulai dari pembibitan batang bawah untuk mendapat varietas unggul. Wah.. pengerjaanya sepertinya tidak terlalu rumit namun juga tidak mudah. Penuh kesabaran dan kehati-hatian karena ada tahap okulasi. Okulasi? Iya jadi mesti harus sabar sekali menuggu tunas berkembang. Ini dilakukan jika membuat pembibitan sendiri. Membeli bibit langsung harus mengeluarkan modal yang cukup besar.

Apakah ada kerjasama dinas pertanian? Tentu ada dan inilah hal yang menarik dari Desa Pal VII. Disana terbentuk komunitas yang saling mendukung demi kemajuan petani jeruk gerga.


Apakah bisa tumpang sari? Alhamdulillah saat jeruk gerga ditanam petani juga dapat menanam tumbuhan lain yang berumur pendek. Misal sayur mayur. Bahkan petani dapat menanam jeruk di sela-sela kebun kopi yang masih produktif.
Sayuran Segar dari Tanah Hitam yang Subur
 
Sayuran Segar Mentimun 
Akhirnya, jeruk gerga yang dulu dikenal dari Lebong sekarang dapat kita nikmati dari Desa Pal VII Bermani Ulu Raya Curup Provinsi Bengkulu.

Bengkulu, 21 Juni 2018.



No comments:

Post a comment

Terima kasih atas kunjungannya semoga menginspirasi jangan lupa tulis komentarmu di kolom komentar dan dapatkan informasi terbaru di setiap postingan. Jangan lupa follow akun Instagram @efrideplin dan Twitter @efrideplin87 juga YouTube Efri Deplin. Terima kasih semoga menginspirasi.

Trip Air Terjun Cuup PSUK Benteng

Pagi masih menyapa hangat dengan perpaduan sinar mentari di ufuk timur, menambahkan keceriaan hari ini. Benar saja kami dari tadi s...