Tuesday, 19 June 2018

Wisata Edukasi (Bagian 1) Tugu Perjuangan Desa Tanjung Alam Curup Bengkulu Indonesia

Wisata Edukasi (bagian 1)
Tugu Perjuangan Desa Tanjung Alam
Curup Bengkulu Indonesia
Oleh: Efri Deplin



Tugu Basis Perjuangan Desa Tanjung Alam
Curup Bengkulu Indonesia


Tugu Basis Perjuangan Pasukan Gerilya Pimpinan Lettu Inf RM Dafri Siddik. Tugu yang diresmikan pada 10 Nopember 1994 ini terletak tepat di pesimpangan masjid Al Muttaqin Jalan Gerilya Desa Tanjung Alam Rejang Lebong Curup Bengkulu.

Untuk menuju Tugu Basis Perjuangan ini kita dapat melalui jalan utama Bengkulu-Curup. Ketika sampai di Desa Bumisari ada pertigaan jalan dan simpang ojek di sebelah kiri jalan. Masuk ke jalan itu dan telusuri hingga desa paling ujung. Desa inilah yang disebut dengan Desa Tanjung Alam tempat Tugu Basis Perjuangan berada.

Tugu Basis Perjuangan ini konon dibuat pada tahun 1992 dan dipugar dan diresmikan pada tahun 1994. Belum ada referensi yang menjadi catatan kami mengenai sejarah berdirinya tugu ini. Namun kami sangat yakin sekali karena negara Indonesia pada zaman penjajahan banyak sekali penjajah yang menguasai beberapa daerah. Tidak terkecuali di Desa Tanjung Alam ini.

Secara alamiah, masyarakat pribumi akan mempertahankan tanah air mereka. Jadi wajar saja jika ada tugu basis perjuaangan ini. Hal ini menandakan bahwa ada perlawanan untuk mempertahankan daerah.

Patut kita bersyukur atas perjuangan para pejuang terdahulu yang banyak mengajarkan persatuan. Mengisi perjuangan dan memberikan apa saja yang terbaik berkontribusi untuk negeri ini.

Kamu harus peka ya bagaimana cara agar mencintai negeri ini dan kompak bersatu menjaga setiap jengkal dari seluruh penjuru negeri. Salah satu cara untuk menjaga kekompakan adalah dengan tidak saling mengadu domba dan hindari HOAK. Save NKRI.

Di daerah kamu ada tugu apa saja? Atau pernahkah melihat tugu serupa?

Curup, 18 Juni 2018.



Abdullah dan Tsamara di Tubu Basis Perjuangan

Peresmian Tugu Basis Perjuangan
Bersama Abdullah dan Tsamara
di Tugu Basis Perjuangan Desa Tanjung Alam Curup


Curup, 18 Juni 2018.


No comments:

Post a comment

Terima kasih atas kunjungannya semoga menginspirasi jangan lupa tulis komentarmu di kolom komentar dan dapatkan informasi terbaru di setiap postingan. Jangan lupa follow akun Instagram @efrideplin dan Twitter @efrideplin87 juga YouTube Efri Deplin. Terima kasih semoga menginspirasi.

Trip Air Terjun Cuup PSUK Benteng

Pagi masih menyapa hangat dengan perpaduan sinar mentari di ufuk timur, menambahkan keceriaan hari ini. Benar saja kami dari tadi s...