Skip to main content

Sebuah Perjalanan

Bismillahi..
.
.
Dalam sebuah perjalanan pulang dari sebuah pertemuan, adalah dia banyak sekali yang dikomentarinya.

Melihat sebuah truk pengangkut sampah, dia berujar "Abi apakah itu sebuah mobil pengangkut sampah?" tanyanya dengan antusias. "Iya" jawabku cepat. Pun ketika ia melihat mobil box besar, dia berujar "Abi apakah itu mobil pengangkut barang?" tanyanya serius. Aku menjawab "Iya, itu mobil pengangkut barang". Mendengar jawabanku ia lantas menimpali dengan semangat "Yes aku tahu, Harrik tahu semua" ucapnya puas.

Dalam sebuah perjalanan ini pula kami melewati sebuah pasar, pasar Panorama Bengkulu. Ada di satu tikungan banyak sekali sampah menumpuk. Sudah ditebak ia kembali berujar, "Kenapa sampah ini berserakan, Abi Abi kenapa bak sampahnya terbalik" lama aku tidak menjawab. Beberapa saat kemudian "Oh.. itu pintunya terbuka maksudnya bang, biar gampang masukkan sampahnya" jawabku.

Banyak sekali yang ia komentari. Perjalanan panjang dari pertemuan itu diiringi dengan komen sana sini, itu begitu ini begini dan lain sebagainya. Celotehan anak umur 5 tahun yang selalu menghimbur.

Tiba-tiba ada sebuah antrean panjang, panjang sekali sebelum memasuki kawasan Jalan Merapi Kebun Tebang. "Kenapa mobil ini berbaris panjang nian?" ujarnya nada bertanya dengan bahasa daerah Bengkulu. Aku hanya diam saja. Aku terus meng-gas matic merah di sisi kanan mobil. "Oh mobil ini panjang karena ada lampu merah" dia menjawab sendiri pertanyaannya.

Sebuah cerita dari perjalanan. Lihatlah foto dirinya senyum maksimal. Awalnya ditanya nanti cita-citanya mau jadi apa? waktu itu ada dokter yang mendekat. "Aku mau jadi Tentara" jawabnya mantap. "Haa beneran bang" jawabku. "Iya ini kan aku ada bajunya" sambil mengangkat baju. Namamu itu Abdullah Basfar lho bang, Imam Masjidil Haram. Ekspektasi abimu tinggi lho.

Itu celananya dinaikkan dia mau kasih tahu kalau kakinya Alhamdulillah bagus tidak seperti kaki abinya penuh bakat. Itu lengannya Alhamdulillah bagus tidak bengkok seperti siku abinya yang gagal jadi Tentara Militer hee😃😃😀. Iya. Apapun itu semoga engkau menjadi seorang hafidzul quran aamiin ya rabbal aalamiin.

#abdullahbasfar #hafidzulquran #kidsmart #sholeh #makkah

Comments

Popular posts from this blog

Isi DasaDarma

PRAMUKA SATYA KU DARMAKAN DARMA KU BAKTIKAN
Hapal dan mengerti Isi Dasa Darma dan Tri Satya.
1. Rajin dan giat mengikuti latihan Pasukan Penggalang, sekurang-kurangnya 6 kali latihan     berturut-turut.  Keterangan: :
a. Latihan Pramuka itu berguna untuk melatih diri agar dapat hidup bermanfaat bagi diri sendiri, orang lain, masyarakat dan negara. Oleh karena itu, latihan Pramuka adalah untuk kepentingan dirimu sendiri bukan untuk orang lain.
b. Rajin mengikuti latihan artinya tidak pernah absen, selalu datang pada hari dan jam yang telah ditentukan bersama. Nyatakanlah kehadiranmu itu dengan mengisi daftar hadir/absensi regu.
c. Giat mengikuti latihan berarti setiap datang pada latihan Pramuka di Pasukan Penggalang selalu aktif. Yang dimaksud aktif dalam latihan yaitu selalu berusaha melatih dirinya sendiri bersama-sama teman lain akan kekurangan-kekurangan dirinya.
d. Enam kali berturut-turut, berarti tidak pernah tidak datang dengan alasan sakit, ijin, dan sebagainya. Teruskanlah la…

SILSILAH 25 NABI

SILSILAH 25 NABI


SILSILAH 25 NABI

Tulisan ini saya dapatkan dari sebuah pesan di group WhatsApp. Berikut semoga bermanfaat dan berkah Aamiin.

1. ADAM AS.
Nama: Adam As.
Usia: 930 tahun.
Periode sejarah: 5872-4942 SM.
Tempat turunnya di bumi: India, ada yang berpendapat di Jazirah Arab.
Jumlah keturunannya: 40 laki-laki dan perempuan.
Tempat wafat: India, ada yang berpendapat di Mekkah.
Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 25 kali.
.
2. IDRIS AS.
Nama: Idris/Akhnukh bin Yarid, nama Ibunya Asyut.
Garis Keturunan: Adam As. ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qinan ⇒ Mihlail ⇒ Yarid ⇒ Idris As.
Usia: 345 tahun di bumi.
Periode sejarah: 4533-4188 SM.
Tempat diutus: Irak Kuno (Babylon, Babilonia) dan Mesir (Memphis).
Tempat wafat: Allah mengangkatnya ke langit dan ke surga.
Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 2 kali.
.
3. NUH AS.
Nama: Nuh/Yasykur/Abdul Ghaffar bin Lamak.
Garis Keturunan: Adam As. ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qinan ⇒ Mihlail ⇒ Yarid ⇒ Idris As. ⇒ Matusyalih ⇒ Lamak ⇒ Nuh As.
Usia: 950 tahun.
Perio…

SOAL POST-TEST PKP

Soal-soal di bawah ini merujuk akan soal-soal post test yang didapat dari link. Untuk memudahkan marinkita belajar bersama semoga Lulus semua ya Aamiin
SOAL POS-TESTA. Pilihan Ganda

PetunjukPengisian: Jawablah pertanyaan / pernyataan berikut ini dengan memberikan tanda silang  (X) pada jawaban yang Saudara anggap benar !

Berikut ini pernyataan tentang kompetensi keterampilan : Kemampuan berfikir mencakup : mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, danmencipta Kemampuan belajar mencakup : mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar/mengasosiasi, dan mengomunikasikan Kemampuan piker dan tindak mental non motorik seperti mengambil keputusan, menyusun strategi, bernalar Kemampuan praktik laboratorium seperti: merangkai alat, menimbang atau mengukur, membuat grafik, dan menafsirkan grafik. Pernyataan yang termasuk kategori keterampilan abstrak terdapat pada angka … (1), (2), dan (3)  (1), (2), dan (4)  (1), (3), dan (4)