Skip to main content

Aku dan SDIT IQRA`1 Kota Bengkulu


Kali ini aku ingin berbagi cerita Aku dan SDIT IQRA` 1 Kota Bengkulu. Aku akan memulai ketika aku menjadi guru disini masih dalam tahap belajar yang banyak. Mengapa tidak, karena aku bukan lulusan sarjan pendidikan. Jadi aku harus banyak belajar dengan semua lingkungan sekolah untuk meng up grade kemampuan baik pedagogik maupun ilmu-ilmu pendidikan yang lain. 

Rumpun pendidikan yang diamanahkan kepadaku sampai saat ini yaitu sains sangat pas karena aku lulusan sarjana sains. Namun aku tetap harus belajar banyak dengan guru-guru senior disini yang lebih hebat. Beruntung aku diberikan kesadaran oleh Allah SWT untuk terus memperbaiki diri untuk menjadi seorang guru yang baik.

SDIT IQRA` 1 Kota Bengkulu merupakan sebuah sekolah unggulan di Provinsi Bengkulu. Sekolah swasta dengan segudang prestasi. Aku bergabung di sini merupakan sebuah kesempatan besar untuk mendedikasikan diri sebagi insan pendidikan yang berkualitas sesuai dengan cita-cita bangsa. Sebagai guru SD aku berusaha keras untuk berperan aktif dalam berbagai disiplin ilmu. Mengingat Guru SD merupakan guru kelas yang harus mampu menguasai beberapa mata pelajaran.



Aku dan beberapa muridku pada saat lomba cipta puisi tema "kemaritiman"

Hal pertama yang aku kembangkan untuk menunjang peningkatan kapasitas sebagai seorang guru disini adalah dengan memperkaya literasi. Aku belajar mengembangkan literasi dengan membentuk sebuah Komunitas Cinta Buku (KCB) pada tahun 2015. Sebelumnya aku dibantu oleh para pegiat literasi pada waktu itu bekerja sama dengan Forum Lingkar Pena (FLP) Wilayah Bengkulu hingga saat ini. Hingga akhirnya aku dapat menghasilkan beberapa karya bersama siswa di kelas menulis. Ada Persahabatan Abadi, Aku dan Sahabatku, Dipundakmu Palestina Ibu Pertiwi, merupakan karya bersama siswa baik di kelasku maupun di kelas menulis. Jauh sebelum itu aku berhasil membukukan secara antologi Touge Pemberani kumpulan cerpen dari tiga guru di sekolah ini. Allahu Akbar. Hingga saat ini langkahku untuk terus berkarya di bidang literasi cukup baik. Di sela-sela rutinitas yang cukup padat aku masih mampu untuk menulis. Dengan dukungan kepala sekolah pada waktu itu Ust Sutrisno, M.TPd yang memberikan ruang cukup baik berlanjut hingga kepemimpinan Ust Syaiful, S, Pd.I. Kini aku bergabung di sebuah komunitas Forum Lingkar Pena Wilayah Bengkulu dan Alhamdulillah aku sudah membuahkan karya 15 buku antologi dan 3 buku solo. 


Dua buka buku karya bersama siswa


Foto bareng siaga pada saat pesta siaga 2018

Pramuka merupakan sebuah kegiatan ekstrakulikuler di setiap sekolah di Indonesia. SDIT IQRA` 1 Kota Bengkulu juga memiliki ekskul ini. Ekskul pramuka tidaklah wajib namun Sekolah Jaringan Islam Terpadu memberikan waktu khusus dalam jam pelajaran untuk ekskul ini. Setiap hari kamis sore semua siswa melaksanakan ekskul pramuka. Sejak diresmikannya Gudep 06.007 - 06.008 Ali bin Abi Thalib Fatimah Azzahra pada periode kak Jiyanto, sudah ada dua Ka.Gudep yang menghandel kepramukaan di sekolah ini. Diantaranya adalah kak Eko dan kak Efri. Iya aku masih sebagai ka.Gudep.

Pramuka Islam Terpadu itulah nama panjang dari pramuka di sekolah ini. Dalam proses yang panjang pramuka di sekolah ini terus memberikan stimulus untuk pengembangan karakter anak bangsa. Puncak tertinggi prestasi di bidang pramuka sekolah ini adalah ketika dinobatkan sebagai Gugus Depan Terbaik ke-2 se-Indonesia pada tahun 2016 oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan di Denpasar Bali. Hingga saat ini Pramuka Islam Terpadu terus berkembang menanamkan karakter dasa darma dan janji dwi darma dan tri satya. Jayalah Pramuka Jayalah Indonesia.

Saat ini juga berdasarkan hasil musyawarah wilayah Jaringan Sekolah Islam Terpadu Wilayah Bengkulu tahun 2017, aku diamanahkan sebagai Ketua Departemen Pramuka SIT Wilayah Bengkulu yang mewadahi Satuan Komunitas (SAKO) Pramuka Sekolah Islam Terpadu Se-Provinsi Bengkulu 2018-2022. Amanah yang cukup besar ini semoga dapat diemban dengan baik. Aamiin



Upacara Bendera dan PASKIBRA

Pada waktu itu secara tidak sengaja aku menawarkan sebuah inovasi kepada siswa di kelasku 5A Zaid bin Tsabit tahun ajaran 2016/2017. Aku menawarkan kepada mereka untuk membuat Pasukan Pengibar Bendera (PASKBIRA) pada saat upacara bendera hari senin mendatang. Masih ada waktu satu pekan untuk berlatih. Semua siswaku sepakat dan antusias mengikuti seleksi kecil-kecilan. Mengingat mereka semua mau menjadi Paskibra sementara hanya dibutuhkan 12 orang. Singkat cerita semua siswa kelas 5A mencoba di berbagai posisi. Pada akhirnya didapatlah Hafidz Alfarel Qistan sebagai dampok, Ahmad Mushafa sebagai penggerek, Irsyad Nur Hafidz sebagai pembentang, Raden Ayu Nisrina Ulya` sebagai pembawa baki,  Aqilah Asabrina baki dua, Dafin dan Ikhwan pengapit baki depan, Kanaya Sadina Azfa dan Laila pengapit baki dua, Giani alias gigin, Inna, dan Annisa Ramadhani di posisi tiga belakang. Mereka merupakan sebuah perpaduan gerak indah ritmis dengan apik. Luar biasa dan apresiasi tinggi untuk mereka yang masih SD. 

Pernah suatu ketika aku latih sesaat sebelum peringatan hardiknas. Persis seperti di Istana Negara. Atas usulan Ust Pudi waktu itu baki harus mengambil bendera di posisi pembina upacara terlebih dahulu baru kemudian dibawah ke tiang bendera untuk dikibarkan. Hasilnya sungguh mencengangkan, mereka tuntaskan amanah dengan baik dan sempurna. Ayah bundapun terlihat sangat bahagia, aku juga demikian Alhamdulillah. Baarakallahu fikum semoga kalian benar-benar bisa menaikkan bendera di Istana Negara aamiin. Kalau Kanaya sudah pernah di moment yang lain ya.



Lukisan dengan tema Dunia Pasti Berputar

Lukisan di atas merupakan lukisan dari Diandra Rifky Rahmaya siswaku ketika ia duduk di kelas 1B  Surga Darussalam. Dindra kini duduk di kelas 5 dengan segudang prestasi akdemik maupun non akademik. Beberapa kali ke Istana Negara dan pernah memenangkan lomba lukis yang diselenggarakan pihak Jepang. Subhanallah anak ini sungguh luar biasa dengan dukungan Ayah dan Bunda hebat tentunya dan kerja tim hebat sekolah dan juga guru-guru disini.


Faqih Athoilah Bahri di moment OSK

Olimpiade Sains Kuark merupakan event Olimpiade Sains terbesar di Indonesia. PT. Kuark International telah memberikan kesempatan kepadaku dan siswa-siswi terbaik di sekolah ini hingga 3 kali berturut-turut. Ada ananda Anadia Septiana Azzahra tahun 2013, FAqih Athoillah Bahri dan Kanaya Sadina Azfa tahun 2014, Faqih Athoilah Bahri tahun 2015. Pada tahun 2014 Kanaya berhasil membawa medali Honorable Mention pertama untuk sekolah ini di ajang Nasional Jakarta Selatan.


Sekolah Segudang Prestasi

SDIT IQRA`1 Kota Bengkulu dari tahun pertama berdiri hingga sat ini telah banyak memberikan kontribusi yang besar untuk ummat. Aku yang menjadi bagian terkecil dari batu bata ini harus mampu memberikan yang terbaik untuk lembaga ini. Allahu Akbar!


Siswa-siswa SDIT IQRA` 1 Kota Bengkulu sedang Ujian Sekolah




Aku dan SDIT IQRA` 1 Kota Bengkulu

Hari ini kamis, 26 April 2018 merupakan hari pertama ujian sekolah dengan mata uji PAI. Jumat besok ada mata uji PKn, Sabtu dengan mata uji IPS. Kamis depan akan diselenggarakan USBN/UN 3 mei mata uji Bahasa Indonesia, 4 mei Mtematika dan 5 mei IPA.

Semoga sekolah ini, SDIT IQRA` 1 Kota Bengkulu selalu bersinar memberikan yang terbaik untuk ummat. Semua kebaikan ini adalah atas kehendak Allah SWT. 

Terima kasih guru-guru hebat di sini, senantiasa saling mengingtakan dalam kebaikan dan kesabaran. Semoga Allah menautkan hati-hati kita aamiin. Sesuai dengan sloga kita "Bersama Allah Kita Bisa"

Untuk menunjang perjuangan mendedikasikan diriku di dunia pendidikan, alhamdulillah beberapa waktu yang lalu aku telah menyelesaikan ujian tesis dengan gelar Master Pendidikan dari Prodi Teknologi Pendidikan Universitas Bengkulu. Semoga ilmu yang didapat menjadi berkah untuk semua. Bermanfaat untuk ummat dan di dunia pendidikan khususnya. Tak dipungkiri, jika Allah swt mengizinkan aku masih ingin sekolah lagi. Aku ingin seperti pengujiku, iya seperti Doktor dan Profesor yang mengujiku waktu itu. Aku ingin seperti mereka. Aamiin. Terima kasih Bapak Ibu dosenku yang luar biasa menginspirasi.

Sekarang aku dan ustadzah Esti fokus di kelas hebat 5c Jaafar Bin Abi Thalib membersamai 33 generasi Z milenial sang pembaharu di masa gemilang era demografi 2045 nanti. Saat ini mereka tengah berjuang di tahap Penilaian Akhir Semester. Aku merasa tak sabar ingin menantikan mereka tumbuh dan berkembang. Wah.. 2045 nanti kalianlah nak pemangku negeri ini. Membersamai calon Gubernur, Walikota, Bupati, Prasiden bahkan. Para Dokter, Pilot, Mentri, Profesor, Doktor, Guru, Pengusaha Sukses. Apapun itu profesi kalian, tanamkan dengan kuat Aqidah dan Al-Quran di dalam hati dan dada kalian. Hingga nanti engkau berpijak Aqidah dan Al-Quranlah yang akan menuntunmu Allahu Akbar.

Baarakallahu fikum jaamiian...

Demikian dilain kesempatan disambung lagi ya
lagi-lagi, tulisan ini adalah sebagai bahan belajar ngeblog hee
Bengkulu, 26 April 2018.

Comments

  1. Keren..walau sibuk tetap menghsilkan karya...salut deh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih supportnya kak

      Masih harus banyak belajar nih sama kakak-kakak hebat 😉

      Delete
  2. Semangat selalu ya Pak Guru mendidik generasi penerus bangsa ^^

    ReplyDelete
  3. Aku alumni situ lho ustad, hehe. Tahun masuk 2003, lulus 2009. Dulu belum ada klubnya buat yang suka tulis meskipun sering difasilitasi kalau sebatas buat lomba. Sayangnya bukuku baru terbit pas SMP kelas 1, padahal nulisnya udah dari kelas 5 SD hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siapa sih yang ga kenal peneulis kece anak Kedokteran Unib ini hee sukses selalu ya Fira, ustad lebih kenal Abi deh sebenarnya haa, btw berapa tahun ya jarak kalian?

      Delete
  4. Sukses selalu SD IT Iqra Bengkulu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih bunda Nengsih supportnya aamiin

      Delete
  5. Wah bisa jadi referensi ini buat Adis klo mau SD nanti

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insya Allah boleh sangat kak, Adis sekarang sekolah dimana? boleh kontak kita nanti kalau sudah waktunya masuk SD ya.

      Delete
  6. guru keren dan isnpiratif ini, salam pramuka ya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kerenan kakak lagi kak Milda, Salam!
      Terima kasih itu sebenarnya kok ga ada mention mba Milda ya hee maaf entar di edit lagi deh.. makasih ilmunya mba terus bimbingannya ya

      Delete
  7. Keren udah nyiptain buku jugaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah.. terima kasih supportnya kak
      Baru belajar juga kak

      Delete
  8. Semangat untuk terus berkarya ya pak, demi kemajuan generasi bangsa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin terima kasih supportnya bunda, insya Allah sudah menghibahkan diri dalam dunia pendidikan Allahu Akbar!

