Post Page Advertisement [Top]

Edukasi

Hari ketiga USBN Mata Uji IPA


Hari ketiga USBN
Mata Uji IPA
Oleh: Efri Deplin

Hari ini sabtu, 5 Mei 2018 aku hadir lebih awal dari biasanya. Iya tepat pukul 06.19 wib aku sudah berada di sekolah dan juga dapat memastikan Thoriq Anargia Juta dan Muhammad Kahfi hadir lebih awal. Mereka adalah siswa teladan dan disiplin dalam kehadiran. Ada juga Mella Dwi hadir lebih awal dari anak banat lainnya. Baarakallahu

Aku langsung menuju masjid Qolbun Salim 1 dan mengambil wudhu kembali kawatir whudu tadi dari rumah sudah batal. Thoriq dan teman-temannya menyalamiku dan berlalu. Masjid masih terlihat sepi, Thoriq dn teman-temannya masih di lapangan. Setelah selesai sahalat aku memasstikan mereka untuk kembali ke masjid. Anak-anak beranjak untukaktifitas pribadi mereka, dhuha secara mandiri. Alhamdulillah pagi ini Akhina Dia Riski Amanda Al hafidz dari Pesantren Al-Quran Al-Fida memimpin Al-Matrsurat didampingi ust Adi Sucipto, Lc.



Taujih dan doa dari Ust Adi Sucipto, Lc

Dia Riski Amanda adalah salah satu siswa di pondok pesantren Al-Quran Al-Fida dan baru saja menghatamkan hafalan Quran 30 juz. Baarakallahu fikum akhi semoga Allah menjagamu sebagaimana engkau menjaga Al-Quran. Aamiin. Ust Adi Sucipto, Lc sendiri adalah pendidik  di sana bersama usut Syahrul, Lc.

Pada saat pembacaan Almatsurat pagi yang dipimpin oleh akh Manda, suasana sangat tenang dan menyejukkan. Suara beliau datar namun penuh dengan nafa-nafas rukhiyah. Kalimat-kalimat yang keluar dari mulut beliau senantiasa diikuti dengan penuh kesadaran akan dzikir pagi ini. Tenang dan menenangkan. Semua anak-anak tertuntuduk penuh keyakinan atas doa robitho yang dilantunkan. Allahumma aamiin wa sholillahumma ala sayidina muhammad ala alihi wa sohbihi wassalim. Wallhamdulillahi rabbilaalamiin.

Aku kemudian menyampaikan sebuah kalimat “Ini adalah hari terakhir kalian ujian, hari terakhir perjuangan kalian selama enam tahun ini. Pertama, sebelum kita ujian pastikan berdoa kepada Allah SWT untuk kemudahan dalam menjawab soal-soal. Kedua, mengingat ada dua tipe soal yakni pilihan ganda dan essay jawablah pertanyaan pilihan ganda yang mudah terlebih dahulu baru kerjakan soal-soal yang dianggap sulit. Selanjutnya, semua soal essay dipastikan diisi semua, semua harus diisi minimal satu kalimat atau dua kalimat”. “Siap mendapat nilai 100” aku memberi semangat “SIAAP” jawab mereka. “Takbir..!” “Allahu Akbar... Allahu Akbar.. Allahu Akbar..”.

Ust Adi Sucipto, Lc mengakhiri pertemuan pagi ini dengan doa-doa terbaik untuk semuanya. Untuk orang tua, guru-guru, semua kaum muslimin di belahan bumi manapun. Khusus untuk siswa-siswi terbaik hari ini semoga Allah mudahkan menjadi yang terbaik aamiin. Beliau sempat menyebutkan beberapa profesi strategis, menteri, gubernur, presiden. Semoga diantara mereka nanti menjadi pemangku negeri ini untuk kemaslahatan ummat. Aamiin.



Penyerahan donasi diwakili oleh ananda Hafiz Al Farel Qistan
kepada Ust Adi Sucipto, Lc


Bersama Ust Adi Sucipto, Lc dan Akh Dia Riski Amanda

Terakhir, donasi hari ini diserahkan oleh ananda Hafiz Al Farel Qistan. Uang sejumlah Rp. 1.183.500,00 untuk disumbnagkan ke Ponpes Al-Quran Al Fida.

Anak-anak kemudian bersiap menuju ruang ujian masing-masing. Mereka berbaris rapi untuk ujian IPA. Semoga mendapatkan nilai terbaik dengan nilai sempurna 100. Aamiin



Siswa-siswi di depan ruang ujian 7


Siswa-siswi di depan ruang ujian 6


Siswa-siswi di depan ruang ujian 5


Siswa-siswi di depan ruang ujian 1


Siswa-siswi di depan ruang ujian 3


Siswa-siswi di depan ruang ujian 3


Siswa-siswi di depan ruang ujian 4


Siswa-siswi di depan ruang ujian 3

Pukul 10.30 semua siswa bergotong royong untuk membereskan ruangan kelas. lalu kemudian berkumpul di masjid dibekali dengan nasihat dan doa-doa oleh ustad/ustadzah serta pengurus komite. Serta mereka mengucapkan syukur dengan sujud syukur.

Baarakallahu fikum jaamiian
Alhamdulillah

Bengkulu, 5 Mei 2018.





No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya semoga menginspirasi jangan lupa tulis komentarmu di kolom komentar dan dapatkan informasi terbaru di setiap postingan. Jangan lupa follow akun Instagram @efrideplin dan Twitter @efrideplin87 juga YouTube Efri Deplin. Terima kasih semoga menginspirasi.

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib