Skip to main content

Tips Lancar Puasa Abdullah di Ramadhan Pertama


Doa-doa terbaik menuju TAQWA
3 Ramadhan 1439 H

Tips Lancar Puasa Abdullah di Ramadhan Pertama
Oleh: Efri Deplin

Puasa kali ini Abdullah sudah berumur 5 tahun 6 bulan. Sudah saatnya Abdullah belajar puasa. Seperti halnya tahun yang lalu, ananda Abdullah alhamdulillah berhasil puasa 1 hari penuh. Pengalaman tahun yang lalu ini berhasil karena ada beberapa hal diantaranya adalah ananda Abdullah mengikuti kegiatan Abinya di sekolah. Padahal masih umur 4 tahun, karena waktu itu Abdullah tanpa tidur siang dan langsung ke acara ifthor jamaai yang dimulai pukul 16.00 wib.
Abdullah dan Tsamara berdoa sebelum berbuka

Abdullah dan Tsamara saat berbuka


Baik kali ini aku ingin berbagi tips sukses nya abang Abdullah atau si Harrik di puasa pertama kemarin.

Pertama
Ananda Abdullah tidur lebih awal dari biasanya. Harapannya ananda Abdullah akan lebih awal bangun. Pada pukul 04.00 wib Abdullah sudah bersiap-siap makan sahur. Menu yang sudah disiapkan sahur waktu itu biasa saja. Pastikan ananda makan sahur dengan tennag untuk mendapat keberkahannya.

Kedua
Berikan waktu istirahat untuk ananda sebelum melakukan aktifitas hari itu. Selesai sahur dia masih di depan TV. Kemudian bersiap-siap mandi dan ganti baju untuk pergi ke rumah sakit.

Ketiga
Pergi ke rumah sakit dan melakukan tranfusi kantong kedua. Abdullah sempat tertidur sekitar satu jam. Nah tantangannya pada saat bangun, dia nanya mana air minum. Yakinkan bahwa ia sedang puasa. “Abang sedang puasa, jadi tidak ada minum”. Akhirnya Abdullah menurut saja. Selesai tranfusi sekitar pukul 11.45 kami langsung menuju pesantren Alfida untuk mengikuti murokaz. Sampai disana shalat dhuhur.
Tertidur saat tranfusi


Keempat
Setelah selesai shalat dhuhur Abdullah diantar pulang dan istirahat di rumah.

Kelima
Abdullah menghabiskan waktunya sampai waktu ashar dengan bermain bersama Tsamara di rumah. Jadi sejak diantar pulang dari bakda zuhur hingga ashar Abdullah hanya bermain dengan adiknya Tsamara. Padahal biasanya ini adalah waktu istirahat mereka.
Beberapa kali Abdullah masuk ke dapur namun selalu diawasi dan diingatkan umminya untuk menjaga puasa. Tidak minum dan makan sebelum waktunya tiba. Hee.. ini belajar lho ummi hee. Sempat ia memegang panci yang ada di kompor hanya sekedar melampiaskan rasa penasarannya saja.

Keenam
Ternyata sekitar satu jam sebelum berbuka Abdullah menagih janji. Karena sejak dari rumah sakit tadi ia ingin dibelikan sebuah makanan yang ia suka. Jadi untuk memenuhi janji ini kami bertiga Abdullah dan Tsamara pergi ke luar mencari apa saja yang mereka pesan.

Ketujuh
Sekitar 15 menit sebelum berbuka, Abdullah sudah berada di hadapan menu berbuka hari ini. Abdullah masih kuat dengan godaan adiknya yang dari tadi makan ice cream dengan lahapnya. Tsamara kami berikan keleluasaan untuk makan ice cream agak jauh dari abangnya.
Alhamdulillah sesaat sebelum tanda waktu berbuka berbunyi, Abdullah melantunkan doa-doa terbaiknya sore ini. diantranya adalah agar ia dan adiknya sembuh dari Thalasemia. Aamiin ya rabb semoga Allah berikan keajaiban untuk kemudahan penyembuhan ananda. Aamiin Aamiin Aamiin ya Rabbalaalamiin

Baarakallahu fik abang Abdullah semoga doanya dikabulkan Allah SWT. Aamiin
Lancar terus ya puasanya. Dan apa yang terjadi di Hari kedua, dia tergoda pada air Hanun setelah bangun tidur sore hari. Tepat menjelang ashar kemarin. Tidak apa-apa ya abang. Sampai tulisan ini dibuat insya Allah ananda akan komitmen di hari ketiga. Allah Akbar!

Bengkulu, 19 Mei 2018.

Comments

Popular posts from this blog

Isi DasaDarma

PRAMUKA SATYA KU DARMAKAN DARMA KU BAKTIKAN
Hapal dan mengerti Isi Dasa Darma dan Tri Satya.
1. Rajin dan giat mengikuti latihan Pasukan Penggalang, sekurang-kurangnya 6 kali latihan     berturut-turut.  Keterangan: :
a. Latihan Pramuka itu berguna untuk melatih diri agar dapat hidup bermanfaat bagi diri sendiri, orang lain, masyarakat dan negara. Oleh karena itu, latihan Pramuka adalah untuk kepentingan dirimu sendiri bukan untuk orang lain.
b. Rajin mengikuti latihan artinya tidak pernah absen, selalu datang pada hari dan jam yang telah ditentukan bersama. Nyatakanlah kehadiranmu itu dengan mengisi daftar hadir/absensi regu.
c. Giat mengikuti latihan berarti setiap datang pada latihan Pramuka di Pasukan Penggalang selalu aktif. Yang dimaksud aktif dalam latihan yaitu selalu berusaha melatih dirinya sendiri bersama-sama teman lain akan kekurangan-kekurangan dirinya.
d. Enam kali berturut-turut, berarti tidak pernah tidak datang dengan alasan sakit, ijin, dan sebagainya. Teruskanlah la…

SILSILAH 25 NABI

SILSILAH 25 NABI


SILSILAH 25 NABI

Tulisan ini saya dapatkan dari sebuah pesan di group WhatsApp. Berikut semoga bermanfaat dan berkah Aamiin.

1. ADAM AS.
Nama: Adam As.
Usia: 930 tahun.
Periode sejarah: 5872-4942 SM.
Tempat turunnya di bumi: India, ada yang berpendapat di Jazirah Arab.
Jumlah keturunannya: 40 laki-laki dan perempuan.
Tempat wafat: India, ada yang berpendapat di Mekkah.
Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 25 kali.
.
2. IDRIS AS.
Nama: Idris/Akhnukh bin Yarid, nama Ibunya Asyut.
Garis Keturunan: Adam As. ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qinan ⇒ Mihlail ⇒ Yarid ⇒ Idris As.
Usia: 345 tahun di bumi.
Periode sejarah: 4533-4188 SM.
Tempat diutus: Irak Kuno (Babylon, Babilonia) dan Mesir (Memphis).
Tempat wafat: Allah mengangkatnya ke langit dan ke surga.
Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 2 kali.
.
3. NUH AS.
Nama: Nuh/Yasykur/Abdul Ghaffar bin Lamak.
Garis Keturunan: Adam As. ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qinan ⇒ Mihlail ⇒ Yarid ⇒ Idris As. ⇒ Matusyalih ⇒ Lamak ⇒ Nuh As.
Usia: 950 tahun.
Perio…

SOAL POST-TEST PKP

Soal-soal di bawah ini merujuk akan soal-soal post test yang didapat dari link. Untuk memudahkan marinkita belajar bersama semoga Lulus semua ya Aamiin
SOAL POS-TESTA. Pilihan Ganda

PetunjukPengisian: Jawablah pertanyaan / pernyataan berikut ini dengan memberikan tanda silang  (X) pada jawaban yang Saudara anggap benar !

Berikut ini pernyataan tentang kompetensi keterampilan : Kemampuan berfikir mencakup : mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, danmencipta Kemampuan belajar mencakup : mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar/mengasosiasi, dan mengomunikasikan Kemampuan piker dan tindak mental non motorik seperti mengambil keputusan, menyusun strategi, bernalar Kemampuan praktik laboratorium seperti: merangkai alat, menimbang atau mengukur, membuat grafik, dan menafsirkan grafik. Pernyataan yang termasuk kategori keterampilan abstrak terdapat pada angka … (1), (2), dan (3)  (1), (2), dan (4)  (1), (3), dan (4)