Post Page Advertisement [Top]

EdukasiMurokazRamadhan 1439 H

Murokaz Bersama Abdullah dan Tsamara


Doa-doa terbaik menuju TAQWA
2 Ramadhan 1439 H

Murokaz Bersama Abdullah dan Tsamara
Oleh: Efri Deplin

Seperti tahun-tahun sebelumnya murokaz selalu diadakan oleh lembaga Yayasan Alfida yang menghimpun beberapa unit kerja. Morokaz biasa dilaksanakan pada ramadahan 1 sampai ramadhan 3. Pada kesempatan tahun ini telah dilaksanakan sejak hari kamis kemarin, namun karena hari kamis umminya anak-anak sedang sakit jadi Tsamara dan Ummi di rumah saja. Sementara aku dan Abdullah ke rumah sakit untuk tranfusi kantong kedua sebanyak 150 cc. Alhamdulillah semua berjalan lancar dan baik di rumah sakit dan umminya anak-anak juga sudah membaik.

Pada hari kedua kami berempat menuju pontren atau pondok pesantren Al Fida. Pondok pesantren yang telah banyak mencetak generasi penghafal quran ini menjadi sebuah tempat yang paling baik untuk menghimpun pegawai di lingkungan Al-Fida. Tak ketinggalam anak-anak dari pegawai juga turut serta untuk meramaikan. Termasuk Abdullah dan Tsamara. Sejujurnya mereka berdua belum pernah diajarkan rutin berinteraksi dengan Al-Quran. Abdullah yang saat ini duduk di bangku kelas A dan Tsamara yang amsih Play Grup masih dalam tahap pengenalan. Insya Allah dimulai tahun ajaran baru nanti akan lebih rutin berinteraksi belajar Al-Quran.
Ada beberapa hal yang harus disiapkan ketika mengajak mereka ke acara murokaz seperti ini. OH iya.. informasi penting hee. Abdullah di hari pertama Ramadhan berhasil puasa penuh. Baarakallahu fikum abang Harrik.. ^_^

Karena ini temanya Murokaz harus diingat kalau ini agenda nya mau baca Al-Quran.

Pertama
Siapkan Al-Quran yang sering dipakai. Boleh juga menggunakan Android atau smart phone. Tidak perlu risau kalau sering dibilang main hp. Tidak mungkin kan kita laporan sama mereka kalau kita pegang hp lagi baca Al-Quran. Hee

Kedua
Datanglah lebih awal, biar aman dan terkondisi maksimal. Lebih nyaman mau pergi pakai sepeda motor atau mobil itu pilihan. Kalau aku lebih suka pakai motor, jaraknya dekat juga hemat biaya dan mengurangi emisi karbon. Motor bukan berarti tidak menyumbang karbon ya tapi lebih sedikit jika dibandingkan mobil. Dari segi lahan pakir, motor jauh efektif untuk memberikan kesempatan kendaraan lain untuk parkir. Tidak mungkin kan kalau kami pakai sepeda. Hee tapi bisa jadi sih ya, jika Abdullah dan Tsamara agak besar nanti hee. Nah kalau pakai sepeda jauh lebih efektif. Kaya orang Jepang jadinya hee.

Ketiga
Karena kita ke masjid usahakan dari rumah sudah berwudhu agar pada saat sampai di masjid kita bisa langsung shalat tahiyatul masjid.

Oh iya untuk pakaian kalian bisa mengenakan pakaina bebas pantas dan sopan. Sesuai dengan kebutuhanlah. Seperti halnya hari ini, aku pakai jubah putih karena akan sahalat jumat. Sunnah pakaian putih. Sekalian saja dipakai. Untuk anak-anak mana yang mereka nyaman saja. Abdullah masih dengan kostum ultra man dan Adzka gamis hijau. Umminya ya tentu pakai hijab syari.

Balik lagi ke masjid, setelah sampai jangan lupa untuk mengisi daftar hadir di meja panitia. Kita menghargai panitia ya yang sudah menyelenggarakan acara besar untuk kita semua. Jadi harus mengisi daftar hadir.

Keempat
Bawalah laptop untuk mengalihkan perhatian anak-anak. Bukan waktu yang tepat untuk mengajari mereka baca quran. Namun berilah ia pelajaran yang edukatif dengan cara menonton tontonan yang tepat. Disini mereka belajar secara mandiri dan mengasah audiotori dan visual mereka. Maaf tapi bukan HP ya, tidak bisa digantikan dengan HP.
Abdullah dan Tsamara di Murakaz Quran

Bawa juga buku dan alat tulis. Buku atau kertas dan alat tulis lainnya bisa membuat mereka lebih nyaman dan terkendali. Iya mereka juga akan menuangkan motorik halus dengan alat tulis dan buku yang mereka lukis.

Tsamara Ufairoh Adzka sedang menggambar

 Kelima
Lanjutkan membaca Al-Quran dengan tenang dan railah pahala Ramadhan dengan penuh berkah aamiin.

Bengkulu, 19 Mei 2018.






No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya semoga menginspirasi jangan lupa tulis komentarmu di kolom komentar dan dapatkan informasi terbaru di setiap postingan. Jangan lupa follow akun Instagram @efrideplin dan Twitter @efrideplin87 juga YouTube Efri Deplin. Terima kasih semoga menginspirasi.

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib