Tuesday, 12 June 2018

Badan Karantina Pertanian Mengeluarkan Sertifikat Jeruk Gerga

Alhamdulilah.. pengiriman terakhir sebelum hari raya id fitri tahun ini ditutup dengan paket ke Palembang.

Seperti biasanya pengiriman dengan jumlah tertentu harus melalui Badan Karantina Pertanian. Khusus kota Bengkulu ada Karantina Pertanian Kelas 1 Bengkulu yang terletak di Jalan Depati Payung Negara KM.14 No.04 Pekan Sabtu Selebar Kota Bengkulu. Tepat sebelum Bandara Fatmawati.

Badan ini memiliki setidaknya 3 pos, Bandara Fatmawati, Pulau Baai, dan Kantor Pos Padang Jati. Setidaknya dengan menyebarnya pos akan lebih  memudahkan kebutuhan karantina seperti saya yang menjual komoditi daerah Jeruk Gerga.

Karantina pertanian memiliki dua bagian yakni karantina tumbuhan dan karantina hewan.

Saya pada kesempatan ini di bagian karantina tumbuhan karena Jeruk Gerga adalah salah satu tumbuhan komoditas asal daerah Bengkulu.

Pada saat pendaftaran, kita akan diberi selembar kertas untuk diisi. Mulai dari identitas pengirim dan penerima juga tentu buah Jeruk Gerga itu sendiri. Nama tumbuhannya apa, dan jika memungkinkan cantumkan juga nama ilmiah nya.

Sembari kita mengisi kertas itu, pihak karantina mengechek Jeruk Gerga dan memastikan kondisi Jeruk dalam sebuah ruang semacam labor -adakalanya chek fisik-. Kemudian, kemasan paket yang memuat Jeruk Gerga disegel dengan segel khusus dari Badan Karantina Pertanian.

Badan Karantina Pertanian kemudian mengeluarkan sebuah sertifikat buah Jeruk Gerga. Biaya administarasi hanya Rp5.000,00 saja. Sangat terjagkau sekali bukan? Sertifikat ini nanti sangat berguna ketika paket akan deterbangkan via pesawat udara. Pihak bandara akan menanyakan sertifikat ini untuk kelancaran pengiriman.

Lalu bagaimana prosedur di pusat pengiriman? Saya mengirim paket melalui Kantor Pos Indonesia. Prosedurnya sama seperti pegiriman paket biasa. Ke bagian pengirman paket dan input data lalu membayar dengan sejumah uang sesuai dengan ongkos pengiriman. Mudah kan? Alhamdulillah

Terima kasih atas orderannya Bapak Muhammad Sopuan. Tunggu kehadiran Jeruk Gerga di Palembang. Semoga bermanfaat dan berkesan.Ditunggu ordrran selanjutnya.

Taqaballahu minna wa mingkum

Insya Allah H+7 lebaran kita open order kembali. Pesan Jeruk Gerga WA.085268125187

Bengkulu, 12 Juni 2018

No comments:

Post a comment

Terima kasih atas kunjungannya semoga menginspirasi jangan lupa tulis komentarmu di kolom komentar dan dapatkan informasi terbaru di setiap postingan. Jangan lupa follow akun Instagram @efrideplin dan Twitter @efrideplin87 juga YouTube Efri Deplin. Terima kasih semoga menginspirasi.

Trip Air Terjun Cuup PSUK Benteng

Pagi masih menyapa hangat dengan perpaduan sinar mentari di ufuk timur, menambahkan keceriaan hari ini. Benar saja kami dari tadi s...