      Delete
  9. Aminnn, semoga lancar terus dan selalu semangat. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin terima kasih supportnya Pak
      eh,, jadi ga nih kita buat bakbak bloger hee
      beneran pak saya support kok,

      Delete
  10. Pak guru, semangat terus ya! Aku selalu salut sama orang-orang yang mau mendedikasikan diri & ilmu untuk dunia pendidikan. Cakeeep!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap bu guru, insya Allah selalu dan semoga Allah SWT mudahkan semua urusan kita Aamiin

      Delete
    2. Siap bu guru, insya Allah selalu dan semoga Allah SWT mudahkan semua urusan kita Aamiin

      Delete
    3. Siap bu guru, insya Allah selalu dan semoga Allah SWT mudahkan semua urusan kita Aamiin

      Delete

Post a comment

Terima kasih atas kunjungannya semoga menginspirasi jangan lupa tulis komentarmu di kolom komentar dan dapatkan informasi terbaru di setiap postingan. Jangan lupa follow akun Instagram @efrideplin dan Twitter @efrideplin87 juga YouTube Efri Deplin. Terima kasih semoga menginspirasi.

Popular posts from this blog

Isi DasaDarma

PRAMUKA SATYA KU DARMAKAN DARMA KU BAKTIKAN
Hapal dan mengerti Isi Dasa Darma dan Tri Satya.
1. Rajin dan giat mengikuti latihan Pasukan Penggalang, sekurang-kurangnya 6 kali latihan     berturut-turut.  Keterangan: :
a. Latihan Pramuka itu berguna untuk melatih diri agar dapat hidup bermanfaat bagi diri sendiri, orang lain, masyarakat dan negara. Oleh karena itu, latihan Pramuka adalah untuk kepentingan dirimu sendiri bukan untuk orang lain.
b. Rajin mengikuti latihan artinya tidak pernah absen, selalu datang pada hari dan jam yang telah ditentukan bersama. Nyatakanlah kehadiranmu itu dengan mengisi daftar hadir/absensi regu.
c. Giat mengikuti latihan berarti setiap datang pada latihan Pramuka di Pasukan Penggalang selalu aktif. Yang dimaksud aktif dalam latihan yaitu selalu berusaha melatih dirinya sendiri bersama-sama teman lain akan kekurangan-kekurangan dirinya.
d. Enam kali berturut-turut, berarti tidak pernah tidak datang dengan alasan sakit, ijin, dan sebagainya. Teruskanlah la…

SILSILAH 25 NABI

SILSILAH 25 NABI


SILSILAH 25 NABI

Tulisan ini saya dapatkan dari sebuah pesan di group WhatsApp. Berikut semoga bermanfaat dan berkah Aamiin.

1. ADAM AS.
Nama: Adam As.
Usia: 930 tahun.
Periode sejarah: 5872-4942 SM.
Tempat turunnya di bumi: India, ada yang berpendapat di Jazirah Arab.
Jumlah keturunannya: 40 laki-laki dan perempuan.
Tempat wafat: India, ada yang berpendapat di Mekkah.
Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 25 kali.
.
2. IDRIS AS.
Nama: Idris/Akhnukh bin Yarid, nama Ibunya Asyut.
Garis Keturunan: Adam As. ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qinan ⇒ Mihlail ⇒ Yarid ⇒ Idris As.
Usia: 345 tahun di bumi.
Periode sejarah: 4533-4188 SM.
Tempat diutus: Irak Kuno (Babylon, Babilonia) dan Mesir (Memphis).
Tempat wafat: Allah mengangkatnya ke langit dan ke surga.
Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 2 kali.
.
3. NUH AS.
Nama: Nuh/Yasykur/Abdul Ghaffar bin Lamak.
Garis Keturunan: Adam As. ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qinan ⇒ Mihlail ⇒ Yarid ⇒ Idris As. ⇒ Matusyalih ⇒ Lamak ⇒ Nuh As.
Usia: 950 tahun.
Perio…

SOAL POST-TEST PKP

Soal-soal di bawah ini merujuk akan soal-soal post test yang didapat dari link. Untuk memudahkan marinkita belajar bersama semoga Lulus semua ya Aamiin
SOAL POS-TESTA. Pilihan Ganda

PetunjukPengisian: Jawablah pertanyaan / pernyataan berikut ini dengan memberikan tanda silang  (X) pada jawaban yang Saudara anggap benar !

Berikut ini pernyataan tentang kompetensi keterampilan : Kemampuan berfikir mencakup : mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, danmencipta Kemampuan belajar mencakup : mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar/mengasosiasi, dan mengomunikasikan Kemampuan piker dan tindak mental non motorik seperti mengambil keputusan, menyusun strategi, bernalar Kemampuan praktik laboratorium seperti: merangkai alat, menimbang atau mengukur, membuat grafik, dan menafsirkan grafik. Pernyataan yang termasuk kategori keterampilan abstrak terdapat pada angka … (1), (2), dan (3)  (1), (2), dan (4)  (1), (3), dan (4)